Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 8 Halaman 174, 175, 176, 178
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 8 Halaman 174, 175, 176, 178-Pembelajaran Kelas 3 Tema 8 Praja Muda Karana Subtema 4 Aku Suka Berkarya Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKN, B.Indonesia dan PJOK.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 8 Subtema 4 Pembelajaran 2 Halaman 172-181 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Pembelajaran 2
Ayo Membaca
Menjadi Petugas Penerima Tamu
Hari ini, SD Nusantara kedatangan tamu. Tamu yang datang tim juri penilai lomba kebersihan
sekolah. Mereka ingin melihat kondisi SD Nusantara. Udin dan beberapa teman ditunjuk menjadi petugas penerima tamu. Mereka harus mendampingi tamu. Mereka juga bertugas memberikan penjelasan tentang SD Nusantara.
Udin dan teman-teman berbagi tugas menerima tamu. Pembagian tugas berdasarkan denah sekolah yang sudah disiapkan. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah. Edo
dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah. Siti bertugas menjelaskan bagian timur
sekolah. Beni menjelaskan bagian barat sekolah.
Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Mereka menjelaskan program sekolah dengan
jelas dan santun. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas. Para penerima tamu telah bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian kepada mereka.
Kepala sekolah dan para guru juga memberikan pujian. Semua anak-anak senang dan bersemangat mengerjakan tugasnya.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 174
Ayo Berlatih
Berikut ini denah yang digunakan Udin dan teman-teman.
Jawablah pertanyaan berdasarkan bacaan dan gambar denah yang diberikan!
1. Sebutkan bagian sekolah yang dijelaskan oleh Udin dan Lani?
2. Sebutkan bagian sekolah yang dijelaskan oleh Edo dan Dayu?
3. Sebutkan bagian sekolah yang dijelaskan oleh Siti?
4. Sebutkan bagian sekolah yang dijelaskan oleh Beni?
5. Siapakah yang paling banyak bertugas menjelaskan? Bagaimana cara kamu mengetahuinya?
Alternatif Jawaban :
1. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah, yaitu gerbang sekolah dan taman hasil kerja siswa
2. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah, yaitu lapangan basket, kantin, dan pengelolaan sampah
3. Siti bertugas menjelaskan bagian timur sekolah, yaitu ruang guru, ruang kepala sekolah, dan ruang kelas 1-3
4. Beni bertugas menjelaskan bagian barat sekolah, yaitu ruang kelas 4-6 dan ruang perpustakaan
5. Siti yang paling banyak bertugas menjelaskan
Nama siswa : Udin dan Lani
Bagian yang dijelaskan : 2 bagian (gerbang sekolah dan taman hasil kerja siswa)
Nama Siswa : Edo dan Dayu
Bagian yang dijelaskan : 3 bagian (lapangan basket, kantin, dan pengelolaan sampah)
Nama Siswa : Siti
Bagian yang dijelaskan : 3 bagian (ruang guru, ruang kepala sekolah, dan ruang kelas 1-3)
Nama Siswa : Beni
Bagian yang dijelaskan : 2 bagian (ruang kelas 4-6 dan ruang perpustakaan)
Ayo Menulis
Perhatikan kembali bacaan tentang Menjadi Petugas Penerima Tamu!
Bacaan tersebut memiliki 4 paragraf. Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.
Contoh
Edo anak yang rajin. Semua tugas sekolah selalu dikerjakan tepat waktu. Edo juga selalu membantu orang tua. Edo selalu mengerjakan pekerjaan dengan baik.
Pikiran pokok dari paragraf di atas adalah “Edo anak yang rajin”.
Cobalah menemukan pikiran pokok dari bacaan “Menjadi Petugas Penerima Tamu”
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 175, 176
Tuliskan pada tabel berikut ini!
Pikiran pokok pada paragraf pertama adalah
Alternatif Jawaban :
SD Nusantara kedatangan tamu.
Pikiran pokok pada paragraf kedua adalah
Alternatif Jawaban :
Udin dan teman-teman berbagi tugas.
Pikiran pokok pada paragraf ketiga adalah
Alternatif Jawaban :
Udin dan teman-teman bertugas dengan baik.
Pikiran pokok pada paragraf keempat adalah
Alternatif Jawaban :
Para juri memberikan pujian.
Cobalah menuliskan gabungan pikiran pokok dari semua paragraf secara berurut.
Alternatif Jawaban :
SD Nusantara kedatangan tamu. Udin dan teman-teman berbagi tugas. Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian.
Apa yang kamu temukan dari tulisan tersebut?
Kamu akan menemukan rangkaian kalimat yang saling berhubungan. Kalimat tersebut akan
membentuk sebuah cerita yang lengkap. Untuk menulis sebuah cerita, mulailah dengan menuliskan pikiran pokok. Lalu, kembangkan cerita dari setiap pikiran pokok yang telah ditentukan.
Ayo Mengamati
Sikap anak-anak SD Nusantara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka mengamalkan nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bekerja sama saat menerima tamu.
Kerja sama yang baik akan membuahkan hasil yang baik. Para tamu merasa senang berkunjung ke SD Nusantara. Udin juga mampu membagi tugas dengan baik.
Semua anak terlibat dalam melaksanakan program kebersihan sekolah. Semua anak ikut berdiskusi untuk menentukan program kebersihan sekolah. Semua anak mendapat kesempatan memberikan pendapat.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 178
Ayo Berlatih
Perhatikan pernyataan berikut ini!
Pernyataan ini menunjukkan sikap pengamalan Pancasila.
Tuliskan sila yang sesuai dengan pernyataan!
Tuliskan bunyi dan lambang dari sila Pancasila yang sesuai!
Alternatif Jawaban :
Ayo Bercerita
Manakah dari contoh sikap tersebut yang pernah kamu lakukan?
Ceritakan kepada teman-temanmu!
Bekerja sama termasuk pengamalan sila ketiga Pancasila. Sila ketiga Pancasila berbunyi persatuan Indonesia. Simbol sila ketiga berupa pohon beringin. Bangsa Indonesia sangat besar dan beragam. Sila ketiga berpesan agar kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Seluruh warga negara juga berkewajiban menjaga nama baik Indonesia.
Kerja sama dengan teman bagian dari pengamalan sila ketiga. Bekerja sama membuat tugas menjadi lebih ringan dan mudah.
Ayo Mencoba
Melalui kerja sama kita juga dapat memenangkan sebuah perlombaan.
Cobalah mempraktikkan kerja sama dalam
permainan berikut ini!
Nama permainan berikut ini lompat tali. Permainan ini harus dilakukan secara berkelompok. Ada yang bertugas memegang tali. Ada juga yang bertugas menjadi pemain.
Ikuti tahapan permainan berikut ini!
1. Tentukan dua pemain untuk memegang tali.
2. Pemain berdiri di dekat tali.
3. Ayunlah tali sambil diputar melewati badan pemain.
4. Pemain mengangkat kedua kaki secara bersamaan saat posisi tali berada di bawah.
5. Meloncatlah dengan benar dan upayakan tali
6. Tali mengenai kaki pemain berarti tiba saatnya berganti peran. Pemain lompat tali akan berganti tugas menjadi pemegang tali. Petugas pemegang tali akan berganti menjadi pemainlompat tali.
Semua pemain harus bekerja sama dalam permainan tersebut. Kerja sama yang baik
membuat permainan menjadi lebih menyenangkan. Kerja sama yang baik juga membuat permainan lebih aman dan nyaman.Begitupun rakyat Indonesia juga harus bekerja sama. Bekerja sama untuk membangun Indonesia agar menjadi negara besar. Bersamasama menghadapi tantangan. Bersama-sama menghadapi gangguan yang menghalangi tercapainya cita-cita.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua membantu siswa menjelaskan dan mencoba beberpa kegiatan yang menunjukkan kegiatan kerja sama antaranggota keluarga.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 8 Halaman 174, 175, 176, 178- Pembelajaran Kelas 3 Tema 8 Praja Muda Karana Subtema 4 Aku Suka Berkarya Pembelajaran 2 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 8 Halaman 174, 175, 176, 178"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.