Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 177, 184
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 177, 184- Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 4 Cuaca, Musim dan Iklim Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran SBDP, B.Indonesia, dan Matematika.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 1 Halaman 172-187 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Subtema 4
Cuaca, Musim dan Iklim
Indonesia adalah negara yang berada di garis khatulistiwa bumi. Musim di negara kita hanya ada 2 jenis, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Jika cuaca cerah berlangsung terus-menerus, tanda
musim kemarau sedang berlangsung. Sesekali cuaca berawan.
Jika cuaca mendung dan hujan sering terjadi, itu tanda musim hujan telah tiba. Jika cuaca cerah dan hujan datang silih berganti, itu pertanda sedang memasuki masa peralihan atau pancaroba.Saat seperti ini cuaca cepat berubah, mulai dari cuaca cerah, berawan, mendung, lalu hujan.
Pembelajaran 1
Ayo Mengamati
Beberapa hari lalu, hujan selalu turun. Pagi ini cuaca cukup cerah. Matahari tampak sedikit dari balik awan. Sinarnya menembus kumpulan awan. Di jalanan tampak beberapa genangan air yang belum kering. Siti dan teman-teman berangkat ke sekolah bersama-sama. Siti dan teman-teman bercakap-cakap sepanjang jalan menuju ke sekolah.
Ayo Membaca
Bacalah percakapan Siti dan teman-teman berikut!
Siti dan teman-teman tiba di sekolah. Mereka berencana mencari buku di perpustakaan saat istirahat nanti. Waktu istirahat telah tiba. Siti dan teman-teman pergi ke perpustakaan sekolah. Di sana, banyak buku yang berisi informasi tentang cuaca, musim, dan iklim. Di dalam perpustakaan kita harus tenang
agar tidak mengganggu pengunjung yang lain.
Ayo Membaca
Beni menemukan sebuah buku tentang cuaca, musim, dan iklim. Berikut informasi dari buku itu.
Ayo Menulis
Sudahkah kamu membaca teks bacaan tentang cuaca, iklim, dan musim yang ditemukan Beni?
Informasi apa saja yang diperoleh dari bacaan tersebut?
yang tersedia.
1. Cuaca merupakan suatu gejala alam.
2. ..........................................................
3. ..........................................................
4. ..........................................................
5. ..........................................................
Alternatif Jawaban
1. Cuaca merupakan suatu gejala alam
2. Cuaca dapat terjadi dan berubah dalam waktu singkat
3. Iklim adalah lamanya keadaan cuaca di suatu daerah tertentu
4. Iklim biasanya diamati dalam waktu lama
5. Iklim menyebabkan adanya musim
6. Iklim dipengaruhi letak suatu negara di Bumi
7. Macam-macam musim musim dingin, panas, semi, gugur, hujan, dan kemarau
8. Negara Jepang memiliki 4 musim
9. Indonesia terletak di garis khatulistiwa atau equator
10. Iklim di Indonesia disebut iklim tropis
11. Indonesia memili 2 Musim yaitu musim hujan dan musim kemarau
Pada sore hari, Dayu dan teman-teman berangkat ke rumah Edo. Cuaca berawan mengiringi langkah mereka sepanjang perjalanan. Saat tiba di rumah Edo, mereka diminta berkumpul di ruang keluarga. Edo menjelaskan bahwa 3 hari lagi teman ayahnya akan datang. Namanya Pak Tono. Pak Tono itu bekerja di BMKG. Pak Tono akan menjawab semua pertanyaan teman-teman Edo.
Ibu Edo akan membuat kenang-kenangan untuk Pak Tono. Ibu Edo akan membuat karya kreasi dari kain. Edo dan teman-teman akan membantu Ibu. Beberapa jenis kain telah disiapkan oleh Edo dan ibunya untuk membuat karya dari kain yang ditempel dan dijahit
Ayo Mengamati
Sebelum dimulai, Edo mengambil gunting untuk memotong kain. Edo membagi-bagikan kain
kepada teman-temannya. Inilah gambar karya yang akan mereka buat.
Kain-kain itu akan digunting menjadi berbagai bentuk. Ada yang berbentuk persegi, segitiga, persegi panjang, dan lingkaran. Untuk hari ini, Edo akan menggunting kain berbentuk lingkaran dan persegi lebih dulu.
Mula-mula Edo menggunting kain berbentuk lingkaran. Ia mengguntingnya menjadi tiga bagian sama besar. Edo memberikan bagian kain yang pertama untuk Siti.
Edo memberikan potongan bagian kain yang kedua untuk Dayu dan Lani. Masing-masing mendapatkan 1/3 bagian lingkaran.
Sekarang Edo menggunting kain berbentuk persegi. Ia memotongnya menjadi empat bagian sama besar. Ini potongan kain yang pertama.
Ini potongan kedua.
Ini potongan ketiga dan keempat.
