Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 6 Halaman 136, 137, 142, 143

Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 6 Halaman 136, 137, 142, 143 -Artikel ini berisikan tentang pembahasan mengenai buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 materi bab 6 yang berjudul Satu Titik.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia Kurikulum Merdeka.
Dalam Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Materi Bab 6 Halaman 131- 143 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Artikel  ini sudah di sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban buku paket siswa pada mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 kurikulum merdeka.
Bumi memiliki bentang alam yang sangat beragam. Bentang alam adalah semua bentuk permukaan bumi yang terjadi akibat peristiwa alam. Bukit, pegunungan, laut, danau, dan lembah termasuk bentang alam.
Perhatikan foto-foto di bawah ini.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 132
Apa saja bentang alam yang ditunjukkan oleh foto-foto di atas?
Menurut kalian, di mana letak tempat ini?
Mungkinkah di Indonesia?

Membaca

Bacalah teks di bawah ini dengan cermat!
Raja Ampat
Hai! Aku Reu. Aku dan teman-temanku akan berenang bersama.
Kami tinggal di Pulau Misool, Raja Ampat, di Papua Barat. Kalau kalian melihat peta dunia, tempat tinggal kami adalah satu titik di Indonesia bagian timur.
Tempat tinggal kami dikelilingi lautan. Kalau ingin berenang, kami cukup pergi ke pantai. Pantai di sini bersih, pasirnya putih lembut dan airnya jernih.
Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat yang berupa kepulauan. Dari banyak pulau yang ada, terdapat empat yang paling besar, yaitu Pulau Waigo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Sebagian penduduknya bekerja sebagai nelayan.
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 133
Beberapa tahun belakangan ini, pulau kami didatangi banyak turis. Ada turis dari dalam negeri, ada pula yang dari luar negeri. Mereka menyukai pemandangan di daerah kami, baik pemandangan di darat, maupun pemandangan di bawah laut.
Banyak wisatawan datang ke daerah kami untuk menyelam. Mereka tertarik akan beragam flora dan fauna di dalam laut. Kata mereka, Raja Ampat adalah surga bawah laut tercantik di dunia. Tentu saja kami setuju.
Tidak semua wisatawan suka menyelam. Ada yang cukup menikmati pemandangan dari permukaan saja, karena air laut di sini bening sekali. Ikan dan karang aneka warna bisa
terlihat dengan mudah.
Untuk aku dan teman-temanku, laut adalah tempat bermain kami. Kami terbiasa berenang dan menyelam tanpa alat. Kadang-kadang kami bercengkerama dengan ikanikan, kadang-kadang kami saling menyipratkan air.
Raja Ampat menjadi rumah bagi biota laut. Ada sekitar 540 jenis karang, 1.511 jenis ikan, 700 jenis moluska, dan masih banyak lagi lainnya.
Sejak kecil kami sudah diingatkan orang tua kami untuk tidak merusak karang. Tahukah kalian, karang itu termasuk hewan laut. Karang menjadi tempat tinggal dan sumber makanan bagi banyak biota laut lainnya. Temanku, Maruna, sangat marah jika ada wisatawan yang merusak karang atau membuang sampah sembarangan.
“Hei, bawa pulang sampah kalian!” Maruna akan mengejar si pembuang sampah dan tidak akan membiarkannya bebas.
Ya, sampah akan mencemari lingkungan tempat tinggal kami. Sampah juga akan membuat laut kami tercemar dan merusak karang serta biota laut lainnya. Jika karang rusak dan mati karena sampah atau perilaku penyelam, ikan-ikan akan kehilangan tempat tinggal dan sumber makanannya. Kalau itu sampai terjadi, ikanikan akan berkurang jumlahnya. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Laut kami tidak akan cantik lagi. Kita semua
akan merugi.
Cerita oleh B.E. Priyanti

Jelajah Kata

Perhatikan kata-kata yang ditandai pada cerita “Raja Ampat” di atas. Lihatlah arti kata-kata tersebut di bawah ini.
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 135

Kunci Jawaban Bab 6 Satu Titik Kelas 4 Halaman 136

Gunakanlah kata-kata tersebut untuk melengkapi kalimat rumpang berikut agar kalian lebih memahami artinya.
1. Semua makhluk hidup yang ada di dalam laut disebut ... laut.
2. Kumpulan beragam jenis karang yang indah sering disebut sebagai taman laut, walaupun karang termasuk … khas laut.
3. Indonesia merupakan negara ... karena terdiri atas beribu-ribu pulau.
4. Peringatan harus diberikan kepada para ... yang membuang sampah seenaknya di sekitar perairan Raja Ampat.
5. Hutan-hutan Papua Barat kaya akan aneka … yang tidak ditemui di tempat lain, misalnya buah matoa.
Alternatif Jawaban :
1. Biota
2. Fauna
3. Kepulauan
4. Turis
5. Flora
Dengan kegiatan mengisi kalimat rumpang ini, kalian berlatih mengidentifikasi dan memahami kata-kata baru pada teks.

