Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Halaman 152, 153, 154, 155, 158

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Halaman 152, 153, 154, 155, 158- Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pelajaran PKN, B.Indonesia dan IPS.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 151-158 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci-Jawaban-Tema-8-Kelas-4-Halaman-151

Ayo Bermain Peran
Bentuklah kelompok terdiri atas tiga anak. Kemudian, carilah cerita fiksi yang di dalamnya memiliki minimal tiga tokoh. Tuliskan nama dan sifat tokoh yang ada pada cerita yang telah dipilih. Peragakan peran dengan sifatnya yang sesuai dari cerita itu di depan kelompok lain. Sebagai contoh, kamu memeragakan Patih Gadjah Mada dan dua orang temanmu sebagai prajuritnya. Patih Gadjah Mada mengajak dua prajurit untuk melawan musuh. Dialog saat bermain peran sebagai berikut.
Patih Gadjah Mada :  “Prajurit, lawan musuh kita dengan semangat! Mari Kita serang bersama-sama. Serbuuuu!” (Patih Gadjah Mada berdiri tegap di depan kedua prajurit, tangan kanan menuding ke arah musuh)

Dua Prajurit  : “Semangat, Patih! Serbuuuu!” (Kedua prajurit, mengangkat tombak)
(Patih Gadjah dan Dua Prajurit, berlari)


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 152

Ayo Mengamati
Kunci-Jawaban-Tema-8-Kelas-4-Halaman-152

Gambar di atas menunjukkan gambar cerita Cindelaras? Pernahkah kamu membaca cerita Cindelaras? Atau mungkin kamu melihat video drama Cindelaras ? Coba, kamu cari informasi tentang cerita Cindelaras. Kamu bisa membaca buku atau kamu bisa memutar video. Kemudian, tuliskan ringkasan mengenai cerita Cindelaras pada kotak di bawah.
Kunci-Jawaban-Tema-8-Kelas-4-Halaman-152-K13

Alternatif Jawaban : 
Cerita ini bermula pada kisah keluarga Raden Putra, raja dari Kerajaan Jenggala yang memiliki sikap agak ceroboh. Raden Putra memiliki dua orang istri, yaitu satu permaisuri dan satu selir. Sang selir pun tidak terima karena hanya dianggap sebagai selir sehingga selir dari Raden Putra bekerjasama dengan tabib istana untuk menuduh permaisuri telah meracuni selir dari raja Raden Putra.

Raja Raden Putra memerintah kepada patih untuk membuat sang permaisuri tanpa mengecek terlebih dahulu atas kebenaran dari informasi tersebut. Sang permaisuri tidak meninggal akan tetapi sang permaisuri masih dalam kondisi hamil. Permaisuri tinggal di hutan bersama seekor ayam jago dan putra dari Raden Putra yang bernama Cindelaras.

Cindelaras berniat bertemu ayahnya dengan menantang ayahnya sendiri untuk melakukan adu ayam. Singkat cerita, ayam dari Cindelaras menang dan Raden Putra mengakui Cindelaras sebagai anaknya dan menceritakan kebenarannya kepada Raden Putra. Sebagai konsekuensi dari selirnya, Selir dari Raja Raden Putra dibuang ke hutan dan sang permaisuri dibawa kembali ke istana.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 153

Berdasarkan cerita “Cindelaras”, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.  Siapakah yang menjadi tokoh utama dalam cerita “Cindelaras”?
2.  Siapakah yang menjadi tokoh pembantu atau tokoh tambahan dalam cerita “Cindelaras”?
3.  Siapakah tokoh yang berperan antagonis dalam cerita “ Cindelaras”?
4.  Mengapa tokoh dalam soal nomor 2 dikatakan berperan antagonis?
5. Siapa lawan dari tokoh antagonis? Tuliskan contoh tokoh yang berperan protagonis dalam cerita ”Cindelaras”?
Jawablah pertanyaan di atas pada kolom berikut.
Kunci-Jawaban-Tema-8-Kelas-4-Halaman-153

Alternatif Jawaban :
1. Tokoh utama dalam cerita “ Cindelaras ” adalah Cindelaras
2. Tokoh pembantu atau tambahan dalam cerita Cindelaras yaitu ibu, burung rajawali, ayam, pengawal, dan Raden Putra
3. Tokoh antagonis dalam cerita adalah Raden Putra.
4. Raden Putra termasuk tokoh antagonis karena menuduh ibu Cindelaras meracuni adiknya,
lalu mengusir ibu Cindelaras dari istana
5. Lawan dari tokoh antagonis adalah tokoh protagonis. Tokoh protagonis dalam cerita tersebut yaitu Cindelaras, ibu, burung rajawali, ayam, dan pengawal

Kamu telah mampu menunjukkan tokoh utama dan tokoh pembantu atau tokoh tambahan dalam cerita ”Cindelaras”. Masih ingatkah kamu dengan pengertian tokoh utama dan tokoh pembantu atau tokoh tambahan?