Potongan kain akan diberikan kepada Edo, Beni, Udin, dan Ibu Edo. Masing-masing akan mendapatkan 1/4 bagian persegi.
Ayo Mengamati
Mengurangkan Pecahan Berpenyebut Sama Edo memberi potongan kain dengan melakukan operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama. Cara untuk mengurangkan dua pecahan yang sama penyebutnya adalah dengan mengurangkan pembilangnya saja.
Mengapa? Perhatikan contoh berikut!
Untuk mengurangkan pecahan dengan penyebut sama, kita hanya perlu mengurangkan pembilangnya,
sedangkan penyebutnya tetap. Jadi, jika kita mengurangi pecahan berpenyebut sama, maka penyelesaiannya adalah sebagai berikut:
Alternatif Jawaban
1). 4/5 - 1/5 = 3/5
2). 3/5 - 2/5 = 1/5
3). 3/4 - 1/4 = 2/4
Ayo Berkreasi
Karya dengan Teknik Menempel dan Menjahit Edo sudah membagikan kain untuk membuat karya. Karya dengan kain ini termasuk seni rupa 3 dimensi.
Ibu Edo menjelaskan bahwa seni rupa 3 dimensi ini bermacam-macam teknik membuatnya. Teknik yang digunakan oleh ibu Edo namanya teknik aplikasi. Teknik ini menggunakan teknik menempel dan menjahit.
Edo dan teman-teman sudah memegang potongan bagian kain masing-masing.Ibu Edo lalu mengajari cara menjahit potongan kain tersebut dengan teknik feston.
Langkah 1
• Tempelkan dua potongan bagian kain yang bentuknya sama.
Perhatikan posisi jarum pada kain. Tusukkan jarum sesuai gambar.
Langkah 2
Menjahit feston ke seluruh pinggiran potongan kain.
Langkah 3
Menempel potongan bagian kain yang sudah dijahit ke ke kain utama.Untuk hari ini, Edo dan teman-teman menjahit dan menempel potongan kain yang berbentuk lingkaran dan sepertiga lingkaran.
Mereka akan melanjutkan karya ini sebelum Pak Tono datang ke rumah Edo. Perhatikan baik-baik cara membuat karya dengan teknik menempel dan menjahit ini.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua membimbing siswa untuk menjahit feston.
Demikianlah Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 177, 184- Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 4 Cuaca, Musim dan Iklim Pembelajaran 1 dari kami, semoga bermanfaat.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 1 Halaman 172-187 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Subtema 4
Cuaca, Musim dan Iklim
Indonesia adalah negara yang berada di garis khatulistiwa bumi. Musim di negara kita hanya ada 2 jenis, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Jika cuaca cerah berlangsung terus-menerus, tanda
musim kemarau sedang berlangsung. Sesekali cuaca berawan.
Jika cuaca mendung dan hujan sering terjadi, itu tanda musim hujan telah tiba. Jika cuaca cerah dan hujan datang silih berganti, itu pertanda sedang memasuki masa peralihan atau pancaroba.Saat seperti ini cuaca cepat berubah, mulai dari cuaca cerah, berawan, mendung, lalu hujan.
Pembelajaran 1
Ayo Mengamati
Beberapa hari lalu, hujan selalu turun. Pagi ini cuaca cukup cerah. Matahari tampak sedikit dari balik awan. Sinarnya menembus kumpulan awan. Di jalanan tampak beberapa genangan air yang belum kering. Siti dan teman-teman berangkat ke sekolah bersama-sama. Siti dan teman-teman bercakap-cakap sepanjang jalan menuju ke sekolah.
Ayo Membaca
Bacalah percakapan Siti dan teman-teman berikut!
Siti dan teman-teman tiba di sekolah. Mereka berencana mencari buku di perpustakaan saat istirahat nanti. Waktu istirahat telah tiba. Siti dan teman-teman pergi ke perpustakaan sekolah. Di sana, banyak buku yang berisi informasi tentang cuaca, musim, dan iklim. Di dalam perpustakaan kita harus tenang
agar tidak mengganggu pengunjung yang lain.
Ayo Membaca
Beni menemukan sebuah buku tentang cuaca, musim, dan iklim. Berikut informasi dari buku itu.
Ayo Menulis
Sudahkah kamu membaca teks bacaan tentang cuaca, iklim, dan musim yang ditemukan Beni?
Informasi apa saja yang diperoleh dari bacaan tersebut?
Kunci Kawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 177
Tuliskan informasi yang kamu peroleh di tempatyang tersedia.
1. Cuaca merupakan suatu gejala alam.
2. ..........................................................
3. ..........................................................
4. ..........................................................
5. ..........................................................
