Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia dan IPA.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2-9 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Apakah kamu pernah membayangkan akan menjadi seorang apa di kemudian hari?
Apakah hal yang kamu bayangkan itu sebuah kegiatan atau sebuah pekerjaan?
Apakah kamu pernah membayangkan, kelak akan mengajarmenjadi seorang pilot, arsitek, dokter hewan, atau pekerja seni?
Pembelajaran 1
Amatilah gambar-gambar di bawah ini. Tuliskan kegiatan atau pekerjaan yang dijelaskan dari gambar. Jelaskan juga keahlian atau kegiatan yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.
Alternatif Jawaban
Gambar 1
Aku seorang Guru, kegiatan utamaku sehari-hari adalah mendidik murid dengan ilmu yang berguna serta memberikan contoh sikap yang baik untuk diaplikasikan kemasyarakat
Gambar 2
Aku seorang Arsitek, kegiatan utamaku sehari-hari adalah merancang bangunan dan mendesain bangunan
Gambar 3
Aku seorang Dokter Hewan, kegiatan utamaku sehari-hari adalah mengobati hewan yang sakit dan merawat hewan yang sedang dalam pengawasan
Gambar 4
Aku seorang Pelukis, kegiatan utamaku sehari-hari adalah mencari inspirasi dan ide mengenai materi lukisan dan melukis ide yang telah didapat dikertas atau kanvas
Gambar 5
Aku seorang Pilot, kegiatan utamaku sehari-hari adalah menerbangkan pesawat dan membawa penumpang dengan aman ke tempat tujuan
Bagaimana denganmu? Kamu pasti mempunyai mimpi dan harapan tentang kegiatan atau pekerjaanmu kelak. Itulah cita-cita.
Alternatif Jawaban :
Cita-citaku ingin menjadi seorang pelukis, kegiatan utamaku adalah mencari inspirasi tema yang akan dilukis, keahlian yang harus saya miliki adalah menggambar dengan rapih dan menguasai teknik pewarnaan
Ceritakanlah cita-citamu tersebut kepada teman sebangkumu!
Ayo Membaca
Udin dan Beni ternyata memiliki cita-cita yang sama! Mereka berdua ingin menjadi seorang guru. Menurut Udin, ia ingin menjadi guru karena gurulah yang membuatnya menjadi selalu ingin tahu tentang banyak hal. Udin menunjukkan sebuah tulisan dari sebuah majalah untuk menjelaskan pendapatnya tentang guru.
Bacalah teks yang ditemukan Udin berikut!
Teks berjudul Cita-Citaku di atas merupakan sebuah karya yang disebut puisi.
Ayo, kita cari tahu ciri-ciri puisi tersebut!
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–4 siswa.
2. Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memerhatikan temannya membaca puisi.
3. Perhatikan bagian-bagian teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
a. Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
b. Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
c. Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!
d. Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?
e. Tunjukkan keteraturan itu!
4. Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut ini!
Alternatif Jawaban :
Ciri-ciri puisi sebagai berikut :
1. Memiliki Judul
2. Terdapat bait yang terdiri dari beberapa kalimat
3. Keteraturan bunyi vokal (rima)
4. Menggunakan kata-kata indah
Puisi terdiri atas bagian-bagian yang merupakan kumpulan kata-kata yang disebut baris puisi. Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yangdisebut bait puisi.
Alternatif Jawaban :
Susunan bait puisiku:
Guru selalu membmbingku
Guru mengajakku untuk maju
Sungguh berjasa guruku
Kuingin membalas jasamu
Bandingkanlah susunan bait puisimu dengan milik temanmu! Bagaimana pendapatmu?
Lani : "Apakah aku bisa mengubah susunan baris dalam puisi itu, ya?"
Udin : "Menurutku seharusnya bisa, Lani. Asalkan maknanya kurang lebih sama. Kenapa, Lani?"
Lani : "Betul juga! Aku ingin menyusun puisi sendiri tentang cita-citaku."
Udin : "Benarkah? Apakah cita-citamu, Lani?"
Lani : "Aku senang dengan hewan. Aku ingin suatu hari nanti bisa menjadi dokter hewan agar aku dapat membantu hewan-hewan yang sakit dan butuh pertolongan."
Udin : "Wah, hebat juga cita-citamu! Kebetulan aku punya beberapa hewan peliharaan di rumah. Mungkin besok, aku bisa membawa mereka kepadamu untuk diperiksa!"
