Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 8, 9, 11, 12, 14, 15, 16

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 8, 9, 11, 12, 14, 15, 16- Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, SBDP dan PKN.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1-16 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 1

Ayo Membaca
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya. Berikut adalah bacaan tentang keberagaman budaya Indonesia. Bacalah teks berikut dalam hati!

Pawai Budaya

 Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 1 K13

Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan
keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan
pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 2

Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.

Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan. Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. 


Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 2 K13


Udin dan temanteman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan mengagumkan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 3

Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 3

Alternatif Jawaban :
Yang di bicarakan pada paragraf 1 adalah warga kampung babakan tidak sabar ingin melihat pawai budaya yang diadakan di alun-alun.

Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas.
Catatlah komentar teman atau gurumu untuk perbaikan hasil kerja kelompokmu.

Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok yang didukung oleh gagasan pendukung. Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam
suatu bacaan, dapat berupa kalimat inti atau berupa pokok paragraf. Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.

Bacalah paragraf kedua dan temukan gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Kamu bisa berdiskusi dengan teman kelompokmu. Sampaikan hasilnya di depan kelas.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 4, 5, 6

Perhatikan diagram berikut ini!
Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 4

Alternatif Jawaban :
Gagasan pokok paragraf 3: Budaya bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda
Gagasan pendukung paragraf 3: Rombongan dari bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-ceng namanya.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 5

Alternatif Jawaban :
Gagasan pokok paragraf 4: Rombongan dari bali diikuti oleh rombongan dari toraja
Gagasan pendukung paragraf 4:
- Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko
- Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku
- Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 6

Alternatif Jawaban :
Gagasan pokok paragraf 5: Udi dan teman-teman senang melihat pawai budaya
Gagasan pendukung paragraf 5:
-    Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun
-    Kebudayaan Indonesia memang sangat beragam, kaya dan mengagumkan

Tuliskan kembali gagasan-gagasan pendukung dari paragraf 3, 4, dan 5 di dalam kolom yang tersedia. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 7

Alternatif Jawaban :
Gagasan pokok paragraf 3: Budaya bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda
Gagasan pendukung paragraf 3: Rombongan dari bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-ceng namanya.

Gagasan pokok paragraf 4: Rombongan dari bali diikuti oleh rombongan dari toraja
Gagasan pendukung paragraf 4:
- Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko
- Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku
- Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya

Gagasan pokok paragraf 5: Udi dan teman-teman senang melihat pawai budaya
Gagasan pendukung paragraf 5:
-    Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun
-    Kebudayaan Indonesia memang sangat beragam, kaya dan mengagumkan

Indonesia adalah negara yang sangat beragam budaya, agama, dan bahasa daerahnya. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib menghargai keberagaman tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 8, 9

Ayo Berlatih
Bertanyalah kepada temanmu untuk mencari informasi tentang keberagaman suku bangsa di kelasmu!

 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 8

 
Alternatif Jawaban :
Nama Siswa : Tatang
Daerah Asal : Bandung ( Jawa Barat )
Ciri Khas Daerah :
Bahasa : Sunda
Tari tradisional : Tari Merak, Tari Topeng Dan Tari Jaipong
Lagu Daerah : Bubuy Bulan, Manuk Dadali, Es Lilin dll
Alat Musik Daerah :Angklung, Kecapi dll
Senjata Tradisional : Kujang
Makanan Khas : Peyem, Oncom, Siomay Bandung dll

Nama Siswa : Anggi
Daerah Asal : Medan ( Sumatera Utara )
Ciri Khas Daerah :
Bahasa : Batak
Tari tradisional : Tari Tor-Tor, Tari terang bulan dll
Lagu Daerah : Butet, Sinanggar Tulo dll
Alat Musik Daerah : Aramba
Senjata Tradisional : Pisau Surit
Makanan Khas : Bika Ambon, Mie Keling dll
Nama Siswa : Adam
Daerah Asal : DKI Jakarta ( Jakarta )
Ciri Khas Daerah :
Bahasa : Betawi
Tari tradisional : Tari Ronggeng, Tari Topeng dll
Lagu Daerah : Kicir-kicir, Jali-Jali dll
Kesenian daerah : Ondel-Ondel
Senjata Tradisional : Badig, Golok
Makanan Khas : Kerak Telor, Dodol Betawi dll

Nama Siswa : Dado
Daerah Asal : Semarang ( Jawa Tengah)
Ciri Khas Daerah :
Bahasa : Jawa
Tari tradisional : Tari Sintren, tari gandrung dll
Lagu Daerah : Gundul Pacul, Ono Lintang dll
Alat Musik Daerah :Gamelan
Senjata Tradisional : Keris
Makanan Khas : Lumpiya, Ampyang dll

Nama Siswa : I Wayan Pastika
Daerah Asal : Denpasar ( Bali )
Ciri Khas Daerah :
Bahasa : Bali
Tari tradisional : Tari kecak, tari Pendet dll
Lagu Daerah : Ratu Anom, Mejangeran
Alat Musik Daerah :Ceng-Ceng dll
Senjata Tradisional : Keris
Makanan Khas : Ayam Bakar Betutu, Jukut Urap dll

Setelah mendapatkan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1.    Apakah kalian semua berasal dari daerah asal yang sama? Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
Kami berasal dari daerah yang berbeda

2.    Apakah kalian mempunyai ciri khas yang sama ? Jelaskan !
Alternatif Jawaban :
Tidak, kami memiliki ciri khas yang berbeda-beda

3.    Bagaimana sikap yang seharusnya kalian tunjukan terhadap perbedaan yang ada ?
Alternatif Jawaban :
Saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya

Perbedaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri.

Nah, sekarang tuliskan pada kolom berikut apa yang telah kamu lakukan untuk menghargai perbedaan yang ada!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 9

Alternatif Jawaban :
Sikap Menghargai Keberagaman
1.    Bermain bersama dengan teman yang berlainan agama
2.    Tetap menghormati orang yang berbeda keyakinan
3.    Ikut mengapresiasiakan keaneka ragaman budaya di Indonesia
4.    Mencintai keberagaman serta meyakini bahwa keberagaman akan memiliki manfaat yang lebih banyak
5.    Senantiasa bertutur sopan dan berprilaku santun kepada orang lain

Kamu juga bisa menuliskan contoh-contoh sikap tidak menghargai keberagaman yang kamu ketahui.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 9 K13

Alternatif Jawaban :
Sikap Tidak Menghargai Keberagaman
1.    Bermain hanya dengan teman yang satu suku bangsa
2.    Menganggap budaya lain kurang bermutu
3.    Hanya mau mempelajari budaya sendiri
4.    Merusak tempat ibadah orang lain
5.    Menjelek-jelekan agama/suku/ras yag berbeda

Tukarkan hasil pikiranmu dengan teman di sebelahmu. Diskusikan hal-hal yang berbeda dan yang menarik bagimu.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 K13 Halaman 9

Ayo Mengamati
Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, Indonesia juga kaya akan jenis alat musik. Berikut adalah contoh alat musik yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Cara memainkannya berbeda-beda. Kecapi yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik. Angklung yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara digoyangkan. Saluang yang berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara ditiup. Kendang yang berasal dari Jawa Barat dan Tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.



Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 10

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 11

Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui. Jelaskan asal alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat musik tersebut!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 11
 
Alternatif Jawaban :
Alat Musik : Angklung
Daerah asal : Jawa Barat
Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi : Angklung dimainkan dengan cara menggoyangkan batang bambu. Angklung dapat berbunyi karena benturan tabung resonator besar dan tabung resonator terkecil dengan tabung dasar, getaran yang dihasilkan diperkuat oleh resonator sehingga bisa menghasilkan bunyi.

Alat Musik : Kecapi
Daerah asal : Jawa Barat
Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi : bentuk kecapi adalah sebuah kotak kayu yang diatasnya berjajar dawai/ senar, kotak kayu tersebut berguna sebagai resonatornya

Alat Musik : Kendang
Daerah asal : Jawa Tengah
Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi : Kendang pada prinsipnya sama dengan tifa yaitu alat musik pukul dengan membran yang terbuat dari kulit, ketika membran dipukul maka udara dalam kendang akan ikut getar

Alat Musik : Tifa

Daerah asal : Maluku dan Papua
Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi: Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Bagian yang dipukul yang berbentuk membran yang terbuat dari kulit, getaran dari membran akan menggetarkan udara yang ada dalam tabung.

Alat Musik : Gong
Daerah asal : Jawa Tengah
Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi : Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Gong meiliki bentuk bulat, lingkaran dan memiliki titik ditengahnya sebagai pusat resonasi dengan bentuk yang lebih menonjol.

Kamu telah mengetahui berbagai alat musik dan cara memainkannya. Tahukah kamu bahwa di sekitar kita juga banyak sekali benda yang dapat menghasilkan bunyi?


Ayo, kita pelajari lebih lanjut tentang bunyi!
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kamu anggap sebagai sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 12

Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 12


Alternatif Jawaban :

Nama benda : Gitar
Cara menghasilkan bunyi : Sumber bunyi gitar dari dawai yang bergetar dengan cara dipetik

Nama benda : Lonceng
Cara menghasilkan bunyi : Sumber bunyi lonceng adalah getaran yang berasal dari benturan bandul yang beradu dengan badan lonceng ketika digoyangkan

Nama benda : Pianika
Cara menghasilkan bunyi : Cara terjadinya bunyi pada pianika adalah dengan ditiup. Tiupan pada pianika memunculkan getaran, udara yang bergetar selanjutnya beresonasi dengan dinding-dinding ruang yang ada didalam alat musik pianika sehingga menghasilkan bunyi dengan nada tertentu

Nama benda : Angklung
Cara menghasilkan bunyi : Sumber bunyi angklung dari badan alat musik yang bergetar karena digoyangkan

Nama benda : Drum
Cara menghailkan bunyi : Sumbe bunyi drum dari membran yang bergetar ketika dipukul

Menurutmu, bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi?

Alternatif Jawaban :
Menurut saya, melalui getaran benda-benda tersebut dapat menghasilkan bunyi

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 13


Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 14

 

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 14, 15

Ayo mencoba
Secara berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang seperti botol, sendok, ember, dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang dihasilkan enak didengar.


Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar? Mengapa ?
Alternatif Jawaban :
Bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar, karena kita sudah berusaha dan berlatih agar benda-benda tersebut dapat menghasilkan nada yang di inginkan

Apa yang dapat kalian lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat yang kalian mainkan menghasilkan bunyi?
Alternatif Jawaban :
Yang kami lakukan agar alat yang dimainkan menghasilkan bunyi adalah dengan cara memukul alat-alat tersebut mengikuti irama musik

Bagaimana caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar alat yang beragam itu menghasilkan bunyi yang enak didengar?
Alternatif Jawaban :
Dengan cara bergantian memukul alat-alat tersebut dan bekerja sama untuk menciptakan nada yang enak didengar

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak perbedaan yang kita temui, mulai dari perbedaan agama, suku, ras, hingga warna kulit. Sebagaimana halnya sebuah permainan musik yang terdiri atas berbagai alat, kehidupan nyata yang penuh dengan perbedaan pun dapat berdampingan dengan baik, asalkan setiap orang dapat saling menghargai keberagaman.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 16

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 16

Ayo Renungkan
• Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Alternatif Jawaban :
Yang saya pelajari pada kegiatan hari ini adalah
-    Membaca bacaan “Pawai Budaya “
-    Menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari bacaan “ Pawai Budaya
-    Mengumpulkan informsi tentang keberagaman suku bangsa teman dikelas
-    Alat musik dan cara memainkannya

• Apa yang akan kamu lakukan untuk menghargai perbedaan di sekitarmu?

Alternatif Jawaban :
yang saya lakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar saya
-    Berteman dengan siapa saja tanpa membedakan ras, suku dan agama
-    Tidak mengganggu ibadah orang lain yang berbeda agama dengan kita
-    Saling menghormati dan menghargai satu sama lain

Kerja sama dengan orang tua

Mintalah orang tuamu untuk menceritakan pengamalannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah. Ceritakan hasilnya kepada gurumu!

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 8, 9, 11, 12, 14, 15, 16- Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 8, 9, 11, 12, 14, 15, 16"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel