Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 171, 172, 173, 174, 175, 176, 177, 178, 179
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 171, 172, 173, 174, 175, 176, 177, 178, 179 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKN, PJOK dan B.Indonesia.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 170-179 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Membaca
Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia. Sebelumnya, kamu telah mengenal dan mempelajari permainan tradisional tersebut. Apakah kamu masih ingat cara memainkannya? Ceritakan apa yang kamu ketahui kepada teman satu
kelompok.
TAHUKAH KAMU?
• Permainan tradisional Engklek dapat dimainkan dengan beberapa cara yang berbeda? Permainan tradisional Engklek dikenal juga dengan istilah Angklek atau Ingkling. Permainan Engklek merupakan permainan berjalan atau melompat dengan menggunakan satu kaki pada bidang datar dengan peraturan yang disederhanakan dan disepakati oleh para pemainnya.
• Permainan tradisional ini memiliki banyak variasi tergantung kesepakatan yang memainkannya.
• Berdasarkan penelitian, ditemukan 43 jenis permainan Engklek, namanya pun berbeda-beda di tiap daerah. Istilah Engklek yang biasa digunakan di daerah Jawa. Pola petak Engklek ada 11 macam. Yang biasa digunakan di Jawa jenis Engklek Ebrek dan Engklek Gunungan.
Bagaimana di tempat tinggalmu? Apakah kamu juga menemukan permainan sejenis Engklek? Disebut apakah permainan Englek di lingkungan tempat tinggalmu?
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 171
Sebelumnya kamu juga telah belajar keterampilan dasar yang diperlukan dalam permainan Engklek. Apa saja keterampilan dasar tersebut? Diskusikan secara berpasangan dan tuliskan hasilnya.
Alternatif Jawaban :
Ketrampilan dasar yang diperlukan agar bisa bermain dengan lancar, diantaranya seperti :
1. Keseimbangan
2. Akurasi
3. Kejelian
4. Kaki yang kuat
5. Waspada
Salah satu alat yang digunakan dalam permainan Engklek adalah Gacuk. Gacuk tersebut dilemparkan ke kotak-kotak tertentu pada kotak-kotak yang terdapat pada pola sesuai aturan bermain.
Pada permainan kali ini kamu akan mempraktikkan memindahkan Gacuk dengan menendang. Perhatikan penjelasan dan peragaan dari guru. Selain itu, kamu akan bermain Engklek dengan pola petak yang berbeda-beda.
Sebelumnya, perhatikan pola petak Engklek berikut.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 172, 173
Ayo Berdiskusi
Tulis pengalamanmu bermain Engklek bersama teman-temanmu denganmenjawab pertanyaan berikut.
1. Keterampilan dasar apa saja yang kamu perlukan dalam bermain Engklek? Jelaskan.
2. Apakah kamu dapat melakukan keterampilan dasar tersebut dengan baik? Jelaskan.
3. Apa rencanamu untuk meningkatkan keterampilan tersebut di masa yang akan datang?
4. Sikap apa saja yang harus kamu tunjukkan ketika bermain Engklek dengan teman yang berbeda-beda?
5. Apakah dalam permainan engklek diperlukan kerja sama yang baik dari pemainnya? Jelaskan.
6. Apa yang terjadi jika tidak ada kerja sama yang baik antara pemain Engklek?
Alternatif Jawaban :
1. Kelincahan dalam melompat, ketelitian agar tidak menginjak garis
2. Iya saya dapat melakukan keterampilan dasar tersebut dengan baik, karena saya selalu memperhatikan garis saat melompat.
3. Banyak berlatih melompat dan menjaga keseimbangan.
4. Tidak bermain curang tidak membeda-bedakan teman dan saling menghargai.
5. Permainan engklek merupakan permainan yang bersifat individu untuk memainkannya. Pemain engklek akan berusaha untuk mencapai kotak teratas pada kotak permainan engklek. Karena permainan engklek merupakan permainan tradisional yang bersifat individu, maka dalam permainan engklek tidak diperlukan adanya kerja sama. Permainan engklek sendiri berfungsi untuk melatih kekuatan kaki, karena pada permainan engklek gerakan melompat cukup banyak.
