Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Halaman 3, 4, 5, 7, 8
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Halaman 3, 4, 5, 7, 8 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 1 Keadaan Cuaca Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran SBDP, B.Indonesia dan Matematika.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2-10 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Baca Juga :
- Lengkap Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 3 Halaman 20, 21, 23 dan 24
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 5 Halaman 26, 27, 28
Subtema 1
Keadaan Cuaca Televisi menayangkan acara prakiraan cuaca hari ini. Ada wilayah yang cerah. Ada wilayah yang berawan. Ada pula wilayah yang hujan. Cuaca adalah keadaan udara pada tempat dan waktu tertentu. Indonesia memiliki empat jenis cuaca, yaitu cuaca berawan, mendung, hujan, dan cerah. Cuaca yang berbeda dapat membuat kegiatan manusia berubah.
Ayo Membaca
Udin dan Beni bermain bola di lapangan. Udara sore itu terasa sejuk. Angin bertiup sepoi-sepoi. Mereka asyik bermain. Tiba-tiba, langit berubah mendung. Awan hitam menutupi matahari. Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola.
Langit makin gelap. Angin bertiup cukup kencang. Hujan rintik-rintik mulai turun. Udin dan Beni berlari. Mereka mencari tempat untuk berteduh. Keadaan cuaca memang sering berubah-ubah. Pagi hari, cuaca terasa dingin. Saat siang hari, cuaca terasa sangat panas. Sore hari, cuaca terasa dingin. Angin bertiup lebih kencang. Hujan mulai reda. Beni dan Udin bergegas pulang ke rumah. Mereka membersihkan diri dengan mandi air hangat. Badan mereka kembali terasa segar. Cuaca malam hari terasa lebih dingin.
Ayo Mengamati
Udara malam sehabis hujan terasa lebih dingin. Udin melanjutkan aktivitas dengan belajar. Ayo, kita bantu Udin menyelesaikan soal-soal berikut ini.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 3
Tuliskan keadaan cuaca berdasarkan gambar di bawah ini!Alternatif Jawaban :
Ayo Menulis
Cuaca dapat berubah sewaktu-waktu. Terkadang cerah, berawan, mendung, atau hujan.
Di bawah ini adalah simbol-simbol cuaca. Amati baik-baik.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 4-5
Amati cuaca selama lima hari. Lengkapi tabel di bawah ini. Gunakan simbol cuaca.Alternatif Jawaban:
Jawaban akan beragam sesuai pengamatan siswa
Cuaca apa yang sering terjadi di daerahmu lima hari ini ..................
Alternatif Jawaban : Cuaca Cerah
Tuliskan informasi yang kamu ketahui tentang keadaan cuaca sesuai dengan simbolnya. Gunakan kalimat yang baik dan mudah dimengerti.
Alternatif Jawaban :
Gambar 1 Cuaca Cerah: Cuaca cerah merupakan salah satu cuaca yang paling sering kita alami. Cuaca cerah ini ditandai dengan matahari yang bersinar cerah, langit terang, awan yang ada di langit jumlahnya sangat sedikit, serta udara terasa hangat. Kondisi cuaca cerah ini biasanya ada di tengah musim kemarau di mana tidak banyak uap air yang terbentuk menjadi awan karena jauh dari musim hujan. Dengan cuaca cerah ini banyak aktivitas yang dapat dilakukan.
Gambar 2 Cuaca Berawan: Cuaca berawan merupakan keadaan di mana cuaca ketika sinar
matahari sering tertutup oleh awan yang ada di langit. Awan juga terlihat menebal dan menyebabkan langit menjadi agak gelap. Awan tersebut terbentuk karena banyaknya uap air yang bergerak ke atas langit. Cuaca berawan ini biasanya menandakan bahwa hujan akan turun di hari tersebut.
Gambar 3 Cuaca Hujan: Cuaca hujan terjadi di saat butiran air yang tersimpan di awan jatuh ke bumi. Pada waktu cuaca hujan terjadi, langit biasanya berubah menjadi gelap dan matahari tertutup oleh awan mendung sehingga suhu udara menjadi dingin. Hujan terjadi karena uap air yang sangat banyak di awan sudah tak sanggup lagi tertampung hingga akhirnya jatuhlah butiran air ke atas bumi. Hujan ringan atau lebat biasanya dipengaruhi oleh kecepatan angin.
