Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 132, 136, 137
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 132, 136, 137- Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran PKN, B.Indonesia, dan PJOK.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 131-138 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Berdiskusi
Dayu menceritakan banyak hal. Tak hanya bercerita tentang kondisi pengungsi. Komang juga bercerita keadaan kebun dan ladang petani. Kebun dan ladang mulai rusak. Terkena cuaca panas akibat abu vulkanik. Abu vulkanik ini berasal dari letusan gunung. Abu vulkanik membuat tanaman tidak bisa hidup.
Siti mengajak teman-teman berdiskusi. Tanaman apa yang tepat ditanam pada daerah dan musim tertentu. Diskusi dimulai dengan mendata asal daerah dengan tanaman khasnya.
Perhatikan percakapan mereka berikut ini!
Altenatif Jawaban :
Anggrek hartinah, Asal daerah Sumatra Utara
Kantong smar, Asal daerah Sumatra Utara dan Maluku
Cengkeh, Asal daerah Maluku
Pala, Asal daerah Banda dan Maluku
Sirih, Asal daerah Kepulauan Riau
Ulin, Asal daerah Kalimantan
Palem Merah, Asal daerah Jambi
Tembakau, Asal daerah Boyolali dan Klaten
Pinang Merah, Asal daerah Jambi
Puspa, Asal daerah Bangka Belitung
Senang, ya, memiliki teman dari berbagai daerah. Kekayaan daerah juga memberikan kekayaan hayati bagi kita. Berbagai hasil bumi dari tiap daerah dapat kita nikmati.
Rencanakanlah acara makan bersama dengan teman-teman. Masing-masing membawa makanan khas daerahnya. Lalu, saling berbagi dan mencicipi. Hal ini akan membuat lidahmu makin kaya akan rasa.
Ayo Beraktivitas
Hari makan bersama pun tiba. Setiap anak sudah membawa makanan khas daerahnya. Edo membawa makanan pokok berupa papeda. Siti membawa makanan pokok berupa nasi. Teman teman lain membawa lauk pauknya. Beni dari Manado membawa ikan dengan sambal dabu-dabu. Dayu membawa sate lilit khas Bali. Lani membawa capcay masakan khas keluarganya. Mereka duduk membuat lingkaran. Makanan yang mereka bawa diletakkan di tengah. Makan bersama sungguh menyenangkan. Lakukan kegiatan ini bersama teman-temanmu!
Ayo Membaca
Acara makan bersama telah dilakukan. Beni meminta teman-teman mendengarkannya. Ia akan membacakan surat yang dikirim oleh Udin. Udin sudah 3 hari tidak sekolah. Ia menjenguk neneknya
yang sedang sakit.
Ayo Mengamati
Apa yang Udin ceritakan pada surat di atas? Hujan yang tak kunjung berhenti, bukan? Tahukah kamu dari mana asal hujan? Dan ke mana perginya air hujan?
Perhatikan gambar di bawah ini!
Alternatif Jawaban
Tulislah proses terjadinya hujan. Gunakan kalimat efektif sehingga lebih mudah dipahami.
Alternatif Jawaban
matahari yang bersinar panas menyinari bumi. akibat energi dari sinar matahari ini akan terjadi penguapan di laut, danau sungai samudra dan berbagai sumber lainnya yang ada di bumi sehingga menghasilkan uap air.
uap-uap air ini akan naik kepermukaan dengan ketinggian tertentu dan akan mengalami kondensi. pristiwa kondensi ini diakibatkan suhu uap air lebih rendah dibandingkan dengantitik embun uap air.
uap-uap air yang dihasilkan sinar matahari akan membentuk awan,lalu angin terjadi perbedaan udara yang akan membawa butiran-butiran air.
butiran air ini akan terjadi pengabungan atau disebut proses koalensi. butiran air akan tertarik oleh gravitasi bumi dan jatuh ke bumi.
ketika jatuh kebumi butiran air tersebut akan melewati lapisan lebih hangat sehingga butiran air tersebut sebagian akan menguap lagi ke atas dan beberapa butiran tadi akan turun kebumi sebagai hujan. dan ini lah yang di sebut hujan.
Menulis dapat membantumu memahami sesuatu. Hasil dari membaca akan makin mudah dipahami. Caranya dengan menuliskan informasi yang kita dapat dari bacaan. Rajinrajinlah menuliskan hasil bacaanmu. Menulislah dengan kalimat yang baik dan mudah dimengerti.
Ayo Berlatih
Saat hujan, biasanya angin bertiup kencang. Hewan ternak akan berlarian. Bahkan, ada hewan yang meloncat mencari tempat berlindung.
Gerakan kelinci meloncat terlihat menggemaskan. Ayo, kita tirukan gerak kelinci meloncat.
1. Berdirilah tegak. Ayunkan tangan ke belakang.
2. Lalu, dorong ke depan dan bungkukkan tubuhmu sambil menekukkan lutut.
3. Meloncatlah ke depan dan mendarat dengan baik.
4. Saat mendarat, posisi tubuh tegak dengan tangan direntangkan. Bertahanlah hingga hitungan 1, 2, 3.
5. Setelah itu, berdiri sempurna.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua mengingatkan konsep keberagaman di lingkungan sekitar. Dapat mencontohkan sikap berbeda-beda suku di lingkungan tempat tinggal. Akan tetapi, kita tetap harus hidup rukun dan damai.