Bahas Bahasan

Kalimat Efektif
Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun sesuai kaidah-kaidah kebahasaan yang berlaku. Susunan kata, ejaan, tanda baca, atau strukturnya harus sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Ciri-ciri kalimat efektif adalah:
• mengikuti aturan ejaan bahasa Indonesia;
• memiliki unsur kalimat (setidaknya subjek dan predikat) yang digunakan dengan tepat;
• hemat kata, tidak bertele-tele; dan
• pesan yang disampaikan jelas, tidak membingungkan.
Cermati perbandingan kalimat yang efektif dan tidak efektif di bawah ini.
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 137

Kunci Jawaban Bab 6 Satu Titik Kelas 4 Halaman 137

Latihan
Pilihlah 3 kata dari teks “Raja Ampat”, kemudian buatlah 3 kalimat efektif menggunakan kata-kata pilihan kalian tersebut!
Alternatif Jawaban :
1. Kepulauan: Indonesia merupakan negara kepulauan.
2. Turis: Candi borobudur sering dikunjungi oleh turis.
3.  Flora: RafflesiaA merupakan flora endemik pulau sumatera
4.  Fauna: Indonesia kaya akan ragam fauna.
5. Biota: Biota laut adalah semua makhluk hidup yang ada di laut.

Bahas Bahasa

Sebelumnya kalian sudah membaca cerita “Raja Ampat”. Teks di bawah ini judulnya hampir serupa. Isinya juga menggambarkan keindahan Raja Ampat. Namun, penyajiannya berbeda.Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 138
Kalian mungkin bisa menebak bahwa teks “Raja Ampatku” di atas adalah puisi. Ada puisi yang termasuk ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Ada pula puisi bebas yang cara penulisannya lebih bebas, tidak terikat rima, jumlah kata, ataupun jumlah larik.
Puisi merupakan salah satu cara mengungkapkan perasaan atau pikiran melalui tulisan. Kata-kata dipilih dengan tepat dan dirangkai dengan indah. Biasanya perasaan tersebut diungkapkan melalui perumpamaan atau majas.
Contoh:
• Laksana untaian mutiara di lautan (gugusan pulau diumpamakan untaian mutiara)
• Lambaian terumbu karang dan ikan menyapa … (karang dan ikan dipersonifikasi seolah-olah seperti manusia)

Menulis

Dapatkah kalian membayangkan Raja Ampat seperti yang digambarkan pengarang puisi tersebut? Sekarang bayangkan suatu tempat di daerah kalian. Ceritakan keindahannya dalam
bentuk puisi.
Tahap yang dapat kalian lakukan adalah sebagai berikut.
1. Tentukan tema puisi kalian.
2. Buat daftar kata yang sesuai untuk tempat tersebut.
Contoh: jernih, gemericik, dan sejuk→ puisi tentang air terjun
3. Carilah perumpamaan atau majas untuk menggambarkan tempat itu atau suasananya.
Contoh: bunyi hempasan ombak → seperti alunan musik
4. Tulislah puisi kalian di buku tulis.
5. Bacalah puisi tulisan kalian dengan nyaring. Rasakan keindahannya.
Jika ada kata-kata yang terasa janggal atau belum sesuai, kalian dapat mengubahnya lagi.
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 139
Membaca
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 140
Bacalah cerita berikut ini dengan intonasi yang tepat.
Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan setelahnya.
Bertualang di Sabana Sumba
“Selamat datang di surga eksotis wilayah timur Indonesia!”
Aku tersenyum melihat gaya ramah Arman, sepupuku. Tangannya terentang, terbuka lebar menyambut kedatanganku di Bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu, Sumba Timur. Arman memang sepupu terbaik yang kupunya.
Inilah satu titik di muka bumi yang ingin aku kunjungi. Sejak Arman bercerita kalau di tempatnya banyak kuda, aku menabung untuk bisa mengunjunginya. Sekarang saatnya tiba.
“Di mana sabananya?” tanyaku tidak sabar.
“Lumayan jauh. Sekitar 45 menit dari sini. Namanya Bukit Warinding. Bukit ini adalah rangkaian dataran tinggi sabana yang luas sekali. Wisatawan suka berfoto di bukit ini karena keindahannya,” jawab Arman. “Kebetulan sekarang bulan Juli, sabananya seperti permadani
emas. Kalau kamu ke sini bulan November sampai Mei, sabananya menghijau.”
Aku mengangguk-angguk. Aku mengerti, pasti itu karena pengaruh musim.
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 141
“Kalau kudanya?” cecarku lagi.
Arman tertawa. Menurutnya, di sekitar Puru Kambera ada sabana lain dengan vegetasi khas Sumba. Sabana itu sering dijadikan destinasi wisata untuk melihat kuda liar Sumba di alam bebas.
Gerombolan kuda akan mudah dijumpai di saat musim kemarau. Itu karena sabana sangat kering sehingga kuda-kuda aktif merumput.
Pulau Sumba adalah bagian Provinsi Nusa Tenggara Timur. Wilayahnya membentang dari Sumba Barat sampai Sumba Timur. Lanskap di pulau ini sangat unik, terdiri atas sabana, bukit kapur, dan lautan.
“Kita ke sana sekarang, ya!” seruku bersemangat.
“Besok!” jawab Arman tegas.
Aku sedikit kecewa. Namun, bagaimana lagi. Untuk pergi ke sana ternyata butuh persiapan. Di sana tidak ada angkutan umum, kami harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa. Selain itu, di sana tidak ada warung. Pengunjung harus membawa bekal sendiri, terutama air minum, karena Sumba memiliki cuaca panas yang cukup tinggi.
Teks oleh B.E. Priyanti
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 142

Kunci Jawaban Bab 6 Satu Titik Kelas 4 Halaman 142

Setelah membaca cerita “Bertualang di Sabana Sumba”, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Kalian boleh membaca lagi cerita tersebut untuk lebih memahaminya.
a. Bagaimana menurut kalian cerita “Bertualang di Sabana Sumba” secara keseluruhan?
b. Apakah judul cerita sudah menggambarkan isi cerita?
c. Bagaimana pendapat kalian tentang ilustrasi pada cerita ini?
Sebutkan alasan kalian.
Alternatif Jawaban :
a. Cerita Bertualang di Sabana Sumba sangat menarik karena baccan tersebut mampu menunjukkan keindahan alam Sumba.
b. Judul cerita di atas sesuai dengan isi cerita yaitu petualangan di Sabana Sumba.
c.  Menurutku gambar ilustrasi pada cerita di atas mampu memperjelas maksud dari cerita.
Dengan membaca dan mengamati teks serta ilustrasi pada cerita “Bertualang di Sabana Sumba”, kalian berlatih menyampaikan pendapat tentang isi teks naratif dan kesesuaian ilustrasi serta judul dengan teks.

Berdiskusi
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 143

Kunci Jawaban Bab 6 Satu Titik Kelas 4 Halaman 143

Bentuklah kelompok diskusi yang terdiri atas 5—6 orang.
1. Temukan kata-kata di dalam teks “Sabana Sumba” yang mungkin baru bagi kalian.
Cari artinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, lalu tambahkan ke dalam Kamus Kartu kalian.
Alternatif Jawaban :
Kata baru dan artinya
1. eksotis: a memiliki daya tarik khas karena belum banyak dikenal umum
2. lanskap: n tata ruang di luar gedung (untuk mengatur pemandangan alam)
3. sabana: n padang rumput yang ada pepohonannya
4. vegetasi: n kehidupan (dunia) tumbuh-tumbuhan atau (dunia) tanam-tanaman
5. destinasi: n tempat tujuan; tempat tujuan pengiriman
2. Carilah sumber bacaan lain tentang sabana! Kalian boleh mencarinya di perpustakaan sekolah, perpustakaan digital, atau di internet.
3. Diskusikan informasi yang kalian dapat bersama kelompok kalian.
Kalian dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai panduan.
a. Selain Bukit Warinding di Sumba, adakah sabana di wilayah Indonesia lainnya?
b. Adakah sebutan lain untuk sabana? Apakah itu?
c. Apa saja jenis hewan yang dapat hidup di sabana?
d. Bagaimana sebaiknya sikap pengunjung ketika mengunjungi sabana untuk melihat kuda liar?
e. Bagaimana sebaiknya sikap pengunjung kalau mengunjungi tempat wisata mana pun?
Alternatif Jawaban :
a. Sabana Baluran, Jawa Timur, Sabana Gunung Bromo, Jawa Timur, Sabana Cidaon, Taman Nasional Ujung Kulon, Sabana Gunung Merbabu, Taman Nasional Gunung Merbabu, Sabana Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur.
b. Sabana disebut juga dengan padang rumput tropis.
c.  Di sabana hidup hewan-hewan seperti, Kuda, Singa, Zebra, Gajah, Jerapah, dan Kerbau.
d. Sebaiknya pengunjung tetap menjaga kelestarian lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga keselamatan masing-masing.
e. Sebaiknya para pengunjung menjaga kebersihan dan menaati peraturan yang ada di tempat wisata.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 6 (Satu Titik) Halaman 136, 137, 142, 143 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Selamat belajar sekian dan terimakasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 6 Halaman 136, 137, 142, 143"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel