Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 1 Halaman 119, 121, 122, 123
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 1 Halaman 119, 121, 122, 123, - Pembelajaran Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup Subtema 3 Pertumbuhan Hewan Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran Mateatika, B.Indonesia dan SBDP.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 116-123 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Berkreasi
Ikan merupakan salah satu contoh makhluk hidup.
Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip.
Bentuk dan jenis ikan yang beraneka ragam dapat menjadi sumber ide dalam membuat sebuah karya gambar hias bermotif hewan.
Gambar hias bermotif ikan adalah gambar ikan yang disederhanakan. Meskipun disederhanakan,
gambar hias tidak meninggalkan bentuk aslinya. Bentuk dan warna pada gambar hias terkadang
berbeda dari aslinya. Namun, kesan gambar aslinya masih tetap tampak.
Keindahan gambar hias terletak pada warna, garis, dan bentuk motifnya.
Gambar di atas adalah contoh gambar dekoratif ikan.
Cobalah hias gambar ikan di bawah ini dengan menggunakan berbagai garis!
Kamu boleh menghias gambar ikan sesuai imajinasimu.
Ayo Menulis
Ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Ikan dapat bertelur sampai ribuan dalam sekali
waktu. Telur menetas menjadi larva. Larva tumbuh menjadi ikan kecil. Kemudian, ikan kecil menjadi ikan dewasa. Ikan mengalami pertumbuhan. Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak
dengan cara berenang menggunakan sirip.
Ada berbagai macam jenis ikan.
Cobalah mencari tahu jenis-jenis ikan!
Apakah semua ikan memiliki ciri-ciri yang sama?
Carilah minimal 5 informasi dengan cara bertanya pada teman atau guru. Kamu juga dapat mencari informasi dari buku yang ada di perpustakaan. Kamu dapat mengerjakan tugas ini dengan cara berkelompok atau mandiri.
Kunci Jawaban Halaman 119
Tuliskan informasi yang kamu dapat pada tempat berikut !
Ayo Bercerita
Sampaikan informasi yang kamu dapatkan di depan teman-teman!
Bandingkan dengan informasi yang diberikan temanmu. Apakah ada informasi yang berbeda?
Ayo Berlatih
Ada jenis ikan yang untuk dimakan. Ada juga jenis ikan untuk hiasan. Ikan hias biasanya disimpan dalam akuarium. Banyak orang yang menjual macam-macam ikan hias.
Mari mencoba berlatih menghitung jumlah ikan hias yang dihasilkan oleh sebuah peternakan.
Contoh
Sebuah peternakan ikan hias dapat menghasilkan 120 ekor dalam waktu satu bulan. Berapa banyak ikan hias yang dihasilkan peternakan tersebut dalam waktu dua bulan?
Jawaban:
Masih ingatkah perkalian yang sudah kamu pelajari sebelumnya?
Peternakan menghasilkan 120 ekor ikan hias dalam waktu satu bulan. Dalam waktu dua bulan banyak ikan hias yang dihasilkan adalah 120 + 120 = 240 ekor.
Dalam perkalian ditulis 2 × 120 = 240
Berlaku sifat pertukaran 2 × 120 = 120 × 2
120 = 100 + 20
Kalikan masing-masing bilangan dengan 2, lalu jumlahkan.
2 × 100 = 200
2 × 20 = 40 +
240
Kunci Jawaban Halaman : 121-123
Kerjakan soal berikut sesuai contoh!
1. Udin memiliki 3 ember berisi ikan hias. Setiap ember berisi 320 ekor. Berapa banyak ikan hias
Udin semuanya?
2. Sebuah toko ikan hias memiliki 7 akuarium. Setiap akuarium berisi 110 ekor ikan koki. Berapa banyak ikan koki semuanya?
3. Siti pergi ke peternakan ikan mas. Ia melihat ikan mas dalam 5 ember. Setiap ember berisi 300 ekor ikan mas. Berapa banyak ikan mas semuanya?
Alternatif Jawaban :
1. 3 x 320 = 960
Sifat pertukaran perkalian 3 × 320 = 320 × 3
320 = 300 + 20 + 0
Kalikan masing-masing bilangan dengan angka 3.