Ayo Berlatih!
Udin menonton berita prakiraan cuaca di televisi. Ibu membawakan kue bolu kesukaan Udin. Satu loyang kue bolu dengan aroma cokelat. Harum cokelatnya mengundang selera.
Lalu, kue tersebut dipotong menjadi dua. Satu kue dipotong menjadi dua. Setiap potongan disebut satu perdua atau seperdua. Kedua potongan satu per dua dibagi lagi menjadi empat. Sekarang setiap potongan disebut satu perempat atau seperempat. Ibu memotong kue menjadi delapan bagian. Berarti, setiap potongnya merupakan seperdelapan bagian dari kue yang utuh. Kata seperdua, seperempat, dan seperdelapan merupakan bilangan pecahan.
Ayo Berlatih
A. Mengenal pecahan sederhana Mengenal pecahan setengah, sepertiga, seperempat, dan seperenam. Perhatikan potongan kue A dan B di bawah ini.
Kue A
1. Satu dibagi 2 bagian yang sama.
2. Nilai tiap bagian satu per dua atau seperdua.
3. Yang diarsir 1 dari 2 bagian, nilainya 1 per 2 atau seperdua.
4. Lambang pecahan seperdua adalah½.
5. 1 disebut pembilang dan 2 disebut penyebut.
Kue B
1. Satu dibagi 4 bagian yang sama.
2. Nilai tiap bagian satu per empat atau seperempat.
3. Yang diarsir 1 dari 4 bagian, nilainya 1/ per 4 atau seperempat.
Lambang pecahan seperempat adalah ¼.
4. 1 disebut pembilang dan 4 disebut penyebut.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 7-8
Tulislah lambang pecahan untuk soal di bawah ini.1. Berapa bagian pizza yang sudah dimakan Udin?
2. Siti senang makan buah apel. Ia ingin membaginya pada Lani dan Dayu. Berapa bagiankah buah apel dipotong agar Siti, Lani, dan Dayu mendapat bagian yang sama?
3. Ibu menyediakan satu roti panjang untuk sarapan pagi keluarga. Roti utuh ini dipotong menjadi 4. Setiap anggota keluarga akan mendapat berapa bagian roti?
4. Saat udara panas, makan buah jeruk terasa menyegarkan. Beni ingin membagi jeruknya pada Edo. Dari satu buah jeruk, Beni dan Edo akan mendapat berapa bagian?
5. Lani membawa kue bulan ke sekolah. Lani ingin membaginya untuk 4 orang. Satu bagian diberikan untuk Lani, Siti, Udin, dan Beni. Berapa bagian kue kah yang didapatkan setiap teman?
6. Siti berulang tahun. Dia ingin berbagi martabak manis aneka rasa untuk teman-teman di kelas. Satu loyang martabak dipotong untuk 8 orang. Berapa bagian martabak untuk setiap orang?
Alternatif Jawaban :1. ¼
2. ⅓
3. ¼
4. ½
5. ¼
6. ⅛
Baca Juga :
Ayo Bernyanyi
Cuaca malam masih diselimuti hujan. Saat hujan, bulan tak tampak di langit. Ibu mendendangkan lagu Ambilkan Bulan Bu. Ibu menemani Siti belajar di kamar. Ayo, kita bernyanyi lagu Ambilkan Bulan Bu bersama-sama.
Nyanyikanlah dengan irama yang tepat. Ada bagian yang kita nyanyikan dengan tempo irama cepat. Ada bagian yang kita nyanyikan dengan tempo irama sedang. Ada pula bagian yang dinyanyikan dengan tempo irama lambat.
Perhatikan lagu Ambilkan Bulan Bu. Kalimat 1 dan 2 memiliki tempo irama yang sama.
Menyanyi dapat membuat hati senang. Menyanyi juga dapat menenangkan hati.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua bersama siswa memperhatikan prakiraan cuaca, boleh di televisi surat kabar, ataupun aplikasi lainnya. Berdiskusi mengenai keadaan cuaca di daerahnya pada hari itu.
Demikianlah Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Halaman 3, 4, 5, 7, 8 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 1 Keadaan Cuaca Pembelajaran 1 dari kami, semoga bermanfaat.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Halaman 3, 4, 5, 7, 8 "
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.