Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 3 Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 3 Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7 -Pembelajaran Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia , Matematika dan SBDP.
Related
Subtema 1
Aneka Benda di Sekitarku
Setiap hari kita melihat aneka benda di lingkungan sekitar.
Benda-benda itu dapat membantu aktivitas kita sehari-hari.
Benda di sekitar kita beraneka bentuk dan warnanya.
Ada benda yang berukuran besar dan ada yang berukuran kecil.
Bagaimana bentuk, warna, dan ukurannya?
Pembelajaran 1
Ayo Membaca
Benda-Benda di Sekitar Kita
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga
benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya?
Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang.
Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang.
Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda?
Bagaimana dengan panas?
Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas
tidak dapat ditimbang.
Ayo Mengamati
Kamu telah membaca wacana tentang benda.
Amatilah gambar-gambar di bawah ini.
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 2, 3
Lingkarilah pada gambar yang bukan termasuk benda!
Alternatif Jawaban :
Kamu sudah dapat membedakan benda dan bukan benda. Perhatikanlah benda-benda di sekelilingmu!
Benda-benda mempunyai warna, bentuk, dan ukurannya tersendiri.
Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna,
bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.
Ukuran
Benda yang ada di sekitar kita mempunyai beragam ukuran. Ada yang besar dan ada yang
kecil. Ada yang panjang dan ada yang pendek.
Benda-benda di sekitar kita mempunyai beragam bentuk. Perhatikan bentuk-bentuk benda di bawah ini.Warna
Benda di sekitar kita mempunyai beragam warna.
Perhatikan warna-warna benda di bawah ini!Bersama kelompokmu, perhatikan bendabenda di sekitar kelasmu. Kelompokkan bendabenda tersebut. Kamu boleh mengelompokkan berdasarkan ukuran, bentuk, atau pun warna.
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 4, 5
Tuliskanlah alasan pengelompokan yang kamu lakukan!
Alternatif Jawaban :
Kelompok 1
Bendah berukuran besar :
1. Gedung perpustakaan
2. Gedung sekolah
3. Lemari
4. Rak buku
5. Bus sekolah
Kelompok 2
Benda berbentuk lingkaran :
1. Kompas
2. Uang logam
3. Rautan pensil
4. Roda mobil
5. Jam dinding
Kelompok 3
Benda berwarna putih
1. Buku gambar
2. Buku tulis
3. White board
4. Lantai keramik
5. Tempat pensil
Ayo Berlatih
Kamu telah mempelajari tentang jenis, sifat fisik, dan ciri benda. Selanjutnya, lengkapilah tabel berikut ini!
Alternatif Jawaban :Ayo Mengamati
Apakah kamu pernah melihat benda-benda di bawah ini?
Benda-benda di atas merupakan kelompok dari keanekaragaman jenis benda. Benda-benda di atas dikelompokkan menurut fungsinya, yaitu alat untuk mengukur.Setiap alat ukur mempunyai satuan. Perhatikan satuan pada alat ukur di bawah ini!Satuan yang dipakai pada penggaris adalah cm.
Coba cari tahu satuan yang digunakan pada alat ukur lainnya.
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 6
Tuliskan satuan panjang yang kamu ketahui pada kotak di bawah ini!
Alternatif Jawaban :
km = Kilo Meter
hm = Hekto Meter
dam = Deka Meter
m = Meter
dm = Desi Meter
cm = Centi Meter
mm = Mili Meter
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 7
Ayo Berlatih
Bagaimana cara menggunakan penggaris untuk mengukur?
Perhatikan pengarahan dari gurumu.
Tentukan hasil pengukuran pada gambar bendabenda di bawah ini!
Ayo Mencoba
Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan.
Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca, plastik, dan lainnya.
Setiap benda dapat menghasilkan bunyi yang khas jika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda.
Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasilkan irama lagu. Ada berbagai macam
alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
Mari kita berlatih membuat pola irama lagu. Caranya dengan menggunakan alat musik ritmis atau pun tepukan tangan.
Berlatihlah memukul pola ketukan berirama menggunakan simbol berikut.
Gunakan benda di sekitarmu untuk menghasilkan bunyi. Setiap benda dapat menghasilkan bunyiyang berbeda-beda.Bersama kelompokmu buatlah pola irama sendiri.
Tampilkan di depan kelas. Perhatikan pula bagaimana pola irama kelompok lain.
Ayo Berlatih
Ayo berlatih menggunakan tepukan untuk mengiringi lagu.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Berdiskusilah bersama orang tuamu. Diskusi tentang aneka benda di sekitar rumah, fungsi, dan ciri-cirinya.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 3 Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7 -Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terimakasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 3 Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.