Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 38, 39, 40, 41, 42, 43, 45, 46
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 38, 39, 40, 41, 42, 43, 45, 46-Pembelajaran Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 1 Suhu dan Kalor Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pelajaran B. Indonesia, PPKn dan IPS.
Related
Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 38
Pernahkah kamu melihat gambar di atas?
Alternatif Jawaban :
Iya, saya pernah melihat kejadian seperti pada gambar diatas
Alternatif Jawaban :
Pesan yang saya dapatkan dari gambar diatas adalah kita tidak boleh membuang sampah di sungai
Pernahkah kamu melihat papan iklan serupa?
Alternatif Jawaban :
Iya, saya pernah melihatnya
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 39
Apa yang dapat kamu ceritakan tentang gambar-gambar di atas?
Alternatif Jawaban :
Pada gambar pertama saya melihat sampah di aliran sungai
Pada gambar kedua saya melihat sampah berserakan di tepi pantai
Apakah kamu pernah menemuinya di lingkungan tempat tinggalmu?
Alternatif Jawaban :
Iya, saya pernah menemuinya di lingkungan tempat tinggalku
Bagaimana pendapatmu terhadap gambar tersebut?
Alternatif Jawaban :
Membuang sampah di sungai dan di tepi pantai itu tindakan yang tidak baik, karena akan merusak lingkungan.
Menurutmu, hal-hal apa sajakah yang menyebabkan hal itu terjadi?
Alternatif Jawaban :
Ada beberapa hal yang menyebabkan hal itu terjadi salah satunya adalah kurangnya kesadaran pada diri manusia dan Pola Pikir dan Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan yang Sudah Mendarah Daging.
Bagaimana hubungan atau interaksi manusia terhadap lingkungan yang tampak dari gambar tersebut?
Alternatif Jawaban :
Hubungan atau interaksi manusia dengan lingkungan yang tidak baik yang akan mengakibatkan bencana seperti banjir.
Ayo Membaca
Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya.
Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.
Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.
Sumber : Merdeka.com/dwi narwoko
Sumber : diolah dari berbagai sumber
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 40, 41
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya?
Mengapa?
2. Jelaskanlah dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu!
3. Sebutkan dan jelaska contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya!
4. Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya?
Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
1. Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alam karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam.
2. Beberapa contoh contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitar yaitu Petani yang mengolah ladangnya, nelayan menangkap ikan di laut, dan orang-orang yang menebangi hutan,
3. Beberapa interaksi manusia dengan lingkungannya yang merugikan antara lain membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir, menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir.
4. Akibat negatif interaksi manusia terhadap lingkungannya adalah banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia.
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram berikut untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Jelaskan dan tuliskanlah pemahamanmu pada setiap paragraf bacaan tersebut. Lalu tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf yang kamu anggap penting.
Alternatif Jawaban :
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 42
Setelah melakukan kegiatan di atas, ceritakanlah kembali apa yang kamu ketahui tentang bacaan di atas dalam sebuah paragraf. Tuliskanlah penjelasanmu di bawah ini dengan menggunakan kata-kata baku yang tepat.
Alternatif Jawaban :
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya.
Dalam kelompok yang terdiri atas empat orang, tunjukkanlah hasil pekerjaanmu satu sama lain. Apakah teman-temanmu menceritakan hal yang sama pada setiap paragraf bacaan di atas? Mengapa?
Ayo Mengamati
Perhatikanlah masyakarat di sekitar tempat tinggalmu! Lakukanlah kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di sekitarmu terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel berikut untuk membantumu!
Alternatif Jawaban :Bentuk Kegiatan Interaksi : Pertanian
Pengaruh Negatif yang Terjadi : Penggunaan pupuk buatan berlebihan merusak tanah
Usaha untuk Memperbaik : Menggunakan pupuk alam dari kotoran hewan
Bentuk Kegiatan Interaksi : Perkebunan
Pengaruh Negatif yang Terjadi : Penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkungan
Usaha untuk Memperbaik : Penggunaan musuh alami hama tanaman
Bentuk Kegiatan Interaksi : Peternakan
Pengaruh Negatif yang Terjadi : Pembuangan limbah peternakan ke sungai menyebabkan bau tidak enak yang menyengat.
Usaha untuk Memperbaik : Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak, pupuk organik, energi dan media pelbagai tujuan
Bentuk Kegiatan Interaksi : Perikanan
Pengaruh Negatif yang Terjadi : Limbah sisa pengolahan ikan menimbulkan pencemaran lingkungan
Usaha untuk Memperbaik : Tepung dan silase ikan, dari limbah daging, tulang, insang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk dan pakan ternak/ikan.
Perlihatkanlah hasil pengamatanmu kepada teman dalam kelompokmu.
Presentasikanlah hasil temuanmu di dalam kelompok. Jawablah pertanyaan yang diberikan temanmu terhadap hasil presentasimu. Berikan juga tanggapan atas pekerjaan temanmu yang lain.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 43
Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini!
Alternatif Jawaban :
Mendapatkan manfaat dari lingkungan alam merupakan hak kita. Tetapi memeliharanya adalah kewajiban kita bersama.
Ayo Membaca
Bacalah artikel berikut ini untuk membantumu memahami makna kewajiban secara umum.
Kewajiban Warga Negara dan Siswa
Apakah yang kamu rasakan jika sekolahmu dipenuhi dengan sarana belajar yang kotor, penuh coretan, dan rusak? Demikian juga dengan dinding sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang sobek-sobek, kamar mandi sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh dengan tulisan-tulisan. Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian kamu tidak dapat belajar dengan baik.
Salah satu hak siswa adalah mendapatkan pendidikan yang layak. Tetapi pada saat yang sama siswa juga mempunyai kewajiban untuk menjaga sarana pendidikan agar haknya terpenuhi. Jika siswa tidak melakukan kewajiban tersebut, maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu.
berasal dari kata wajib yang berarti harus dilakukan atau diamalkan. Sehingga kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi.
Semua siswa yang sedang belajar di Indonesia, wajib mengikuti peraturan yang ditetapkan Negara melalui undang-undang. Semua kewajiban ini, harus dilakukan untuk menjamin seorang siswa mendapatkan haknya. Seorang siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban siswa, antara lain menaati peraturan yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya menaati peraturan sekolah.
Sumber bacaan : Sugiyono dkk, Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX, dengan penyesuaian
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 45
Ayo Berdiskusi
Sebagai warga negara dan anggota masyarakat, kita perlu mengetahui hak dan kewajiban kita. Sebelumnya kamu telah mengetahui hak-hakmu sebagai siswa dan sebagai seorang anak. Bersama dengan teman sebangkumu, gunakan tabel di bawah ini, untuk menentukan hak-hakmu sebagai siswa. Setelah itu, kamu dapat menentukan kewajibanmu untuk mendapatkan hak-hakmu.
Alternatif Jawaban :Hakmu sebagai Siswa di Sekolah :
1. Mendapatkan pendidikan dan pengajaran.
2. Menggunakan fasilitas pembelajaran
3. Memperoleh bimbingan dan konsultasi
Kewajibanmu sebagai Siswa di Sekolah :
1. Mengikuti seluruh kegiatan sekolah
2. Mematuhi berbagai peraturan di lingkungan sekolah.
3. Memelihara seluruh fasilitas yang ada di lingkungan sekolah.
Hakmu sebagai Anak di Rumah :
1. Hak Mendapatkan Kasih Sayang
2. Hak Mendapatkan Perlindungan
3. Hak Mendapatkan Kesehatan
Kewajibanmu sebagai Anak di Rumah :
1. Kewajibanmu sebagai Anak di Rumah
2. Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh
3. Membereskan Kamarnya
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 46
Presentasikanlah hasil diskusimu di dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat orang. Buatlah beberapa pertanyaan tentang presentasi yang dibuat teman-teman di dalam kelompokmu. Catatlah beberapa hal yang kamu anggap penting. Lalu, buatlah kesimpulan tentang makna kewajiban dari hasil diskusimu.
Ayo Renungkan
1. Apa saja hal menarik yang kamu temui pada kegiatan pembelajaran hari ini?
Alternatif Jawaban :
Mengamati interaksi masyarakat disekitarku.
2. Sebutkanlah beberapa hal dari kegiatan belajar hari ini yang ingin kamu ketahui lebih lanjut!
Alternatif Jawaban :
Hak dan kewajiban kita sebagai siswa dan sebagai anak.
3. Apa sikap yang harus dikembangkan untuk mendapatkan hakmu sebagai seorang siswa di sekolah?
Alternatif Jawaban :
Semangat belajar dan sikap rasa ingin tahu.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikanlah dengan orang tuamu, tentang kewajiban apa saja yang telah kamu lakukan dan yang belum kamu lakukan. Mintalah saran orang tuamu agar kamu dapat melaksanakan kewajibanmu dengan baik.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 38, 39, 40, 41, 42, 43, 45, 46- Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 1 Suhu dan Kalor Pembelajaran 4 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terimakasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 38, 39, 40, 41, 42, 43, 45, 46"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.