Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 123, 124, 125, 128, 129, 130

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 123, 124, 125, 128, 129, 130-Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 3 Energi Alternatif  Pembelajaran 5 Terdiri dari Mata Pelajaran SBdP, IPS dan Matematika.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 123-130 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 123

Ayo Mengamati

Amati makanan yang terbuat dari singkong berikut.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 123 K13

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 123, 124

Apakah kamu mengetahui berbagai jenis makanan lain yang terbuat dari singkong di lingkungan tempat tinggalmu?
Diskusikan dengan temanmu. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.

Alternatif Jawaban :
Jenis makanan yang terbuat dari singkong di tempat tinggal saya 

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 124
Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang singkong.

Singkong

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 124 K13

Indonesia merupakan daerah tropis yang kaya akan hasil sumber daya alam. Salah satunya adalah singkong. Singkong mempunyai potensi besar untuk dikembangkan. Singkong merupakan sumber kalori pangan yang murah. Singkong dikonsumsi sebagai salah satu makanan pokok oleh masyarakat.

Singkong merupakan makanan yang kaya karbohidrat. Terdapat kandungan gizi seperti protein, vitamin C, kalsium, posfor, kalori, lemak, zat besi dan vitamin B1 pada singkong. Dengan berbagai kandungan gizi yang terdapat pada singkong, maka singkong baik untuk dikonsumsi.

Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya serat dan karbohidrat, namun miskin protein. Sumber protein justru terdapat pada daun singkong.

Hampir semua bagian pohon singkong bisa dimanfaatkan, mulai dari umbinya  hingga daunnya. Umbi singkong biasanya hanya diambil dagingnya saja untuk digoreng atau direbus serta dijadikan tepung tapioka, bagian daunnya dijadikan sebagai sayuran, dan bagian daun dan kulit bisa dijadikan sebagai makanan ternak. Singkong dapat digunakan sebagai sumber karbohidrat di samping beras, selain dapat pula digunakan untuk keperluan bahan baku industri, seperti tepung tapioka.

Di sekitar kita, banyak sekali makanan yang diolah dari singkong, misalnya keripik singkong, comro, misro, getuk, tape, donat, dan lain-lain dan bahkan hasil olahan singkong tersebut menjadi mata pencaharian bagi sebagian masyarakat, mulai dari bentuk usaha kecil, industri rumahan, hingga pabrik.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 125

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
Singkong adalah salah satu sumber daya alam yang baik untuk dikonsumsi.
Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
Saya setuju dengan pernyataan singkong adalah salah satu sumber daya alam yang baik untuk dikonsumsi karena singkong dapat digunakan sebagai makanana pokok yang kaya karbohidrat dan dapat menggantikan nasi.

Bagaimana singkong dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
Singkong dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dengan mengolah umbinya dapat diolah menjadi makanan pokok, keperluan bahan baku industri seperti tepung tapioka dan daunnya dapat dijadikan sayur.

Apa saja jenis makanan yang terbuat dari hasil olahan singkong?
Alternatif Jawaban :
Makanan yang terbuat dari singkong misalnya keripik singkong, comro, misro, getuk, tape, donat, ketimus singkong, jemblem singkong dan sayur daun singkong.

Bagaimana singkong dapat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat?
Alternatif Jawaban :
Singkong dapat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat karena hasil olahan singkong dapat menjadi mata pencaharian bagi masyarakat mulai dari usaha kecil, industri rumahan dan pabrik.

Diskusikan jawabanmu dengan teman dalam satu kelompok.

Ayo Berlatih

Tahukah kamu bahwa singkong juga dapat dijadikan sebagai energi alternatif?

Selain dijadikan sebagai makanan, singkong dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif yang dikenal dengan sebutan Bioetanol. Bensin yang dicampur dengan Bioetanol kualitasnya lebih baik. Cukup tambahkan 10 % dari total volume bensin. Manfaat penggunaan bahan bakar alternatif  bioetanol untuk kendaraan bermotor adalah:
•    Pembakaran lebih sempurna
•    Gas buang menjadi lebih bersih
•    Tarikan lebih ringan.
•    Suara mesin lebih haluss
•    Hemat bahan bakar hingga 20%
•    Memperpanjang usia mesin
•    Ramah lingkungan karena bisa dibudidayakan, menghemat penggunaan bahan bakar fosil, dan mengurangi pencemaran.

Selain singkong, sumber bioetanol lainnya dapat berupa ubi jalar, tebu, jagung, sorgum biji, sorgum manis, sagu, aren, nipah, lontar, kelapa, dan padi. Sumber bioetanol yang cukup potensial dikembangkan di Indonesia adalah singkong.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 126
 
Perhatikan kembali pernyataan berikut.
Penggunaan energi alternatif dari singkong atau bioetanol dapat bahan bakar  sekitar 1/5 atau 20%. Apakah kamu tahu cara mengubah pecahan menjadi persen dari pernyataan tersebut?

Ayo, kita diskusikan lebih lanjut!

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 127

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 128, 129

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 128
 

Alternatif Jawaban :
Ubahlah pecahan menjadi persen
1.    3/4 x 100 = 300/4 = 75 %
2.    1/4 x 100 = 100/4 = 25 %
3.    1/2 x 100 = 100/2 = 50 %
4.    1/10 x 100 = 100/10 = 10%
5.    4/5 x 100 = 400/5 = 80 %
6.    1/5 x 100 = 100/5 = 20%
7.    3/5 x 100 = 300/5 = 60 %
8.    1/8 x 100 = 100/8 = 12,5 %
9.    6/20 x 100 = 600/20 = 30 %
10.    8/25 x 100 = 800/25 = 32 %

Ubah menjadi bentuk pecahan
1.    35 % =  35/100 = 7/20
2.    80 % = 80/100 = 4/5
3.    30 % = 30/100 = 3/10
4.    40 % = 40/100 = 2/5
5.    12 % = 12/100 = 3/25
6.    28 % =  28/100 = 7/25
7.    60 % = 60/100 = 3/5
8.    18 % = 18/100 = 9/50
9.    8 % = 8/100 = 2/25
10.    15 % = 15/100 = 3/20
11.    32 % = 32/100 = 8/25
12.    90 % = 90/100 = 9/10

Selesaikan soal cerita berikut.
Pak Tagor biasanya mengisi tangki sepeda motornya dengan bensin sebanyak 28 liter dalam sebulan. Setelah menggunakan energi alternatif bioetanol, Pak Tagar menghemat bahan bakar sekitar 1/4 dari biasanya
Berapa persen penghematan yang dilakukan Pak Tagor? Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
1/4 x 100 % = 0,25 x 100% = 25 %

Buatlah soal cerita tentang mengubah pecahan menjadi persen dan sebaliknya.
Alternatif Jawaban :
Ibu memanen buah mangga, jumlah seluruh buah mangga 120 buah dan seluruhnya masih mentah. Hari ini 54 buah mangga telah matang. Berapa persen buah mangga yang telah matang ?

Jawaban :
Diketahui :
Jumlah mangga seluruhnya = 120 buah
Jumlah mangga yang telah matang = 54 buah
Yang ditanyakan : presentase buah mangga yang sudah matang

Jawab :
54/120 x 100%=45 %
Jadi persentase buah mangga yang telah matang adalah 45 %

Tukarkan soal cerita yang kamu buat dengan teman satu meja dan minta temanmu tersebut menyelesaikannya.

Diskusikan jawabannya secara berpasangan.

Ayo Bernyanyi

Kamu akan menyanyikan syair lagu “Kring Kring Ada Sepeda” secara berpasangan.
Perhatikan cara gurumu menyanyikan lagu tersebut. Kemudian, cermati penjelasan gurumu tentang tempo dan tinggi rendah nada.
Setiap pasangan akan tampil secara bergiliran.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 129
Ketika pasangan lain tampil, kamu memperhatikan teknik bernyanyi pasangan yang tampil dan membuat catatan pada kertas yang telah disediakan guru.
Catatan lebih diutamakan tentang tempo dan tinggi rendah nada.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 130

Ayo Renungkan
•    Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Alternatif Jawaban :
Kegiatan belajar pada hari ini
-    Mengenal singkong dan pemanfaatkan singkong dalam kehidupan sehari-hari
-    Merubah pecahan menjadi persen dan merubah persen ke bentuk pecahan
-    Menyanyikan lagu Kring-Kring ada sepeda

•    Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik?
Alternatif Jawaban :
Pemanfaatkan singkong dalam kehidupan sehari-hari

•    Bagian mana yang belum kamu pahami?
Alternatif Jawaban :
Mengubah persen ke bentuk pecahan

•    Apakah hal tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari?
Alternatif Jawaban :
Ya, sangat bermanfaat

•    Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Alternatif Jawaban :
Senang

Kerja Sama Bersama Orang Tua
Wawancarai orang tuamu untuk mencari tahu cara membuat salah satu  makanan dari singkong. Tulis jawabanmu pada kolom berikut.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 123, 124, 125, 128, 129, 130- Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 3 Energi Alternatif Pembelajaran 5 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 123, 124, 125, 128, 129, 130"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel