Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 103, 104, 106

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 103, 104, 106 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku Pembelajaran 5 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia dan PKN.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 102-106 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 102
Berbagai buku cerita untuk anak.
Sumber: www.gramediapustakautama.com

Tahukah kamu
Pernahkah kamu melihat buku-buku di atas? Apakah buku cerita kesukaanmu? Apakah kamu juga punya penulis cerita kesayanganmu?
Tahukah kamu apa yang dilakukan para penulis cerita atau sastra Indonesia?
Buku-buku cerita tersebut adalah beberapa karya penulis cerita anak Indonesia yang bernama Clara Ng. Beliau telah menulis berbagai macam buku cerita anak yang sangat menarik. Tahukah kamu tentang penulis-penulis cerita anak lainnya?

Ayo Berdiskusi
Penulis cerita anak mempunyai peran yang sangat penting bagi pendidikan anak-anak. Berikut ini adalah beberapa peran mereka.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 103


Kunci Jawaban tema 6 Kelas 4 Halaman 103

Tahukah kamu peran lain seorang penulis cerita anak yang kamu ketahui?
Apakah manfaat membaca buku cerita anak untukmu?
Apakah manfaat membaca untukmu?

Alternatif Jawaban :
Peran lain seorang penulis cerita anak adalah memicu anak berimajinasi, membangun semangat anak, mendidik anak aktif dan kreatif, dan memudahkan anak untuk fokus
Manfaat membaca buku cerita anak adalah dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, melatih daya ingat, mengenalhal-hal baru, dan dapat mengembangkan daya imajinasi anak
Manfaat baca untukmu : dengan membaca kita mendapatkan ilmu, menambah wawasan, meningkatkan pemahaman, melatih kemampuan berpikir, dan dapat meningkatkan konsentrasi.
Seorang penulis cerita anak merupakan salah satu pekerja seni sastra. Karena ia merangkai kata-kata untuk menuangkan imajinasi dan pendapatnya tentang lingkungan sekitar agar orang lain dapat membaca dan merasakan hal yang sama. Puisi juga merupakan salah satu contoh karya sastra. Dalam puisi, kata-kata yang digunakan sering kali mempunyai makna yang dalam. Puisi menggunakan kalimat yang lebih pendek dibandingkan dengan karangan.

Ayo Mencoba
Menjelaskan Makna Puisi
Saatnya untukmu memulai membuat puisi tentang cita-cita. Untuk itu, lakukan hal-hal berikut.
1. Bayangkan cita-citamu, lalu ceritakan kehebatan cita-citamu tersebut. Ceritakan bagaimana cita-citamu akan berguna bagi orang
2. Buatlah beberapa kata kunci dari setiap gagasan yang kamu miliki.
3. Rangkailah gagasan-gagasan tersebut sehingga menjadi puisi yang utuh.
4. Pilihlah kata-kata yang memiliki rima hampir serupa.
5. Tuliskan puisimu di dalam buku catatanmu.
6. Bacakan puisimu kepada teman sebangkumu.
7. Tukarkan puisimu dengan puisi milik teman sebangkumu.
8. Cobalah untuk menuliskan makna puisi puisi temanmu di dalam sebuah paragraf. Tuliskan makna puisi temanmu di tempat yang telah disediakan.
9. Bacakan makna puisi milik temanmu. Berdiskusilah. lain di sekitarmu.

Kunci Jawaban tema 6 Kelas 4 Halaman 104

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 104

Alternatif Jawaban :


Guruku

Oh....Guruku
Kau sangat baik mengajari kami
Dengan ikhlas ilmu kau limpahkan
Kau begitu sabar untuk membimbing dan mengajari kami

Oh....Guruku
Jasamu tak akan kulupakan
Terimakasih Guruku
Hanya kata itulah yang mampu saya ucapkan 
Wahai pahlawan tanpa tanda jasa

Maknanya: Kita tidak dapat melupakan jasa seorang Guru yang telah mendidik dan mengajari kita.