3 × 300 = 900
3 × 20 = 60
3 × 0 = 0 +
960
2. 7 x 110 = 770
Sifat pertukaran perkalian 7 × 110 = 110 × 7
110 = 100 + 10 + 0
Kalikan masing-masing bilangan dengan angka 7.
7 × 100 = 700
7 × 10 = 70
7 × 0 = 0 +
770
3. 5 x 300 = 1500
Sifat pertukaran perkalian 5 × 300 = 300 × 5
5 × 300 = 1500
Cobalah bersama kelompokmu membuat dua soal perkalian dengan bilangan enam!
Mintalah temanmu menjawab pertanyaanmu !
Alternatif Jawaban, jawaban akan beragam sesuai pertanyaansiswa.
Contoh soal perkalian bilangan 5
1. Rani memiliki 6 ember berisi ikan hias. Setiap ember berisi 150 ekor. Berapa banyak ikan hias
Udin semuanya?
Alternatif Jawaban :
6 x 150 = 900
Sifat pertukaran perkalian 6 × 150 = 150 × 6
150 = 100 + 50 + 0
Kalikan masing-masing bilangan dengan angka 6.
6 × 100 = 600
6 × 50 = 300
6 × 0 = 0 +
900
2. Sebuah toko ikan hias memiliki 6 akuarium. Setiap akuarium berisi 215 ekor ikan koki. Berapa banyak ikan koki semuanya?
Alternatif Jawaban :
6 x 215 = 1290
Sifat pertukaran perkalian 6 × 215 = 215 × 6
215 = 200 + 15 + 0
Kalikan masing-masing bilangan dengan angka 6.
6 × 200 = 1200
6 × 15 = 90
6 × 0 = 0 +
1290
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua menjelaskan berbagai jenis ikan yang biasa ditemui di rumah.
Demikianlah Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 1 Halaman 119, 121, 122, 123, - Pembelajaran Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup Subtema 3 Pertumbuhan Hewan Pembelajaran 3 dari kami, semoga beranfaat.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 116-123 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Berkreasi
Ikan merupakan salah satu contoh makhluk hidup.
Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip.
Bentuk dan jenis ikan yang beraneka ragam dapat menjadi sumber ide dalam membuat sebuah karya gambar hias bermotif hewan.
Gambar hias bermotif ikan adalah gambar ikan yang disederhanakan. Meskipun disederhanakan,
gambar hias tidak meninggalkan bentuk aslinya. Bentuk dan warna pada gambar hias terkadang
berbeda dari aslinya. Namun, kesan gambar aslinya masih tetap tampak.
Keindahan gambar hias terletak pada warna, garis, dan bentuk motifnya.
Gambar di atas adalah contoh gambar dekoratif ikan.
Cobalah hias gambar ikan di bawah ini dengan menggunakan berbagai garis!
Kamu boleh menghias gambar ikan sesuai imajinasimu.
Ayo Menulis
Ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Ikan dapat bertelur sampai ribuan dalam sekali
waktu. Telur menetas menjadi larva. Larva tumbuh menjadi ikan kecil. Kemudian, ikan kecil menjadi ikan dewasa. Ikan mengalami pertumbuhan. Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak
dengan cara berenang menggunakan sirip.
Ada berbagai macam jenis ikan.
Cobalah mencari tahu jenis-jenis ikan!
Apakah semua ikan memiliki ciri-ciri yang sama?
Carilah minimal 5 informasi dengan cara bertanya pada teman atau guru. Kamu juga dapat mencari informasi dari buku yang ada di perpustakaan. Kamu dapat mengerjakan tugas ini dengan cara berkelompok atau mandiri.
Kunci Jawaban Halaman 119
Tuliskan informasi yang kamu dapat pada tempat berikut !
Ayo Bercerita
Sampaikan informasi yang kamu dapatkan di depan teman-teman!
Bandingkan dengan informasi yang diberikan temanmu. Apakah ada informasi yang berbeda?
