Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 5 Halaman 109, 101 dan 113

Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 5 Halaman 109, 101 dan 113 -Artikel ini berisikan tentang pembahasan mengenai buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 materi bab 5 yang berjudul Bertukar Atau Membayar. 

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia Kurikulum Merdeka.

Dalam Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Materi Bab 5 Halaman 103-113 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Artikel  ini sudah di sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban buku paket siswa pada mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 kurikulum merdeka. 

Membaca

 1. Membaca Cerita dan Memahami Bacaan
Bacalah cerita “Ditukar dengan Apa?” secara bergantian dengan teman di sebelah kalian! Setelah itu, jawablah pertanyaanpertanyaan di bawahnya.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 104 
Ditukar dengan Apa?

 Seperti biasa, hewan-hewan di Hutan Kelayau saling barter atau bertukar barang di pasar. Mereka menukarkan hasil kebun atau barang yang mereka punya dengan barang yang mereka inginkan. Ka Kancil membawa jagung dari kebunnya. Ia ingin menukar jagung itu dengan kangkung sebab ia ingin makan kangkung siang ini.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 105Sementara itu, Dak Bebek baru saja memanen kangkungnya. Jumlahnya terlalu banyak untuk dimakan sendiri. Dak Bebek membawa kangkung ke pasar dan berharap bisa menukarkan dengan padi atau jagung. Ka Kancil senang bertemu Dak Bebek. Mereka berdua sama-sama senang karena mendapatkan barang yang mereka inginkan.Namun, tidak semua hewan dapat bertukar semudah itu. Ela Pelatuk menginginkan bunga untuk menghias rumahnya. Dia sudah membuat sendok kayu sebagai penukar. Namun, Ke Kelinci yang memiliki kebun bunga tidak membutuhkan sendok kayu. Ia sudah punya beberapa sendok hasil bertukar dengan hewan lain.
Hen Ayam tertarik ingin memiliki vas, tetapi Ela tidak memerlukan ubi yang ditawarkan Hen. Ti Tikus perlu ubi, tetapi Hen tidak mau jamur dari Ti Tikus. Ti lalu menawarkan jamurnya ke hewan lain.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 105-2
 Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 106
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 106-2

Begitulah, hewan-hewan itu sering menemukan masalah saat menukar barang mereka.
Sering perlu waktu lama untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan, atau malah mereka tidak mendapatkannya sama sekali. Lagi pula, sayur atau buah yang terus berpindah-pindah, lama-lama tidak enak lagi.

Ah, memusingkan sekali pertukaran ini. Mungkin akan lebih mudah kalau ada satu barang yang dapat mewakili semua barang lainnya. Salah satu hewan mengusulkan batu-batu bulat yang cantik. Hewan-hewan setuju karena mereka tidak perlu lagi bertukar barang. Batu-batu bulat akan menjadi alat pembayaran. Mereka menyebutnya uang. Akan tetapi, batu-batu itu tidak sama besar, tidak sama cantik, dan tidak sama warnanya. Ti Tikus juga berkeberatan menggunakan batu. Batu-batu itu terlalu berat baginya.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 107

Ela Pelatuk kemudian mengusulkan untuk menggunakan alat pembayaran dari kayu. Ela bisa membuatnya berukuran sama. Kepala Desa Beru senang sekali dengan usulan Ela. Ela ditunjuk sebagai penanggung jawab pembuatan uang. Ela membuat uang kayu itu berbentuk bundar supaya lebih nyaman untuk dipegang. Sa Angsa menawarkan diri untuk menggambarinya. Kayu bundar bergambar wortel digunakan sebagai pembayar wortel, uang kayu bergambar tomat sebagai pembayar tomat.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 107-2
Apakah masalah hewan-hewan itu sudah teratasi? Belum semua. Sistem baru ini masih merepotkan. Ti Tikus menginginkan kacang, tetapi dia hanya punya uang bergambar pisang. Ia harus berusaha menukarkan uangpisangnya dengan uang-kacang. Lalu,
Ka Kancil punya satu uang bergambar wortel yang bisa buat membayar empat wortel, tetapi dia hanya memerlukan dua wortel. Andai saja uang kayu ini boleh dibagi dua ….

Ya, itu jawabnya! Ela akan membuat uang kayu dengan ukuran berbeda. Sa Angsa juga muncul dengan ide cemerlang. Ia tidak lagi akan membuat gambar tomat, wortel, atau lainnya. Lebih baik ia menuliskan angka pada uang tersebut: 1, 2, 4, atau 5.

Setelah mereka berdiskusi, diputuskan bahwa Ela Pelatuk akan membuat uang kayu dengan 3 ukuran berbeda: kecil, sedang, dan besar. Lalu, Sa Angsa akan menuliskan angka 1, 2, dan 5. Semua senang. Tidak apa kalau Ke Kelinci punya uang besar berangka 5 untuk membayar dua wortel Ka Kancil. Ka Kancil akan memberinya dua wortel serta satu uang kecil berangka 1 dan satu uang sedang berangka 2.
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 108
Walaupun uang kayu tidak seawet uang batu, Ela berhasil mengatasinya dengan hanya memakai kayu dari pohon tertentu yang lebih kuat. Beru juga menetapkan bahwa Kepala Desa akan mengatur penggantian uang kayu yang rusak.

Kunci Jawaban Bab 5 Bertukar Atau Membayar Kelas 4 Halaman 109

Apakah kalian menyukai cerita “Ditukar dengan Apa?” tersebut?
Bagian mana yang paling kalian sukai? Dapatkah kalian mengingat dan memahami jalan ceritanya? Apa saja peristiwa yang dialami para tokohnya?

Untuk memeriksanya, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
Kalian boleh mengerjakannya berdua dengan teman.

1. Pada awalnya, bagaimana cara yang digunakan hewan-hewan di Hutan Kelayau untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan?
2. Mengapa pembayaran dengan batu tidak jadi mereka lakukan?
3. Mengapa Sa Angsa tidak membuat uang kayu yang bertuliskan angka 3 atau 4?
4. Pernahkah kalian melakukan barter atau melihat orang melakukan barter?
Jika ya, barang apa yang saling dipertukarkan?
5. Apakah menggunakan uang kayu telah menyelesaikan persoalan di Hutan Kelayau?

Alternatif Jawaban :
1. Hewan-hewan di Hutan Kelayau saling barter atau bertukar barang di pasar.
2. Batu-batu itu tidak sama besar, tidak sama cantik, tidak sama warnanya, dan terlalu berat untuk tikus.
3. Karena uang kayu angka 3 atau 4 sudah dibuatkan oleh Ela.
4. Saya pernah melihat seseorang melakukan barter di pasar misalnya pisang ditukar dengan kelapa.
5. Penggunaan uang kayu telah menyelesaikan persoalan di Hutan Kelayau. Walaupun uang kayu tidak seawet uang batu, Ela berhasil mengatasinya dengan hanya memakai kayu dari pohon tertentu yang lebih kuat.

Jelaskan jawaban kalian!
Ingat, carilah arti kata-kata yang belum kalian pahami di KBBI.
Catat menjadi Kamus Kartu kalian.


Alternatif Jawaban :
KBBI
1. barter: n perdagangan dengan saling bertukar barang
2. pelatuk: n burung pemakan serangga yang membuat sarangnya pada kayu yang dilubanginya (dengan jalan mematukinya); belatuk (picidae)
3. cemerlang: a ki bagus (baik) sekali (tentang hasil suatu pekerjaan dan
4. sebagainya); a cerdas (tentang otak)

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 109

 
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 110

Kunci Jawaban Bab 5 Bertukar Atau Membayar Kelas 4 Halaman 101

2. Tujuan Penulis
Cermati kembali cerita “Ditukar dengan Apa?”.
1. Menurut kalian, apa tujuan penulis membuat cerita tersebut?
Mana jawaban yang menurut kalian benar?
a. Penulis ingin menceritakan kejadian ajaib yang dilihatnya.
b. Penulis ingin menyampaikan bahwa hewan-hewan juga memakai uang.
c. Penulis ingin menggambarkan kejadian yang dialami manusia terkait asal mula munculnya uang dengan membuat perumpamaan pada hewan.
d. Atau kalian punya pendapat lain? Kemukakan pendapat kalian.

Alternatif Jawaban :
c. ( Penulis ingin menggambarkan kejadian yang dialami manusia terkait asal mula munculnya uang dengan membuat perumpamaan pada hewan)

2. Menurut kalian, mengapa penulis memilih tokoh hewan dalam cerita ini?
..................................................................
Alternatif Jawaban :
Agar lebih menarik dan lebih mudah dipahami.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 111 
3. Mencari Informasi dari Berbagai Sumber
1. Setelah membaca cerita “Ditukar dengan Apa?”, carilah informasi tentang sejarah munculnya uang dalam kehidupan manusia. Kalian dapat mencarinya di ensiklopedia di perpustakaan atau lewat internet.

2. Kalian masih ingat ADiKSiMBa yang dibahas di Bab IV? ADiKSiMBa adalah singkatan dari “Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana”.

Carilah informasi yang dapat menjawab kata-kata tanya tersebut terkait sejarah uang. Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dapat kalian jadikan contoh untuk memandu dalam mencari informasi.
a. Kapankah manusia mulai mengenal konsep uang?
b. Bagaimanakah bentuk uang pada masa itu?
c. Mengapa manusia menciptakan uang?
d. Bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan saat belum ada konsep uang?Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 112

3. Buatlah rangkuman dari informasi yang kalian baca. Membuat rangkuman berarti menuliskan hal-hal penting dari informasi tersebut. Perhatikan bagan di bawah ini untuk membantu kalian dalam membuat rangkuman!
4. Jangan lupa tuliskan juga sumber informasi kalian!
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 112-2

Alternatif Jawaban :
Jawaban dapat disesuaikan dengan jawaban siswa

Meniru dan Melakukan
Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
Ti Tikus mengatakan batu-batu itu terlalu berat baginya. Ela Pelatuk kemudian mengusulkan untuk menggunakan alat pembayaran dari kayu.

Kalau kita bayangkan, kalimat yang diucapkan Ti Tikus dan Ela
Pelatuk mungkin seperti berikut ini:
Ti Tikus: “Batu-batu ini terlalu berat untukku!”
Ela Pelatuk: “Bagaimana kalau kita gunakan kayu?”

Kunci Jawaban Bab 5 Bertukar Atau Membayar Kelas 4 Halaman 113
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 113

Coba baca kembali cerita “Ditukar dengan Apa?”. Bayangkan kalimat yang mereka ucapkan. Silakan kembangkan imajinasi kalian untuk membuat percakapan asalkan masih sesuai dengan cerita. Untuk membantu kalian, buatlah tabel seperti di bawah ini di buku tulis kalian.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 113-2
Alternatif Jawaban :

Ka Kancil    Kancil    "Maukah kau menukar kangkungmu dengan jagungku ini?"
Da Bebek    Bebek    "Tentu kawan ! Aku juga membutuhkan jagungmu untuk anak-anakku."
Ela Pelatuk    Burung    "Ke Kelinci maukah kau menukar bungamu dengan sendok kayuku ini?"
Ke Kelinci    Kelinci    "Maaf Ela, aku sudah memiliki beberapa sendok kayu hasil pertukaran dengan teman yang lainnya."
Hen Ayam    Ayam    "Ela, maukah kau menukar vas bungamu dengan ubiku ini?"
Ela Pelatuk    Burung    "Maaf Hen, aku tidak membutuhkan ubimu. Coba tawarkan ke teman yang lainnya."
Ti Tikus    Tikus    "Hen, maukah kau menukar ubimu dengan jamurku ini?"
Hen Ayam    Ayam    "Maaf Ti, aku tidak membutuhkan jamur saat ini."
Ela Pelatuk    Burung    "Teman-teman aku mengusulkan bagaimana kalau kita menggunakan kayu sebagai alat pembayaran?"
Beru Beruang    Beruang    "Wah ! Bagus sekali idemu Ela. Aku tmenunjuk kau sebagai penanggung jawab pembuatan uang kayu ini !"
Sa Angsa    Angsa    "Pak Beru, bolehkah saya membantu Ela untuk menggambari uang tersebut?"
Beru Beruang    Beruang    "Silahkan Sa Angsa. Saya sangat senang kau mamu membantu Ela."
Ti Tikus    Tikus    "Aku sangat menginginkan kacang itu. Namun aku hanya memiliki uang bergambar pisang. Bagaimana cara menukarkannya?"
Ka Kancil    Kancil    "Aku juga membutuhkan dua buah wortel. Tapi uang yang aku miliki untuk membeli empat buah wortel. Bagaimana cara mengembalikan uang sisaku? Uang ini tidak bisa dibagi dua."
Sa Angsa    Angsa    "Teman-teman, aku mengusulkan agar uang tersebut tidak menggunakan gambar. Bagaimana kalau menggunakan angka 1, 2, 3, 4, atau 5? Uang tersebut tidak lagi akan membuat gambar tomat, wortel, atau lainnya"
Ela Pelatuk    Burung    "Baiklah teman-teman, sesuai hasil musyawarah aku akan membuat uang kayu dengan 3 ukuran berbeda: kecil, sedang, dan besar, Nanti Sa Angsa yang akan menuliskan angka 1, 2, dan 5 !"
Beru Beruang    Beruang    "Baik teman-temanku semua, nanti jika uang yang kita gunakan rusak aku akan mengatur penggantian uang kayu yang rusak."

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 5 (Bertukar Atau Membayar ) Halaman 109, 101 dan 113 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Selamat belajar sekian dan terimakasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 5 Halaman 109, 101 dan 113 "

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel