Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 152, 153, 157, 158, 161, 162

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 152, 153, 157, 158, 161, 162- Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 4 Karyaku Prestasiku (Project Based Learning ) Pembelajaran 1-6 

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 1-6 Halaman 151-163 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Pembelajaran 1
Upaya melestarikan sumber daya alam khususnya sumber energi di antaranya dengan penggunaan energi alternatif. Banyak benda di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan sebagai  sumber energi alternatif. Sebagai  contoh penggunaan kentang. Kentang dapat kita jadikan  sebagai sumber energi alternatif penghasil listrik.

Kentang Dapat Menghasilkan Listrik
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 151

Kentang hampir terdapat di seluruh dunia. Manfaat kentang di antaranya sebagai makanan sumber karbohidrat dan energi bagi tubuh. Di Indonesia Kentangdimanfaatkan sebagai bahan baku makanan tradisional seperti perkedel.

 Fakta lain menunjukan bahwa kentang memiliki manfaat besar. Kentang dapat dimanfaatkan sebagai baterai bagi lampu untuk menerangi rumah kita. Beberapa lalu para peneliti di  Universitas Ibrani Yerusallem merilis temuannya. Kentang yang direbus selama delapan menit dapat membuat baterai mempunyai kekuatan sepuluh kali energi baterai pada umumnya.

Sistem baterai kentang dapat digunakan untuk menyalakan lampu dengan pencahayaan selama 40 hari. Kentang bisa memasok listrik untuk ponsel dan produk elektronik lainnya.
Tidak hanya itu, para ahli pun menyatakan bahwa kentang adalah sumber energi alternatif. Namun tidak seefisien dan semudah energi angin dan surya dalam jangka waktu yang panjang.

Kegiatan 1

Percobaan Membuat Listrik dari Kentang
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 152

Alat dan Bahan
1. Kentang.
2. Lampu LED (lampu bohlam kecil juga bisa).
3. Kabel panjang 1 meter.
4. Penjepit buaya.
5. Lempengan tembaga (Cu).
6. Lempengan seng (Zn)
Untuk penganti lempengan tembaga dan seng ini dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam.

Setelah alat dan bahan tersedia, lakukan prosedur berikut.
1. Tusukkan lempengan seng dan tembaga ke dalam kentang dengan jarak 1cm (jangan disatukan).
2. Jepitkan kabel pada masing-masing lempeng, lalu hubungkandengan lampu.
3. Lihat nyala lampu yang terjadi.
4. Jika nyala lampu belum kelihatan, coba dibalik. Namun jika masih belum menyala, bisa ditambahkan kentang lagi agar arus listrik yang dihasilkan bertambah besar.
5. untuk menghasilkan energi listrik yang lebih besar dapat dilakukan dengan merakit beberapa kentang

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 152

Laporan Kegiatan Percobaan
Nama Percobaan         :  ................................................................................
Tujuan Percobaan         :  ................................................................................
Alat yang di butuhkan  :  ................................................................................
Langkah Kerja         :  ................................................................................
Kesimpulan         :  ................................................................................

Alternatif Jawaban :
Laporan kegiatan Percobaan Membuat Listrik dari Kentang
Tujuan percobaan : Mengidentifikasi cara menghasilkan energi listrik Percobaan
Alat dan bahan :
1. Kentang
2. Lampu LED (atau lampu bohlam kecil)
3. Kabel
4. Penjepit buaya
5. Lempengan tembaga
6. Lempengan seng
Untuk pengganti tembaga dan seng, dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam

Langkah-langkah :
1. Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang mentah.
2. Jepitkan kabel kepada lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu.
3. Lihat nyala lampu yang terjadi.
4. Jika nyala lampu belum kelihatan, maka tambah kentang tersebut agar arus listrik yang dihasilkan bertambah.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4

Hasil percobaan :
1. Pada percobaan menghubungkan antara satu, dua, tiga buah kentang dengan kabel yang telah dipasang lampu LED, yang terjadi lampu tidak menyala. Hal itu terjadi karena kuat arus satu, dua, dan tiga buah kentang tidak cukup untuk menyalakan satu buah lampu.
2. Pada ada saat menghubungkan empat buah kentang lampu menyala namun redup
3. Pada saat menghubungkan lampu dengan lima buah kentang ternyata lampu menyala terang.
Listrik dari Kentang


Kesimpulan : Dari pengamatan percobaan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa kentang dapat mengalirkan energi listrik karena getah kentang memengaruhi logam seng dan tembaga secara kimiawi. layaknya larutan elektrolit dalam aki.