Ayo Berlatih
Ada jenis ikan yang untuk dimakan. Ada juga jenis ikan untuk hiasan. Ikan hias biasanya disimpan dalam akuarium. Banyak orang yang menjual macam-macam ikan hias.
Mari mencoba berlatih menghitung jumlah ikan hias yang dihasilkan oleh sebuah peternakan.
Contoh
Sebuah peternakan ikan hias dapat menghasilkan 120 ekor dalam waktu satu bulan. Berapa banyak ikan hias yang dihasilkan peternakan tersebut dalam waktu dua bulan?
Jawaban:
Masih ingatkah perkalian yang sudah kamu pelajari sebelumnya?
Peternakan menghasilkan 120 ekor ikan hias dalam waktu satu bulan. Dalam waktu dua bulan banyak ikan hias yang dihasilkan adalah 120 + 120 = 240 ekor.
Dalam perkalian ditulis 2 × 120 = 240
Berlaku sifat pertukaran 2 × 120 = 120 × 2
120 = 100 + 20
Kalikan masing-masing bilangan dengan 2, lalu jumlahkan.
2 × 100 = 200
2 × 20 = 40 +
240
Kunci Jawaban Halaman : 121-123
Kerjakan soal berikut sesuai contoh!
1. Udin memiliki 3 ember berisi ikan hias. Setiap ember berisi 320 ekor. Berapa banyak ikan hias
Udin semuanya?
2. Sebuah toko ikan hias memiliki 7 akuarium. Setiap akuarium berisi 110 ekor ikan koki. Berapa banyak ikan koki semuanya?
3. Siti pergi ke peternakan ikan mas. Ia melihat ikan mas dalam 5 ember. Setiap ember berisi 300 ekor ikan mas. Berapa banyak ikan mas semuanya?
Alternatif Jawaban :
1. 3 x 320 = 960
Sifat pertukaran perkalian 3 × 320 = 320 × 3
320 = 300 + 20 + 0
Kalikan masing-masing bilangan dengan angka 3.
3 × 300 = 900
3 × 20 = 60
3 × 0 = 0 +
960
2. 7 x 110 = 770
Sifat pertukaran perkalian 7 × 110 = 110 × 7
110 = 100 + 10 + 0
Kalikan masing-masing bilangan dengan angka 7.
7 × 100 = 700
7 × 10 = 70
7 × 0 = 0 +
770
3. 5 x 300 = 1500
Sifat pertukaran perkalian 5 × 300 = 300 × 5
5 × 300 = 1500
Cobalah bersama kelompokmu membuat dua soal perkalian dengan bilangan enam!
Mintalah temanmu menjawab pertanyaanmu !
Alternatif Jawaban, jawaban akan beragam sesuai pertanyaansiswa.
Contoh soal perkalian bilangan 5
1. Rani memiliki 6 ember berisi ikan hias. Setiap ember berisi 150 ekor. Berapa banyak ikan hias
Udin semuanya?
Alternatif Jawaban :
6 x 150 = 900
Sifat pertukaran perkalian 6 × 150 = 150 × 6
150 = 100 + 50 + 0
Kalikan masing-masing bilangan dengan angka 6.
6 × 100 = 600
6 × 50 = 300
6 × 0 = 0 +
900
2. Sebuah toko ikan hias memiliki 6 akuarium. Setiap akuarium berisi 215 ekor ikan koki. Berapa banyak ikan koki semuanya?
Alternatif Jawaban :
6 x 215 = 1290
Sifat pertukaran perkalian 6 × 215 = 215 × 6
215 = 200 + 15 + 0
Kalikan masing-masing bilangan dengan angka 6.
6 × 200 = 1200
6 × 15 = 90
6 × 0 = 0 +
1290
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua menjelaskan berbagai jenis ikan yang biasa ditemui di rumah.
Demikianlah Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 1 Halaman 119, 121, 122, 123, - Pembelajaran Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup Subtema 3 Pertumbuhan Hewan Pembelajaran 3 dari kami, semoga beranfaat.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 1 Halaman 119, 121, 122, 123"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.