Lani : "Ah, Udin! Jangan bercanda! Itu nanti saja ketika aku sudah belajar banyak tentang hewan."
Udin : "Baiklah, Lani!"
Ayo Mengamati
Apakah kamu memiliki hewan peliharaan seperti Udin? Apa saja hewan
peliharaanmu itu? Bagaimana kamu memeliharanya?
Amatilah hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewan-hewan peliharaan itu mempunyai anak?
Perhatikan gambar beberapa hewan peliharaan berikut!
Gambar-gambar tersebut menunjukkan bahwa ada anak-anak hewan dan ada hewan yang sudah dewasa. Artinya, hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang dilalui oleh hewan itu, dari anakanak hewan menjadi hewan dewasa. Ayo, mencari tahu tahapan-tahapan pertumbuhan hewan!
Ayo Membaca
1. Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4–5 siswa.
2. Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!
3. Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.
Alternatif Jawaban:
Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan kucing dan ayam
Tahapan siklus hidup hewan kucing dan ayam sebagai berikut
Siklus hewan adalah rangkaian proses tahapan hidup yang dilalui oleh hewan.
Siklus hidup hewan kucing, kucing termasuk hewan vivipar ( melahirkan ) tahapan siklus hewan mulai dari anak hewan, masa remaja, dewasa.
Siklus hidup hewan Ayam, ayam termasuk hawan ovipar (bertelur) tahapan siklus hewan mulai dari telur, anak ayam, ayam remaja, induk ayam.
Presentasikan hasil diskusi kelompokmu secara bergiliran di depan kelas.
Ayo Renungkan
1. Ingin menjadi apakah kamu kelak?
2. Apa yang ingin kamu lakukan agar cita-citamu tercapai?
3. Apabila cita-citamu sudah tercapai, apa manfaat yang dapat kamu berikan kepada orang lain?
Kerja Sama dengan Orang Tua
Amatilah hewan-hewan peliharaan di sekitar rumahmu. Diskusikan bersama dengan orang tuamu tahapan pertumbuhan yang terjadi pada hewan peliharaan tersebut.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 1. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2-9 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Apakah kamu pernah membayangkan akan menjadi seorang apa di kemudian hari?
Apakah hal yang kamu bayangkan itu sebuah kegiatan atau sebuah pekerjaan?
Apakah kamu pernah membayangkan, kelak akan mengajarmenjadi seorang pilot, arsitek, dokter hewan, atau pekerja seni?
Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 2, 3
Ayo MengamatiAmatilah gambar-gambar di bawah ini. Tuliskan kegiatan atau pekerjaan yang dijelaskan dari gambar. Jelaskan juga keahlian atau kegiatan yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.
Alternatif Jawaban
Gambar 1
Aku seorang Guru, kegiatan utamaku sehari-hari adalah mendidik murid dengan ilmu yang berguna serta memberikan contoh sikap yang baik untuk diaplikasikan kemasyarakat
Gambar 2
Aku seorang Arsitek, kegiatan utamaku sehari-hari adalah merancang bangunan dan mendesain bangunan
Gambar 3
Aku seorang Dokter Hewan, kegiatan utamaku sehari-hari adalah mengobati hewan yang sakit dan merawat hewan yang sedang dalam pengawasan
Gambar 4
Aku seorang Pelukis, kegiatan utamaku sehari-hari adalah mencari inspirasi dan ide mengenai materi lukisan dan melukis ide yang telah didapat dikertas atau kanvas
Gambar 5
Aku seorang Pilot, kegiatan utamaku sehari-hari adalah menerbangkan pesawat dan membawa penumpang dengan aman ke tempat tujuan
Bagaimana denganmu? Kamu pasti mempunyai mimpi dan harapan tentang kegiatan atau pekerjaanmu kelak. Itulah cita-cita.
Alternatif Jawaban :
Cita-citaku ingin menjadi seorang pelukis, kegiatan utamaku adalah mencari inspirasi tema yang akan dilukis, keahlian yang harus saya miliki adalah menggambar dengan rapih dan menguasai teknik pewarnaan
Ceritakanlah cita-citamu tersebut kepada teman sebangkumu!
