Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 74, 76, 77, 78, 79, 80, 81
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 74, 76, 77, 78, 79, 80, 81 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 2 Manfaat Energi Pembelajaran 4Terdiri dari Mata Pelajaran PPKN, B.Indonesia dan Matematika.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 73-81 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Pembelajaran 4
Banyak hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan dalam kehidupan seharihari untuk menghemat energi. Seperti hemat air, hemat listrik, hemat kertas, hemat bahan bakar. Hemat energi artinya menggunakan energi sesuaikebutuhan, sehingga tidak ada energi yang terbuang sia-sia. Jika energi yang kita gunakan lebih sedikit, maka akan menghemat biaya yang kita keluakan, dan menjadikan bumi kita lebih ramah lingkungan. Hemat energi adalah kewajiban kita semua.
Ayo Mencoba
Amati poster hemat air di bawah ini.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 74
Tulis informasi yang kamu dapatkan dari poster tersebut.
Alternatif Jawaban :
- Manfaatkan air secara optimal. Jangan biarkan air kran terus menerus terbuka
- Lebih hemat air. Menggunakan mesin cuci ketika pakaian yang akan di cuci sudah sangat banyak.
- Jika pakaian kotor sudah banyak, pakai air 3 ember saja. Ember ke 1 air untuk merendam pakaian dengan sabun, ember ke 2 untuk membersihkan dan ember ke 3 untuk membilas.
- Mandi dengan cara berendam paling boros air, mandi dengan gayung lebih boros 3 kali. Usahakan mandi dengan pancuran lebih hemat air.
- Pada saat menggosok gigi dan mencuci muka, kran wastafel jangan dibiarkan mengucur terus karena 1 menit air mengalir 9 liter air terbuang
- Lebih baik mecuci mobil dengan kain lap dan ember karena mengguyur mobil ¼ jam beratus-ratus liter air terbuang.
Pesan apa yang ingin disampaikan dalam poster tersebut?
Alternatif Jawaban :
Kita harus menggunakan air dengan hemat dan bijak.
Apa yang perlu kita perhatikan ketika membuat poster?
Yang perlu kita perhatikan ketika membuat poster
1. Kalimat : Menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti, kalimatnya singkat, padat dan jelas yang mengandung ajakan kepada pembaca.
2. Gambar : Gambar dibuat sesaui ide yang ingin disampaikan dan tulisan ditulis dengan ukuran besar.
3. Penyajian : poster dipasang ditempat yang strategis, ukuran disesuaikan dengan tempat pemasangan dan target pembaca kemudian dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.• Buatlah poster tentang hemat energi.
• Pilih satu hal yang menurutmu paling menarik.
• Kamu dapat mengamati peta pikiran berikut untuk membantumu menemukan ide guna membuat poster hemat energi.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 76
Kamu dapat mengisi diagram berikut, supaya poster yang kamu buat lebih fokus.
Alternatif Jawaban :
Sekarang buatlah poster tentang hemat listrik . Poster harus berisi hak untuk mendapatkan energi listrik dan kewajiban untuk hemat energi listrik. Kamu bisa menggunakan bahan dari kalender bekas.
Ayo berdiskusi
Siti ingin sekali mengetahui bagaimana teman-temannya menghemat energi. Kali ini Siti mendata cara teman-temannya berangkat ke sekolah.
Cara berangkat sekolah dan banyaknyaKunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 77
Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut.
• Tulislah pecahan yang menunjukkan pengguna sepeda?
Alternatif Jawaban :
Pecahan yang menunjukkan pengguna sepeda adalah 5/20
• Tulislah pecahan yang menunjukkan pengguna angkutan umum?
Alternatif Jawaban :
Pecahan yang menunjukkan pengguna angkutan umum adalah 6/20
• Tulislah pecahan yang menunjukkan pejalan kaki?
Alternatif Jawaban :
Pecahan yang menunjukkan pejalan kaki adalah 9/20
• Mana yang lebih besar? Pecahan untuk pejalan kaki atau sepeda. Jelaskan.
Alternatif Jawaban :
Pejalan kaki
• Mana yang lebih kecil? Pecahan untuk pengguna sepeda atau angkutan umum. Jelaskan.
Alternatif Jawaban :
Pengguna sepeda , ketika pecahan berpenyebut sama, untuk membandingkannya kita hanya perlu membandingkan pembilangnya. Jika jarak rumah kamu dengan sekolah cukup dekat, sebaiknya kamu berjalan kaki atau menggunakan sepeda.
Bagaimana cara membandingkan pecahan yang penyebut sama? Jelaskan.
Alternatif Jawaban :
Cara membandingkan pecahan yang penyebut sama kita hanya perlu memperhatikan pembilangnya, jika pembilang dari pecahan tersebut yang terbesar dari pecahan lainnya, maka itulah pecahan yang terbesar.
Ketika pecahan tersebut berpenyebut sama, untuk membandingkannya kita hanya perlu membandingkan pembilangnya.
Perhatikan gambar berikut.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 78, 79
Tulislah pecahan yang sesuai untuk gambar di atas. Pecahan mana yang lebih besar? Jelaskan.
Alternatif Jawaban :
Gambar 1 adalah 1/3
Gambar 2 adalah 8/10
8/10 lebih besar dari 1/3
Coba letakkan pecahan yang kamu temukan di atas pada garis bilangan berikut. Pecahan mana yang lebih besar?
Pecahan yang lebih besar adalah 8/10
Coba kamu samakan penyebut kedua pecahan. Pecahan mana yang lebih besar? Jelaskan.
Alternatif Jawaban :
1/3 = 10/30
8/10 = 24/30
Jadi pecahan yang lebih besar adalah 8/10
Apa yang bisa kamu simpulkan? Bagaimana cara membandingkan pecahan.
Alternatif Jawaban :
Membandingkan pecahan dengan cara menyamakan penyebut.
Membandingkan pecahan.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membandingkan dua pecahan yang penyebutnya tidak sama.
1. Kamu bisa meletakkannya pada garis bilangan. Jika letaknya semakin ke kanan, nilai pecahan tersebut lebih besar.
Contoh 2/3 dengan 1/4
Jadi 2/3 lebih besar dari 1/4
2. Kamu juga bisa menyamakan penyebut.
Contoh 2/3 dengan 1/4
Siti ingin mengambil 1/2 dari martabak kecil
Edo ingin mengambil 1/4 dari martabak besar.
Martabak mana yang lebih besar?
Ketika bentuk dan besar satuan dari pecahan tidak sama kita tidak dapat membandingkan pecahannya.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 80
Ayo Berlatih
Kerjakan latihan berikut.
Bandingkan pecahan berikut. (Berilah tanda <, >, atau =)
Alternatif Jawaban :
Berilah tanda pecahan berikut. (Berilah tanda <, >, atau =).
Alternatif Jawaban :
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 81
Ayo Renungkan
• Apa yang kita pelajari hari ini?Alternatif Jawaban :
Hari ini saya belajar tentang menghemat energi, belajar cara membuat poster, dan membandingkan pecahan.
• Apakah kamu sudah menghemat energi?
Alternatif Jawaban :
Ya, saya sudah menghemat energi
• Apa yang dapat kamu lakukan untuk lebih menghemat energi?
Alternatif Jawaban :
Mematikan TV, Kipas angin, dan komputer ketika sudah tidak digunakan.
Kerja Sama Bersama Orang Tua
Sampaikan kepada orang tuamu poster yang kamu buat. Minta pendapat mereka supaya postermu lebih baik lagi.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 74, 76, 77, 78, 79, 80, 81- Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 2 Manfaat Energi Pembelajaran 4 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 74, 76, 77, 78, 79, 80, 81"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.