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 154

Ayo Menulis
Coba, kamu ingat kembali pengertian tokoh, tokoh utama, dan tokoh pembantu atau tambahan. Selanjutnya, tuangkan kembali dalam bentuk tulisan tentang pengertian tokoh, tokoh utama, dan tokoh pembantu atau tambahan sesuai ingatanmu. Tuliskan dalam kolom berikut.
 Kunci-Jawaban-Tema-8-Kelas-4-Halaman-154

Alternatif Jawaban :
Tokoh adalah para pelaku yang terdapat pada cerita fiksi, Tokoh berperan sebagai pembawa cerita. Tokoh utama adalah tokoh yang mendominasi keseluruhan cerita. Jadi, tokoh utama paling terlibat dengan makna dan teman, paling banyak berhubungan dengan tokoh lain, dan paling banyak memerlukan waktu penceritaan. Sebaliknya, tokoh tambahan adalah tokoh yang kehadirannya dalam cerita sekedar mendukung tokoh utama, tetapi pemunculannya diperlukan.

Karakter atau sifat dalam sebuah cerita bermacam-macam. Dalam kehidupan sehari-hari pun, karakter manusia juga beragam. Meskipun demikian, manusia harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Selain itu sebagai manusia, kita harus saling membantu. Mengapa demikian?
Kita hidup pasti memerlukan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan hidup?

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia melakukan kegiatan ekonomi. Coba amatilah lingkungan sekitarmu. Identifikasikan kegiatan ekonomi orang-orang di daerahmu. Apakah pekerjaan mereka? Pekerjaan yang dimaksudkan yaitu mata pencaharian sehari-hari yang hasilnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mata pencaharian penduduk dapat dilihat dari corak kehidupan penduduk setempat, yaitu corak kehidupan tradisional (sederhana) dan corak kehidupan modern (kompleks).

Mata pencaharian penduduk yang memiliki corak sederhana sangat berhubungan dengan pemanfaatan lahan dan sumber daya alam. Contohnya pertanian, perkebunan, dan peternakan. Adapun mata pencaharian penduduk yang memiliki corak modern biasanya lebih mendekati sektor jasa, transportasi, dan pariwisata. Bagaimanakah dengan penduduk di lingkungan tempat
tinggalmu?

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 155

Ayo Mengamati
Kamu telah memahami berbagai jenis pekerjaan berdasarkan corak kehidupan penduduk setempat. Lakukan pengamatan terhadap kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu! Apa saja jenis pekerjaan yang ditekuni penduduk di lingkungan tempat tinggalmu? Apakah semua penduduk di sekitarmu menekuni pekerjaan sesuai corak kehidupan sederhana atau sebaliknya sesuai corak kehidupan modern? Tuliskan kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu sesuai hasil pengamatanmu! Buat kesimpulan sesuai dengan corak kehidupan kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu? Tuliskan dalam kotak berikut.
 Kunci-Jawaban-Tema-8-Kelas-4-Halaman-155

Alternatif Jawaban :
Jenis pekerjaan yang ditekuni penduduk di lingkungan tempat tinggalku adalah peternak dan petani. Penduduk dilingkungan tempat tinggalku menekuni pekerjaan corak kehiduan sederhana
Kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarku adalah mengolah, menanam, memanen hasil ternak dan pertanian.

Ayo Membaca
Keragaman Karakteristik Individu
Adanya keragaman jenis pekerjaan dalam kegiatan ekonomi penduduk Indonesia menunjukkan adanya perbedaan karakteristik individu dalam masyarakat. Adanya karakteristik individu dalam
masyarakat sangat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Masih banyak manfaat lain adanya keragaman karakteristik individu dalam masyarakat terutama dalam kegiatan ekonomi. Contohnya sebagai berikut.

