Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 3, 4, 6, 7, 8, 9
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 3, 4, 6, 7, 8, 9-Pembelajaran Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 1 Suhu dan Kalor Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran B. Indonesia dan IPA.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 5 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1-9 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa di semester 2. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Gambar kegiatan manakah yang paling sering kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari di sekitarmu?
Apakah persamaan semua gambar tersebut?
Ya, semua gambar di atas berhubungan dengan kalor atau energi panas.
Tahukah kamu sumber energi panas apa saja yang ada pada gambar tersebut?
Ya, ada api dan matahari. Bagaimana dengan tubuh manusia?
Apakah tubuh manusia mengeluarkan energi panas juga? Bagaimanakah cara mengukur energi panas?
Perhatikanlah tabel berikut, lalu lengkapilah dengan kegiatanmu yang menggunakan sumber energi panas pada hari ini.
Catatlah pertanyaan yang muncul sehubungan dengan kegiatan tersebut di tempat yang tersedia di bawah ini. Salinlah pertanyaanmu pada selembar kertas kecil dan tempelkan di papan tulis menggunakan selotip. Amati dan diskusikan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh teman-temanmu.
Alterbatif Jawaban :
Sumber energi yang paling sering digunakan adalah energi listrik. Listrik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena lebih praktis.
Lakukan kegiatan berikut ini dalam kelompok yang terdiri atas tiga orang.
Siapkanlah alat dan bahan berikut: 3 wadah untuk es batu, 6 buah es batu dengan ukuran yang sama, dan pencatat waktu.
Langkah-langkah:
1. Letakkan dua buah es batu pada masing-masing wadah yang telah disiapkan. Wadah sebaiknya berukuran dan mempunyai warna dan bentuk yang sama.
2. Satu wadah diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari. Wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam kelas.
3. Wadah ketiga diletakkan di dalam lemari atau tempat yang terlindung dari sinar matahari.
4. Setiap anggota kelompok akan mengamati, mengukur, dan mencatat waktu yang diperlukan es batu pada masing-masing wadah sampai benar-benar mencair.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 5 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1-9 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa di semester 2. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Related
Subtema 1
Suhu dan Kalor
Pembelajaran 1
Perhatikanlah gambar-gambar peristiwa di atas!
Gambar kegiatan manakah yang paling sering kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari di sekitarmu?
Apakah persamaan semua gambar tersebut?
Ya, semua gambar di atas berhubungan dengan kalor atau energi panas.
Tahukah kamu sumber energi panas apa saja yang ada pada gambar tersebut?
Ya, ada api dan matahari. Bagaimana dengan tubuh manusia?
Ayo Membaca
Sumber Energi Panas
Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit!
Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik!
Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit!
Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan?
Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.
Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.
Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian
Cermati kembali bacaan di atas. Bacaan di atas merupakan salah satu contoh teks penjelasan tentang sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai teks penjelasan berupa informasi pada berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik. Salah satu bentuk media cetak adalah buku, majalah, dan koran. Informasi apa saja yang kamu dapatkan dari bacaan di dalam buku ini?
1. Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas?
2. Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kamu ketahui!
3. Apa saja manfaat yang didapatkan makhluk hidup dari matahari?
4. Tunjukkanlah cara-cara sederhana untuk membuktikan adanya energi panas di sekitarmu!
5. Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk mendapatkan api?
6. Mengapa api sangat penting dalam kehidupan manusia?
Alternatif Jawaban :
1. Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas.
2. Matahari dan api adalah sumber energi panas.
3. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Matahari juga membantu manusia, seperti mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk menjemur pakaian yang basah.
4. Menggosokkan kedua tangan selama satu menit, menggosok mistar plastik pada kain yang kering selama 2 menit.
5. Nenek moyang kita menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api.
6. Api dapat digunakan untuk memasak, menjadi pengganti lampu, dijadikan api unggun untuk menghangatkan tubuh, dll.
1. Apa judul bacaan di atas?
2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas. Kata kunci adalah kata-kata yang kamu anggap penting dalam sebuah paragraf. Perhatikan contoh!
Paragraf 1 : energi panas; sumber energi; proses fotosintesis.
Paragraf 2 : .................................................................................................