Ayo Membaca
Udin dan Beni ternyata memiliki cita-cita yang sama! Mereka berdua ingin menjadi seorang guru. Menurut Udin, ia ingin menjadi guru karena gurulah yang membuatnya menjadi selalu ingin tahu tentang banyak hal. Udin menunjukkan sebuah tulisan dari sebuah majalah untuk menjelaskan pendapatnya tentang guru.
Bacalah teks yang ditemukan Udin berikut!
Teks berjudul Cita-Citaku di atas merupakan sebuah karya yang disebut puisi.
Ayo, kita cari tahu ciri-ciri puisi tersebut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 5
Ayo Berdiskusi1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–4 siswa.
2. Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memerhatikan temannya membaca puisi.
3. Perhatikan bagian-bagian teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
a. Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
b. Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
c. Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!
d. Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?
e. Tunjukkan keteraturan itu!
4. Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut ini!
Alternatif Jawaban :
Ciri-ciri puisi sebagai berikut :
1. Memiliki Judul
2. Terdapat bait yang terdiri dari beberapa kalimat
3. Keteraturan bunyi vokal (rima)
4. Menggunakan kata-kata indah
Puisi terdiri atas bagian-bagian yang merupakan kumpulan kata-kata yang disebut baris puisi. Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yangdisebut bait puisi.
Alternatif Jawaban :
Susunan bait puisiku:
Guru selalu membmbingku
Guru mengajakku untuk maju
Sungguh berjasa guruku
Kuingin membalas jasamu
Bandingkanlah susunan bait puisimu dengan milik temanmu! Bagaimana pendapatmu?
Lani : "Apakah aku bisa mengubah susunan baris dalam puisi itu, ya?"
Udin : "Menurutku seharusnya bisa, Lani. Asalkan maknanya kurang lebih sama. Kenapa, Lani?"
Lani : "Betul juga! Aku ingin menyusun puisi sendiri tentang cita-citaku."
Udin : "Benarkah? Apakah cita-citamu, Lani?"
Lani : "Aku senang dengan hewan. Aku ingin suatu hari nanti bisa menjadi dokter hewan agar aku dapat membantu hewan-hewan yang sakit dan butuh pertolongan."
Udin : "Wah, hebat juga cita-citamu! Kebetulan aku punya beberapa hewan peliharaan di rumah. Mungkin besok, aku bisa membawa mereka kepadamu untuk diperiksa!"
Lani : "Ah, Udin! Jangan bercanda! Itu nanti saja ketika aku sudah belajar banyak tentang hewan."
Udin : "Baiklah, Lani!"
Ayo Mengamati
Apakah kamu memiliki hewan peliharaan seperti Udin? Apa saja hewan
peliharaanmu itu? Bagaimana kamu memeliharanya?
Amatilah hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewan-hewan peliharaan itu mempunyai anak?
Perhatikan gambar beberapa hewan peliharaan berikut!
Gambar-gambar tersebut menunjukkan bahwa ada anak-anak hewan dan ada hewan yang sudah dewasa. Artinya, hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang dilalui oleh hewan itu, dari anakanak hewan menjadi hewan dewasa. Ayo, mencari tahu tahapan-tahapan pertumbuhan hewan!
Ayo Membaca
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 8, 9
Ayo Berdiskusi1. Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4–5 siswa.
2. Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!
3. Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.
Alternatif Jawaban:
Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan kucing dan ayam
Tahapan siklus hidup hewan kucing dan ayam sebagai berikut
Siklus hewan adalah rangkaian proses tahapan hidup yang dilalui oleh hewan.
Siklus hidup hewan kucing, kucing termasuk hewan vivipar ( melahirkan ) tahapan siklus hewan mulai dari anak hewan, masa remaja, dewasa.
Siklus hidup hewan Ayam, ayam termasuk hawan ovipar (bertelur) tahapan siklus hewan mulai dari telur, anak ayam, ayam remaja, induk ayam.
Presentasikan hasil diskusi kelompokmu secara bergiliran di depan kelas.
Ayo Renungkan
1. Ingin menjadi apakah kamu kelak?
2. Apa yang ingin kamu lakukan agar cita-citamu tercapai?
3. Apabila cita-citamu sudah tercapai, apa manfaat yang dapat kamu berikan kepada orang lain?
Kerja Sama dengan Orang Tua
Amatilah hewan-hewan peliharaan di sekitar rumahmu. Diskusikan bersama dengan orang tuamu tahapan pertumbuhan yang terjadi pada hewan peliharaan tersebut.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 1. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.