Alternatif Jawaban
1. Cuaca merupakan suatu gejala alam
2. Cuaca dapat terjadi dan berubah dalam waktu singkat
3. Iklim adalah lamanya keadaan cuaca di suatu daerah tertentu
4. Iklim biasanya diamati dalam waktu lama
5. Iklim menyebabkan adanya musim
6. Iklim dipengaruhi letak suatu negara di Bumi
7. Macam-macam musim musim dingin, panas, semi, gugur, hujan, dan kemarau
8. Negara Jepang memiliki 4 musim
9. Indonesia terletak di garis khatulistiwa atau equator
10. Iklim di Indonesia disebut iklim tropis
11. Indonesia memili 2 Musim yaitu musim hujan dan musim kemarau
Pada sore hari, Dayu dan teman-teman berangkat ke rumah Edo. Cuaca berawan mengiringi langkah mereka sepanjang perjalanan. Saat tiba di rumah Edo, mereka diminta berkumpul di ruang keluarga. Edo menjelaskan bahwa 3 hari lagi teman ayahnya akan datang. Namanya Pak Tono. Pak Tono itu bekerja di BMKG. Pak Tono akan menjawab semua pertanyaan teman-teman Edo.
Ibu Edo akan membuat kenang-kenangan untuk Pak Tono. Ibu Edo akan membuat karya kreasi dari kain. Edo dan teman-teman akan membantu Ibu. Beberapa jenis kain telah disiapkan oleh Edo dan ibunya untuk membuat karya dari kain yang ditempel dan dijahit
Ayo Mengamati
Sebelum dimulai, Edo mengambil gunting untuk memotong kain. Edo membagi-bagikan kain
kepada teman-temannya. Inilah gambar karya yang akan mereka buat.
Kain-kain itu akan digunting menjadi berbagai bentuk. Ada yang berbentuk persegi, segitiga, persegi panjang, dan lingkaran. Untuk hari ini, Edo akan menggunting kain berbentuk lingkaran dan persegi lebih dulu.
Mula-mula Edo menggunting kain berbentuk lingkaran. Ia mengguntingnya menjadi tiga bagian sama besar. Edo memberikan bagian kain yang pertama untuk Siti.
Edo memberikan potongan bagian kain yang kedua untuk Dayu dan Lani. Masing-masing mendapatkan 1/3 bagian lingkaran.
Sekarang Edo menggunting kain berbentuk persegi. Ia memotongnya menjadi empat bagian sama besar. Ini potongan kain yang pertama.
Ini potongan kedua.
Ini potongan ketiga dan keempat.
Potongan kain akan diberikan kepada Edo, Beni, Udin, dan Ibu Edo. Masing-masing akan mendapatkan 1/4 bagian persegi.
Ayo Mengamati
Mengurangkan Pecahan Berpenyebut Sama Edo memberi potongan kain dengan melakukan operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama. Cara untuk mengurangkan dua pecahan yang sama penyebutnya adalah dengan mengurangkan pembilangnya saja.
Mengapa? Perhatikan contoh berikut!
Untuk mengurangkan pecahan dengan penyebut sama, kita hanya perlu mengurangkan pembilangnya,
sedangkan penyebutnya tetap. Jadi, jika kita mengurangi pecahan berpenyebut sama, maka penyelesaiannya adalah sebagai berikut:
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas Halaman 184
Dapatkah kamu melakukan operasi pengurangan pecahan dengan penyebut sama berikut iniAlternatif Jawaban
1). 4/5 - 1/5 = 3/5
2). 3/5 - 2/5 = 1/5
3). 3/4 - 1/4 = 2/4
Ayo Berkreasi
Karya dengan Teknik Menempel dan Menjahit Edo sudah membagikan kain untuk membuat karya. Karya dengan kain ini termasuk seni rupa 3 dimensi.
Ibu Edo menjelaskan bahwa seni rupa 3 dimensi ini bermacam-macam teknik membuatnya. Teknik yang digunakan oleh ibu Edo namanya teknik aplikasi. Teknik ini menggunakan teknik menempel dan menjahit.
Edo dan teman-teman sudah memegang potongan bagian kain masing-masing.Ibu Edo lalu mengajari cara menjahit potongan kain tersebut dengan teknik feston.
Langkah 1
• Tempelkan dua potongan bagian kain yang bentuknya sama.
Perhatikan posisi jarum pada kain. Tusukkan jarum sesuai gambar.
Langkah 2
Menjahit feston ke seluruh pinggiran potongan kain.
Langkah 3
Menempel potongan bagian kain yang sudah dijahit ke ke kain utama.Untuk hari ini, Edo dan teman-teman menjahit dan menempel potongan kain yang berbentuk lingkaran dan sepertiga lingkaran.
Mereka akan melanjutkan karya ini sebelum Pak Tono datang ke rumah Edo. Perhatikan baik-baik cara membuat karya dengan teknik menempel dan menjahit ini.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua membimbing siswa untuk menjahit feston.
Demikianlah Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 177, 184- Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 4 Cuaca, Musim dan Iklim Pembelajaran 1 dari kami, semoga bermanfaat.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 177, 184"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.