Demikianlah Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 132, 136, 137- Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia Pembelajaran 2 dari kami, semoga bermanfaat.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 131-138 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Berdiskusi
Dayu menceritakan banyak hal. Tak hanya bercerita tentang kondisi pengungsi. Komang juga bercerita keadaan kebun dan ladang petani. Kebun dan ladang mulai rusak. Terkena cuaca panas akibat abu vulkanik. Abu vulkanik ini berasal dari letusan gunung. Abu vulkanik membuat tanaman tidak bisa hidup.
Siti mengajak teman-teman berdiskusi. Tanaman apa yang tepat ditanam pada daerah dan musim tertentu. Diskusi dimulai dengan mendata asal daerah dengan tanaman khasnya.
Perhatikan percakapan mereka berikut ini!
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 132
Altenatif Jawaban :
Anggrek hartinah, Asal daerah Sumatra Utara
Kantong smar, Asal daerah Sumatra Utara dan Maluku
Cengkeh, Asal daerah Maluku
Pala, Asal daerah Banda dan Maluku
Sirih, Asal daerah Kepulauan Riau
Ulin, Asal daerah Kalimantan
Palem Merah, Asal daerah Jambi
Tembakau, Asal daerah Boyolali dan Klaten
Pinang Merah, Asal daerah Jambi
Puspa, Asal daerah Bangka Belitung
Senang, ya, memiliki teman dari berbagai daerah. Kekayaan daerah juga memberikan kekayaan hayati bagi kita. Berbagai hasil bumi dari tiap daerah dapat kita nikmati.
Rencanakanlah acara makan bersama dengan teman-teman. Masing-masing membawa makanan khas daerahnya. Lalu, saling berbagi dan mencicipi. Hal ini akan membuat lidahmu makin kaya akan rasa.
Ayo Beraktivitas
Hari makan bersama pun tiba. Setiap anak sudah membawa makanan khas daerahnya. Edo membawa makanan pokok berupa papeda. Siti membawa makanan pokok berupa nasi. Teman teman lain membawa lauk pauknya. Beni dari Manado membawa ikan dengan sambal dabu-dabu. Dayu membawa sate lilit khas Bali. Lani membawa capcay masakan khas keluarganya. Mereka duduk membuat lingkaran. Makanan yang mereka bawa diletakkan di tengah. Makan bersama sungguh menyenangkan. Lakukan kegiatan ini bersama teman-temanmu!
Ayo Membaca
Acara makan bersama telah dilakukan. Beni meminta teman-teman mendengarkannya. Ia akan membacakan surat yang dikirim oleh Udin. Udin sudah 3 hari tidak sekolah. Ia menjenguk neneknya
yang sedang sakit.
Ayo Mengamati
Apa yang Udin ceritakan pada surat di atas? Hujan yang tak kunjung berhenti, bukan? Tahukah kamu dari mana asal hujan? Dan ke mana perginya air hujan?
Perhatikan gambar di bawah ini!
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 136
Bagaimana hujan terjadi?
Susunlah gambar sehingga menjadi urutan yang tepat!
Hasilnya akan menunjukan bagaimana hujan terjadiAlternatif Jawaban
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 137
Ayo MenulisTulislah proses terjadinya hujan. Gunakan kalimat efektif sehingga lebih mudah dipahami.
Alternatif Jawaban
matahari yang bersinar panas menyinari bumi. akibat energi dari sinar matahari ini akan terjadi penguapan di laut, danau sungai samudra dan berbagai sumber lainnya yang ada di bumi sehingga menghasilkan uap air.
uap-uap air ini akan naik kepermukaan dengan ketinggian tertentu dan akan mengalami kondensi. pristiwa kondensi ini diakibatkan suhu uap air lebih rendah dibandingkan dengantitik embun uap air.
uap-uap air yang dihasilkan sinar matahari akan membentuk awan,lalu angin terjadi perbedaan udara yang akan membawa butiran-butiran air.
butiran air ini akan terjadi pengabungan atau disebut proses koalensi. butiran air akan tertarik oleh gravitasi bumi dan jatuh ke bumi.
ketika jatuh kebumi butiran air tersebut akan melewati lapisan lebih hangat sehingga butiran air tersebut sebagian akan menguap lagi ke atas dan beberapa butiran tadi akan turun kebumi sebagai hujan. dan ini lah yang di sebut hujan.
Menulis dapat membantumu memahami sesuatu. Hasil dari membaca akan makin mudah dipahami. Caranya dengan menuliskan informasi yang kita dapat dari bacaan. Rajinrajinlah menuliskan hasil bacaanmu. Menulislah dengan kalimat yang baik dan mudah dimengerti.
Ayo Berlatih
Saat hujan, biasanya angin bertiup kencang. Hewan ternak akan berlarian. Bahkan, ada hewan yang meloncat mencari tempat berlindung.
Gerakan kelinci meloncat terlihat menggemaskan. Ayo, kita tirukan gerak kelinci meloncat.
1. Berdirilah tegak. Ayunkan tangan ke belakang.
2. Lalu, dorong ke depan dan bungkukkan tubuhmu sambil menekukkan lutut.
3. Meloncatlah ke depan dan mendarat dengan baik.
4. Saat mendarat, posisi tubuh tegak dengan tangan direntangkan. Bertahanlah hingga hitungan 1, 2, 3.
5. Setelah itu, berdiri sempurna.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua mengingatkan konsep keberagaman di lingkungan sekitar. Dapat mencontohkan sikap berbeda-beda suku di lingkungan tempat tinggal. Akan tetapi, kita tetap harus hidup rukun dan damai.
Demikianlah Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 132, 136, 137- Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia Pembelajaran 2 dari kami, semoga bermanfaat.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 132, 136, 137"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.