Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Halaman 118, 119, 120, 123

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Halaman 118, 119, 120, 123- Pembelajaran Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan Subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran MTK, B.Indonesia dan SBDP.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 2 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 113-123 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Subtema 3

Kebersamaan di Tempat Bermain

Kebersamaan di Tempat Bermain

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 113

Setiap siswa memiliki teman. Siti memiliki teman di sekolah dan di rumah. Mereka bertemu untuk belajar dan bermain. Di sekolah, Siti dan teman-temannya bermain di halaman sekolah.
Mereka bermain saat jam istirahat. Di rumah, Siti dan teman-temannya bermain di lingkungan rumah. Halaman, lapangan, dan sungai adalah tempat bermain yang menyenangkan.

Pembelajaran 1

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 114

Hari ini hari Minggu. Siti dan teman-temannya bermain di taman. Mereka bermain Kucing dan Tikus. Bermain di taman membuat badan menjadi segar. Setelah bermain Kucing dan Tikus,
Siti penasaran tentang kisah Kucing dan Tikus yang bermusuhan. Siti kembali ke kelas menemui Ibu Guru untuk mencari informasi tentang kisah Kucing dan Tikus.

Ayo Berlatih
Ayo, mencari informasi tentang persahabatan kucing dan tikus!

Ayo Membaca
Ayo, baca kisah Kucing dan Tikus berikut ini di depan kelas secara bergantian! Siswa yang lain menyimak.

Kisah Kucing dan Tikus

Dahulu kala Kucing dan Tikus bersahabat. Kemana saja Kucing pergi, Tikus selalu ikut. Pada suatu hari, Tikus berkata kepada Kucing.
Tikus    :    “Hai, Kucing!”
Kucing :    “Ada apa?”
Tikus    :    “Mari kita makan ikan asin.”
Kucing :    “Di mana kita bisa mendapatkan ikan asin?
Tikus    :    “Itu di sana, digantung di rumah Pak Tani. Ikan asinnya amat banyak, kita akan puas memakannya.”

Rupanya Kucing tertarik pada usul Tikus. Ketika malam tiba, Tikus dan Kucing berangkat ke rumah Pak Tani. Mereka bersepakat, Tikus akan memanjat ke atas, sedangkan Kucing menunggu di bawah. Sebelum memanjat ke atas, Tikus berpesan.

Tikus    :    “Kalau ada ikan asin yang jatuh ke sini, cepatlah kamu melompat dan menerkam. Jangan sampai ikan asin itu terpental keluar kamar ini. Nanti kita ketahuan!”

Akhirnya Tikus memanjat ke atas tempat ikan asin digantung. Setelah ia menemukan ikan asin yang bagus dan besar, ia lupa janjinya kepada Kucing yang kelaparan menunggu dengan siaga sambil menengadahkan kepalanya ke atas.

Kucing    :    “Kok, lama benar Tikus di atas? Tikus sudah mendapatkan ikan asin apa belum, ya? Perutku sudah lapar sekali!”

Tikus pun mendapatkan lagi ikan asin yang paling besar dan bagus. Tikus mulai menggerek tali pengikat ikan asin itu. Belum selesai tali pengikat ikan asin itu digerek, karena kekenyangan, tegang, dan takut ketahuan oleh penghuni rumah, tiba-tiba Tikus salah injak dan terjatuh. Sebelum sampai ke bawah, Tikus berkata.

Tikus    :    Jangan kau makan saya. Saya adalah Tikus kawanmu, jangan makan saya!”
Kucing :    “Ikan asin …..sin…..siin…..!”
Tikus    :    “Aduh, saya bukan ikan asin! Saya kawanmu! Saya belum sempat menjatuhkan ikan asin itu, lalu saya terjatuh. Kuciiiiing, saya bukan ikan asin!"
Kucing :    “Ikan asin ……me…..me…..ong!”

Kucing tetap tidak menghiraukan Tikus dan merasa ditipu olehnya. Di sinilah asal mulanya Kucing dan Tikus tidak akur. Tikus merasa sakit hati pada Kucing yang memakannya. Kucing pun tidak percaya lagi pada Tikus, sebab Tikus telah memakan ikan asin sendiri. Sejak saat itu pertama kalinya Kucing memakan Tikus, sebab Kucing selalu beranggapan bahwa Tikus adalah ikan asin.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 118

Ayo Berlatih
1.  Apa yang dicari Kucing dan Tikus untuk dimakan?
2.  Di mana Kucing dan Tikus mencari makan?
3.  Siapa yang bersikap curang ketika menemukan makanan?
4.  Mengapa sampai hati Kucing memakan Tikus?
5.  Kucing dan Tikus sepakat,
    Tikus ...........
    Kucing ...........

Alternatif Jawaban :

1. Ikan asin
2. Di rumah Pak Tani
3. Tikus
4. Karena Tikus serakah terhadap Kucing
5. Tikus mengambil ikan asin di atas, kucing menangkap di bawah.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 119

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyan-pertanyaan di bawah ini!

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 119

Alternatif Jawaban :
1. Sebuah dibagi menjadi 2 bagian sama, 1 bagian bertanda X menyatakan Pecahan 1/2 .
2. Banyak kue ada 2, 1 kue menyatakan pecahan 1/2.
3. Sebuah kue dibagi menjadi 3 bagian yang sama, 1 bagian bertanda X menyatakan pecahan 1/3.
4. Banyak kue ada 3, 1 kue menyatakan pecahan 1/3.
5. Sebuah kue dibagi menjadi 4 bagian yang sama, 1 bagian bertanda X menyatakan pecahan 1/4.
6. Banyak kue ada 4, 1 kue menyatakan pecahan 1/4.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 120

Ayo Berlatih
Coba nyatakan dengan pecahan banyaknya roti yang dimakan tikus atau kucing!

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 120

 Alternatif Jawaban :

Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 120

Menggambar Imajinasi

Hari ini Siti bermain di halaman sekolah. Siti melihat ada beberapa temannya bermain bola. Siti ingin menggambar suasana di halaman sekolah. Ada tiga siswa bermain bola di halaman. Siti membuat sketsa gambarannya

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 121

Kemudian, Siti mewarnai gambarnya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 122
Ayo Berkreasi
Coba kamu lihat suasana di halaman sekolahmu ketika jam istirahat!
Amati teman-temanmu yang bermain di sana!
Buatlah sketsa gambar suasana bermain di halaman sekolah!
Kemudian, warnai gambarmu!

Langkah-langkah menggambar
1.  Siapkan alat dan bahan.
2.  Lakukan pengamatan atau observasi.
3.  Buatlah sketsa gambar.
4. Berilah warna.

Alat dan bahan:
1.  Pensil
2.  Krayon
3.  Penghapus

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 123

Ayo Berdiskusi
Diskusikan tentang ciri-ciri gambar imajinasi dan langkah-langkah membuat gambar imajinasi!
Sampaikan hasil diskusi di depan temantemanmu.

Alternatif Jawaban :
Ciri-ciri gambar imajinasi antara lain:
1.    Bersifat tidak nyata
2.    Dibuat berdasarkan pengamatan atau observasi si pelukis.
3.    Hanya sekedar khayalan seseorang yang dituangkan dalam bentuk gambar.

Langkah-langkah menggambar
1.  Siapkan alat dan bahan
2.  Lakukan pengamatan atau observasi
3.  Buatlah sketsa
4.  Berilah warna

Kegiatan Bersama Orang Tua
Dengan bantuan orang tua, siswa menggambar imajinasi.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Halaman 118, 119, 120, 123- Pembelajaran Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan Subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Halaman 118, 119, 120, 123"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel