Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 8 Halaman 161, 163, 167, 168
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 8 Halaman 161, 163, 167, 168 -Pembelajaran Kelas 2 Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Subtema 4 Menjaga Keselamatan di Perjalanan Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, Matematika dan SBDP.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 2 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 2 Tema 8 Subtema 4 Pembelajaran 1 Halaman 159-168 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Subtema 4
Menjaga keselamatan di perjalanan banyak bentuknya. Kita harus menjaga keselamatan diri.
Keselamatan barang atau harta benda juga perlu diperhatikan. Keselamatan kendaraan pun perlu dijaga.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah dengan teliti!
Apa isi gambar yang kamu amati di atas?
Menurutmu, mengapa kita perlu melakukan itu?
Pembelajaran 1
Udin dan teman-teman membaca sebuah dongeng. Mereka membaca kisah kera dan ayam.
Ayo Membaca
Bacalah dongeng berikut dengan nyaring!
Kisah Kera dan Ayam
Suatu hari, Kera dan Ayam berencana untuk berjalanjalan ke hutan. Mereka berdua mendapat informasi kalau di hutan itu terdapat banyak pohon buah-buahan yang lezat. Mereka berdua memulai perjalanan sejak pagi, tapi tidak sebatang pohon buah pun yang mereka temui.
Yang ada hanyalah pohon-pohon yang tinggi dan berdaun lebat.
"Mungkin kita harus berjalan Iebih jauh lagi," kata Kera. Ayam hanya mengangguk setuju.
Semakin lama, suasana hutan semakin gelap. Sinar matahari tidak mampu menembus rimbunnya
pepohonan. Ayam mulai ketakutan, "Kera, kita tersesat? Bagaimana kalau kita pulang saja?”,
katanya. Kera juga kebingungan, “Mana jalan keluarnya? Mungkin ke arah sana”, sahut si Kera.
Mereka sibuk mencari jalan keluar, tapi semakin lama mereka berjalan semakin jauh mereka masuk ke dalam hutan.
Kera meminta maaf kepada Ayam. Kera merasa bersalah karena telah mengajak Ayam berjalanjalan ke hutan. Padahal ia tidak tahu jalan keluar dari hutan. Ayam pun memaafkan Kera.
Akhirnya, Ayam dan Kera bertemu dengan kepiting. Kepitinglah yang menunjukkan mereka jalan keluar dari hutan. Ayam dan Kera pun selamat sampai ke rumah masing-masing.
Sumber: www.dongengceritarakyat.com
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 2 Halaman 161
Apa isi cerita dongeng “Kisah Kera dan Ayam” di atas?
Alternatif Jawaban :
Isi cerita dongeng di atas adalah tentang Kera dan Ayam yang tersesat di hutan ketika mencari buah.
Mengapa kera dan ayam bisa tersesat?
Alternatif Jawaban :
Mereka bisa tersesat karena tidak tahu jalan keluar hutan.
Apa yang harus kita lakukan agar tidak tersesat ketika melakukan perjalanan?
Alternatif Jawaban :
Agar tidak tersesat ketika melakukan perjalanan dapat dengan membuat peta dan membawa kompas untuk mengetahui arah.
Ayo Mengamati
Bacalah kembali teks dongeng “Kisah Kera dan Ayam” dengan teliti!
Masih ingatkah kamu dengan aturan penggunaan huruf kapital?
Perhatikan kalimat-kalimat berikut dengan teliti!
Huruf kapital digunakan pada setiap kata awal kalimat.
Huruf kapital juga digunakan pada huruf pertama petikan langsung.
1. "Mungkin kita harus berjalan Iebih jauh lagi," kata Kera.
2. "Kera, kita tersesat? Bagaimana kalau kita pulang saja?”, katanya.
3. Kera juga kebingungan, “Mana jalan keluarnya? Mungkin ke arah sana”, sahut si Kera.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 2 Halaman 163
Ayo Berlatih
Temukanlah kesalahan penggunaan huruf kapital pada kalimat-kalimat berikut!
1. “apa yang kamu lakukan Udin?”, kata ibu.
2. Ayah berpesan, “jika berjalan, harus berhati-hati ya, Nak!”
3. “kamu harus memperhatikan keselamatan diri ya, Nak!”, kata ayah.
4. “pakai helm dengan baik ya, Nak!”, seru ayah.
5. Ayah berkata, “jangan bermain di jalan ya, Nak! Itu bisa membahayakan diri.”
Sekarang, coba perbaiki kesalahan pada kalimatkalimat sebelumnya dengan benar!
Tuliskan hasil perbaikanmu di bawah ini!
1. ..................................................................................
2. ..................................................................................
3. ..................................................................................
4. ..................................................................................
5. ..................................................................................
Alternatif Jawaban :
1. “Apa yang kamu lakukan Udin?”, kata ibu.
2. Ayah berpesan, “Jika berjalan, harus berhati-hati ya, Nak!”
3. “Kamu harus memperhatikan keselamatan diri ya, Nak!”, kata ayah.
4. “Pakai helm dengan baik ya, Nak!”, seru ayah.
5. Ayah berkata, “Jangan bermain di jalan ya, Nak! Itu bisa membahayakan diri.”
Ayo Mengamati
Masih ingatkah kamu dengan dongeng “Kisah Kera dan Ayam”?
Gambar ayam dapat dibuat ke dalam bentuk hiasan.
Perhatikan gambar hiasan berikut!
Tahukah kamu bagaimana cara membuatnya!
Ayo Berkreasi
Buatlah hiasan anak ayam dengan mengikuti petunjuk berikut!
Hiasan Anak Ayam
Bahan :
1. Kertas warna
2. Kertas gambar
3. Lem
Alat :
1. Pensil
2. Gunting
3. Spidol atau krayon
1. Potong empat buah bidang. Satu bidang setengah lingkaran besar, satu bidang setengah lingkaran kecil, satu bidang segitiga besar, dan satu bidang segitiga kecil.
2. Tempelkan setengah lingkaran besar ke kertas. Letakkan di tengah agak ke bawah.
3. Tempelkan setengah lingkaran yang sedang. Letakkan menempel terbalik.
4. Tempelkan segitiga besar sebagai sayap. Tempelkan segitiga kecil sebagai paruh.
5. Buatlah lingkaran kecil untuk mata dan buat garis untuk kaki.
Ayo Membaca
... Mereka berdua memulai perjalanan sejak pagi, tapi tidak sebatang pohon buah pun yang mereka temui ...
... Semakin lama, suasana hutan semakin gelap. Sinar Mataharitidak mampu menembus rimbunnya pepohonan ...
Kera dan ayam berjalan mulai dari pagi hingga malam hari. Lama waktu dari pagi hingga malam dikatakan dengan satu hari.
Masih ingatkah kamu dengan nama-nama hari?
Berapa hari dalam satu minggu?
Amati gambar di bawah dengan teliti!
Mutiara dan Udin mengetahui perbandingan antar satuan waktu. Udin dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan satuan waktu.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 2 Halaman 167, 168
Ayo Berlatih
Kerjakan soal-soal latihan berikut dengan benar!
1.Udin telah menabung selama 3 bulan. Berapa harikah Udin telah menabung?
Jawab: ........................................................................
2. Ayah pergi ke luar kota selama 2 bulan. Berapa harikah ayah pergi ke luar kota?
Jawab: ........................................................................
3. Umur adik Beni telah 4 bulan. Berapa harikah umur adik Beni?
Jawab: ........................................................................
4. Jarak umur Udin dan Lani 5 bulan. Berapa harikah jarak umur Udin dan Lani?
Jawab: ........................................................................
5. Udin berlibur ke rumah paman selama 1 bulan. Berapa harikah lama Udin berlibur ke rumah
paman?
Jawab: ........................................................................
Alternatif Jawaban :
1. Jawab: 3 x 30 hari = 90 hari
2. Jawab: 2 x 30 hari = 60 hari
3. Jawab: 4 x 30 hari = 120 hari
4. Jawab: 5 x 30 hari = 150 hari
5. Jawab: .1 x 30 hari = 30 hari
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua membimbing anak menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan satuan waktu di
rumah.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 8 Halaman 161, 163, 167, 168 - Pembelajaran Kelas 2 Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Subtema 4 Menjaga Keselamatan di Perjalanan Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.a
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 8 Halaman 161, 163, 167, 168"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.