6. Permainan engklek tetap berjalan dengan baik karena permainan engklek merupakan permainan yang bersifat individu, maka dalam permainan engklek tidak diperlukan adanya kerja sama.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 174
Ayo Berlatih
Tentunya kamu masih ingat cerita tentang Sikap Membantu Bersama.
Apakah kamu masih ingat gagasan pokok tentang cerita tersebut? Diskusikan hal tersebut secara berpasangan dengan temanmu.
Sekarang dengarkan gurumu membacakan kembali cerita tersebut. Buatlah ringkasan dari teks lisan tentang Wedang Jahe tersebut pada bagan berikut dengan menuliskan kembali terlebih dahulu gagasan pokok dan gagasan pendukung.
Wedang Jahe Buatan Ibu
Siang ini hujan turun deras sekali. Udin berjalan kaki pulang dari sekolah. Udin tidak membawa payung, sehingga tubuhnya basah kuyup. Sampai di rumah Udin segera mengganti pakaiannya. Ibu memasakkan air hangat untuk membasuh badan. Setelah makan siang, Udin mulai merasa kurang sehat. Udin kedinginan. Ibu melihat Udin yang mulai terbaring lemas. Wah, besok ada ulangan matematika. Malam ini Udin harus belajar. Ibu tahu apa yang harus dilakukan agar Udin segera pulih. Ibu membuat Wedang Jahe untuk Udin. Wedang Jahe artinya minuman yang terbuat dari jahe, yaitu minuman khas Jawa Tengah yang memberikan rasa hangat bagi tubuh.
Bahan-bahan Wedang Jahe adalah jahe dan gula pasir atau gula merah. Bisa juga ditambahkan kayu manis dan serai untuk menambahkan rasa dan aroma. Semua bahan direbus hingga mendidih dan harum. Untuk meredakan gejala kurang sehat, Wedang Jahe sebaiknya diminum
segera setelah mendidih. Ibu sering membuat Wedang Jahe untuk Udin dan keluarganya. Ketika ada acara di kampung pun Ibu selalu menyajikan Wedang Jahe buatannya.
Tidak sampai satu jam, Wedang Jahe buatan ibu sudah siap. Ibu membawakan segelas ke kamar Udin. Hmm..hangat. Rasa dingin dari tubuh Udin perlahan hilang. Malam itu Udin pun bisa melanjutkan belajar matematika untuk menghadapi ulangan besok. Minuman tradisional Indonesia memang mengagumkan. Enak dan sehat bagi tubuh.
Alternatif Jawaban Paragraf 1
Gagasan Pokok :
Wedang Jahe artinya minuman yang terbuat dari jahe, yaitu minuman khas Jawa Tengah yang memberikan rasa hangat bagi tubuh.
Gagasan Pendukung :
Udin kehujanan saat pulang dari sekolah, ia kemudian merasa kurang sehat dan kedinginan. Ibu membuatkan wedang jahe untuk Udin agar segera pulih.
Alternatif Jawaban Paragraf 2
Gagasan Pokok :
Bahan-bahan Wedang Jahe adalah jahe dan gula pasir atau gula merah.
Gagasan Pendukung :
Bahan tambahan berupa kayu manis dan serai untuk menambahkan rasa dan aroma. Semua bahan direbus hingga mendidih dan harum. Untuk meredakan gejala kurang sehat, Wedang Jahe sebaiknya diminum segera setelah mendidih.
Alternatif Jawaban Paragraf 3
Gagasan Pokok :
Tidak sampai satu jam, Wedang Jahe buatan ibu sudah siap.
Gagasan Pendukung :
Udin meminum wedang jahe buatan ibu. Rasa dingin dari tubuh udin perlahan hilang. Udin bisa tetap belajar matematika untuk ulangan besok.
