Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 50, 51, 52, 53, 54, 55
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 50, 51, 52, 53, 54, 55- Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 2 Manfaat Energi Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran IPA, IPS dan B.Indonesia.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 50-58 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Pembelajaran 1
Ayo Berdiskusi
Kita dapat menemukan energi di sekitar kita. Energi sangat berguna untuk makhluk hidup saat melakukan kegiatan. Energi listrik adalah energi yang paling banyak digunakan di rumah.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 50
Tulislah barang-barangmu yang membutuhkan energi listrik. Seberapa sering kamu menggunakannya? Diskusikanlah dengan temanmu.
Alternatif Jawaban :
Barang-barang yang sering saya gunakan yang membutuhkan energi listrik:
1.TV sesekali digunakan ketika bosan da perlu hiburan
2. Mesin Cuci setiap hari digunakan
3. Kipas angin sesekali digunakan ketiga gerah dan menonton TV
4. Lampu sering digunakan
5. Setrika sesekali digunakan
Ayo Berkreasi
Kita harus memperhatikan penggunaan energi. Jangan sampai energi habis karena pemakaian yang tidak terbatas. Apa yang dapat kita lakukan agar energi tidak habis? Selalu berhemat akan membantu ketersediaan energi. Dari pada pergi ke sekolah naik kendaraan, kita dapat naik sepeda atau berjalan kaki. Kipas angin merupakan salah satu benda di rumah yang membutuhkan energi listrik.
Kali ini kamu akan belajar membuat kipas yang tidak membutuhkan listrik.
Bacalah petunjuk berikut dengan saksama dan praktikkan.
Cara membuat kipas kertas:
1. Siapkan kertas berbentuk persegi segala ukuran (Kertas kado, majalah bekas).
2. Ambil lem kertas.
3. Lipat kertas pada satu bagian ujung sekitar 2 cm.
4. Balikkan kertas dan lipat lagi ke arah yang berbeda.
Lakukan hal yang sama sampai seluruh bagian kertas terlipat.
5. Lipat lagi lipatan kertas menjadi dua bagian yang sama besar.
6. Lem di sisi kertas yang saling berhadapan.
7. Kipas siap dipakai.
Bandingkan kipasmu dengan kipas temanmu. Apakah ada yang berbeda?
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 51
Carilah bentuk-bentuk kipas yang berbeda. Tulislah cara membuatnya dan sampaikan kepada gurumu.
Alternatif Jawaban :
Cara membuat kipas dayung
1. Potong selembar kertas karton menjadi bentuk yang anda inginkan
2. Letakkan kertas menghadap kebawah diatas meja
3. Oleskan lem ke separuh bagian atas batang kayu
4. Rekatkan batang kayu yang sudah diolesilemke bagian belakang kertas karton di meja
5. Potong selembar karton lagi dengan bentuk yang samadan rekatkan kebagian belakang kipas.
6. Biarkan lem mengeringSeperti yang sudah kamu ketahui,energi dapat berubah bentuk menjadienergi yang lainnya.
Ayo Menulis
Nah, sekarang, tuliskan energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 52
Saat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini. Diskusikan hasilnya dengan teman di sebelahmu.
Alternatif Jawaban :
1. Kegiatan menjemur ikan
Energi yang digunakan : Energi matahari
Perubahan energi : Energi matahari yang berubah menjadi energi panas
2. Menyetrika
Energi yang digunakan : Energi listrik
Perubahan energi : Energi listrik yang berubah menjadi energi panas
3. Bermain layang-layang
Energi yang digunakan : Energi Gerak
Perubahan energi : Energi gerak yang berubah menjadi energi potensial
4. Membakar ikan
Energi yang digunakan : Energi kimia
Perubahan energi : Energi kimia yang berubah menjadi energi panas
5. Menyalakan kipas angin
Energi yang digunakan : Energi listrik
Perubahan energi : Energi listrik berubah menjadi energi kinetik
6. Menyalakan senter
Energi yang digunakan : Energi kimia
Perubahan energi : Energi kimia berubah menjadi energi cahaya
7. Penggunaan telepon genggam
Energi yang digunakan : Energi kimia
Perubahan energi : Energi kimia berubah menjadi energi listri
Kamu telah mengetahui hal berkaitan dengan energi, sumber energi serta perubahannya. Sekarang, lakukan percobaan tentang perubahan energi.
Bacalah petunjuk berikut dengan saksama. Diskusikan langkah-langkahnya dengan temanmu.
Ayo Mencoba
Percobaan Perubahan Energi
Langkah Kegiatan:
1. Ambil selembar kertas dan gambarlah seperti contoh di atas.
2. Guntinglah mengikuti garis sehingga menyerupai spiral.
3. Lubangi salah satu ujung kertas.
4. Ikat dengan benang, panjang benang sekitar 50 cm.
5. Ikatkan ujung yang lain pada pensil.
6. Nyalakan lilin, letakkan kertas spiral di atas api. Jaga jarak supaya tidak terbakar.
Apa yang terjadi jika kertas spiral ditempatkan di atas api lilin?
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 53, 54, 55
Ubah jarak kertas spiral menjauh atau mendekat ke api. Apa yang terjadi?
Tuliskan pada kolom berikut!
Alternatif Jawaban :
Bila kertas spiral dijauhkan dari api, putarkan kerts akan lambat.
Bila kertas spiral didekatkan ke api, putaran kertas akan sedikit bertambah cepat.
Tulislah hasil percobaanmu pada tempat yang disediakan.
Laporan Kegiatan Percobaan
Nama percobaan : Percobaan Perubahan Energi
Tujuan percobaan : membuktikan bahwa energi dapat berubah, energipanas berubah menjadi energi kinetik ( gerak )
Alat-alat yang dibutuhkan : Beragam plastik bekas dan kertas bekas, pensil, korek api dan lilin
1. Ambil selembar kertas dan gambarlah seperti contoh di atas.
2. Guntinglah mengikuti garis sehingga menyerupai spiral.
3. Lubangi salah satu ujung kertas.
4. Ikat dengan benang, panjang benang sekitar 50 cm.
5. Ikatkan ujung yang lain pada pensil.
6. Nyalakan lilin, letakkan kertas spiral di atas api.
Jaga jarak supaya tidak terbakar.
Kesimpulan :
Berdasarkan percobaan dapat disimpulkan bahwa energi panas dapat berubah menjadi energi gerak yang dibuktikan dengan bergeraknyakertas ketika terkena panas.
Ketika melakukan percobaan, kadang berhasil, kadang gagal. Bagaimana dengan percobaanmu kali ini? Apakah kamu berhasil?
Alternatif Jawaban :
Perasaan saya sangat senang karena pada percobaan ini saya berhasil.
Ayo Membaca
Saat sedang belajar bersama di rumah Lani, Beni terlihat tidak sehat. Seringkali ia batuk. Lani kemudian dipanggil Ibu. Mereka berdua berbicara di dapur. Tidak lama kemudian, Lani datang membawa secangkir air. Ia menyodorkan minumannya kepada Beni dan meminta meminumnya.
Setelah itu, Beni terlihat lega. Teman-temannya bertanya kepada Lani tentang minuman tersebut.
Lani menerangkan bahwa ia baru saja memberi Beni air jahe. Ibu Lani membuat minuman dari jahe yang dicampur dengan sedikit gula. Di belakang rumah Lani banyak tanaman Jahe. Banyak orang percaya bahwa jahe bisa membuat tenggorokan lega saat kita batuk. Jahe pun membuat tubuh hangat.
Tahukah kamu, Indonesia memiliki sumber daya alam yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Sumber daya alam tersebut dijual di pasar dan bisa dinikmati oleh siapa saja.
Temulawak, kunyit, jahe, bawang putih, kencur, dan cengkih merupakan contohsumber daya alam Indonesia yang jumlahnya berlimpah. Banyak masyarakat memanfaatkan tanaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.
Sebagai salah satu bahan baku obat tradisional, kunyit banyak dicari masyarakat, baik di Indonesia maupun dari luar negeri. Semakin hari, semakin banyak peminat kunyit dari negaranegara lain. Para petani sangat gembira dengan banyaknya peminat kunyit tersebut.
Minuman kunyit asam merupakan minuman yang banyak diminum oleh penduduk Indonesia. Selain menyegarkan, minuman ini pun dipercaya memiliki manfaat bagi tubuh. Awalnya minuman ini banyak dinikmati oleh penduduk di jawa. Namun, saat ini minuman kunyit asam dapat dinikmati oleh banyak penduduk Indonesia hampir di seluruh provinsi. Minuman ini sudah dibuat dalam bentuk yang lebih praktis, yaitu dalam bentuk kemasan. Pembeli bisa langsung menyeduhnya dengan air hangat.
Wah, hebat bukan? Ternyata sumber daya alam Indonesia yang berlimpah sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Banyak pula peminat yang berasal dari luar Indonesia untuk membelinya.
Bersama temanmu, temukanlah sumber daya alam Indonesia lainnya yang banyak dijumpai di pasar. Sumber daya alam yang kalian diskusikan adalah sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat. Bukan saja bermanfaat di dapur sebagai bumbu masak, namun juga bermanfaat untuk kebutuhan lainnya.
Perhatikan contoh berikut.Sumber daya alam yang berlimpah dimaksudkan agar manusia bisa memanfaatkannya untuk kehidupannya. Sebagai rasa syukur, kita perlu menjaga keberadaannya dengan terus menanamnya lagi.
Ayo Renungkan
• Apa yang dapat kamu simpulkan tentang pembelajaran hari ini?
• Hal baik apa yang dapat kamu pelajari hari ini?
• Hal apa yang ingin kamu tanyakan lebih lanjut?
Kerja Sama Bersama Orang Tua
Lengkapilah tabel tentang aturan hemat energi di rumah. Berikan tanda (√) apabila kamu melakukan kegiatannya.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 50, 51, 52, 53, 54, 55- Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 2 Manfaat Energi Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 50, 51, 52, 53, 54, 55"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.