Ayo Berlatih
Indonesia memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda sesuai suku yang ada. Bahasa merupakan alat untuk melakukan komunikasi dan menyampaikan pesan kepada orang lain. Dalam puisi, bahasa merupakan hal yang penting digunakan untuk menyampaikan pesan secara lisan dan tulisan.Pernahkah kamu berkunjung ke tempat wisata yang berada di daerah lain di Indonesia? Mereka tentu memiliki keunikan yang membedakan dengan daerah lainnya. Salah satu yang membedakan antara satu daerah dengan daerah lainnya adalah bahasa daerah dan makanan khasnya.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 105

Perhatikan gambar-gambar di atas! Makanan khas daerah kini menjadi hal yang paling diburu oleh para wisatawan lokal. Makanan khas daerah tentu saja dinamai dengan bahasa daerah setempat.

Lakukan kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu! 
1.  Kamu dan kelompokmu akan melanjutkan kegiatan sebelumnya tentang keragaman budaya orang-orang yang berada di sekitarmu. Sebelumnya kamu dan kelompokmu mencari tahu keragaman rumah adat yang berasal dari suku-suku yang berbeda. Kali ini, kamu akan menggali lebih dalam tentang bahasa daerah dan makanan khas mereka. Kamu akan menuangkannya dalam bentuk poster.
2.  Siapkan sebuah kertas ukuran A3. Kamu dapat juga menggunakan sebuah kertas karton dengan ukuran yang sama.
3.  Buatlah daftar makanan khas Nusantara yang sudah pernah kalian nikmati sebelumnya. Jelaskan dan cari tahu bahan-bahan yang digunakan.
4.  Buat juga daftar makanan khas Nusantara yang ingin kamu nikmati. Jelaskan berasal dari daerah mana, dan alasan mengapa kamu ingin mencobanya.
5.  Pada bagian yang lain dari postermu, siapkan satu atau dua kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia, misalnya: “Siapa namamu?” Lalu, carilah makna yang sama dalam berbagai bahasa daerah di  Nusantara.  Pilihlah paling banyak lima bahasa daerah.
6.  Gunakan contoh berikut ini untuk membantumu.
7.  Tuliskan semua manfaat yang kamu dapatkan dengan mempelajari bahasa daerah dan makanan khas daerah Nusantara.
8.  Jelaskan dan presentasikan hasil pekerjaan kelompokmu di depan kelas dengan percaya diri.

Kunci Jawaban tema 6 Kelas 4 Halaman 106

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 106
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 106 K13

Alternatif Jawaban :
Bahasa Daerah di Nusantara : Siapa Namamu?
- Sinten nami panjenengan? ( Bahasa Jawa)
- Sire pesengane? (Bahasa Bali)
- Sia naom awak?  ( Bahasa Padang )
- Saha nami na?( Bahasa Sunda )

Makanan Khas Nusantara 
Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 106

Nama : Mie Aceh
Asal   : Aceh
Keunikan : Keunikan Mie aceh adalah bahan tambahan yang digunakan yaitu daging sapi, daging kambing, atau masakan laut. Pada umumnya masakan mie yang ada di Indonesia banyak menggunakan daging ayam sebagai bahan tambahan dalam penyajian mie nya. Selain itu kuah yang digunakan adalah kuah sejenis kari yang kental dan gurih.

Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 106-K13

Nama : Kerak Telor
Asal : Betawi (Jakarta )
Keunikan : Kerak telor dimasak tanpa menggunakan minyak goreng, Kerak telor dimasak diatas bara api di dalam tungku.
Manfaat mengetahui berbagai bahasa daerah dan makanan khas bagiku: Bisa bersosialisai dengan orang disekitar kita, Mengetahui rasa makanan khas daerah.

Ayo Renungkan
Puisi manakah yang paling kamu sukai?  Mengapa?
Nilai-nilai apakah yang kamu pelajari hari ini?
Bagaimana peran para penari daerah untuk mempersatukan bangsa?  Jelaskan pendapatmu!

Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama dengan orang tuamu carilah beberapa gambar tari daerah asal kedua orang tuamu.  Kamu dan orang tuamu dapat menggunakan media internet, buku, majalah atau Koran untuk mendapatkannya.  Mintalah kedua orang tuamu untuk menceritakannya.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 103, 104, 106 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku Pembelajaran 5. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 103, 104, 106"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel