Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 210 dan 211 Literasi 4
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 210 dan 211 -Pembelajaran Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 4 Literasi 4.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 5 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 4 Literasi 4 Halaman 209-211 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa di semester 2. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Literasi 4
Laut Kita Penuh Harta Karun
Penulis: Erlita Pratiwi
Minggu pagi yang cerah. Nara bersama ayah dan Om Benny, teman ayah, naik perahu motor meninggalkan pelabuhan Tanjung Luar, Lombok Timur, menuju ke tengah laut lepas. Ayah Nara yang mengemudikan perahu motor itu menuju perahu besar yang berada di tengah laut.
Sesampainya di perahu besar, Nara melihat teman-teman ayah membersihkan kerang mutiara. Kerang-kerang itu kemudian akan dikembalikan ke dalam laut. Bila sudah cukup umur, dipanen untuk diambil mutiara yang terdapat di dalam kerang.
Nara memperhatikan kerang-kerang yang sedang dibersihkan. Lalu, ia memegang salah satunya. Sama sekali tidak terlihat ada sesuatu yang mahal di dalamnya.
“Yang ini, mutiaranya sudah sebesar apa, Ayah?” tanya Nara penasaran. “Harus diperiksa dengan sinar-X terlebih dahulu, Nara. Baru nanti bisa terlihat,” kata ayahnya. Nara pun hanya manggut-manggut.
“Tidak semua proses mutiara berhasil, Nara. Dengan bantuan sinar-X, kita bisa tahu kerang yang gagal,” kata Om Benny menjelaskan.
Om Benny lalu menunjuk kerang yang sedang dibersihkan. “Ini namanya Pinctada maxima. Jenis kerang ini menghasilkan mutiara berwarna keemasan. Kerang-kerang harus dibersihkan dari siput dan binatang lain yang menempel. Hewan-hewan itu akan mengisap makanan yang ada di dalam kerang. Nanti mutiaranya jadi tidak sempurna.”
Nara menyimak penjelasan Om Benny itu. “Pantas saja mutiara itu harganya mahal. Prosesnya sulit dan lama ya, Om,” kata Nara.
Om Benny mengangguk membenarkan. “Kamu tahu tidak, mutiara dari perairan Lombok sudah terkenal ke seluruh dunia, Nara. Faktanya, hampir 43 persen mutiara di dunia itu dihasilkan dari
Indonesia,” tiba-tiba Om Benny berkata lagi.
“Wow, keren!” Nara berseru kagum. ”Indonesia ternyata punya banyak harta karun di laut, ya, Om,” kata Nara.
”Iya, Nara. Bangsa kita memang kaya akan hasil laut. Bukan cuma mutiara, masih banyak kekayaan hasil laut lainnya, Nara. Tapi, sayangnya, potensi sumber daya kelautan Indonesia yang sangat besar itu, sampai sekarang masih belum tergarap secara optimal, Nara,” lanjut Om Benny dengan nada prihatin.
”Oh, begitu ya, Om?” Nara ikut merasa sedih mendengarnya. “Oleh karena itu, kamu belajar yang rajin, Nara! Supaya saat kamu besar nanti, kamu dan generasi muda penerus bangsa lainnya, dapat mengolah kekayaan hasil laut Indonesia ini dengan baik. Bangsa kita nantinya bisa menjadi makmur,” pesan Om Benny kemudian.
“Siap, Om!” Nara membuat gerakan hormat dengan tangannya. Om Benny dan Ayah Nara pun tersenyum senang, melihat semangat Nara.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 210, 211
Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskan isi cerita di atas.
Lalu, ceritakanlah isi cerita di atas kepada teman-teman dalam kelompokmu!
Judul Cerita : Laut Kita Penuh Harta Karun
Pengarang : Erlita Pratiwi
Tokoh Utama : Nara
Tokoh Lain : Ayah, Om Beni dan Teman Ayah
Di manakah cerita ini terjadi? Pelabuhan Tanjung Luar, Lombokm Timur
Apa yang terjadi dengan tokoh utama? Berseru kagum dan sedih
Mengapa hal itu terjadi? Karena Indonesia kaya akan hasil laut, namun potensi sumber daya kelautan yang sangat besar itu belum tergarap secara optimal.
Bagaimana masalah dalam cerita ini diselesaikan? Nara rajin belajar supaya menjadi generasi muda penerus bangsa yang dapat mengolah kekayaan hasil laut Indonesia dengan baik
Kapankah waktu terjadinya cerita ini? Minggu sore
Pesan apakah yang kamu dapatkan dari cerita di atas? Sebagai siswa kita harus rajin belajar supaya menjadi generasi penerus bangsa yang dapat mengolah kekayaan alam Indonesia dengan baik.
Perhatikanlah beberapa kata yang dicetak tebal pada bacaan di atas.
Catatlah, dan cari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Lalu, buatlah paling sedikit dua kalimat menggunakan kata-kata tersebut. Jangan lupa gunakan kalimat lengkap dan kata-kata baku. Gunakan tabel berikut ini untuk mengerjakannya. Tukarkan dengan teman sebangkumu untuk saling memeriksa hasil pekerjaanmu.Alternatif Jawaban :
Kata : Laut
Arti : Kumpulan air asin yang menggenangi yang membagi daratan atas benua atau pulau
Kalimat : Perpindahan kalor secarakonfeksi juga mengakibatkan terjadinya angin darat dan angin laut
Kata : Potensi
Arti : Kemampuan yang mempunyani kemungkinan untuk dikembangkan.
Kalimat : Nara rajin belajar supaya menjadi generasi muda penerus bangsa yang dapat mengolah potensi kekayaan hasil laut Indonesia dengan baik
Kata : Mutiara
Arti : Permata yang berbentuk bulat dan keras berasal dari kulit kerang mutiara, terbentuk karena ada benda atau pasir masuk kedalam tubuh kerang
Kalimat : Maro menemukan butiran mutiara yang sangat indah dan berharga mahal.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 210, 211 - Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 4 Literasi 4 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terimakasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 210 dan 211 Literasi 4"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.