Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 1 Sumber Energi Pembelajaran 3Terdiri dari Mata Pelajaran SBDP, Matematika, dan B. Indonesia.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018.
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 21-30 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Baca Juga :
Ayo Membaca
Setelah beristirahat sejenak, Siti dan teman-teman melanjutkan kegiatan belajar. Mereka membaca teks di bawah ini.
Bacalah wacana di bawah ini dengan nyaring!
Bacalah dengan lafal dan intonasi yang tepat!
istirahat. Istirahat akan mengembalikan kesegaran tubuh. Selain istirahat, kita membutuhkan asupan makanan dan minuman. Makanan dan minuman membuat tubuh berenergi kembali.
Makanan adalah sumber energi bagi tubuh. Sebagian besar makanan berasal dari tumbuhtumbuhan. Karena itu, kita wajib memelihara dan melestarikan tumbuh-tumbuhan.
Selain makanan, tubuh juga membutuhkan minuman sebagai sumber energi. Untuk minum, kita membutuhkan air bersih. Namun, saat ini banyak sumber air yang sudah tercemar. Baik
sumber air di kota maupun di desa. Pencemaran air disebabkan oleh sampah atau limbah. Sampah dan limbah yang dibuang ke air itulah yang mencemarkan air.
Air bukan hanya sebagai sumber energi bagi tubuh. Air juga merupakan sumber energi listrik. Listrik adalah salah satu energi yang sangat dibutuhkan manusia. Bumi yang kita tempati adalah milik semua makhluk yang hidup di bumi. Kita harus menjaga kelestarian energinya. Kita tidak boleh memikirkan kepentingan diri sendiri. Kita harus memikirkan
kepentingan bersama. Jika sumber energi habis, maka kehidupan manusia akan terancam.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan sumber energi. Di antaranya adalah:
1. merawat dan memelihara tanam-tanaman,
2. melakukan penghijauan,
3. tidak membuang sampah dan limbah ke sumber air,
4. menggunakan air secukupnya saja.
Marilah mencoba untuk menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari.
1. Mengapa kita membutuhkan makanan danminuman?
___________________________________________
___________________________________________
2. Apa gunanya air bagi tubuh?
___________________________________________
___________________________________________
3. Mengapa banyak daerah yang kekurangan air bersih?
___________________________________________
___________________________________________
4. Mengapa kita harus melestarikan sumber energi?
___________________________________________
___________________________________________
5. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menghemat air bersih?
___________________________________________
___________________________________________
Alternatif Jawaban :
1. Karena makanan dan minuman adalah sumber energi bagi tubuh
2. Air bersih yang diminum menghasilkan energi untuk tubuh
3. Banyaknya daerah yang kekurangan air bersih karena :
a. Penggunaan air berlebih
b. Perubahan iklim, biasanya ketika musim kemarau sumber air berkurang
c. Pencemaran air dan peningkatan jumlah populasi manusia yang membutuhkan air meningkat.
4. Agar sumber energi tidak habis karena bumi yang kita tempati adalah milik bersama
5. Menggunakan air seperlunya
Alternatif Jawaban :
Saat tubuh kita lelah kita tidak hanya memerlukan istirahat kita juga membutuhkan asupan makanan dan minuman agar tubuh berenergi kembali, makanan adalah sumber energi bagi tubuh, selain makanan tubuh juga membutuhkan minuman sebagai sumber energi, kita butuh air bersih untu minum.
Ayo Mengamati
Siti dan teman-teman telah menyelesaikan tugas. Kemudian Pak Guru melanjutkan pelajaran. Berikut ini adalah percakapan antara Pak Guru dan muridmurid.
Setelah membaca dialog di atas kita memahami tentang peristiwa yang memerlukan waktu lebih lama dan lebih singkat.
Berikut ini adalah macam-macam satuan waktu.
Ada tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, dan detik.
Kali ini, kita hanya akan mempelajari tentang tahun, bulan, minggu, dan hari. Tentang jam, menit, dan detik akan dipelajari kemudian. 1 tahun sama dengan 12 bulan. 1 bulan terdiri atas 28 sampai 31 hari.