1.  Menumbuhkan Sikap Nasionalisme
Sikap nasionalisme dalam diri setiap individu dapat tumbuh dengan adanya rasa cinta tanah air. Rasa cinta tanah air tecermin dari sikap mau menerima keragaman karakteristik individu dalam masyarakat sebagai kekayaan khazanah budaya bangsa Indonesia. Dengan demikian, masyarakat akan senantiasa menjaga keragaman karakteristik individu dalam masyarakat, bukan menghilangkan keragaman tersebut.

2. Menciptakan Identitas Bangsa di Mata Internasional
Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia telah dikenal bangsa-bangsa dunia sebagai identitas diri bangsa Indonesia. Indonesia dikenal sebagai bangsa yang beragam karakteristik
masyarakatnya, tetapi bisa bersatu dalam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Alat Pemersatu Bangsa
Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia pada hakikatnya menjadi alat pemersatu bangsa, bukan sebagai pemecah persatuan dan kesatuan bangsa. Kunci sukses mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam keragaman yaitu memegang teguh semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

4. Sebagai Ikon Pariwisata
Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia akan memperkaya khazanah budaya bangsa. Kekayaan khazanah budaya masyarakat Indonesia yang beragam memberikan nilai keunikan dan keindahan tersendiri sehingga mampu menarik wisatawan manc negara untuk mengetahui dan mempelajari keragaman budaya Indonesia.

5. Menambah Pendapatan Nasional
Dengan menjadi simbol pariwisata, otomatis akan menambah devisa atau pendapatan negara. Hal tersebut bisa terjadi karena banyak wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke tempattempat pariwisata Indonesia.

6. Memupuk Sikap Toleransi
Adanya keragaman karakteristik masyarakat Indonesia menuntut sikap toleransi yang tinggi dari segenap masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sikap toleransi antarmasyarakat dapat ditunjukkan dengan sikap saling menghormati perbedaan yang ada, tolong-menolong tanpa mempermasalahkan perbedaan yang ada, dan menjunjung tinggi kepentingan bersama daripada kepentingan individu atau kelompok.


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 157

Ayo Menulis
Sudahkah kamu memupuk sikap toleransi dalam keragaman dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu? Apa bentuk tindakan memupuk sikap toleransi dalam keragaman masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Coba, kamu tuliskan tindakan-tindakanmu yang mencerminkan
sikap toleransi dalam keragaman masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Tuliskan dalam kotak berikut.

Alternatif Jawaban :
Tindakan saya yang mencerminkan sikap toleransi dalam keragaman masyarakat di lingkungan tempat tinggal saya adalah dengan cara menghargai dan menghormati perbedaan yang ada, tidak memaksakan hak setiap orang, saling menghromati kepercayaan (keyakinan) atau adat istiadat yg ada.

Ayo Renungkan
Apa yang sudah kamu pelajaran pada hari ini? Bagaimana perasaanmu saat melakukan kegiatan pada pembelajaran ini. Tuliskan pada kolom berikut.
Kunci-Jawaban-Tema-8-Kelas-4-Halaman-157

Alternatif Jawaban :
Yang sudah saya pelajari hari ini adalah :
1. Bermain peran
2. Membuat ringkasan cerita Cindelaras
3. Menentukan tokoh dalam cerita
4. Manfaat adanya keragaman karakteristik individu

Perasaan saya saat mengikuti pelajaran pada hari ini semangat belajar dan senang.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 158

Kerja Sama dengan Orang Tua
Dalam kegiatan ekonomi, banyak jenis pekerjaan yang ditekuni masyarakat. Semua dilakukan dengan tujuan yang sama yaitu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Keragaman jenis pekerjaan dalam kegiatan ekonomi masyarakat tersebut sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Coba, kamu diskusikan bersama orang tuamu hal yang akan terjadi jika semua masyarakat hanya menekuni satu jenis pekerjaan. Semua menekuni pekerjaan yang sama.
Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.
Kunci-Jawaban-Tema-8-Kelas-4-Halaman-158

Alternatif Jawaban 
1. Tidak dapat memenuhi kebutuhan
2. Terjadi persaingan terus menerus
3. Akan banyak pengangguran,karena lapangan kerja sudah penuh dan semua orang memiliki profesi yg sama.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Halaman 152, 153, 154, 155, 158 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 4 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Halaman 152, 153, 154, 155, 158"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel