Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 17, 18, 19, 20
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 17, 18, 19, 20- Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran IPA dan B.Indonesia.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 16-20 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Pembelajaran 3
Ayo Membaca
Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sumber energi. Sumber energi mulai dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). Sumber -sumber energi tersebut tersebar di seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. Kesemuanya harus dimanfaatkan secara bijak demi kesejahteraan penduduknya.
A. Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber energi yang tidak dapat diperbaruimerupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasiltambang lainnya.
Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal daritumbuhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun.
Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.
B. Sumber Energi yang Dapat Diperbarui
Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Ada pula sumber energi yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya. Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, hewan dan tumbuhan.
Matahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup. Kegiatan ini akan memudahkanmu memahami manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia.
Buatlah peta konsepnya dengan mengisi kolom kolom berikut.
Alternatif Jawaban :
Manfaat energi matahari bagi manusia :
- Sinar matahari pagi memiliki manfaat untuk memperkuat kesehatan tulang
- Menghasilkan energi listrik, ada banyak pembangkit listrik tenaga surya menggunakan sinar matahari sebagai sumbernya
- Menjemur dan mengeringkan pakaian, matahari berperan penting dalam mengeringkan pakaian dan barang cucian lainnya
- Sebagai sumber cahaya alami bagi manusia, matahari digunakan sebagai penerangan dan pencahaayaan alami di planet Bumi
- Sebagai sumber energi terbesar tidak terbatas di planet Bumi
Manfaat energi matahari bagi hewan :
- Membantu pertumbuhan tubuh hewan
- Menghangatkan tubuh hewan agar bisa bertahan hidup
- Sebagai penunjuk arah bagi hewan yang terbang
- Menjaga suhu tubuh hewan agar tetap hangat dan stabil
- Beberapa hewan memanfaatkan panas dari sinar matahari untuk membantu memperlancar proses pencernaan makanan
Manfaat energi matahari bagi alam :
- Sebagai sumber energi tak terbatas bagi alam dan makhluk hidup
- Mengeringkan tanah yang basah setelah hujan
- Menjadi sumber penerangan alami bagi semua makhluk hidup, baik manusia dan hewan
- Sebagai pengatur tata surya, matahari adalah pusat tata surya dari galaksi Bima Sakti
- Membantu terjadinya siklus air, matahari membantu penguapan air laut sehingga bisa terjadi hujan yang merupakan bagian dari siklus hidup air
Manfaat energi matahari bagi tumbuhan :
- Memberi warna hijau pada tumbuhan
- Membantu proses fotosintesis yang berguna untuk menghasilkan makanan bagi tumbuhan
- Membantu proses pertumbuhan tumbuhan secara keseluruhan
- Energi cahaya matahari menjadi sumber nutrisi terbaik bagi tumbuhan
- Membantu proses pertumbuhan kecambah agar menjadi lebih kaya nutrisi
Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di depan, coba identifikasilah sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu.
Untuk mendapatkan jawabannya, kamu bisa melakukan wawancara dengan orang-orang disekitar tempat tinggalmu.
Kamu akan melakukan wawancara. Wawancara itu untuk memperoleh data mengenai sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu.
Coba, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Siapa narasumber yang akan kamu wawancarai?
Alternatif Jawaban :
1. Orang Tua
2. Kakak
3. Sepupu
4. Paman
5. Nenek
2. Pertanyaan apa saja yang akan kamu ajukan untuk mendapatkan data kondisi lingkungan di lingkungan sekitarmu?
Alternatif Jawaban :
1. Siapa nama Bapak/Ibu?
2. Hewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitar Bapak/Ibu?
3. Menurut Bapak/Ibu, perlukah kerjabakti untuk lingkungan
4. Berapa kali kegiatan kerjabakti di lingkungan Bapak/Ibu?
5. Apakah ada tempat untuk membuang sampah warga di lingkungan Bapak/Ibu?
Kamu telah membuat daftar narasumber dan daftar pertanyaan. Berdasarkan daftar tersebut, lakukanlah wawancara. Kamu dapat melakukan sendiri atau berkelompok dengan 3-4 temanmu.