Lihat tabel di bawah ini!
Khusus bulan Februari setiap 4 tahun sekali jumlah harinya ada 29 hari.
Banyak hari dari Minggu sampai dengan Sabtu adalah 7 hari. Tujuh hari itu disebut seminggu. Satu bulan terdiri dari 4 minggu atau lebih, tergantung jumlah hari dalam bulannya. Kalau jumlahnya ada 28 hari, berarti sebulan sama dengan 4 minggu. Jika jumlahnya 31 hari berarti 1 bulan sama dengan 4 minggu 3 hari.
Alternatif Jawaban
Ayo Mencoba
Masih ingatkah lagu yang dipelajari pada Pembelajaran 1?
Ayo menyanyikan lagi bersama-sama!
Coba perhatikan kembali irama lagu tersebut!
Kemudian mainkan musik mengikuti pola irama lagunya.
Alat-alat musik tersebut adalah alat musik ritmis. Mari mainkan secara berkelompok. Satu kelompok memainkan satu jenis alat musik. Bait pertama, baris pertama lagu diiringi dengan
bunyi marakas. Bait pertama baris kedua diiringi dengan tamborin. Bait pertama baris ketiga diiringi kastanyet. Bait pertama baris keempat diiringi rebana.
Bait kedua polanya sama dengan bait pertama. Bait ketiga dari baris pertama sampai dengan
keempat diiringi oleh semua alat musik.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua mengajak siswa mengamati kalender dan menghitung jumlah hari dalam setiap bulannya. Siswa diminta menuliskan daftar nama bulan yang jumlah harinya sama.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018.
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 21-30 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Baca Juga :
Ayo Membaca
Setelah beristirahat sejenak, Siti dan teman-teman melanjutkan kegiatan belajar. Mereka membaca teks di bawah ini.
Bacalah wacana di bawah ini dengan nyaring!
Bacalah dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Menjaga Kelestarian Energi adalah Kewajiban Bersama
Setelah melakukan kegiatan, tubuh kita merasa lelah. Saat tubuh lelah, kita membutuhkanistirahat. Istirahat akan mengembalikan kesegaran tubuh. Selain istirahat, kita membutuhkan asupan makanan dan minuman. Makanan dan minuman membuat tubuh berenergi kembali.
Makanan adalah sumber energi bagi tubuh. Sebagian besar makanan berasal dari tumbuhtumbuhan. Karena itu, kita wajib memelihara dan melestarikan tumbuh-tumbuhan.
Selain makanan, tubuh juga membutuhkan minuman sebagai sumber energi. Untuk minum, kita membutuhkan air bersih. Namun, saat ini banyak sumber air yang sudah tercemar. Baik
sumber air di kota maupun di desa. Pencemaran air disebabkan oleh sampah atau limbah. Sampah dan limbah yang dibuang ke air itulah yang mencemarkan air.
Air bukan hanya sebagai sumber energi bagi tubuh. Air juga merupakan sumber energi listrik. Listrik adalah salah satu energi yang sangat dibutuhkan manusia. Bumi yang kita tempati adalah milik semua makhluk yang hidup di bumi. Kita harus menjaga kelestarian energinya. Kita tidak boleh memikirkan kepentingan diri sendiri. Kita harus memikirkan
kepentingan bersama. Jika sumber energi habis, maka kehidupan manusia akan terancam.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan sumber energi. Di antaranya adalah:
1. merawat dan memelihara tanam-tanaman,
2. melakukan penghijauan,
3. tidak membuang sampah dan limbah ke sumber air,
4. menggunakan air secukupnya saja.
Marilah mencoba untuk menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 23
Kalian telah membaca wacana di atas. Sekarang, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !1. Mengapa kita membutuhkan makanan danminuman?
___________________________________________
___________________________________________
2. Apa gunanya air bagi tubuh?
___________________________________________
___________________________________________
3. Mengapa banyak daerah yang kekurangan air bersih?
___________________________________________
___________________________________________
4. Mengapa kita harus melestarikan sumber energi?
___________________________________________
___________________________________________
5. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menghemat air bersih?