Tuhan Yang Maha Esa menganugerahi kita keragaman, yaitu keragaman suku, agama, sosial dan budaya, hingga makanan tradisional. Keragaman tersebut perlu kita hargai dan syukuri.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 175
1. Bagaimana caramu bersyukur atas keberagaman yang ada? Jelaskan.
2. Apa manfaat yang kamu peroleh dari keberagaman yang ada?
Alternatif Jawaban :
1. Menghargai, menghormati keberagaman dan menjaga apa yang diberikan Tuhan kepada kita
2. Keberagaman yang ada bermanfaat untuk pemersatu bangsa dan menumbuhkan sikap nasionalisme.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 176, 177, 178, 179
Evaluasi
1. Ukur masing-masing sudut pada bangun berikut menggunakan busur. Catat hasilnya pada tabel.
2. Tentukan besar masing-masing sudut bangun berikut tanpa mengukur.3. Tulislah 3 sifat bunyi yang kamu ketahui.
4. Jelaskan proses terjadinya bunyi.
5. Apakah yang dimaksud dengan bunyi pantul? Bagaimana proses terjadinya? Jelaskan.
6. Bagaimana caramu membuat ringkasan dengan baik berdasarkan teks lisan? Jelaskan.
7. Apa persamaan dan perbedaan dalam membuat ringkasan teks tertulis dan teks lisan. Jelaskan.8. Sebutkan contoh-contoh keberagaman yang telah kamu pelajari.
9. Apa sikap yang perlu kamu terapkan ketika bekerja sama dengan temanteman yang berbeda? Jelaskan.
10. Bagaimana kamu mensyukuri keberagaman yang ada di sekitarmu?
Alternatif Jawaban :
1. Gambar A
Besar sudut a : 70 º
Besar sudut b : 45 º
Besar sudut c : 65 º
Gambar B
Besar sudut d : 110 º
Besar sudut e : 23 º
Besar sudut f : 47 º
Gambar C
Besar sudut g : 45 º
Besar sudut h : 135 º
Besar sudut j : 45 º
Besar sudut k : 135 º
Gambar D
Besar sudut m : 115 º
Besar sudut n : 65 º
Besar sudut p : 90 º
Besar sudut q :90 º
2. Besar sudut C adalah180° – 80° – 65° = 35°
Besar sudut C adalah 180° – 110° – 37° = 33°
Besar sudut C adalah 360° – 70° – 70° = 105°
Besar sudut C adalah 360° – 120° – 86° – 120° = 34°
3. Sifat bunyi :
1. Bunyi merambat melalui benda padat, cair, dan gas
2. Bunyi dapat dipadukan
3. Bunyi dapat dipantulkan
4. Bunyi dapat diserap
4. Bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi.
5. Bunyi pantul adalah bunyi yang terdengar kembali kepada sumber bunyi berasal.
Bunyi pantul terjadi jika dalam perambatannya dihalangi oleh benda yang permukaannya keras seperti kayu, kaca, dinding, atau besi.
6. Mendengarkan teks dengan seksama. Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
Mengetahui kesan umum dari teks.
Menuliskan kalimat baru berdasarkan kesan umum dan gagasan pokok.
7.
8. Keberagaman suku bangsa seperti Jawa, Sunda, Minangkabau, Bali, Ambon, dsb.
Keberagaman bahasa seperti bahasa Aceh, bahasa Betawi, bahasa Jawa, dll.
Keberagaman agama seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghuchu, dll.
9. Kita harus saling menghargai walaupun memiliki perbedaan. Selain itu, kita sebaiknya mementingkan kepentingan umum dan tidak memaksakan kehendak sehingga kekompakan dan persatuan tetap terjaga.
10. Kita dapat mensyukuri keberagaman dengan saling menghargai dan menjadikan perbedaan itu sebagai hal yang saling melengkapi dan pemersatu.
Ayo Renungkan
• Bagaimana menyikapi keberagaman dan perbedaan yang ada di sekitarmu?
• Jelaskan contoh sikap yang menunjukkan menghargai perbedaan.
• Bagaimana caranya agar kamu dapat hidup berdampingan dengan temanteman yang mempunyai latar belakang budaya, sosial, dan agama yang berbeda denganmu?
Kerja Sama Bersama Orang Tua
Sampaikan hasil refleksimu selama belajar satu pekan ini kepada orang tuamu di rumah. Sampaikan bagaimana perasaanmu saat belajar, apa yang sudah kamu pelajari, dan kegiatan apa saja yang sangat bermanfaat dan sangat menarik bagimu. Minta orang tuamu menulis pendapat
mereka tentang ceritamu.
Sampaikan hasilnya kepada gurumu.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 171, 172, 173, 174, 175, 176, 177, 178, 179 - Pembelajaran Kelas 4 Tema Indahnya Kebersamaan Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan Pembelajaran 6 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 171, 172, 173, 174, 175, 176, 177, 178, 179"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.