Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Halaman 80, 83, 84, 85
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Halaman 80, 83, 84, 85- Pembelajaran Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragamana Budaya Negeriku Pembelajaran 5 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, PKN dan SBDP.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 78-85 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Membaca
Bacalah dengan cermat teks berikut!
Seni tari yang berkembang di Indonesia begitu banyak dan beragam. Tarian daerah menggambarkan tradisi dan tata cara kehidupan penduduk di suatu daerah. Tarian biasanya menjadi ciri khas pertunjukan pada upacara adat atau peristiwa penting. Berikut beberapa tarian daerah di Indonesia.
Tabel 2.5 Tari Daerah di Indonesia
Ayo Bermain Peran
1. Sebelum bermain, siapkan bahan dan alat berupa: kertas HVS, gunting, dan spidol.
2. Gunting-guntinglah kertas berukuran 8 cm ×4 cm. Tuliskan nama satu tarian atau alat musik daerah pada setiap guntingan kertas.
3. Masukkan seluruh guntingan kertas bertuliskan nama tarian dan alat musik daerah ke dalam suatu wadah.
4. Secara bergiliran dengan teman-temanmu, ambillah satu lembar guntingan kertas bertuliskan nama tarian atau alat musik daerah tanpa melihat ke dalam wadah.
5. Baca keras-keras tulisan pada guntingan kertas yang terambil. Lalu, sebutkan daerah asal tarian atau alat musik daerah itu.
6. Jika kamu salah menyebutkan daerah asal tarian atau alat musik daerah, kamu harus menyanyikan salah satu lagu daerah yang kamu ketahui.
Pada Pembelajaran 2, kamu telah mengamati pola gerak tari daerahmu.
Sekarang lihatlah lagi peragaan tari daerahmu, baik secara langsung maupun melalui video tari.
1. Bagaimana gerak tangan penari?
Alternatif Jawaban :
Gerak tangan penari saat menari lemah gemulai mengikuti alunan musik
2. Bagaimana gerak kaki penari?
Alternatif Jawaban :
Langkah kaki penari bergerak maju,mundur, kekiri, kekanan dan berputar
3. Bagaimana gerak kepala penari?
Alternatif Jawaban :
Menggerakan kepala kesamping kanan dan kekiri mengikuti irama lagu
Tuliskan hasil pengamatanmu, lalu ceritakan.
Ayo Mencoba
1. Dari peragaan tari yang telah kamu amati, peragakan gerak-gerak tari yang dilakukan penari. Lakukan secara perorangan, lalu lakukan berkelompok.
2. Tirukan gambar-gambar gerakan dasar tari berikut.
Kamu telah berlatih memperagakan gerak tari. Setiap tarian daerah di Indonesia memiliki gaya, iringan, busana, dan tata rias yang mungkin berbeda dari tarian daerah lain. Kamu bisa mempelajari tarian daerahmu. Namun, akan lebih baik lagi jika kamu juga ikut mempelajari tarian daerah lain. Coba, bacalah teks berikut.
Ayo Membaca
Kebanyakan peserta lomba menampilkan tari daerah Aceh. Di antara peserta ada yang menampilkan tari Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek Pukat. Namun, ada pula beberapa peserta menampilkan seni tari dari provinsi lain di Indonesia. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang.
Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari Cublak-Cublak Suweng dari Jawa. Tujuh anak laki-laki menyajikan tarian. Mereka mengenakan kostum yang sederhana. Namun, gaya kocak anak-anak dalam menampilkan tarian berhasil memukau para penonton.
“Kita ingin menampilkan sajian yang berbeda. Kita juga ingin menunjukkan kebhinekaan tari di Indonesia,” kata Ibu Surya Murni, pendidik pada PAUD Tun Sri Lanang.
Menurut Ibu Surya Murni, anak usia PAUD seharusnya diperkenalkan dengan keragaman suku bangsa agar bisa melestarikannya kelak. “Tanpa mengesampingkan kearifan lokal, sewajarnya anak-anak ditanamkan rasa cinta tanah air dengan aneka ragam suku dan budaya yang ada di Indonesia,” tambah Ibu Surya Murni.
Lomba seni tari kreasi anak-anak PAUD merupakan pendekatan dasar agar anak cinta budaya bangsanya. Semoga ke depan banyak pihak yang menyelenggarakan acara lomba tari agar mendukung upaya mewarisi budayabudaya Nusantara. Acara lomba tari sekaligus sebagai ajang kreativitas anak usia dini agar tampil percaya diri di hadapan banyak orang.
(Sumber: http://edukasi.kompas.com/ diunduh 20 September 2016)
Ayo Berdiskusi
Bersama teman sekelompokmu, tuliskan gagasan utama dari setiap paragraf dari teks “Cinta Tanah Air, Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa” Tuliskan hasil diskusimu dalam sebuah diagram alir seperti contoh berikut.