___________________________________________
___________________________________________
Alternatif Jawaban :
1. Karena makanan dan minuman adalah sumber energi bagi tubuh
2. Air bersih yang diminum menghasilkan energi untuk tubuh
3. Banyaknya daerah yang kekurangan air bersih karena :
a. Penggunaan air berlebih
b. Perubahan iklim, biasanya ketika musim kemarau sumber air berkurang
c. Pencemaran air dan peningkatan jumlah populasi manusia yang membutuhkan air meningkat.
4. Agar sumber energi tidak habis karena bumi yang kita tempati adalah milik bersama
5. Menggunakan air seperlunya
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 24
Ceritakan kembali isi bacaan di atas! Gunakan bahasamu sendiri!Alternatif Jawaban :
Saat tubuh kita lelah kita tidak hanya memerlukan istirahat kita juga membutuhkan asupan makanan dan minuman agar tubuh berenergi kembali, makanan adalah sumber energi bagi tubuh, selain makanan tubuh juga membutuhkan minuman sebagai sumber energi, kita butuh air bersih untu minum.
Ayo Mengamati
Siti dan teman-teman telah menyelesaikan tugas. Kemudian Pak Guru melanjutkan pelajaran. Berikut ini adalah percakapan antara Pak Guru dan muridmurid.
Setelah membaca dialog di atas kita memahami tentang peristiwa yang memerlukan waktu lebih lama dan lebih singkat.
Berikut ini adalah macam-macam satuan waktu.
Ada tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, dan detik.
Kali ini, kita hanya akan mempelajari tentang tahun, bulan, minggu, dan hari. Tentang jam, menit, dan detik akan dipelajari kemudian. 1 tahun sama dengan 12 bulan. 1 bulan terdiri atas 28 sampai 31 hari.
Lihat tabel di bawah ini!
Khusus bulan Februari setiap 4 tahun sekali jumlah harinya ada 29 hari.
Banyak hari dari Minggu sampai dengan Sabtu adalah 7 hari. Tujuh hari itu disebut seminggu. Satu bulan terdiri dari 4 minggu atau lebih, tergantung jumlah hari dalam bulannya. Kalau jumlahnya ada 28 hari, berarti sebulan sama dengan 4 minggu. Jika jumlahnya 31 hari berarti 1 bulan sama dengan 4 minggu 3 hari.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 27
Ayo Mencoba
Masih ingatkah lagu yang dipelajari pada Pembelajaran 1?
Ayo menyanyikan lagi bersama-sama!
Coba perhatikan kembali irama lagu tersebut!
Kemudian mainkan musik mengikuti pola irama lagunya.
Alat-alat musik tersebut adalah alat musik ritmis. Mari mainkan secara berkelompok. Satu kelompok memainkan satu jenis alat musik. Bait pertama, baris pertama lagu diiringi dengan
bunyi marakas. Bait pertama baris kedua diiringi dengan tamborin. Bait pertama baris ketiga diiringi kastanyet. Bait pertama baris keempat diiringi rebana.
Bait kedua polanya sama dengan bait pertama. Bait ketiga dari baris pertama sampai dengan
keempat diiringi oleh semua alat musik.
Matahari
Ciptaan: Nurhasanah
Matahari bersinarlah terang (marakas)
Burung-burung pun berkicau riang (tamborin)
Harum semerbak bunga berkembang (kastanyet)
Tandanya hari mulai siang (rebana)
*) Maha kuasa Tuhan Yang Esa (marakas)
Yang telah menurunkan rahmat-Nya (tamborin)
Tuhan Pengasih Tuhan Penyayang (kastanyet)
Mari bersyukur kepada-Nya (rebana)
Refr. Matahari sumber kehidupan
Sumber energi yang utama
Cahayanya bersinar terang
Pohon-pohon menari riang
(semua alat musik)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua mengajak siswa mengamati kalender dan menghitung jumlah hari dalam setiap bulannya. Siswa diminta menuliskan daftar nama bulan yang jumlah harinya sama.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.