Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 8 Halaman 36, 38, 42
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 8 Halaman 36, 38, 42 -Pembelajaran Kelas 2 Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah Pembelajaran 5 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKN, B.Indonesia dan PJOK.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 2 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 2 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 35-43 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Pembelajaran 5
Udin dan teman-teman bermain di halaman rumah.Mereka bermain gerakan dasar memutar. Mereka juga bermain gerakan dasar menekuk. Gerakan dasar dapat dilakukan di halaman rumah.
Keadaan halaman rumah perlu diperhatikan ketika bermain. Oleh karena itu, halaman rumah harus bersih dan tidak licin.
Halaman rumah yang kotor harus dibersihkan. Air yang tergenang juga harus dikeringkan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk keselamatan ketika bermain.
Ayo Mengamati
Amati dan bacalah teks percakapan berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 2 Halaman 36
Apa isi percakapan Udin dan teman-teman?
Alternatif Jawaban :
Percakapan Udin dan teman-teman berisi tentang membersihkan halaman yang kotor dan tergenang air.
Mengapa tempat bermain harus bersih dan kering?
Alternatif Jawaban :
Tempat bermain harus bersih dan kering agar tidak licin sehingga aman untuk bermain.
Apakah tindakan Udin dan teman-teman sudah benar?
Alternatif Jawaban :
Tindakan Udin dan teman-teman sudah benar karena tempat kotor dan tergenang air harus dibersihkan dan dikeringkan.
Ayo Membaca
Bacalah kutipan percakapan Udin dan temanteman berikut dengan benar!
1. Bagaimana ya cara kita mengeringkannya?
2. Bagaimana kalau kita gunakan alat pel karet untuk mengalirkan airnya?
3. Di mana kita mendapatkan alat pel karet?
4. Siapa yang punya?
Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya.
Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.
Di setiap akhir kalimat tanya, selalu dibubuhkan tanda tanya (?).
Kita dapat menggunakan kata siapa, di mana, dan bagaimanapada kalimat tanya.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu isi gambar dengan mengikuti petunjuk berikut!
• Duduklah berpasangan dengan temanmu!
• Amati gambar berikut dengan teliti!
• Tuliskan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan isi gambar tersebut!
• Tuliskan dengan menggunakan kata: apa, mengapa, kapan, siapa, di mana, dan bagaimana!
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 2 Halaman 38
• Tuliskan pertanyaanmu pada kolom berikut!
1. .............................................................................................
2. .............................................................................................
3. .............................................................................................
4. .............................................................................................
5. .............................................................................................
Alternatif Jawaban :
Jawaban dapat disesuaikan dengan jawaban siswa, dibawah ini hanya contoh
1. Apa yang sedang mereka lalukan ?
2. Mengapa anak lali-laki itu terjatuh ?
3. Kapan peristiwa itu terjadi ?
4. Siapa nama anak laki-laki yang terjatuh tersebut ?
5. Di mana peristiwa itu terjadi ?
• Sekarang, coba bacakan pertanyaan yang kamu tulis dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Ayo Mengamati
Udin dan teman-teman bermain gerakan menekuk. Gerakan menekuk banyak bentuknya.
Gerak Dasar Menekuk Lutut
Gerakan menekuk lutut bertujuan untuk melatih kekuatan otot paha. Selain itu, berguna juga untuk kelenturan kaki. Berikut beberapa gerak dasar menekuk lutut.
1. Gerak Setengah Jongkok
Gerak Dasar Menekuk Lutut Setengah Jongkok
2. Gerak Jongkok Penuh
Gerak Dasar Menekuk Lutut Jongkok Penuh
Gerakan menekuk lutut dapat juga dibuat dalam kegiatan bermain. Kita dapat bermain kucing jongkok. Bermain kucing jongkok dapat dilakukan di air atau di darat.
Perhatikan gambar berikut dengan teliti!
Cara Bermain Kucing Jongkok di Darat
1. Tentukan area bermain, dengan membuat garis pembatas lokasi bermain.
2. Buatlah garis melingkar seolah-olah lingkaran itu merupakan genangan air.
3. Bagi temanmu menjadi beberapa kelompok!
4. Setiap kelompok menentukan seorang yang menjadi kucing.
5. Kucing harus berada di tengah kelompok.
6. Siswa yang lain dikejar oleh sang kucing.
7. Apabila dikejar sang kucing, siswa bisa jongkok.
8. Apabila tidak sempat melakukan jongkok, siswa yang dikejar menjadi kucing.
9. Ketika berlari harus memperhatikan garis lingkaran yang dinyatakan seolah-olah genangan air.
10.Ketika tepat berada di atas lingkaran, siswa harus berlari seolah-olah berlari di atas air.
Cara Bermain Kucing Jongkok di Air
1. Bagi temanmu menjadi beberapa kelompok!
2. Setiap kelompok menentukan seorang yang menjadi kucing.
3. Kucing harus berada di tengah kelompok.
4. Apabila dikejar sang kucing, siswa bisa jongkok.
5. Apabila tidak sempat melakukan jongkok, siswa yang dikejar menjadi kucing.
6. Ketika berlari, harus berhati-hati karena dasar kolam yang licin bisa membahayakan diri.
Ayo Mencoba
Lakukanlah kegiatan berikut dengan benar!
1. Gerak dasar menekuk lutut setengah jongkok.
2. Gerak dasar menekuk lutut jongkok penuh.
3. Bermain kucing jongkok.
Ayo Membaca
Udin dan teman-teman telah bermain kucing jongkok. Bermain kucing jongkok merupakan bagian dari kegiatan olahraga. Walaupun berbeda suku bangsa, Udin dan temanteman berolahraga dengan rukun. Hidup rukun mencerminkan sikap persatuan dalam keberagaman.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu kegiatan-kegiatan berikut!
1. Diskusikan contoh kegiatan olahraga lain yang mencerminkan sikap persatuan dalam keberagaman!
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 2 Halaman 42
2. Tuliskan hasil diskusimu pada tabel berikut!
Alternatif Jawaban:
Ayo Bercerita
Ceritakan salah satu olahraga yang pernah kamu lakukan bersama temanmu! Ceritakan dengan jujur di depan temanmu!
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua membimbing anak tentang penggunaan kalimat tanya di rumah. Misalnya saja dengan
menunjuk sebuah benda, lalu memberikan pertanyaan menggunakan kata: apa, kapan, siapa, di mana, mengapa,dan bagaimana.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 8 Halaman 36, 38, 42- Pembelajaran Kelas 2 Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah Pembelajaran 5 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 8 Halaman 36, 38, 42"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.