Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 35, 36, 37, 39, 40, 41, 42, 43, 44, 45
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 35, 36, 37, 39, 40, 41, 42, 43, 44, 45
- Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, MTK dan PKN.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 34-45 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Mencoba
Tahukah kamu, bahwa Indonesia juga kaya dengan permainan tradisional?
Bacalah teks berikut sebelum kamu mempraktikkannya!
Benteng-Bentengan
Benteng-bentengan atau Rerebonan adalah permainan yang dimainkan oleh dua kelompok penawan dan tertawan. Masing-masing kelompok terdiri atas empat sampai dengan delapan orang dan memiliki satu tempat sebagai markas. Markas atau ‘benteng’ bisa berupa sebuah tiang, pohon, atau pilar.
Gobak Sodor
Permainan Gobak Sodor atau Galah Asin atau Galasin dilakukan di lapangan. Arena bermainnya merupakan kotak persegi panjang dan dibagi menjadi beberapa bagian secara horizontal dan vertikal.
Tahukah kamu bahwa untuk bermain Benteng-bentengan dan Gobak Sodor dengan baik diperlukan beberapa keterampilan, di antaranya jalan, lari, dan lompat?
Perhatikan penjelasaan dan cara gurumu memperagakan teknik berjalan, berlari, dan melompat yang baik agar kamu dapat bermain dengan baik.
Sekarang saatnya kamu bermain. Lakukan pemanasan terlebih dahulu dengan arahan dari guru.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 35, 36
Tuliskan pengalamanmu saat mencoba salah satu permainan tradisional.
Diskusikan jawabanmu dengan jawaban teman sekelompokmu!
1. Apa yang membuat kamu tertarik dengan kedua permainan tradisional tersebut? Jelaskan!
2. Bagaimana aturan permainan tradisional tersebut?
3. Bagaimana strategi kelompokmu untuk dapat memenangkan permainan itu?
4. Sikap apa yang sebaiknya kamu tunjukkan saat kelompokmu menang atau kalah dalam permainan?
5. Hal baik apa saja yang dapat kamu pelajari dari permainan itu?
Alternatif Jawaban :
1. Karena kedua permainan tersebut dimainkan oleh 2 tim sehingga memerlukan anggota yang banyak sehingga kita bisa mengajak teman -teman yang lain dan permainan ini mengandung unsur kerjasama antar tim
2. Cara bermain permainan benteng-bentengan
- Permainan ini dimulai dengan membentuk dua kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 4 sampai dengan 8 orang
- Masing-masing kelompok memilih tiang atau pilar sebagai benteng. Dsekitar benteng terdapat area aman untuk kelompok yang memiliki tiang atau pilar tersebut. Bila diarea aman, mereka tidak perlu takut terkena lawan
- Para anggota kelompok akan berusaha menyentuh lawan dan membuat tertawan, pemain harus sering kembali dan menyentuh bentengnya karena penawan dan yang tertawan ditentukan dari waktu dari waktu terahir menyentuh benteng. Orang yang paling dekat waktunya menyentuh benteng berhak menjadi penawan
- Pemain bisa mengejar dan menyentuh anggota lawan untuk menjadikan tawan
- Pemenang permainan adalah kelompok yang dapat menyentuh tiang atau pilar lawan dan meneriakkan kata benteng
Cara bermain permainan Gobak Sodor
- Peman terbagi menjadi 2 tim yang terdiri dari 3-5 orang
- Bila 1 tim terdiri dari 5 orang maka lapangan dibagi menjadi 4 kotak persegi panjang yang ukurannya kurang lebih 5mx3m
- Tim jaga bertugas menjaga supaya tim lawan tak mampu menuju garis finis
- Tim lawan berusaha menuju garis finis tanpa tersentuh oleh tim jaga serta dapat memasuki garis finis menggunakan syarat tidak terdapat anggota tim lawan yang masih berada di wilayah start
- Tim lawan dapat dikatakan menang bila keliru satu anggota tim berhasil kembali kegaris start tanpa tersentuh tim lawan
- Tim lawan dikatakan kalah jika keliru satu anggotanya tersentuh oleh tim jaga atau keluar melewati garis batas lapangan yang telah dipengaruhi. Bila hal tersebut terjadi maka akan dilakukan pergantian posisi yaitu tim lawan akan menjadi tim jaga serta sebaliknya.
3. Strategi untuk memenangkan permainan gobak dorong dan benteng-bentengan adalah kekompakan tim serta kecepatan untuk bergerak menhindari kejaran lawan dan kekompakan tim untuk mengecoh lawan
4. Sikap yang ditunjukan saat kelompok menang dalam permainan tidak mengejek kelompok lawan karena kekalahannya dan bersyukur atas kemenangan yang kita raih
Sikap yang ditunjukan ketika kelompok kalah dalam permainan menerima kekalahan dengan lapang dada dan menghargai kerja keras kelompok kita
5. Hal baik dalam bekerja sama dan ketangkasan
Selain memiliki permainan tradisional yang beragam, Indonesia memiliki musik tradisional yang beragam pula. Bunyi yang dihasilkan suatu benda berbeda-beda. Demikian pula dengan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik tradisional.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 37
Bagaimana bunyi tersebut bisa sampai ke telinga kita?
Alternatif Jawaban :
Bunyi merambat melalui udara dan udara masuk ketelinga kita
Buatlah pertanyaan tentang perambatan bunyi. Diskusikan pertanyaan yang kamu buat dengan kelompokmu, kemudian sampaikan hasilnya di depan kelas!
Alternatif Jawaban :
Contoh pertanyaan tentang perambatan bunyi
1. Jelaskan apa itu perambatan bunyi ....
2. Bunyi dapat merambat melalui ....
3. Bunyi tidak dapat merambat melalui ....
4. Bunyi merambat paling cepat dan paing buruk pada benda ...
Jawaban dari contoh pertanyaan
1. Perambatan buyi adalah peristiwa merambatnya suatu gelombang longitudinal melalui media zat padat/cair/gas sampai ketelinga kita
2. Bunyi dapat merambat pada tiga medium yakni benda padat, benda cair dan gas
Contoh bunyi dapat merambat melalui benda padat :suara yang kita dengar melalui kawat atau dinding rumah
Contoh bunyi dapat merambat melalui benda cair : suara ikan paus didalam air laut
Contoh bunyi dapat merambat melalui benda gas : suara mobil yang melintas yang terdengar di udara
3. Bunyi tidak dapat merambat melalui ruang hampa udara, pada ruangan hampa, ketiadaan udara menjadikan bunyi tidak bisa didengar
4. Bunyi merambat paling cepat pada benda padat dan paling buruk dalam gas
Lakukan percobaan berikut dalam kelompokmu!
Percobaan 1
Tujuan:Mengidentifikasi sifat bunyi (merambat) melalui udara.
Alat dan bahan:
Slang plastik (Panjang 2 meter atau lebih)
Langkah kerja:
1. Pegang salah satu ujung selang dan minta temanmu memegang ujung lainnya.
2. Dekatkan ujung slang ke telinga.
3. Minta temanmu berbicara melalui ujung slang yang ia pegang.
4. Dengarkan dan catat apa yang ia sampaikan. Berikan hasilnya kepada temanmu untuk diperiksa.
Percobaan 2
Tujuan: Mengidentifikasi sifat bunyi (merambat) melalui benda padat.
Alat dan bahan:
1. Gelas plastik 4 buah
2. Benang kasur
3. Paku (gurumu yang akan menggunakannya)
Langkah kerja:
1. Buatlah satu lubang kecil dengan ujung paku di tengah dasar gelas plastik.
2. Potong tali kasur sepanjang 2 sampai 3 meter.
3. Masukkan benang ke dalam gelas plastik melalui lubang kecil.
4. Buatlah simpul agar tidak lepas.
5. Berbicaralah dengan temanmu melalui telepon gelas plastik.
6. Lepaskan benang dari gelas plastik.
7. Berbicaralah dengan temanmu melalui telepon gelas plastik tanpa benang.
8. Dengarkan dan catat apa yang ia sampaikan. Berikan hasilnya kepada temanmu untuk diperiksa.
Percobaan 3
Tujuan: Mengidentifikasi sifat bunyi (merambat) melalui benda cair.
Alat dan bahan:
1. Ember besar
2. Air
3. Batu koral
4. Corong kecil
Langkah kerja:
1. Isi ember dengan air hingga penuh.
2. Masukkan corong ke dalam ember hingga bagian bawahnya terendam. Usahakan corong
tidak menempel pada ember.
3. Ketuklah salah satu sisi ember dengan menggunakan batu secara perlahan. Sementara itu dekatkan telingamu pada bagian atas corong.
4. Dengarkan dan catat hasilnya.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 39
Isilah tabel berikut berdasarkan hasil percobaan!
Alternatif Jawaban :
Percobaan 1
Media atau perantara perambatan bunyi : Perantara perambatan bunyi melalui udara
Bunyi yang dihasilkan : Terdengar
Percobaan 2
Media atau perantara perambatan bunyi : Perantara perambatan bunyi melalui benda padat
Bunyi yang dihasilkan : Terdengar
Percobaan 3
Media atau perantara perambatan bunyi : Perantara permabatan bunyi melalui benda cair
Bunyi yang dihasilkan : Terdengar
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 40
Melalui media apa saja bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita?
Alternatif Jawaban :
Dari percobaan 1, 2 dan 3 media yang digunakan agar bunyi dapat merambat yaitu media udara, benang dan air
Media atau benda apakah yang digunakan untuk merambatkan bunyi?
Alternatif Jawaban :
Media yang digunakan untuk merambatkan bunyi adalah Gas, benda padat dan benda cair
Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama? Mengapa?
Alternatif Jawaban :
Bunyi yang dihasilkan setiap media tidak sama, karena disebabkan oleh jenis bahan sumber suara dan variasi gearan yang menyebabkan timbulnya gelombang suara
Apa yang dapat kamu simpulkan tentang perambatan bunyi?
Alternatif Jawaban :
Kesimpulan tentang perambatan bunyi
- Bunyi memerlukan medium untuk merambat
- Bunyi merambat sebagai sebuah gelombang
- Cepat rambat bunyi tergantung medium
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 41
Ayo menulis
Buatlah laporan dari salah satu percobaan yang kamu lakukan!
Alternatif Jawaban :
Laporan Kegiatan Percobaan
Nama Percobaan : Percobaan perambatan bunyi melalui udara
Tujuan Percobaan : Mengidentifikasi sifat bunyi (merambat) melalui udara
Alat dan Bahan : Slang plastik (Panjang 2 meter atau lebih)
Langkah Kerja :
1. Pegang salah satu ujung selang dan minta temanmu memegang ujung lainnya.
2. Dekatkan ujung slang ke telinga.
3. Minta temanmu berbicara melalui ujung slang yang ia pegang.
4. Dengarkan dan catat apa yang ia sampaikan. Berikan hasilnya kepada temanmu untuk diperiksa.
Hasil Percobaan : Perambatan bunyi melalui udara ketika teman kita berbicara melalui ujung selang terdengar oleh telinga saya
Keimpulan : Bunyi dapat merambat melalui udara
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 42, 43, 44
Ayo Membaca
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Siap Menghadapi Musim Hujan.
Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.
Alternatif Jawaban :
Paragraf 1
Gagasan Pokok : Musim hujan hampir tiba
Gagasan Pendukung :
1. Musim hujan dikampung babakan
2. Warga kampung babakan bersiap menghadapi musim hujan
3. Warga kampung babakan berencana melakukan gotong royong
4. Warga kampung babakan berencana membersihkan selokan
5. Warga kampung babakan ingin membuat selokan mereka bersih
6. Jika selokan bersih, maka warga tidak akan kebanjiran
Paragraf 2
Gagasan Pokok : Warga semangat membersihkan selokan
Gagasan Pendukung :
1. Pak Sammy dan Pak Udin membersihkan seokan dari sampah
2. Pak Made dan Pak Udin memastikan selokan tidak terhambat
3. Pak Nur mengambil sampah yang sudah dikumpulkan
4. Pak Nur meletakkan dalam gerobak sampah
5. Para warga bergotong royong
6. Para warga menjalankan tugas masing-masing
Paragraf 3
Gagasan Pokok : Warga menikmati teh hangat dan pisang goreng setelah kerja bakti
Gagasan Pendukung :
1. Warga berkumpul setelah kerja bakti
2. Makanan dimasak oleh para Ibu-Ibu
3. Para warga senang
4. Selokan kampung babakan sudah bersih
5. Selokan kampung babakan sudah lancar
6. Warga siap menghadapi musim hujan
Ayo Berdiskusi
Diskusikanlah hasilnya dengan teman dan gurumu!
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 45
Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Alternatif Jawaban :
Yang saya pelajari dari pembelajaran hari ini adalah :
1. Belajar mengenal dan mempraktikkan permainan tradisional
2. Menulis pengalaman saat mencoba permainan tradisional
3. Mengidentifikasi sifat bunyi ( perambatan bunyi )
4. Mengisi tabel hasil percobaan
5. Membuat laporan percobaan
6. Menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung tentang bacaan “Siap Menghadapi Musim Hujan “
Keragaman apa yang kamu pelajari?
Alternatif Jawaban :
Keragaman Suku, Bahasa, Agama, Alat musik, Tarian dll
Apa yang akan kamu lakukan agar alat musik tradisional Indonesia tidak punah?
Alternatif Jawaban :
- Mempelajari dan memaikan alat musik tradisional
- Memperkenalkan alat musik tradisional kenegara lain
- Membuat musium khusus alat musik tradisional
Kerja Sama dengan Orang Tua
Cobalah lakukan salah satu percobaan tentang perambatan bunyi di rumah.
Ceritakan hasilnya kepada teman dan gurumu di sekolah.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 35, 36, 37, 39, 40, 41, 42, 43, 44, 45- Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 3 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 35, 36, 37, 39, 40, 41, 42, 43, 44, 45"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.