Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 114, 115, 117, 118

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 114, 115, 117, 118 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia dan IPA.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 111-118 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 111

Ayo Mengamati
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 112

Amatilah gambar di atas dengan saksama! 
Ceritakan pendapatmu tentang kondisi kedua sungai tersebut kepada teman
Menurutmu, siapakah yang berperan untuk mengubah sungai tersebut?
Ternyata semuanya berasal dari satu orang yang peduli dan bertekad baja!
sebangkumu. Gambar itu menunjukkan kondisi sungai di Jakarta dan sekarang.

Ayo Membaca
Bacalah bacaan berikut ini.
Si Pendekar Kali Pesanggrahan
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 113

Keinginan untuk kembali melihat Kali Pesanggrahan di Jakarta yang bersih, membuat H. Chaerudin atau yang dikenal dengan Bang Idin berpetualang menyisiri bantaran sungai tersebut. Kali Pesanggrahan yang dulunya tempat ia bermain air bersama temantemannya telah berubah menjadi kali yang kotor, penuh sampah, berwarna hitam, dan bau. Dengan berbekal golok dan tekad yang besar, ia mulai menyusuri bantaran sungai itu untuk melihat tingkat kerusakannya. Ia pun mulai membersihkan sampah-sampah yang menutupi sungai tersebut. Banyak anggota masyarakat yang menentangnya karena dianggap sebagai perusuh. Kegiatannya banyak terhalang justru oleh masyarakat sekitar sungai yang tidak memahami tujuan kegiatannya. Akan tetapi, ia tidak marah. Baginya, untuk menyadarkan orang lain tidak perlu membalasnya dengan kekerasan. Ia melakukan berbagai cara untuk membuat masyarakat sekitar sungai sadar pentingnya merawat sungai sebagai sumber daya alam mereka.
Akhirnya, berkat kesabaran dan tekad kuat, lambat laun, kesadaran masyarakat mulai tumbuh. Bang Idin kemudian juga mengajak temantemannya sesama petani penggarap untuk mengikuti langkahnya. Kini, mereka berhasil menanam 40 ribuan pohon produktif di sepanjang bantaran kali. Burung-burung yang dulunya pergi akhirnya kembali. Mata air yang dulu tertutup sampah, kembali hidup. Air kali Pesanggrahan kini sudah normal kembali. Ikan-ikan bisa hidup dan berkembang biak. Sepanjang tepian Kali Pesanggrahan menjadi hijau. Burung-burung berkicau setiap hari. Bahkan burung Cakakak yang bersarang di tanah dan sudah jarang ditemui di wilayah lain di Jakarta, kini juga bisa ditemukan. Pohon-pohon yang mulai langka di Jakarta dapat dijumpai di sini. Belum lagi tanaman obat yang jumlahnya mencapai 142 jenis. Di balik sikap kerasnya, pria kelahiran 13 April 1956 ini ingin membuktikan, hanya orang yang benarbenar memahami alam yang dapat menyelamatkannya. Di tangan Bang Idin, Kali Pesanggrahan yang kotor dengan bantaran yang tak terurus berubah menjadi lahan produktif dan alami.
Sumber: DanamonAward.org, ktlhsanggabuana, VivaNews

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan tersebut, lakukanlah kegiatan berikut ini!
Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 114

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 114

Alternatif Jawaban :
Halangan yang dihadapi: Masyarakat tidak dan mengatakan hanya membuat kerusuhan dan masyarakat sekitar yang tidakmemahami tujuan kegiatannya itu.

Cita-cita Bang Idin : Ingin kembali melihat kali pesanggrahan di jakarta yang bersih

Sikap yang dimiliki : Bang Idin memiliki sikap sabar, jujur, giat dan bekerja keras.

Usaha yang dilakukan : membersihkan kali danri sampah dan menanam kembali pohon disepanjang bantaran kali

Kesimpulan : Kita harus mengikutiprinsip bang idin yang giat menolong.

Cita-cita Bang Idin sungguhlah mulia. Usaha dan kerja keras telah dilakukan untuk mewujudkan mimpinya yang dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat di sekitarnya.  Ada banyak orang seperti Bang Idin yang bercita-cita untuk selalu menjaga dan melestarikan alam sekitarnya.

Ayo Membaca
Berikut ini adalah sebuah puisi untuk para pelestari lingkungan Indonesia.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 115


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 115

Setelah membacanya dengan saksama, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 115 K13

Alternatif Jawaban :
1. Jasa alam yang memiliki jasa seperti seorang ibu
2. Tidak membuang sampah sembarangan, tidak mencemari udara, melakukan reboisasi dan tebang pilih
3. Karena alam sama seperti ibu menyediakan segala sesuatu yang kita butuhkan.

Tahukah Kamu
Deklamasi merupakan salah satu cara membacakan puisi tanpa menggunakan teks puisi. Biasanya, orang yang mendeklamasikan puisi harus menghafalnya terlebih dahulu.
Membaca puisi memerlukan pelafalan yang jelas dan intonasi yang tepat. Selain itu, pemenggalan kalimat juga harus diperhatikan. Dengan demikian, puisi tersebut akan enak didengar dan mudah dipahami isinya.
Contoh menentukan jeda: Kau // adalah / para penyelamat negeri //
Catatan:
1.  / berhenti sebentar untuk bernapas, biasanya pada koma atau di tengah baris.
2.  // berhenti agak lama/biasanya koma di akhir baris yang masih berhubungan dengan baris berikutnya.
3.  /// berhenti lama sekali biasanya pada titik baris terakhir atau pada akhir puisi.

Ayo Mencoba
- Bacalah kembali puisi “Penjaga Alamku”.
- Berikan tanda jeda pada bagian-bagian yang diperlukan.
- Latihkan kembali cara membacanya dengan menggunakan tanda jeda yang kamu buat.
- Jika kurang tepat kamu dapat memindahkan tanda jeda tersebut.
- Hafalkan dan deklamasikan puisi tersebut. Kali ini, minta teman sebangkumu untuk memerhatikan tanda jedanya pada saat kamu mendeklamasikannya.
- Lalu, deklamasikan puisi tersebut di depan kelas dengan percaya diri.

Tahukah Kamu
Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup seluruh warga penduduknya. Sumber daya alam hayati dan sumber daya alam mineral dalam berbagai rupa tersedia melimpah di Indonesia. Akan tetapi, tidak berarti sumber daya alam itu dapat dikuras habis untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Sumber daya alam mineral merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Jenis sumber daya alam tersebut memerlukan waktu yang sangat lama dalam pembentukannya. Waktunya tidak sebanding dengan cepatnya sumber daya alam itu digunakan untuk kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam mineral yang dimaksud berupa batuan dan bahan tambang Batuan dapat berupa pasir, tanah liat dan semen. Bahan tambang berupa emas, besi, batu bara, dan minyak bumi. Sumber daya alam hayati berupa tumbuhan dan hewan yang menjadi sumber makanan manusia. Selain itu, tumbuhan dan hewan berperan untuk menjaga keseimbangan alam. Bencana alam yang terjadi salah satunya karena keseimbangan alam terganggu. Banjir di Jakarta karena sungai-sungai yang tidak dipelihara, dan dijadikan tempat pembuangan sampah. Hal ini menyebabkan kerugian yang sangat besar. Baik bagi manusia maupun bagi makhluk hidup lainnya. Alam dan sumber daya alam memang harus dijaga agar lestari. Semua orang dapat melakukan sesuatu untuk menjaga dan memeliharanya. Jika alam rusak, manusia dan makhluk hidup lainnya akan kehilangan tempat tinggal dan sumber kehidupan. Oleh karenanya, manusia harus berusaha menjaganya. Salah satunya adalah dengan mengampanyekan usaha sederhana memelihara lingkungan melalui poster.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 117

Ayo Berlatih
Buatlah sebuah poster dengan memilih satu dari dua tema berikut.
1.  Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (tumbuhan)
2.  Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (hewan)

Alternatif Jawaban Contoh Poster :
1.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 117
2.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 117 K13

Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut!
1.  Pilihlah salah satu tema yang tersedia.
2.  Carilah beberapa informasi tentang pentingnya sumber daya alam tersebut dengan menggunakan beberapa pertanyaan berikut.
a.  Bagaimana manusia dan makhluk hidup lainnya memanfaatkan sumber daya alam tersebut?
b. Mengapa sumber daya alam tersebut harus dilestarikan?
c. Akibat apa sajakah yang akan timbul jika sumber daya alam tersebut
    tidak dilestarikan?

Alternatif Jawaban No 2  :
Informasi tentang pentingnya sumber daya alam
a. Menggunakan sumber daya alam sesuai kebutuhan dan mencari alternatif lain agar tidak cenderung pada satu sumber daya alam saja
b. Agar sumber daya alam bisa tetap terjaga dan tidak cepat habis dalam kurun waktu yang sebentar.
c. Sumber daya alam akan rusak dan habis.

3. Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjawab pertanyaan tersebut.
4.  Rancanglah sebuah poster untuk menyampaikan pesanmu pada buku  tulismu. Tuliskan kalimat yang mewakili pesan yang hendak kamu sampaikan. Rancanglah sebuah gambar yang akan mendukung isi pesanmu.
5.  Gunakan kertas ukuran A3 untuk mulai memindahkan gagasanmu dari buku tulis ke kertas poster tersebut. Gunakan pensil warna untuk mempertegas pesan yang disampaikan. Bermainlah dengan paduan warna yang baik untuk memperkuat pesanmu. Lihatlah contoh poster di bawah ini untuk membantumu.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 118

6.   Tunjukkan hasil karya postermu di depan kelas dengan percaya diri.
7.   Tempelkan postermu di gedung sekitar sekolahmu.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 118

Ayo Renungkan
Nilai dan sikap apa yang diperlukan untuk mencapai cita-cita yang dapat kamu pelajari hari ini?

Alternatif Jawaban : Kerja keras, belajar yang rajin dan semangat untuk meraih cita-cita

Keterampilan baru apa sajakah yang kamu miliki pada hari ini?

Alternatif Jawaban : Membuat poster

Kegiatan pelestarian lingkungan seperti apa yang hendak kamu lakukan?

Alternatif Jawaban : menjaga bumi kita tetap hijau dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Lakukanlah wawancara kepada orang tuamu bagaimana cara mereka mencapai cita-cita mereka.

Demikianlah artikel tentang Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 114, 115, 117, 118 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 1. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 114, 115, 117, 118"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel