Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 38, 39, 40, 41

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 38, 39, 40, 41 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi Pembelajaran 5 Terdiri dari Mata Pelajaran SBDP, IPS dan Matematika.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 36-41 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 36

Ayo Berlatih

Kamu akan menyanyikan lagu Menanam Jagung secara berkelompok yang terdiri atas 5 sampai 6 orang.
Perhatikan penjelasan gurumu tentang tempo dan tinggi rendah nada.
Setiap kelompok akan tampil secara bergiliran.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 36 K13

Ketika ada kelompok yang tampil, setiap siswa memperhatikan teknik bernyanyi kelompok yang tampil dan membuat catatan pada kertas yang telah disediakan guru. Catatan lebih diutamakan tentang tempo dan tinggi rendah nada.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 37

Ayo Mengamati

Amati gambar berikut.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 37 K13

Diskusikan dengan temanmu tentang sumber energi yang digunakan untuk mengeringkan ikan.
Tulis kesimpulan dari hasil diskusimu pada kolom berikut.
Alternatif Jawaban :
Sumber energi yang digunakan untuk mengeringkan ikan adalah energi matahari. Manusia memanfaatkan energi matahari untuk keperluan sehari-hari yaitu salah satunya untuk mengeringkan ikan.

Tahukah kamu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia? Sebagian besar wilayah Indonesia adalah kawasan kepulauan dengan sumber daya yang sangat tinggi nilai ekonomisnya.

Salah satu contohnya adalah Banyuwangi. Panjang garis pantai kabupaten yang berada paling ujung timur Pulau Jawa ini sekitar 175 kilometer.

Dengan potensi besarnya, Banyuwangi konsisten menjadi penghasil ikan laut terbesar setelah Bagan Siapiapi. Dan bahkan, hingga kini masih terus mendominasi hasil perikanan di Indonesia, baik perikanan tangkap maupun industri perikanan lainnya. Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini telah berhasil melakukan ekspor hingga ke 18 negara.Sistem pengalengan sudah cukup maju. Ditambah lagi industri besar di Pelabuhan Muncar, Banyuwangi terus berkembang. Kabupaten ini sendiri mencatatkan pertumbuhan produksi ikan tangkap yang konsisten, yaitu sebesar 31.600 ton pada 2011 dan naik cukup besar menjadi 44.570 ton pada tahun berikutnya. Pada tahun 2013, produksi ikan tangkap Banyuwangi mencapai 49.539 ton, dengan jenis ikan tangkap terbanyak adalah ikan layang dan lemuru.

Dalam bidang perikanan, Bayuwangi menyerap banyak tenaga kerja, mulai dari nelayan, pekerja industri perikanan, hingga industri rumahan.
Sumber: www.industri.bisnis.com

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 38, 39

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
Bagaimana kaitan antara letak Banyuwangi dengan sumber daya alam di wilayah tersebut? Jelaskan.

Alternatif Jawaban :
Kaitannya antara Banyuangi dengan sumber daya alam di wilayah tersebut adalah
Dari letak Banyuangi yang berada di tepi Selat Bali dan Samudra Hindia membuat Banyuangi kaya akan potensi perikanan.

Bagaimana kaitan antara sumber daya alam dengan kehidupan masyarakat Banyuwangi? Jelaskan.

Alternatif Jawaban :

Kabupaten ini mencatatkan pertumbuhan produksi ikan tangkap yang konsisten, Banyuangi menyerapbanyak tenaga kerja mulai dari nelayan, pekerja industri perikanan hingga industri rumahan.

Bagaimana dengan wilayah tempat tinggalmu? Apa saja sumber daya alam yang dimiliki oleh kabupaten atau kota tempat tinggalmu? Bagaimana sumber daya alam tersebut memengaruhi kehidupan masyarakat setempat?
Ayo, cari tahu melalui wawancara dan studi pustaka. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Alternatif Jawaban dapat disesuaikan dengan jawaban siswa.

Perhatikan informasi yang diambil dari bacaan tadi.
Pertumbuhan produksi ikan tangkap di Banyuwangi sebesar 31.600 ton pada 2011, 44.570 ton pada tahun 2012, dan 49.539 ton pada 2013.
Taksirlah jumlah produksi ikan selama 3 tahun berdasarkan informasi di atas.

Alternatif Jawaban :

Diketahui :
Produksi ikan tangkap di Banyuangi pada tahun 2011 adalah 31.600 ton
Produksi ikan tangkap di Banyuangi pada tahun 2012 adalah 44.570 ton
Produksi ikan tangkap di Banyuangi pada tahun 2013adalah 49.539 ton

Ditanyakan :
Berapa taksiran jumlah produksi ikan selama 3 tahun?

Penyelesaian :
Penaksiran ke puluhan ribu terdekat, semua bilangan dibulatkan ke puluhan ribu terdekat.
31.600 menjadi 30.000
44.570 menjadi 40.000
49.539 menjadi 50.000
Sehingga taksiran jumlah produksi selama 3tahun yaitu :
30.000+40.000+50.000= 120.000 ton

Penaksiran ke ratusan terdekat, semua bilangan dibulatkan ke ratusan terdekat.
44.570 menjadi 44.600
49.539 menjadi 49.500
Sehingga taksiran jumlah produksi selama 3tahun yaitu :
31.600+44.600+49.500 = 125.700 ton

Penaksiran kepuluhan terdekat :
49.539 menjadi 49.540
Sehingga taksiran jumlah produk selama 3 tahun yaitu :
31.600+44.570+49.540 = 125.710 ton

Jelaskan bagaimana cara kamu melakukan penaksiran.

Alternatif Jawaban :

Cara melakukan penaksiran yaitu dengan cara pembulatan bilangan kepuluhan, ratusan, ribuan, puluh ribuan dan seterusnya terdekat. Jika angka sebelah kanan kurang dari 5 maka angka yang ditaksir bertambah satu angka dan angka sebelah kanannya menjadi nol. Jika angka sebelah kanannya lebih besar atau sama dengan 5 maka angka yang ditaksir angka tetap dan angka disebelah kanan menjadi nol.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 40, 41

Perhatikan soal berikut.
Seorang nelayan memperoleh ikan sebanyak 120 kg hari ini. Ikan tersebut dijualsama rata kepada 4 pembeli.
Taksirlah berat ikan yang didapatkan oleh setiap pembeli.


Alternatif Jawaban :
Diketahui :
Jumlah ikan = 120kg
Jumlah pembeli = 4 orang

Ditanya :
Berapa taksiran berat ikan yang didapatkan oleh setiap pembeli ?

Penyelesaian :
120:4=30

Jadi taksiran berat ikan yang didapat oleh setiap pembeli adalah 30kg

Jika setiap pembeli membayar Rp17.000,- per kg, taksirlah berapa uang yang harus dibayar masing-masing pembeli.

Alternatif Jawaban :
Diketahui :
Harga ikan per kg = Rp. 17.000
Harga ikan yang diperoleh pembeli = 30kg

Ditanya :
Berapa taksiran uang yang harus dibayar pembeli?

Penyelesaian :
Bulatkan 17.000 menjadi 20.000 sehingga
20.000x30 = 600.000

Jadi taksiran uang yang harus dibayar pembeli adalah Rp.600.000

Berapa jumlah total yang diterima penjual?

Alternatif Jawaban :

Diketahui :
Jumlah ikan = 120kg
Harga ikan per kg= Rp. 17.000

Ditanya :
Berapa jumlah total yang diterima penjual ?

Penyelesaian :
Jumlah total yang diterima penjual adalah :
Rp. 17.000 x 120 = Rp. 2.040.000

Sebanyak 148 warga desa Muara Baru bekerja sebagai petani, 257 warga bekerja sebagai nelayan, 106 warga bekerja sebagai buruh pabrik, 467 bekerja sebagai pedagang, 325 warga bekerja sebagai ibu rumah tangga, dan sisanya tidak mempunyai pekerjaan. Jika jumlah warga desa Muara Baru adalah 1100 orang, taksirlah jumlah warga yang tidak mempunyai pekerjaan.

Alternatif Jawaban :
Diketahui :
Jumlah warga = 1.100
Petani = 148 warga
Nelayan = 257 warga
Buruh pabrik = 106
Pedagang = 467
Ibu rumah tangga = 325 warga

Ditanya :
Berapa taksiran jumlah warga yang tidak bekerja ?

Penyelesaian :
Warga yang bekerja menjadi ibu rumah tangga tidak dihitung lagi karena dianggap warga yang bekerja sebagai ibu rumah tanggajuga bekerja sebagai petani, buruh atau sebagainya.

Penaksiran bilangan ke ratusan terdekat :
Lakukan pembulatan bilangan ke ratusan terdekat
148 menjadi 100
257 menjadi 300
106 menjadi 100
467menjadi 500
Taksiran jumlah warga yang memiliki pekerjaan =
100+300+100+500 = 1.000
Taksiran jumlah warga yang tidak bekerja: 1.100-1.000= 100 warga

Penaksiran bilangan kepuluhan terdekat :
Lakukan pembulatan bilangan ke puluhan terdekat
148 menjadi 150
257 menjadi 260
106 menjadi 110
467 menjadi 470

Taksiran jumlah warga yang memiliki pekerjaan : 150+260+110+470=990
Taksiran jumlah warga yang tidak bekerja 1.100-990 = 110 warga

Perhitungan tanpa penaksiran : 148=257+106+467=978
Jumlah warga yang tidak bekerja : 1.100-978= 122 warga

Jadi, jumlah warga yang tidak bekerja adalah :
Berdasarkan penaksiran ke ratusan terdekat = 100 warga
Berdasarkan penaksiran ke puluhan terdekat= 110 warga
Tanpa penaksiran = 122warga

Buatlah soal cerita tentang penaksiran.

Alternatif Jawaban:

Jawaban dapat disesuaikan dengan jawaban siswa, dibawah ini hanya contoh.
Jumlah siswa kelas 1 sampai kelas 4 adalah 137. Jumlah seluruh siswa adalah 207. Jika jumlah siswa di kelas 6 ada 38 orang, berapa taksiran jumlah siswa di kelas 5 ?

Tukarkan cerita yang telah kamu buat dengan teman sebangkumu. Minta temanmu tersebut menyelesaikan cerita yang telah kamu buat.
Diskusikan jawaban yang telah kamu buat bersama-sama.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
• Apakah hal tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari?
Alternatif Jawaban :
Ya,sangat bermanfaat

• Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Alternatif Jawaban :
Senang dan semangat

• Apakah ada hal lain yang ingin kamu ketahui?
Alternatif Jawaban :
Ya, ada hal lain yang ingin saya ketahui

Kerja Sama Bersama Orang Tua
Amatilah pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan rumah dan sekitartempat tinggalmu. Tuliskan hasil pengamatanmu di bawah ini.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 38, 39, 40, 41 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi Pembelajaran 5 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 38, 39, 40, 41 "

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel