Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 116, 117
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 116, 117 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 3 Energi Alternatif Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran IPA, B.Indonesia dan PJOK.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 114-117 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Pembelajaran 3
Energi matahari merupakan sumber energi utama di bumi. Energi panas yang dihasilkan dapat menghangatkan bumi.
Ayo Berlatih
Pagi hari adalah waktu yang sangat baik untuk berolahraga. Hari ini kamu dan temanmu akan bermain di luar.
Ayo Lemparkan Bolanya!
Perlengkapan: 2 Bola besar, 2 kardus besar.
Aturan bermain:
1. Kelas dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A dan B.
2. Setiap kelompok berbaris menghadap ke depan.
3. Letakkan kardus besar di depan setiap kelompok (berjarak 5 meter dari barisan paling depan).
4. Letakkan bola di depan masing-masing barisan.
5. Saat mendengar aba-aba mulai, anggota paling depan harus mengambil bola. Bola dipegang dengan kedua tangan
6. Anggota harus melompat ke depan lima kali dan memasukkan bola ke dalam kardus.
7. Anggota pertama mengambil bola dan meletakkan di depan anggota berikutnya.
8. Anggota kedua melakukan hal yang sama.
Kamu sudah melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru temanmu. Bacalah lagi cara bermainnya dan diskusikanlah.
Ayo Membaca
Di rumah kita banyak menggunakan energi listrik. Apakah ada energi pengganti energi listrik? Selain bermanfaat untuk dikonsumsi, jeruk, apel, dan kentang dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif.
Pada gambar tampak tiga potongan jeruk, apel dan kentang. Siapkan lima potong kabel (kawat) dengan masing-masing panjang ± 10 cm, satu bola lampu senter, penjepit buaya, seng, dan tembaga. Bisa kamu dapatkan dari baterai bekas. Kamu bisa menggunakan koin logam berwarna kuning dan putih sebagai pengganti seng dan tembaga.
Amatilah gambar berikut. Ikutilah kegiatan yang ada pada gambar sampai lampu menyala. Diskusikan dengan temanmu bagaimana caranya agar lampu menyala.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 116
Ayo Menulis
Tulislah hasil percobaanmu ke dalam tabel berikut.
Alternatif Jawaban :Laporan Kegiatan Percobaan
Nama Percobaan: Laporan Kegiatan Percobaan Baterai Kentang
Tujuan Percobaan: Mengidentifikasi energi listrik alternatif
Alat-Alat:
1. Beberapa buah kentang, masing-masing dipotong menjadi dua bagian sama besar.
2. Kabel atau kawat sebagai penghantar arus listrik (kamu dapat menggunakan kabel/kawat dari percobaan yang sebelumnya).
3. 1 (satu buah) buah bola lampu senter atau LED.
4. Penjepit Buaya.
5. Seng dan logam, atau koin kuning dan putih (sebagai kutub positif dan negatif).
Cara membuat:
1. Tancapkan seng dan logam pada kentang yang sudah dipotong.
2. Hubungkan seng dan logam menggunakan rangkaian kabel/kawat yang telah dipasang pada penjepit buaya, dan hubungkan pada bola lampu.
1. Siapkan kentang dan lempengan tembaga.
2. Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang mentah.
3. Jepitkan kabel kepada lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu.
4. Lihat nyala lampu yang terjadi.
Untuk Kentang yang lebih dari satu, sambungkan :
- Lempeng tembaga kentang 1 ke lampu (+)
- Lempeng seng kentang 1 ke lempeng tembaga kentang 2
- Lempeng seng kentang 2 ke lempeng tembaga kentang 3 dan begitu seterusnya, hingga lempeng seng terakhir sambungkan ke lampu (-).
5. Jika nyala lampu belum kelihatan, maka tambah kentang tersebut agar arus listrik
yang dihasilkan bertambah.
Hasil Percobaan:
Pada percobaan menghubungkan antara satu, dua, tiga buah kentang dengan kabel yang telah dipasang lampu LED, yang terjadi lampu tidak menyala. Hal itu terjadi karena kuat arus satu, dua, dan tiga buah kentang tidak cukup untuk menyalakan satu buah lampu.
Pada ada saat menghubungkan empat buah kentang lampu menyala namun redup, Pada saat menghubungkan lampu dengan lima buah kentang ternyata lampu menyala terang.
Kesimpulan:
Dari pengamatan percobaan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa kentang dapat mengalirkan energi listrik karena getah kentang memengaruhi logam seng dan tembaga secara kimiawi. layaknya larutan elektrolit dalam aki.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 117
Kamu sudah melakukan percobaan tentang energi alternatif bersama teman- temanmu. Sekarang, tulislah petunjuk bagaimana cara melakukan percobaan yang sudah kamu lakukan.
Alternatif Jawaban
1. Siapkan alat dan bahan yang sudah disediakan
2. Tancapkan seng dan logam pada kentang yang sudah dipotong.
3. Hubungkan seng dan logam menggunakan rangkaian kabel/kawat yang telah dipasang pada penjepit buaya, dan hubungkan pada bola lampu.
4. Amati apakah lampu dapat menyala.
Ayo Renungkan
• Apa yang sudah kamu pelajari hari ini?
Alternatif Jawaban :
Membuat laporan hasil percobaan
• Mengapa energi alternatif penting?
Alternatif Jawaban :
Karena bahan bakar fosil yang digunakan sehari-hari bersifat tidak dapat diperbaharui dan energi alternatif lebih ramah lingkungan
• Menurutmu apakah pelajaran hari ini bisa diterapkan dalam kehidupan Sehari-hari?
Alternatif Jawaban :
Menurut saya tidak bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
Kerja Sama Bersama Orang Tua
Perlihatkanlah hasil karya percobaan sumber alternatif kepada orang tuamu. Kamu dapat mencobanya bersama dengan mereka.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 116, 117 Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 3 Energi Alternatif Pembelajaran 3 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 116, 117"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.