Paragraf 3 : .................................................................................................
Paragraf 4 : .................................................................................................
3. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas?
Jelaskanlah kesimpulan bacaan di atas kepada teman sebangkumu!
Kesimpulan:
Alternatif Jawaban :
1. Sumber Energi Panas
2. Kata-kata kunci pada setiap aragraf diatas :
Paragraf I : sumber energi panas
Paragraf 2 :kegunaan matahari
Paragraf 3 : cara menghasilkan energi panas
Paragraf 4 : asal mula api.
3. Sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar adalah matahari, yang digunakan oleh semua makhluk hidup.
Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit!
Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik!
Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit!
Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan?
Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.
Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.
Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian
Cermati kembali bacaan di atas. Bacaan di atas merupakan salah satu contoh teks penjelasan tentang sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai teks penjelasan berupa informasi pada berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik. Salah satu bentuk media cetak adalah buku, majalah, dan koran. Informasi apa saja yang kamu dapatkan dari bacaan di dalam buku ini?
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 3
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!1. Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas?
2. Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kamu ketahui!
3. Apa saja manfaat yang didapatkan makhluk hidup dari matahari?
4. Tunjukkanlah cara-cara sederhana untuk membuktikan adanya energi panas di sekitarmu!
5. Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk mendapatkan api?
6. Mengapa api sangat penting dalam kehidupan manusia?
Alternatif Jawaban :
1. Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas.
2. Matahari dan api adalah sumber energi panas.
3. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Matahari juga membantu manusia, seperti mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk menjemur pakaian yang basah.
4. Menggosokkan kedua tangan selama satu menit, menggosok mistar plastik pada kain yang kering selama 2 menit.
5. Nenek moyang kita menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api.
6. Api dapat digunakan untuk memasak, menjadi pengganti lampu, dijadikan api unggun untuk menghangatkan tubuh, dll.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 4
Ayo Menulis
Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Lalu, jawablah pertanyaan berikut ini!1. Apa judul bacaan di atas?
2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas. Kata kunci adalah kata-kata yang kamu anggap penting dalam sebuah paragraf. Perhatikan contoh!
Paragraf 1 : energi panas; sumber energi; proses fotosintesis.
Paragraf 2 : .................................................................................................
Paragraf 3 : .................................................................................................
Paragraf 4 : .................................................................................................
3. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas?
Jelaskanlah kesimpulan bacaan di atas kepada teman sebangkumu!
Kesimpulan:
Alternatif Jawaban :
1. Sumber Energi Panas
2. Kata-kata kunci pada setiap aragraf diatas :
Paragraf I : sumber energi panas
Paragraf 2 :kegunaan matahari
Paragraf 3 : cara menghasilkan energi panas
Paragraf 4 : asal mula api.
3. Sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar adalah matahari, yang digunakan oleh semua makhluk hidup.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 6
Ayo Mengamati
Sumber energi panas ada di mana-mana dan sering kita jumpai dalam kegiatan sehari-hari! Amatilah kegiatanmu pada hari ini. Sumber energi panas apa saja yang kamu gunakan?Perhatikanlah tabel berikut, lalu lengkapilah dengan kegiatanmu yang menggunakan sumber energi panas pada hari ini.
Alternatif Jawaban :
Ayo Berdiskusi
Bandingkanlah hasil pekerjaanmu dengan teman sebangkumu. Amatilah kesamaan dan perbedaan hasil pengamatanmu.Catatlah pertanyaan yang muncul sehubungan dengan kegiatan tersebut di tempat yang tersedia di bawah ini. Salinlah pertanyaanmu pada selembar kertas kecil dan tempelkan di papan tulis menggunakan selotip. Amati dan diskusikan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh teman-temanmu.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 7
Amati tabel yang telah kamu buat di atas, kelompokkan kegiatan yang menggunakan sumber energi panas yang berasal dari listrik dan yang berasal dari sumber energi selain listrik. Sumber energi manakah yang paling sering kamu gunakan? Dapatkah kamu menjelaskan alasannya?Alterbatif Jawaban :
Sumber energi yang paling sering digunakan adalah energi listrik. Listrik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena lebih praktis.
Ayo Mencoba
Matahari merupakan salah satu sumber energi panas yang paling besar di muka bumi. Energi panas matahari dapat menyebabkan peristiwa perubahan di alam yang mudah kita lihat dan amati.Lakukan kegiatan berikut ini dalam kelompok yang terdiri atas tiga orang.
Siapkanlah alat dan bahan berikut: 3 wadah untuk es batu, 6 buah es batu dengan ukuran yang sama, dan pencatat waktu.
Langkah-langkah:
1. Letakkan dua buah es batu pada masing-masing wadah yang telah disiapkan. Wadah sebaiknya berukuran dan mempunyai warna dan bentuk yang sama.
2. Satu wadah diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari. Wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam kelas.
3. Wadah ketiga diletakkan di dalam lemari atau tempat yang terlindung dari sinar matahari.
4. Setiap anggota kelompok akan mengamati, mengukur, dan mencatat waktu yang diperlukan es batu pada masing-masing wadah sampai benar-benar mencair.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 8
Perhatikanlah gambar berikut ini!1. Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut?
2. Manakah es batu yang akan mencair terlebih dulu?
3. Mengapa? Jelaskan alasanmu di tempat yang tersedia di bawah ini!
4. Dapatkah kamu menarik kesimpulan dari kegiatan di atas? Diskusikan kesimpulanmu dengan teman sebangkumu!
Alternatif Jawaban :
1. Ketiga es batu memiliki ukuran yang sama.
2 Es batu yang mencair terlebih dahulu adalah es batu yang diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari.
3. Matahari sebagai sumber panas dapat menyebabkan perubahan es berubah menjadi air. Ketika es berubah menjadi air (mencair) membutuhkan panas.
4. Sumber energi panas dapat menyebakan perubahan pada benda. Pada kegiatan di atas terjadi perubahan dari benda padat (es) menjadi benda cair (air).
2. Adakah hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut? Sebutkan!
3. Apa saja tantangan yang kamu hadapi pada masing-masing kegiatan?
Bagaimana caramu untuk mengatasinya?
Alternatif Jawaban :
1. Hal yang menarik adalah membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks.
2. Saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang sumber energi panas dapat menyebabkan perubahan.
3. Tantangan yang saya hadapi pada masing-masing kegiatan adalah kita harus sabar menunggu es batu menjadi cair dan mencatat hasil ahir percobaan.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 3, 4, 6, 7, 8, 9- Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 1 Suhu dan Kalor Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terimakasih.
2. Manakah es batu yang akan mencair terlebih dulu?
3. Mengapa? Jelaskan alasanmu di tempat yang tersedia di bawah ini!
4. Dapatkah kamu menarik kesimpulan dari kegiatan di atas? Diskusikan kesimpulanmu dengan teman sebangkumu!
Alternatif Jawaban :
1. Ketiga es batu memiliki ukuran yang sama.
2 Es batu yang mencair terlebih dahulu adalah es batu yang diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari.
3. Matahari sebagai sumber panas dapat menyebabkan perubahan es berubah menjadi air. Ketika es berubah menjadi air (mencair) membutuhkan panas.
4. Sumber energi panas dapat menyebakan perubahan pada benda. Pada kegiatan di atas terjadi perubahan dari benda padat (es) menjadi benda cair (air).
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 9
Ayo Renungkan
1. Apa saja hal menarik yang kamu dapatkan pada kegiatan pembelajaran hari ini?2. Adakah hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut? Sebutkan!
3. Apa saja tantangan yang kamu hadapi pada masing-masing kegiatan?
Bagaimana caramu untuk mengatasinya?
Alternatif Jawaban :
1. Hal yang menarik adalah membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks.
2. Saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang sumber energi panas dapat menyebabkan perubahan.
3. Tantangan yang saya hadapi pada masing-masing kegiatan adalah kita harus sabar menunggu es batu menjadi cair dan mencatat hasil ahir percobaan.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama dengan orang tuamu, amatilah apa saja kegiatan yang memerlukan energi panas dalam jumlah banyak.Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 3, 4, 6, 7, 8, 9- Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 1 Suhu dan Kalor Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terimakasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 3, 4, 6, 7, 8, 9"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.