Alternatif Jawaban :
Gagasan utama paragraf ke-1:
Penampilan murid diacara lomba seni tari kreasi nusantara menarik perhatian
Gagasan utama paragraf ke-2 :
Kebanyakan peserta lomba menampilkan tari daerah Aceh
Gagasan utama paragraf ke-3 :
PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari Cublak-Cublak Suweng dari Jawa
Gagasan utama paragraf ke-4 :
Tarian yang dibawakan PAUD Tun Sri Lanang untuk menunjukkan kebhinekaan tari di Indonesia
Gagasan utama paragraf ke-5 :
Anak usia PAUD seharusnya diperkenalkan dengan keragaman suku bangsa
Gagasan utama paragraf ke-6 :
Lomba seni tari kreasi anak-anak PAUD merupakan pendekatan dasar agar anak cinta budaya
Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari pada hari ini?
Alternatif Jawaban :
- Mengenal tari daerah di Indonesia
- Membaca cerita “Cinta Tanah Air, Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa”
- Menentukan gagasan utama pada bacaan “Cinta Tanah Air, Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa”
Bagaimana sikapmu atas keragaman budaya di Indonesia?
Alternatif Jawaban :
Menghargai kebudayaan kita dan mempromosikan budaya di dunia internasional dan tidak meninggalkan kebudayaan kita walaupun di era globalisasi sekarang.
Apa yang dapat kamu lakukan untuk melestarikan tarian daerah?
Alternatif Jawaban :
- Mengenal dan mempelajari tarian daerah
- Menikmati pagelaran tarian daerah
- Melakukan kegiatan lomba tari daerah
Kerja Sama dengan Orang Tua
Tuliskan tarian daerah yang pernah ditampilkan di lingkungan tempat tinggalmu, misalnya dalam perayaan kemerdekaan Republik Indonesia, acara pernikahan, atau acara adat.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Halaman 80, 83, 84, 85- Pembelajaran Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragamana Budaya Negeriku Pembelajaran 5 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 78-85 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Membaca
Bacalah dengan cermat teks berikut!
Keragaman Kesenian Daerah di Indonesia
Setiap daerah memiliki kekayaan kesenian yang berbeda-beda. Kesenian daerah ditunjukkan dalam bentuk tarian, musik, lagu, upacara adat, dan seni pertunjukan.Seni tari yang berkembang di Indonesia begitu banyak dan beragam. Tarian daerah menggambarkan tradisi dan tata cara kehidupan penduduk di suatu daerah. Tarian biasanya menjadi ciri khas pertunjukan pada upacara adat atau peristiwa penting. Berikut beberapa tarian daerah di Indonesia.
Tabel 2.5 Tari Daerah di Indonesia
Ayo Bermain Peran
1. Sebelum bermain, siapkan bahan dan alat berupa: kertas HVS, gunting, dan spidol.
2. Gunting-guntinglah kertas berukuran 8 cm ×4 cm. Tuliskan nama satu tarian atau alat musik daerah pada setiap guntingan kertas.
3. Masukkan seluruh guntingan kertas bertuliskan nama tarian dan alat musik daerah ke dalam suatu wadah.
4. Secara bergiliran dengan teman-temanmu, ambillah satu lembar guntingan kertas bertuliskan nama tarian atau alat musik daerah tanpa melihat ke dalam wadah.
5. Baca keras-keras tulisan pada guntingan kertas yang terambil. Lalu, sebutkan daerah asal tarian atau alat musik daerah itu.
6. Jika kamu salah menyebutkan daerah asal tarian atau alat musik daerah, kamu harus menyanyikan salah satu lagu daerah yang kamu ketahui.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 80
Ayo MengamatiPada Pembelajaran 2, kamu telah mengamati pola gerak tari daerahmu.
Sekarang lihatlah lagi peragaan tari daerahmu, baik secara langsung maupun melalui video tari.
1. Bagaimana gerak tangan penari?
Alternatif Jawaban :
Gerak tangan penari saat menari lemah gemulai mengikuti alunan musik
2. Bagaimana gerak kaki penari?
Alternatif Jawaban :
Langkah kaki penari bergerak maju,mundur, kekiri, kekanan dan berputar
3. Bagaimana gerak kepala penari?
Alternatif Jawaban :
Menggerakan kepala kesamping kanan dan kekiri mengikuti irama lagu
Tuliskan hasil pengamatanmu, lalu ceritakan.
Ayo Mencoba
1. Dari peragaan tari yang telah kamu amati, peragakan gerak-gerak tari yang dilakukan penari. Lakukan secara perorangan, lalu lakukan berkelompok.
2. Tirukan gambar-gambar gerakan dasar tari berikut.
Kamu telah berlatih memperagakan gerak tari. Setiap tarian daerah di Indonesia memiliki gaya, iringan, busana, dan tata rias yang mungkin berbeda dari tarian daerah lain. Kamu bisa mempelajari tarian daerahmu. Namun, akan lebih baik lagi jika kamu juga ikut mempelajari tarian daerah lain. Coba, bacalah teks berikut.
Ayo Membaca
Cinta Tanah Air, Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa
Yayasan Sukma Bangsa Bireuen menggelar lomba seni tari kreasi nusantara. Lomba ini diikuti oleh sembilan grup tari dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bireuen, Aceh. Anak-anak dari PAUD tampil lucu dengan seragam unik. Penampilan mereka benar-benar menyedot perhatian ratusan pengunjung.Kebanyakan peserta lomba menampilkan tari daerah Aceh. Di antara peserta ada yang menampilkan tari Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek Pukat. Namun, ada pula beberapa peserta menampilkan seni tari dari provinsi lain di Indonesia. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang.
Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari Cublak-Cublak Suweng dari Jawa. Tujuh anak laki-laki menyajikan tarian. Mereka mengenakan kostum yang sederhana. Namun, gaya kocak anak-anak dalam menampilkan tarian berhasil memukau para penonton.
“Kita ingin menampilkan sajian yang berbeda. Kita juga ingin menunjukkan kebhinekaan tari di Indonesia,” kata Ibu Surya Murni, pendidik pada PAUD Tun Sri Lanang.
Menurut Ibu Surya Murni, anak usia PAUD seharusnya diperkenalkan dengan keragaman suku bangsa agar bisa melestarikannya kelak. “Tanpa mengesampingkan kearifan lokal, sewajarnya anak-anak ditanamkan rasa cinta tanah air dengan aneka ragam suku dan budaya yang ada di Indonesia,” tambah Ibu Surya Murni.
Lomba seni tari kreasi anak-anak PAUD merupakan pendekatan dasar agar anak cinta budaya bangsanya. Semoga ke depan banyak pihak yang menyelenggarakan acara lomba tari agar mendukung upaya mewarisi budayabudaya Nusantara. Acara lomba tari sekaligus sebagai ajang kreativitas anak usia dini agar tampil percaya diri di hadapan banyak orang.
(Sumber: http://edukasi.kompas.com/ diunduh 20 September 2016)
Ayo Berdiskusi
Bersama teman sekelompokmu, tuliskan gagasan utama dari setiap paragraf dari teks “Cinta Tanah Air, Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa” Tuliskan hasil diskusimu dalam sebuah diagram alir seperti contoh berikut.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 83, 84
Alternatif Jawaban :
Gagasan utama paragraf ke-1:
Penampilan murid diacara lomba seni tari kreasi nusantara menarik perhatian
Gagasan utama paragraf ke-2 :
Kebanyakan peserta lomba menampilkan tari daerah Aceh
Gagasan utama paragraf ke-3 :
PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari Cublak-Cublak Suweng dari Jawa
Gagasan utama paragraf ke-4 :
Tarian yang dibawakan PAUD Tun Sri Lanang untuk menunjukkan kebhinekaan tari di Indonesia
Gagasan utama paragraf ke-5 :
Anak usia PAUD seharusnya diperkenalkan dengan keragaman suku bangsa
Gagasan utama paragraf ke-6 :
Lomba seni tari kreasi anak-anak PAUD merupakan pendekatan dasar agar anak cinta budaya
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 85
Ayo RenungkanApa yang kamu pelajari pada hari ini?
Alternatif Jawaban :
- Mengenal tari daerah di Indonesia
- Membaca cerita “Cinta Tanah Air, Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa”
- Menentukan gagasan utama pada bacaan “Cinta Tanah Air, Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa”
Bagaimana sikapmu atas keragaman budaya di Indonesia?
Alternatif Jawaban :
Menghargai kebudayaan kita dan mempromosikan budaya di dunia internasional dan tidak meninggalkan kebudayaan kita walaupun di era globalisasi sekarang.
Apa yang dapat kamu lakukan untuk melestarikan tarian daerah?
Alternatif Jawaban :
- Mengenal dan mempelajari tarian daerah
- Menikmati pagelaran tarian daerah
- Melakukan kegiatan lomba tari daerah
Kerja Sama dengan Orang Tua
Tuliskan tarian daerah yang pernah ditampilkan di lingkungan tempat tinggalmu, misalnya dalam perayaan kemerdekaan Republik Indonesia, acara pernikahan, atau acara adat.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Halaman 80, 83, 84, 85- Pembelajaran Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragamana Budaya Negeriku Pembelajaran 5 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Halaman 80, 83, 84, 85"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.