Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 112, 116, 119
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 112, 116, 119- Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 2 Perubahan Cuaca Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pelajaran PKN, B.Indonesia, dan Matematika.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 109-119 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Pagi ini, hujan masih turun rintik-rintik.
Cuaca seperti ini sudah berlangsung sejak tadi malam. Hari ini, Siti dan teman-teman berjanji akan berkumpul di rumah Beni. Mereka akan berkreasi membuat alat peraga tentang pecahan dari barang bekas.
Siti, Lani, dan Dayu sudah tiba di rumah Beni. Mereka memakai payung. Tak lama kemudian, Udin pun tiba. Ia memakai jas hujan.
Ayo Membaca
Namun, Edo tak kunjung datang. Menjelang siang, barulah Edo tiba di rumah Beni. Hujan sudah berhenti.
Perhatikan percakapan berikut ini.
Beni : Mengapa kamu baru datang, Edo? Kami menunggu sejak pagi.
Edo : Maaf, saya menunggu hujan reda. Payung saya ketinggalan di sekolah kemarin. Saat pulang sekolah cuaca sudah cerah. Jadi, saya tidak ingat kalau bawa payung.
Siti : O, begitu. Kamu ingat tugas membawa barang bekas, kan?
Edo : Tentu saya ingat. Ini barang bekasnya.
Beni : Teman-teman, barang-barang bekas sudah kita bawa. Lalu, apa yang akan kita buat?
Udin : Kita akan membuat alat peraga pecahan. Nanti kita berbagi tugas, ya, sesuai kemampuan masing-masing. Saya suka menggambar. Saya yang menggambar bagian-bagian pecahan.
Siti : Saya suka menggunting. Nanti saya yang menggunting gambar bagian pecahan.
Lani : Saya suka mewarnai. Nanti saya yang memberi warna pada alat peraga kita.
Dayu : Saya yang bertugas menempel dan menulis.
Edo : Saya membantu Siti menggunting gambar kotak.
Beni : Baik, kalau begitu saya membantu Udin menggambar bagian-bagian pecahan di kardus bekas.
Beni dan teman-teman bekerja sama membuat tugas alat peraga pecahan. Setiap anggota kelompok memiliki kemampuan yang berbeda. Namun, mereka bersatu menyelesaikan tugas tersebut.
Ayo Menulis Apakah kamu pernah membuat tugas kelompok bersama teman? Apakah tugas yang kamu kerjakan saat itu?
Tuliskan tugas kelompok yang pernah kamu kerjakan. Tuliskan juga alasan pentingnya bersatu dalam keberagaman.
Alternatif Jawaban
Beratu dalam keberagaman dalam mengerjakan tugas itu penting karena akan terasa ringan dan lebih cepat selesai dalam mengrjakan tugas.
Ayo Mengamati
Menjelang sore, tugas mereka pun usai. Beni ke luar rumah mengamati keadaan langit. Cuaca masih terlihat berawan.
Beni dan teman-teman pun bermain tentang pecahan. Mereka menggunakan kreasi barang bekas tadi. Inilah kreasi mereka. Lingkarannya terbuat dari kardus bekas. Lingkaran tersebut diikat dengan tali plastik.
Ayo Berkreasi
Bermain dengan Pecahan
Mari bermain dengan kreasi barang bekas. Kita bermain sambil belajar.
Membandingkan dua pecahan yang peyebutnya sama, namun pembilangnya berbeda. Lihatlah gambar pecahan pada Beni dan Siti.
Manakah pecahan yang lebih besar? Manakah pecahan yang lebih kecil?
Sekarang, amati gambar pecahan pada Udin dan Siti.
Manakah pecahan yang lebih besar? Manakah pecahan yang lebih kecil?
Sekarang, amati gambar pecahan pada Edo dan Dayu.
Manakah pecahan yang lebih besar?
Manakah pecahan yang lebih kecil?
Membandingkan pecahan yang berpenyebut sama dengan pembilang berbeda:
Makin besar pembilang, makin besar nilai pecahan itu.
Kerjakanlah latihan berikut ini!
A. Beri tanda “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari) pada tempat yang telah tersedia.
B. Beri tanda "S" (salah) jika jawaban salah atau "B" jika jawaban benar pada kotak yang tersedia.
Alternatif Jawaban
A.
1. 1/4 < 1/8
2. 2/4 < 3/4
3. 1/3 < 2/3
4. 3/5 < 2/5
5. 6/8 < 4/8
6. 2/3 > 2/4
7. 1/2 > 1/3
8. 3/8 < 3/6
9. 2/6 < 2/4
10. 1/8 < 1/6
B.
Beni dan teman-teman telah selesai belajar. Saat Siti, Dayu, Lani, Udin dan Edo pulang ke rumah. Cuaca di luar sudah mulai terlihat cerah.
Dalam perjalanan pulang, mereka bercakap-cakap tentang perubahan cuaca
Ayo Membaca
BMKG tentang Prakiraan dan Perubahan Cuaca Jakarta (Greeners)– Pengamatan cuaca di Indonesia dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Badan ini berkantor di Jakarta.
Badan ini bertugas mengamati cuaca setiap hari. Badan ini mengamati cuaca di seluruh wilayah Indonesia. BMKG menjelaskan prakiraan cuaca pada bulan Januari. Secara umum, Indonesia berada pada puncak musim hujan. Namun kenyataannya, kondisi cuaca di Jakarta berubah-ubah. Terkadang hujan sepanjang hari berubah menjadi panas terik secara tiba-tiba.
Seperti hari ini cuaca cerah dan tidak ada hujan di wilayah Jakarta. Namun, kemarin hujan turun beberapa kali sepanjang hari.
Informasi apa sajakah yang diperoleh dari berita tersebut?
Susunlah informasi dari berita tersebut. Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan hasil diskusimu di tempat yang tersedia, lalu sampaikan di hadapan teman-teman
Alternatif Jawaban
Informasi 1
Pengamatan cuaca di Indonesia dilakukan olh BMKG
Informasi 2
BMKG singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Kantor BMKG berada di Jakarta
Informasi 3
Prakiraan cuaca pada bulan Januari secara umum Indonesia berada pada puncak musim hujan
Demikianlah Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 112, 116, 119- Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 2 Perubahan Cuaca Pembelajaran 6 dari kami, semoga bermanfaat.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 109-119 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Pagi ini, hujan masih turun rintik-rintik.
Cuaca seperti ini sudah berlangsung sejak tadi malam. Hari ini, Siti dan teman-teman berjanji akan berkumpul di rumah Beni. Mereka akan berkreasi membuat alat peraga tentang pecahan dari barang bekas.
Siti, Lani, dan Dayu sudah tiba di rumah Beni. Mereka memakai payung. Tak lama kemudian, Udin pun tiba. Ia memakai jas hujan.
Ayo Membaca
Namun, Edo tak kunjung datang. Menjelang siang, barulah Edo tiba di rumah Beni. Hujan sudah berhenti.
Perhatikan percakapan berikut ini.
Beni : Mengapa kamu baru datang, Edo? Kami menunggu sejak pagi.
Edo : Maaf, saya menunggu hujan reda. Payung saya ketinggalan di sekolah kemarin. Saat pulang sekolah cuaca sudah cerah. Jadi, saya tidak ingat kalau bawa payung.
Siti : O, begitu. Kamu ingat tugas membawa barang bekas, kan?
Edo : Tentu saya ingat. Ini barang bekasnya.
Beni : Teman-teman, barang-barang bekas sudah kita bawa. Lalu, apa yang akan kita buat?
Udin : Kita akan membuat alat peraga pecahan. Nanti kita berbagi tugas, ya, sesuai kemampuan masing-masing. Saya suka menggambar. Saya yang menggambar bagian-bagian pecahan.
Siti : Saya suka menggunting. Nanti saya yang menggunting gambar bagian pecahan.
Lani : Saya suka mewarnai. Nanti saya yang memberi warna pada alat peraga kita.
Dayu : Saya yang bertugas menempel dan menulis.
Edo : Saya membantu Siti menggunting gambar kotak.
Beni : Baik, kalau begitu saya membantu Udin menggambar bagian-bagian pecahan di kardus bekas.
Beni dan teman-teman bekerja sama membuat tugas alat peraga pecahan. Setiap anggota kelompok memiliki kemampuan yang berbeda. Namun, mereka bersatu menyelesaikan tugas tersebut.
Ayo Menulis Apakah kamu pernah membuat tugas kelompok bersama teman? Apakah tugas yang kamu kerjakan saat itu?
Tuliskan tugas kelompok yang pernah kamu kerjakan. Tuliskan juga alasan pentingnya bersatu dalam keberagaman.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 112
Bersatu dalam keberagaman tugas itu penting karena .......................................................................... ....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................Alternatif Jawaban
Beratu dalam keberagaman dalam mengerjakan tugas itu penting karena akan terasa ringan dan lebih cepat selesai dalam mengrjakan tugas.
Ayo Mengamati
Menjelang sore, tugas mereka pun usai. Beni ke luar rumah mengamati keadaan langit. Cuaca masih terlihat berawan.
Beni dan teman-teman pun bermain tentang pecahan. Mereka menggunakan kreasi barang bekas tadi. Inilah kreasi mereka. Lingkarannya terbuat dari kardus bekas. Lingkaran tersebut diikat dengan tali plastik.
Ayo Berkreasi
Bermain dengan Pecahan
Mari bermain dengan kreasi barang bekas. Kita bermain sambil belajar.
Membandingkan dua pecahan yang peyebutnya sama, namun pembilangnya berbeda. Lihatlah gambar pecahan pada Beni dan Siti.
Manakah pecahan yang lebih besar? Manakah pecahan yang lebih kecil?
Sekarang, amati gambar pecahan pada Udin dan Siti.
Manakah pecahan yang lebih besar? Manakah pecahan yang lebih kecil?
Sekarang, amati gambar pecahan pada Edo dan Dayu.
Manakah pecahan yang lebih besar?
Manakah pecahan yang lebih kecil?
Membandingkan pecahan yang berpenyebut sama dengan pembilang berbeda:
Makin besar pembilang, makin besar nilai pecahan itu.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 116
Sekarang, kamu sudah dapat membandingkan pecahan dengan penyebut yang sama, tetapi pembilang berbeda. Sekarang, kamu juga sudah dapat membandingkan pecahan dengan pembilang yang sama, tetapi penyebut berbeda.Kerjakanlah latihan berikut ini!
A. Beri tanda “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari) pada tempat yang telah tersedia.
B. Beri tanda "S" (salah) jika jawaban salah atau "B" jika jawaban benar pada kotak yang tersedia.
Alternatif Jawaban
A.
1. 1/4 < 1/8
2. 2/4 < 3/4
3. 1/3 < 2/3
4. 3/5 < 2/5
5. 6/8 < 4/8
6. 2/3 > 2/4
7. 1/2 > 1/3
8. 3/8 < 3/6
9. 2/6 < 2/4
10. 1/8 < 1/6
B.
Beni dan teman-teman telah selesai belajar. Saat Siti, Dayu, Lani, Udin dan Edo pulang ke rumah. Cuaca di luar sudah mulai terlihat cerah.
Dalam perjalanan pulang, mereka bercakap-cakap tentang perubahan cuaca
Ayo Membaca
BMKG tentang Prakiraan dan Perubahan Cuaca Jakarta (Greeners)– Pengamatan cuaca di Indonesia dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Badan ini berkantor di Jakarta.
Badan ini bertugas mengamati cuaca setiap hari. Badan ini mengamati cuaca di seluruh wilayah Indonesia. BMKG menjelaskan prakiraan cuaca pada bulan Januari. Secara umum, Indonesia berada pada puncak musim hujan. Namun kenyataannya, kondisi cuaca di Jakarta berubah-ubah. Terkadang hujan sepanjang hari berubah menjadi panas terik secara tiba-tiba.
Seperti hari ini cuaca cerah dan tidak ada hujan di wilayah Jakarta. Namun, kemarin hujan turun beberapa kali sepanjang hari.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 119
Ayo BerdiskusiInformasi apa sajakah yang diperoleh dari berita tersebut?
Susunlah informasi dari berita tersebut. Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan hasil diskusimu di tempat yang tersedia, lalu sampaikan di hadapan teman-teman
Alternatif Jawaban
Informasi 1
Pengamatan cuaca di Indonesia dilakukan olh BMKG
Informasi 2
BMKG singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Kantor BMKG berada di Jakarta
Informasi 3
Prakiraan cuaca pada bulan Januari secara umum Indonesia berada pada puncak musim hujan
Demikianlah Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 112, 116, 119- Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 2 Perubahan Cuaca Pembelajaran 6 dari kami, semoga bermanfaat.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 112, 116, 119"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.