Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Halaman 153, 154, 159, 160
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Halaman 153, 154, 159, 160 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 4 Penghematan Energi Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran Matematika, B.Indonesia, dan SBDP.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018.
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 Pembelajaran 1 Halaman 151-160 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Subtema 4
Penghematan Energi
Ada beberapa cara untuk menghemat energi. Cara tersebut dapat kalian lakukan. Misalkan menggunakan air dan listrik secukupnya. Berjalan kaki atau naik sepeda untuk pergi ke sekolah. Menggunakan kendaraan umum juga cara menghemat energi.
Ayo, pelajari bersama cara menghemat energi. Menghemat energi untuk menjaga kesediaannya. Menghemat energi juga untuk menjaga lingkungan. Agar lingkungan tetap sehat.
Pembelajaran 1
Ayo Membaca
ke dalam rumah. Pepohonan di rumah Dayu sangat subur dan rimbun. Pepohonan membuat teduh lingkungan di sekitarnya. Pepohonan membuat udara di sekitarnya bersih.
Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak. Jendela dan lubang udara berguna untuk keluar masuknya udara. Selain itu, rumah Dayu menjadi terang pada pagi dan siang hari. Sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela dan lubang udara.
Udara di dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Akhirnya lingkungan menjadi sejuk. Udara yang terjaga kebersihannya membuat lingkungan sehat. Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan. Dengan demikian, Dayu dan keluarga ikut menjaga ketersediaan energi. Dayu dan keluarga menghemat penggunaan energi listrik. Selain itu, biaya listrik menjadi murah.
Kalian telah membaca wacana di atas.
Sekarang, jawablah pertanyaan berikut!
Alternatif Jawaban :
1. Rumah Dayu memiliki pepohonan yang sangat subur dan rimbun, jendela dan lubang anginnya banyak, dan terang pada pagi dan sore hari. Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan sehingga menghemat energi listrik
2. Dengan menghemat penggunaan energilistrik kita akan mendapatkan banyak manfaat misalnya biaya tagihan listrik bulanan kita menjadi lebih ringan, menghemat penggunaan bahan bakar fosil, menjaga lingkungan alam agar tetap bersahabat, ikut berpartisipasi dalam mencintai bumi ini dan masih banyak lagi.
3. Karena dengan menanam pohon maka suhu di sekitar kita menjadi lebih sejuk sehingga tidak perlu lagi menggunakan AC dan kipas angin
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama kelompokmu!
Apa yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik?
Sampaikan hasilnya di depan teman-teman!
Sore hari angin bertiup lebih kencang. Dayu senang sekali bermain kincir angin buatannya.
Dayu bermain di depan jendela kamarnya. Angin kencang membuat kincir angin berputar lebih kencang. Mainan kincir angin tidak memerlukan listrik. Dayu menghemat penggunaan listrik.
Ayo Berkreasi
Edo dan Beni akan membuat kincir angin. Alat dan bahan yang disiapkan adalah sebagai berikut.Siapkan :
• Kertas lipat warna-warni (kertas origami)
• Lem
• Sedotan plastik tebal
• Gunting
• Karton atau kain flanel yang telah digunting berbentuk lingkaran kecil
• Paku payung berwarna
• Penggaris
Langkah-langkah kegiatan:
Kincir angin buatan Beni dan Edo telah selesai.Kincir angin milik Beni lebih besar dari milik Edo. Kertas yang digunakan Beni lebih besar. Kertas yang digunakan Edo lebih kecil. Keduanya menggunakan kertas yang berbeda ukurannya.
Perhatikan ukuran kertas milik Beni dan Edo!
Ayo Berlatih
Kertas Beni lebih besar dari kertas Edo. Jadi keliling kertas Beni berbeda dari kertas Edo.
Akibatnya luas kertas Beni berbeda dari kertas Edo. Kalian sudah belajar cara menentukan keliling. Dapatkah kamu menentukan luas kertas Beni dan Edo?
Perhatikan kembali cara menentukan keliling dan luas dengan menggunakan alat ukur tidak baku.
Setelah mengetahui kelilingnya kita dapat menghitung luas dengan menggunakan persegi satuan.
Alternatif Jawaban :
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua mengajak siswa berlatih menghemat energi listrik di rumah. Misalnya mematikan lampu jika tidak digunakan. Caranya dengan menempel stiker hemat listrik pada saklar di rumah.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Halaman 153, 154, 159, 160 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 4 Penghematan Energi Pembelajaran 1. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018.
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 Pembelajaran 1 Halaman 151-160 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Subtema 4
Penghematan Energi
Menghemat Energi
Kalian sudah mengetahui bahwa kesediaan energi semakin berkurang. Penggunaan energi alternatif perlu dipikirkan. Energi alternatif untuk menjaga kesediaan energi. Kalian harus ikut serta menjaga kesediaan energi. Caranya dengan menghemat penggunaan energiAda beberapa cara untuk menghemat energi. Cara tersebut dapat kalian lakukan. Misalkan menggunakan air dan listrik secukupnya. Berjalan kaki atau naik sepeda untuk pergi ke sekolah. Menggunakan kendaraan umum juga cara menghemat energi.
Ayo, pelajari bersama cara menghemat energi. Menghemat energi untuk menjaga kesediaannya. Menghemat energi juga untuk menjaga lingkungan. Agar lingkungan tetap sehat.
Pembelajaran 1
Ayo Membaca
Menghemat Penggunaan Listrik
Rumah Dayu sangat asri dan bersih. Banyak tanaman di halaman rumahnya. Setiap sore hari Dayu dan keluarga menyirami tanaman. Pagi hari Dayu dan keluarga membersihkan rumah. Semua jendela dibuka. Agar sinar matahari dapat masukke dalam rumah. Pepohonan di rumah Dayu sangat subur dan rimbun. Pepohonan membuat teduh lingkungan di sekitarnya. Pepohonan membuat udara di sekitarnya bersih.
Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak. Jendela dan lubang udara berguna untuk keluar masuknya udara. Selain itu, rumah Dayu menjadi terang pada pagi dan siang hari. Sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela dan lubang udara.
Udara di dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Akhirnya lingkungan menjadi sejuk. Udara yang terjaga kebersihannya membuat lingkungan sehat. Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan. Dengan demikian, Dayu dan keluarga ikut menjaga ketersediaan energi. Dayu dan keluarga menghemat penggunaan energi listrik. Selain itu, biaya listrik menjadi murah.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 153, 154
Ayo BerlatihKalian telah membaca wacana di atas.
Sekarang, jawablah pertanyaan berikut!
1. Rumah Dayu memiliki pepohonan yang sangat subur dan rimbun, jendela dan lubang anginnya banyak, dan terang pada pagi dan sore hari. Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan sehingga menghemat energi listrik
2. Dengan menghemat penggunaan energilistrik kita akan mendapatkan banyak manfaat misalnya biaya tagihan listrik bulanan kita menjadi lebih ringan, menghemat penggunaan bahan bakar fosil, menjaga lingkungan alam agar tetap bersahabat, ikut berpartisipasi dalam mencintai bumi ini dan masih banyak lagi.
3. Karena dengan menanam pohon maka suhu di sekitar kita menjadi lebih sejuk sehingga tidak perlu lagi menggunakan AC dan kipas angin
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama kelompokmu!
Apa yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik?
Sampaikan hasilnya di depan teman-teman!
Sore hari angin bertiup lebih kencang. Dayu senang sekali bermain kincir angin buatannya.
Dayu bermain di depan jendela kamarnya. Angin kencang membuat kincir angin berputar lebih kencang. Mainan kincir angin tidak memerlukan listrik. Dayu menghemat penggunaan listrik.
Ayo Berkreasi
Edo dan Beni akan membuat kincir angin. Alat dan bahan yang disiapkan adalah sebagai berikut.Siapkan :
• Kertas lipat warna-warni (kertas origami)
• Lem
• Sedotan plastik tebal
• Gunting
• Karton atau kain flanel yang telah digunting berbentuk lingkaran kecil
• Paku payung berwarna
• Penggaris
Langkah-langkah kegiatan:
Kincir angin buatan Beni dan Edo telah selesai.Kincir angin milik Beni lebih besar dari milik Edo. Kertas yang digunakan Beni lebih besar. Kertas yang digunakan Edo lebih kecil. Keduanya menggunakan kertas yang berbeda ukurannya.
Perhatikan ukuran kertas milik Beni dan Edo!
Ayo Berlatih
Kertas Beni lebih besar dari kertas Edo. Jadi keliling kertas Beni berbeda dari kertas Edo.
Akibatnya luas kertas Beni berbeda dari kertas Edo. Kalian sudah belajar cara menentukan keliling. Dapatkah kamu menentukan luas kertas Beni dan Edo?
Perhatikan kembali cara menentukan keliling dan luas dengan menggunakan alat ukur tidak baku.
Setelah mengetahui kelilingnya kita dapat menghitung luas dengan menggunakan persegi satuan.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 159, 160
Alternatif Jawaban :
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua mengajak siswa berlatih menghemat energi listrik di rumah. Misalnya mematikan lampu jika tidak digunakan. Caranya dengan menempel stiker hemat listrik pada saklar di rumah.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Halaman 153, 154, 159, 160 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 4 Penghematan Energi Pembelajaran 1. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Halaman 153, 154, 159, 160"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.