Pembelajaran 2
Kamu sudah mengenal jenis-jenis sumber daya alam dan persebaranya. Betapa pun melimpahnya sumber daya alam di daerahmu, kalau tidak dimanfaatkan juga tidak ada gunanya. Namun sebaliknya, jika pemanfaatan sumber daya alam tidak diimbangi dengan usaha untuk melestarikannya, sudah pasti sumber daya alam akan habis. Dengan demikian, kamu
harus tahu cara memanfaatkan dan melestarikan sumber daya alam.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 153


Kegiatan 1
Memanfaatkan Sekaligus Melestarikan Sumber Daya Alam
Untuk melakukan kegiatan ini, kamu juga dapat memanfaatkan sampah yang ada di sekitarmu. Kamu tentu tahu bahwa sampah dapat merusak lingkungan. Terutama jika sampah tidak dapat terurai seper ti botol-botol plastik. Dengan memanfaatkan sampah di sekitarmu, berarti kamu mengurangi sampah dan turut andil dalam melestarikan sumber daya alam.

Mari kita lakukan kegiatan ini.
A. Bahan yang dibutuhkan
1. Lima buah botol plastik air mineral.
2. Beberapa potong bambu atau kayu.
3. Tanah, pasir, pupuk kandang atau kompos.
4. Bibit sayuran (bayam, sawi, kangkung, tomat, atau cabai).

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 154

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 155

Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 156
Salah satu usaha pelestarian sumber daya alam adalah dengan melakukan penghematan. Misalnya,  penghematan dalam penggunaan energi. Hemat energi berarti hemat biaya. Gunakan  energi yang ada seperlunya  saja.  Energi yang kita gunakan tidak dapat diperbarui. Oleh karena  itu, gunakan energi sehemat mungkin. Secara otomatis jika kita hemat menggunakan energi, kita
akan menghemat biaya.

Contoh energi yang perlu kita hemat penggunaannya adalah listrik. Listrik adalah energi yang  tidak dapat dilihat,  namun dapat kita rasakan manfaatnya. Listrik sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia karena pada masa sekarang ini listrik berperan dalam membantu berbagai aktivitas manusia sehari-hari.

Untuk mendapatkan listrik manusia harus bersusah payah membuat berbagai macam pembangkit  listrik, seperti PLTA, PLTS, dan PLTU. Masing-masing pembangkit ini memerlukan biaya yang sangat besar dalam pembangunannya. Oleh karena itu, kita harus berhemat dalam menggunakan
listrik.

Keberadaan listrik juga memakan biaya yang sangat tinggi. Kita harus membayar biaya pemasangan listrik di rumah dan harus membayar pajak penggunaannya disetiap bulan. Semakin kita maka akan semakin besar pula pajak yang harus biaya. Gunakan energi yang ada gunakan  energi sehemat mungkin. boros menggunakan listrik dibayar.

Salah satu cara untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar mau hemat energi adalah ajakan dengan menggunakan poster.
Berikut beberapa contoh poster:
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 157

Kegiatan 1
Membuat Poster Hemat energi
Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuanmu mengenai usaha-usaha melestarikan sumber daya alam. Buatlah poster yang menarik dan mudah dipahami. Kemudian, tukarkan poster yang telah dibuat dengan poster temanmu. Tanyakan kepada temanmu apakah mereka  bisa memahami poster yang telah kamu buat.

Langkah Kegiatan:
1. Menyiapkan kertas, bolpoin, gunting, pensil warna, dan penghapus.
2. Menyiapkan materi ajakan berhemat energi.
3. Membuat gambar dan menuangkan materi pada kertas poster.
4. Menukarkan dengan milik teman.

Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 158

Telah kita ketahui bahwa Indonesia merupakan bangsa yang kaya. Kekayaan bangsa kita meliputi sumber daya alam, budaya,  sosial, dan politik. Kekayaan ini bisa menjadi modal bagi  pelaksanaan pembangunan dan pemerataan hasilhasilnya.

Namun, terkadang ada orang yang justru tidak menyadari potensi kekayaan tersebut. Banyak orang yang bersikap acuh, tidak bertanggung jawab, dan sewenang-wenang dalam memanfaatkan potensi-potensi kekayaan bangsa. Untuk menerapkan sikap tanggung jawab terhadap kekayaan bangsa harus dimulai  dengan  mengenal  potensi  kekayaan  yang  dimiliki  bangsa  kita.  Hal ini sesuai dengan pepatah yang berbunyi “ Tak Kenal Maka Tak Sayang”.
Ayo kenali potensi kekayaan bangsa kita dengan membuat kliping.

Kegiatan 1
Kliping Kekayaan Bangsaku
“Buatlah kliping tentang kekayaan bangsa Indonesia. Kumpulkan dan susunlah gambar tentang kekayaan sumber daya alam bangsa Indonesia.
Langkah Kerja:
1. Siapkan buku atau kertas sebagai media untuk menempelkan gambar.
2. Siapkan penggaris, lem kertas, gunting, dan bolpoin.
3. Kumpulkan gambar dari berbagai referensi atau sumber.
4. Tempelkan  gambar-gambar pada media yang sudah disiapkan sebelumnya.
5. Berilah judul dan keterangan singkat pada setiap gambar.
Berdasarkan kliping yang telah kamu buat tersebut, coba buatlah tulisan atau bacaannya. Pilihlah satu gambar sebagai bahan untuk dijadikan sumber bacaan.

Kegiatan 2
Membuat Bacaan Berdasarkan Gambar Kliping
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 159

Buatlah tulisan atau bacaan berdasarkan gambar pada kliping. Pilih satu gambar sebagai sumber
cerita. Untuk memudahkanmu, buatlah ide pokoknya terlebih dulu.
Langkah Kerja
1. Menyiapkan kertas dan bolpoin untuk menulis cerita.
2. Menentukan ide pokok berdasarkan gambar kliping.
3. Mengembangkan cerita berdasarkan ide pokok.
4. Membacakan cerita yang telah ditulis di depan teman-teman.

Pembelajaran 5 
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 160

Tahukah kamu pepatah yang berbunyi “Mencegah lebih baik dari pada mengobati”?  Ya, salah  satu cara mencegah timbulnya bencana alam adalah dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk merangsang pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya  berperilaku bijaksana terhadap alam. Alam itu sangat penting. Kita bisa memenuhi berbagai kebutuhan karena melimpahnya sumber daya alam kita. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan melestarikannya.
Bermain peranlah dengan anggota kelompokmu. Tuliskan skenario cerita tentang penyuluhan akan arti pentingnya menjaga dan merawat lingkungan alam.

Kegiatan 1
Bermain Peran
“Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuanmu mengenai perilaku yang bijaksana terhadap alam. Kamu dapat menunjukkan akibatakibat  terganggunya lingkungan alam. Bekerja  samalah dengan salah satu temanmu. Ada anak yang menjadi penyuluh, ada anak yang menjadi masyarakat. Dalam kegiatan ini, lakukan dialog dengan bahasa yang benar. Dialog berisi tentang perilaku yang tidak bertanggung jawab terhadap alam dan akibatnya. Anak yang menjadi masyarakat juga menanyakan perilaku yang sebaiknya dilakukan terhadap alam. Tulislah dialog yang akan diperankan. Kemudian, praktikkan seolah-olah menjadi penyuluh dan masyarakat.

Langkah Kegiatan:
1. Menentukan pasangan dalam melakukan kegiatan ini.
2. Mencari informasi mengenai perilaku yang bijaksana dan yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan alam.
3. Menuliskan dialog untuk mempraktikkan penyuluh dan masyarakat
4. Berlatih mengucapkan dialog yang dibuat.
5. Mempraktikkan penyuluh dan masyarakat.

Pembelajaran 6
Telah kamu ketahui bahwa negara kita kaya akan sumber daya alam. Kekayaan alam tersebut dimanfaatkan melalui berbagai usaha dan kegiatan ekonomi, seperti pertanian, perkebunan,  pertambangan, dan industri. Sektor-sektor usaha tersebut  ditujukan  dalam  rangka  untuk  memenuhi  kebutuhan  hidup manusia, baik sebagai individu maupun sebagai masyarakat.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 162

Kegiatan 1
Berkunjung ke Tempat Produksi
Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok. Tujuannya adalah untuk mengamati langsung proses produksi dalam pemanfaatan sumber daya alam yang ada di sekitarmu.
Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.
1. Menentukan tempat produksi yang akan dikunjungi.
2. Melakukan wawancara, tetapi sebelumnya susunlah terlebih dahulu daftar pertanyaan yang meliputi:
a. Nama tempat produksi dan pemiliknya,
b. Jenis usaha produksi,
c. Proses produksi, serta
d. Setelah produksi.
3. Melakukan kunjungan.
4. Membuat laporan hasil kunjungan dan membuat diagram alur prosesproduksi yang diamati.
5. Mempresentasikan hasil kunjungan.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 152, 153, 157, 158, 161, 162 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 4 Karyaku Prestasiku (Project Based Learning ) Pembelajaran 1-6 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 152, 153, 157, 158, 161, 162"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel