Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 8 Halaman 92, 93, 94, 95, 96, 97, 100
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 8 Halaman 92, 93, 94, 95, 96, 97, 100-Pembelajaran Kelas 3 Tema 8 Praja Muda Karana Subtema 2 Aku Anak Mandiri Pembelajaran 5 Terdiri dari Mata Pelajaran PKN, B.Indonesia dan MTK.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 91-101 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Siti berlatih agar dapat menjahit dengan mandiri. Siti rajin berlatih menjahit. Siti berlatih menjahit tanda pengenal pramuka. Ibu Siti membimbing Siti menjahit.
Edo berlatih agar dapat membersihkan rumah dengan mandiri. Edo sedang membersihkan rumah
bersama ayah. Edo memperhatikan cara ayah membersihkan kaca meja.
Lani berlatih agar dapat memasak secara mandiri. Lani sedang membantu Ibu memasak. Lani
memperhatikan cara ibu memasak.
Udin berlatih agar dapat menabung di bank secara mandiri. Udin pergi ke bank bersama ayah. Udin memperhatikan cara ayah menabung di bank.
Semua anak berlatih mandiri. Semua anak berlatih mengerjakan segala sesuatu sendiri. Semua anak menjadi orang yang mandiri.
Ayo Berlatih
Siti dan Lani rajin berlatih. Siti dan Lani harus berlatih untuk mendapatkan tanda kecakapan
khusus. Tanda kecakapan khusus dapat terlihat pada pakaian pramuka Siti dan Lani. Siti dan Lani juga memiliki banyak tanda kecakapan khusus. Siti dan Lani anggota pramuka yang mandiri.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 92, 93
Perhatikan kembali gambar Siti dan Lani di atas!
Apa saja tanda pengenal yang dimiliki Siti dan Lani?
Alternatif Jawaban :
Tanda pengenal yang ada pada seragam pramuka yang dikenakan Siti dan Lani adalah tanda kecakapan umum dan tanda kecakapan khusus.
Apa saja persamaan dan perbedaannya?
Tuliskan persamaan dan perbedaan pada tabel berikut!
Alternatif Jawaban :
Persamaan dan perbedaan tanda pengenal yang dimiliki Lani dan Siti.
Persamaan: Tanda pengenal itu adalah tanda tutup kepala, tanda pandu sedunia, TKK memasak, TKK menabung, TKK merapikan rumah, dan TKK menyiram tanaman.
Perbedaan: Tanda jabatan
Ayo Berlatih
Siti memiliki tanda jabatan berbentuk persegi panjang.
Mari, mengenal sifat persegi panjang melalui kegiatan berikut ini!
Perhatikan gambar persegi panjang berikut ini!
Ikuti kegiatan berikut untuk mengetahui sifat dari bangun persegi panjang!
Siapkan tali untuk mengukur panjang sisi persegi panjang!
Siapkan pula pojok siku-siku yang terbuat dari potongan kertas!
Persegi panjang 1
Ukur sisi AB menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi CD menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi AD menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi BC menggunakan tali, lalu potong.
Tempelkan tali pada tabel berikut
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 94
Amati potongan tali!
Apa yang kalian temukan?...
Panjang sisi AB ... CD dan AD ... BC.
Alternatif Jawaban :
Panjang sisi AB = CD dan AD = BC.
Lalu, ukur semua sudut persegi panjang menggunakan pojok siku-siku!
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 95
Apa yang kalian temukan?
Besar sudut A ... sudut B ... sudut C ... sudut D.
Alternatif Jawaban :
Besar sudut A = sudut B = sudut C = sudut D.
Lakukan kegiatan yang sama untuk persegi panjang 2 dan 3!
Persegi panjang 2
Ukur sisi AB menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi CD menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi AD menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi BC menggunakan tali, lalu potong.
Tempelkan tali pada tabel berikut
Amati potongan tali!
Apa yang kalian temukan?
Panjang sisi AB ... CD dan AD ... BC
Alternatif Jawaban :
Panjang sisi AB = CD dan AD = BC.
Ukur semua sudut persegi panjang menggunakan pojok siku-siku!
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 96
Apa yang kalian temukan? ...
Besar sudut A ... sudut B ... sudut C ... sudut D.
Alternatif Jawaban :
Besar sudut A = sudut B = sudut C = sudut D.
Ukur sisi AB menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi CD menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi AD menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi BC menggunakan tali, lalu potong.
Tempelkan tali pada tabel berikut.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 97
Amati potongan tali!
Apa yang kalian temukan?
Panjang sisi AB ... CD dan AD ... BC
Alternatif Jawaban :
Panjang sisi AB = CD dan AD = BC.
Ukur semua sudut persegi panjang menggunakan pojok siku-siku!
Apa yang kalian temukan?
Besar sudut A ... sudut B ... sudut C ... sudut D.
Alternatif Jawaban :
Besar sudut A = sudut B = sudut C = sudut D.
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan sebelumnya!
Jawaban pertanyaan akan membantumu membuat simpulan sifat persegi panjang.
Apakah persegi panjang merupakan bangun segi empat?
Alternatif Jawaban :
Ya
Bagaimana ukuran panjang sisi-sisinya?
Alternatif Jawaban :
Sisi yang berhadapan memiliki ukuran yang sama
Bagaimana ukuran besarnya sudutnya?...
Alternatif Jawaban :
Semua sudut sama besar, yaitu 4 pojok siku-siku
Buatlah simpulan sifat persegi panjang dari kegiatan tersebut!
Alternatif Jawaban :
Persegi panjang adalah bangun segi empat dengan sisi yang berhadapan sama panjang, dan memiliki empat sudut siku-siku.
Kegiatan menentukan sifat persegi panjang dapat dilakukan secara berkelompok. Bekerja
sama dengan teman satu kelompok sangat menyenangkan. Pekerjaan menjadi terasa lebih
mudah. Pekerjaan juga dapat dikerjakan lebih cepat.
Anggota pramuka dilatih memiliki keterampilan secara berkelompok. Contoh keterampilan secara berkelompok yaitu mendirikan tenda. Saat mendirikan tenda perlu kerja sama. Anggota pramuka dilatih agar dapat bekerja sama. Anggota pramuka dilatih untuk saling menghargai.
Bekerja sama dan saling menolong termasuk pengamalan sila ke tiga Pancasila. Bunyi sila ketiga adalah persatuan Indonesia. Lambang dari sila ketiga Pancasila adalah pohon beringin.
Ayo Membaca
Persatuan Indonesia
Sekelompok anggota pramuka sedang bermusyawarah. Mereka bermusyawarah, mendiskusikan penyelesaian suatu masalah. Mereka mencari cara untuk menghindari banjir di lingkungan sekolah. Mereka berdiskusi dengan baik. Semua anggota menyampaikan pendapat. Mereka setuju mengadakan kegiatan membersihkan selokan di lingkungan sekolah. Sikap mereka menunjukkan sikap pengamalan dari sila Pancasila.
Bermusyawarah merupakan pengamalan sila ke empat Pancasila. Bunyi sila keempat Pancasila
adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan.
Saat bermusyawarah, semua anggota diberi kesempatan memberikan pendapat. Semua anggota saling menghargai pendapat yang dikemukakan. Mereka mengamalkan sila kedua Pancasila. Bunyi sila kedua Pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab.
Semua peserta musyawarah melaksanakan hasil kesepakatan. Mereka bekerja sama membersihkan selokan sekolah. Bekerja sama merupakan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila. Bunyi sila ketiga Pancasila adalah persatuan Indonesia.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 100
Ayo Berlatih
Warnailah bagian perisai lambang negara berikut ini!
Warnailah sesuai dengan sila Pancasila!
AlternatifJawaban :
Isilah tabel berikut dengan benar!
Alternatif Jawaban :
Sikap/Perilaku : Beribadah
Pengamalan dari sila Pancasila
Lambang : Bintang
Bunyi : Ketuhanan yang Maha Esa
Sikap/Perilaku : Memberi bantuan kepada orang yang kesulitan
Pengamalan dari sila Pancasila
Lambang : Rantai
Bunyi : Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Sikap/Perilaku : Memberi kesempatan semua anggota tampil
Pengamalan dari sila Pancasila
Lambang : Padi dan Kapas
Bunyi : Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Sikap/Perilaku : Mendamaikan teman yang sedang berselisih
Pengamalan dari sila Pancasila
Lambang : Kepala Banteng
Bunyi : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Sikap/Perilaku : Membersihkan kelas bersama-sama
Pengamalan dari sila Pancasila
Lambang : Pohon Beringin
Bunyi : Persatuan Indonesia
Apakah kamu pernah melakukan salah satu sikap tersebut di atas?
Coba tuliskan pengalamanmu!
Tuliskan pula sila Pancasila yang sesuai dengan pengalamanmu!
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua mengajak berlatih berdiskusi dan bekerja sama dalam kegiatan rumah.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 8 Halaman 92, 93, 94, 95, 96, 97, 100- Pembelajaran Kelas 3 Tema 8 Praja Muda Karana Subtema 2 Aku Anak Mandiri Pembelajaran 5 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 8 Halaman 92, 93, 94, 95, 96, 97, 100"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.