Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 20, 21, 23 dan 24
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 20, 21, 23 dan 24 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 1 Keadaan Cuaca Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran SBDP, B.Indonesia dan Matematika.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018
Baca Juga :
Ayo Berlatih
Siti membantu Ibu menyiapkan sarapan. Siti juga menyiapkan bekal untuk sekolah. Ayah menyakskan berita prakiraan cuaca di televisi. Menurut berita, cuaca akan cerah siang hari ini.
Sore hari, cuaca diperkirakan mendung. Hujan akan turun pada malam harinya. Ibu memasak nasi goreng untuk sarapan hari ini. Yuk, kita bantu Siti membaginya untuk anggota keluarga. Siti membagi nasi goreng untuk anggota keluarga. Masing-masing mendapat 3 sendok nasi.
Ibu membuat telur dadar satu bundaran besar. Ibu memotongnya menjadi 8 bagian. Setiap anggota keluarga mendapat 2 potong. Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapatkan dua perdelapan bagian telur dadar.
Siti menambahkan timun pada piring nasi goreng. Satu buah timun dipotong menjadi 16 bagian.
Setiap anggota keluarga mendapatkan 4 potong timun. Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapat empat perenam belas bagian timun.
Wah, ternyata Ibu juga menambahkan sosis. Ada 1 buah sosis yang Ibu siapkan. Satu buah sosis
dipotong menjadi enam bagian. Sosis dibagi hanya untuk Ayah, Siti, dan adik. Masing-masing
mendapat 2 dari 6 potong.
Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis.
Tulislah lambang pecahan untuk soal-soal di bawah ini.
Alternatif Jawaban :
Ayo Membaca
Edo menghampiri teman-teman saat istirahat. Edo menunukkan sebuah cerita pada buku yang
dibawanya. Yuk, kita membaca dengan nyaring. Cerita tentang cuaca yang ada di buku Edo.
Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang disuarakan keras. Jadi, keraskan suaramu saat
membaca nyaring. Suaramu harus terdengar oleh teman-teman di kelas.
Persahabatan Matahari dan Awan
Matahari telah lama bersahabat dengan Awan. Mereka saling membantu satu sama lain.
Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh dan kesah.
Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi,” ucap
Matahari.
“Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?” tanya Awan.
“Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.” jawab Matahari.
“Maksudmu, bagaimana? Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?” tanya
Awan.
“Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah aku bangunkan pagi hari. Menggunakan
sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat
terik. Mereka malah asyik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku
saat siang hari dapat membakar kulit mereka,” ungkap Matahari.
“Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari? Mereka tetap bermain saat sinarmu
terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca cerah itu,” ujar Awan.
“Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan
turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari ini,
engkau menampakkan wajahmu. Mereka memanfaatkannya untuk bermain.”
1. Siapakah tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Apa yang membuat Matahari merasa kesal?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Apa yang telah dilakukan manusia sehingga Matahari kesal?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
4. Seandainya kalian menjadi Matahari. Apa yang akan kalian lakukan terhadap manusia yang
tidak disiplin?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Alternatif Jawaban :
1. Matahari dan awan
2. Matahari kesal karena manusia tidak disiplin
3. Kegiatan manusia sehingga membuar matahari kesal, ketika pagi hari membangunkan manusia dengan sinar yang lebut tetapi manusia tidak mau bangun dan ketika siang hari ketika sinar matahari sangat terik manusia malah asik beramain bukannya beristirahat dirumah.
4. Jika saya menjadi matahari saya tetap akan menyinari bumi
Beni sangat senang membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan. Yuk, kita bantu Beni
menemukan kata-kata yang berhubungan dengan keadaan cuaca dari cerita itu.
Alternatif Jawaban :
Ayo Bernyanyi
Awan memang baik hati. Ia memahami keadaan hati Matahari, sahabatnya. Yuk, kita bernyanyi lagu Awan Putih. Tentu akan membuat Awan merasa senang. Perhatikan iramanya agar lagu terdengar indah.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua dapat mempraktikkan pecahan sederhana saat memotong bahanbahan makanan di rumah. Misalnya memotong buah-buahan, kue, roti, ataupun bahan makanan lainnya.
Demikianlah Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 20, 21, 23 dan 24 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 1 Keadaan Cuaca Pembelajaran 3 dari kami, semoga bermanfaat.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 18-25 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Baca Juga :
- Lengkap Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 5 Halaman 26, 27, 28
- Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 3 Halaman 33, 35, 36, 37, 38
Siti membantu Ibu menyiapkan sarapan. Siti juga menyiapkan bekal untuk sekolah. Ayah menyakskan berita prakiraan cuaca di televisi. Menurut berita, cuaca akan cerah siang hari ini.
Sore hari, cuaca diperkirakan mendung. Hujan akan turun pada malam harinya. Ibu memasak nasi goreng untuk sarapan hari ini. Yuk, kita bantu Siti membaginya untuk anggota keluarga. Siti membagi nasi goreng untuk anggota keluarga. Masing-masing mendapat 3 sendok nasi.
Ibu membuat telur dadar satu bundaran besar. Ibu memotongnya menjadi 8 bagian. Setiap anggota keluarga mendapat 2 potong. Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapatkan dua perdelapan bagian telur dadar.
Siti menambahkan timun pada piring nasi goreng. Satu buah timun dipotong menjadi 16 bagian.
Setiap anggota keluarga mendapatkan 4 potong timun. Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapat empat perenam belas bagian timun.
Wah, ternyata Ibu juga menambahkan sosis. Ada 1 buah sosis yang Ibu siapkan. Satu buah sosis
dipotong menjadi enam bagian. Sosis dibagi hanya untuk Ayah, Siti, dan adik. Masing-masing
mendapat 2 dari 6 potong.
Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 20-21
Ayo BerlatihTulislah lambang pecahan untuk soal-soal di bawah ini.
Alternatif Jawaban :
Ayo Membaca
Edo menghampiri teman-teman saat istirahat. Edo menunukkan sebuah cerita pada buku yang
dibawanya. Yuk, kita membaca dengan nyaring. Cerita tentang cuaca yang ada di buku Edo.
Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang disuarakan keras. Jadi, keraskan suaramu saat
membaca nyaring. Suaramu harus terdengar oleh teman-teman di kelas.
Persahabatan Matahari dan Awan
Matahari telah lama bersahabat dengan Awan. Mereka saling membantu satu sama lain.
Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh dan kesah.
Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi,” ucap
Matahari.
“Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?” tanya Awan.
“Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.” jawab Matahari.
“Maksudmu, bagaimana? Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?” tanya
Awan.
“Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah aku bangunkan pagi hari. Menggunakan
sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat
terik. Mereka malah asyik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku
saat siang hari dapat membakar kulit mereka,” ungkap Matahari.
“Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari? Mereka tetap bermain saat sinarmu
terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca cerah itu,” ujar Awan.
“Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan
turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari ini,
engkau menampakkan wajahmu. Mereka memanfaatkannya untuk bermain.”
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 23
Setelah membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan, jawablah pertanyaan berikut ini.1. Siapakah tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Apa yang membuat Matahari merasa kesal?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Apa yang telah dilakukan manusia sehingga Matahari kesal?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
4. Seandainya kalian menjadi Matahari. Apa yang akan kalian lakukan terhadap manusia yang
tidak disiplin?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Alternatif Jawaban :
1. Matahari dan awan
2. Matahari kesal karena manusia tidak disiplin
3. Kegiatan manusia sehingga membuar matahari kesal, ketika pagi hari membangunkan manusia dengan sinar yang lebut tetapi manusia tidak mau bangun dan ketika siang hari ketika sinar matahari sangat terik manusia malah asik beramain bukannya beristirahat dirumah.
4. Jika saya menjadi matahari saya tetap akan menyinari bumi
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 24
Ayo MengamatiBeni sangat senang membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan. Yuk, kita bantu Beni
menemukan kata-kata yang berhubungan dengan keadaan cuaca dari cerita itu.
Alternatif Jawaban :
Ayo Bernyanyi
Awan memang baik hati. Ia memahami keadaan hati Matahari, sahabatnya. Yuk, kita bernyanyi lagu Awan Putih. Tentu akan membuat Awan merasa senang. Perhatikan iramanya agar lagu terdengar indah.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua dapat mempraktikkan pecahan sederhana saat memotong bahanbahan makanan di rumah. Misalnya memotong buah-buahan, kue, roti, ataupun bahan makanan lainnya.
Demikianlah Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 20, 21, 23 dan 24 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 1 Keadaan Cuaca Pembelajaran 3 dari kami, semoga bermanfaat.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 20, 21, 23 dan 24"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.