Tuliskan hasil wawancaramu dalam bentuk berikut.
Alternatif Jawaban :
LAPORAN HASIL WAWANCARA
Tangga Wawancara : 22 April 2020
Data Hasil Wawancara
Nama Narasumber :
Paman
Pertanyaan dan Jawaan :
1. Siapa nama Bapak/Ibu? Nama saya Adi
2. Hewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitar Bapak/Ibu? Ayam, Burung, dan Itik
3. Menurut Bapak/Ibu, perlukah kerjabakti untuk lingkungan Bapak/Ibu? Perlu, karena dengan kerja bakti lingkungan jadi bersih dan indah
4. Berapa kali kegiatan kerjabakti di lingkungan Bapak/Ibu? Satu bulan dua kali
5. Apakah ada tempat untuk membuang sampah warga di lingkungan Bapak/Ibu? Ada
Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
Alternatif Jawaban :
Yang saya pelajari pada pembelajaran hari ini adalah tentang sumber energi yang dapat diperbaharui dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui, membuat peta konsep, wawancara dan mencari informasi
2. Manfaat apa yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
Alternatif Jawaban :
Manfaat yang dapat saya ambil dari pembelajaran hari ini adalah saya dapat mengetahui sumber energi yang dapat diperbaharui dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui dan manfaat energi matahari
3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
Alternatif Jawaban :
Keterampilan bertanya dan berkomunikasi
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?
Alternatif Jawaban :
Belajar lebih giat dan semangat
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tua atau anggota keluargamu yang lain, amatilah aktivitas keluargamu. Identifikasi dan sebutkan aktivitas anggota keluargamu yang menggunakan sumber energi yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan mintalah tanda tangan orang tua atau anggota keluargamu yang lain!
Hasil pekerjaan :
Jawaban sesuai hasil pengamatan aktivitas keluarga
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 17, 18, 19, 20- Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 3 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 16-20 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Pembelajaran 3
Ayo Membaca
Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sumber energi. Sumber energi mulai dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). Sumber -sumber energi tersebut tersebar di seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. Kesemuanya harus dimanfaatkan secara bijak demi kesejahteraan penduduknya.
A. Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber energi yang tidak dapat diperbaruimerupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasiltambang lainnya.
Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal daritumbuhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun.
Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.
B. Sumber Energi yang Dapat Diperbarui
Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Ada pula sumber energi yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya. Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, hewan dan tumbuhan.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 17
Ayo BerlatihMatahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup. Kegiatan ini akan memudahkanmu memahami manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia.
Buatlah peta konsepnya dengan mengisi kolom kolom berikut.
Alternatif Jawaban :
Manfaat energi matahari bagi manusia :
- Sinar matahari pagi memiliki manfaat untuk memperkuat kesehatan tulang
- Menghasilkan energi listrik, ada banyak pembangkit listrik tenaga surya menggunakan sinar matahari sebagai sumbernya
- Menjemur dan mengeringkan pakaian, matahari berperan penting dalam mengeringkan pakaian dan barang cucian lainnya
- Sebagai sumber cahaya alami bagi manusia, matahari digunakan sebagai penerangan dan pencahaayaan alami di planet Bumi
- Sebagai sumber energi terbesar tidak terbatas di planet Bumi
Manfaat energi matahari bagi hewan :
- Membantu pertumbuhan tubuh hewan
- Menghangatkan tubuh hewan agar bisa bertahan hidup
- Sebagai penunjuk arah bagi hewan yang terbang
- Menjaga suhu tubuh hewan agar tetap hangat dan stabil
- Beberapa hewan memanfaatkan panas dari sinar matahari untuk membantu memperlancar proses pencernaan makanan
Manfaat energi matahari bagi alam :
- Sebagai sumber energi tak terbatas bagi alam dan makhluk hidup
- Mengeringkan tanah yang basah setelah hujan
- Menjadi sumber penerangan alami bagi semua makhluk hidup, baik manusia dan hewan
- Sebagai pengatur tata surya, matahari adalah pusat tata surya dari galaksi Bima Sakti
- Membantu terjadinya siklus air, matahari membantu penguapan air laut sehingga bisa terjadi hujan yang merupakan bagian dari siklus hidup air
Manfaat energi matahari bagi tumbuhan :
- Memberi warna hijau pada tumbuhan
- Membantu proses fotosintesis yang berguna untuk menghasilkan makanan bagi tumbuhan
- Membantu proses pertumbuhan tumbuhan secara keseluruhan
- Energi cahaya matahari menjadi sumber nutrisi terbaik bagi tumbuhan
- Membantu proses pertumbuhan kecambah agar menjadi lebih kaya nutrisi
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 18, 19, 20
Ayo BerlatihBerdasarkan bacaan di depan, coba identifikasilah sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu.
Untuk mendapatkan jawabannya, kamu bisa melakukan wawancara dengan orang-orang disekitar tempat tinggalmu.
Kamu akan melakukan wawancara. Wawancara itu untuk memperoleh data mengenai sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu.
Coba, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Siapa narasumber yang akan kamu wawancarai?
Alternatif Jawaban :
1. Orang Tua
2. Kakak
3. Sepupu
4. Paman
5. Nenek
2. Pertanyaan apa saja yang akan kamu ajukan untuk mendapatkan data kondisi lingkungan di lingkungan sekitarmu?
Alternatif Jawaban :
1. Siapa nama Bapak/Ibu?
2. Hewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitar Bapak/Ibu?
3. Menurut Bapak/Ibu, perlukah kerjabakti untuk lingkungan
4. Berapa kali kegiatan kerjabakti di lingkungan Bapak/Ibu?
5. Apakah ada tempat untuk membuang sampah warga di lingkungan Bapak/Ibu?
Kamu telah membuat daftar narasumber dan daftar pertanyaan. Berdasarkan daftar tersebut, lakukanlah wawancara. Kamu dapat melakukan sendiri atau berkelompok dengan 3-4 temanmu.
Tuliskan hasil wawancaramu dalam bentuk berikut.
Alternatif Jawaban :
LAPORAN HASIL WAWANCARA
Tangga Wawancara : 22 April 2020
Data Hasil Wawancara
Nama Narasumber :
Paman
Pertanyaan dan Jawaan :
1. Siapa nama Bapak/Ibu? Nama saya Adi
2. Hewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitar Bapak/Ibu? Ayam, Burung, dan Itik
3. Menurut Bapak/Ibu, perlukah kerjabakti untuk lingkungan Bapak/Ibu? Perlu, karena dengan kerja bakti lingkungan jadi bersih dan indah
4. Berapa kali kegiatan kerjabakti di lingkungan Bapak/Ibu? Satu bulan dua kali
5. Apakah ada tempat untuk membuang sampah warga di lingkungan Bapak/Ibu? Ada
Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
Alternatif Jawaban :
Yang saya pelajari pada pembelajaran hari ini adalah tentang sumber energi yang dapat diperbaharui dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui, membuat peta konsep, wawancara dan mencari informasi
2. Manfaat apa yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
Alternatif Jawaban :
Manfaat yang dapat saya ambil dari pembelajaran hari ini adalah saya dapat mengetahui sumber energi yang dapat diperbaharui dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui dan manfaat energi matahari
3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
Alternatif Jawaban :
Keterampilan bertanya dan berkomunikasi
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?
Alternatif Jawaban :
Belajar lebih giat dan semangat
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tua atau anggota keluargamu yang lain, amatilah aktivitas keluargamu. Identifikasi dan sebutkan aktivitas anggota keluargamu yang menggunakan sumber energi yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan mintalah tanda tangan orang tua atau anggota keluargamu yang lain!
Hasil pekerjaan :
Jawaban sesuai hasil pengamatan aktivitas keluarga
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 17, 18, 19, 20- Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 3 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 17, 18, 19, 20"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.