Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 14, 16, 17, 21
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 14, 16, 17, 21 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, IPA dan SBDP.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 10-22 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Siti bercita-cita menjadi seorang peneliti tumbuhan dan hewan. Ia suka sekali mempelajari pengetahuan tentang tumbuhan dan hewan. Banyak buku tentang hewan dan tumbuhan yang dibacanya. Pengetahuan itu digunakan Siti sebagai bekal untuk merawat hewanpeliharaannya dan tumbuhan yang ditanamnya.
Siti memelihara beberapa ekor kelinci di rumahnya. Kelinci-kelinci itu bermain bebas di belakang rumah Siti yang asri. Ada beberapa pohon tumbuh di halaman belakangnya. Pohon yang rindang menjadikan udara sejuk. Siti senang menghabiskan waktunya di sana untuk menyiram tanaman dan memberi makan kelincinya.
Perhatikan gambar halaman rumah Siti di bawah.
Selanjutnya, sebutkan jenis hewan yang ada di halaman belakang rumah Siti!
Apakah kamu melihat kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang sedang mekar?
Kamu tentu ingat ada sebuah lagu tentang kupu-kupu. Ayo, nyanyikanlah!
Bagaimana kamu menyanyikan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" tersebut?
Apakah kamu menyanyikan dengan cepat?
Apakah kamu menyanyikan dengan lambat?
Bagaimana perasaanmu jika lagu itu dinyanyikan dengan cepat?
Setiap hewan dan tumbuhan membutuhkan air. Air dapat berasal dari airhujan atau sumber air.
Coba bandingkan dengan lagu berikut!
Ada lagu yang dinyanyikan dengan lambat, ada juga lagu yang dinyanyikan dengan cepat. Cepat dan lambatnya lagu dinyanyikan disebut tempo lagu. Ada tanda atau istilah untuk menunjukkan tempo lagu.
Amatilah kembali penulisan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" di depan. Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut. Kemudian, cocokkan dengan keterangan atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu berikut.
Alternatif Jawaban:
1.Tanda tempo yang terdapat pada notasi lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" adalah tanda tempo Lento (lebih lambat ).
Tanda tempo yang terdapat pada notasi lagu "Tik-Tik Bunyi Hujan" adalah tanda tempo Andante (sedang)
2. Tanda tempo pada lagu kupu-kupu yang lucu adalah tanda tempo lento yang berarti dinyanyikan dengan nada lebih lambat sedangkan tanda tempo lagu tik-tik bunyi hujan adalah tanda tempo andante atau dinyanyikan dengan nada sedang
3. Lagu “ Naik Delman ” dengan nada tempo Allegro ( cepat )
Ayo Berlatih
Setelah menyimak puisi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Alternatif Jawaban :
1. Cita-citaku
2. Cita-citaku Pemain Biola
3. 3 bait
4. 4 baris
Ayo Mengamati
Perhatikan kembali puisi "Cita-Citaku" dengan saksama. Amatilah bunyi vokal setiap kata terakhir pada setiap baris puisi!
Perhatikan contoh berikut!
Suara indah alat musik ------------------------------- i
Alunannya tenang mendayu ------------------------- u
Seakan selalu berbisik -------------------------------- i
Aku selalu ada untukmu ----------------------------- u
Aku suka alat musik itu ------------------------------ u
Karena itu aku ingin menjadi pemainnya ---------- a
Inilah cita-citaku -------------------------------------- u
Menjadi pemain biola --------------------------------- a
Langkah-langkah kujalani ---------------------------- i
Semua cobaan kulewati ------------------------------- i
Untuk mendapatkan apa yang kuinginkan --------- a
Semua akan kuperjuangkan -------------------------- a
Apakah kesimpulanmu setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi di atas?
Alternatif jawaban :
Kesimpulan setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi cita-citaku adalah terdapat keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris
Coba bandingkan dengan bait puisi berikut!
Ayo Membaca
Alternatif Jawaban :
Ayo Mencoba
Carilah sebuah puisi anak dari berbagai sumber informasi. Kamu dapat mencarinya di majalah anak atau koran anak. Guntinglah dan tempelkan pada bukumu. Jangan lupa menuliskan nama penulisnya dan sumber informasi yang kamu gunakan. Salinlah puisi tersebut, lalu tentukan vokal terakhir dari setiap baris puisi tersebut! Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan teman sekelompokmu yang terdiri atas empat orang. Bandingkan hasil temuanmu. Apakah Kesimpulanmu?
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah ini!
Kepompong merupakan bagian dari pertumbuhan dan perkembangan kupukupu. Di dalam kepompong itu ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa disebut siklus hidup atau daur hidup.
Kita sudah mengetahui daur hidup hewan peliharaan, seperti ayam, kelinci, dan kucing. Kupu-kupu memiliki daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan meta- morfosis.
Berikut ini metamorfosis kupu-kupu.
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2. Perhatikanlah daur hidup kupu-kupu dan belalang di depan.
3. Diskusikanlah perbedaan daur hidup kupu-kupu dengan daur hidup belalang tersebut.
4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu!
Alternatif Jawaban :
Perbedaan daur hidup kupu-kupu dan belalang sebagai berikut
Perbedaan daur hidup kupu-kupu, daur hidup pada kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya sedangkan daur hidup pada belalang tidak semua tahapannya mengalami perubahan .
Daur hidup kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya. Sementara itu, tidak semua tahapan dalam daur hidup belalang mengalami perubahan. Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna. Sebaliknya belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Baliknya.
Dapatkah kamu menemukan contoh hewan lain yang mengalami metamorfosis
sempurna dan tidak sempurna?
Alternatif Jawaban :
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna:
1.Nyamuk
2.Katak
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna:
1.Jangkrik
2.Ayam
3.Kecoa
Ayo Renungkan
1. Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
2. Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
3. Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
Kerja Sama dengan Orang Tua
• Siswa dibantu orang tua mencari gambar-gambar dari majalah bekas atau koran bekas untuk membuat daur hidup hewan.
• Gambar-gambar tersebut digunting dan ditempel pada selembar kertas sehingga membentuk daur hidup hewan. Pada di setiap gambar tahapan daur hidup hewan diberi keterangan singkat.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 14, 16, 17, 21 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 2. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 10-22 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Siti bercita-cita menjadi seorang peneliti tumbuhan dan hewan. Ia suka sekali mempelajari pengetahuan tentang tumbuhan dan hewan. Banyak buku tentang hewan dan tumbuhan yang dibacanya. Pengetahuan itu digunakan Siti sebagai bekal untuk merawat hewanpeliharaannya dan tumbuhan yang ditanamnya.
Siti memelihara beberapa ekor kelinci di rumahnya. Kelinci-kelinci itu bermain bebas di belakang rumah Siti yang asri. Ada beberapa pohon tumbuh di halaman belakangnya. Pohon yang rindang menjadikan udara sejuk. Siti senang menghabiskan waktunya di sana untuk menyiram tanaman dan memberi makan kelincinya.
Perhatikan gambar halaman rumah Siti di bawah.
Selanjutnya, sebutkan jenis hewan yang ada di halaman belakang rumah Siti!
Apakah kamu melihat kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang sedang mekar?
Kamu tentu ingat ada sebuah lagu tentang kupu-kupu. Ayo, nyanyikanlah!
Bagaimana kamu menyanyikan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" tersebut?
Apakah kamu menyanyikan dengan cepat?
Apakah kamu menyanyikan dengan lambat?
Bagaimana perasaanmu jika lagu itu dinyanyikan dengan cepat?
Setiap hewan dan tumbuhan membutuhkan air. Air dapat berasal dari airhujan atau sumber air.
Coba bandingkan dengan lagu berikut!
Ada lagu yang dinyanyikan dengan lambat, ada juga lagu yang dinyanyikan dengan cepat. Cepat dan lambatnya lagu dinyanyikan disebut tempo lagu. Ada tanda atau istilah untuk menunjukkan tempo lagu.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 14
Ayo MengamatiAmatilah kembali penulisan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" di depan. Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut. Kemudian, cocokkan dengan keterangan atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu berikut.
Alternatif Jawaban:
1.Tanda tempo yang terdapat pada notasi lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" adalah tanda tempo Lento (lebih lambat ).
Tanda tempo yang terdapat pada notasi lagu "Tik-Tik Bunyi Hujan" adalah tanda tempo Andante (sedang)
2. Tanda tempo pada lagu kupu-kupu yang lucu adalah tanda tempo lento yang berarti dinyanyikan dengan nada lebih lambat sedangkan tanda tempo lagu tik-tik bunyi hujan adalah tanda tempo andante atau dinyanyikan dengan nada sedang
3. Lagu “ Naik Delman ” dengan nada tempo Allegro ( cepat )
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 16
Ayo BerlatihSetelah menyimak puisi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Alternatif Jawaban :
1. Cita-citaku
2. Cita-citaku Pemain Biola
3. 3 bait
4. 4 baris
Ayo Mengamati
Perhatikan kembali puisi "Cita-Citaku" dengan saksama. Amatilah bunyi vokal setiap kata terakhir pada setiap baris puisi!
Perhatikan contoh berikut!
Suara indah alat musik ------------------------------- i
Alunannya tenang mendayu ------------------------- u
Seakan selalu berbisik -------------------------------- i
Aku selalu ada untukmu ----------------------------- u
Aku suka alat musik itu ------------------------------ u
Karena itu aku ingin menjadi pemainnya ---------- a
Inilah cita-citaku -------------------------------------- u
Menjadi pemain biola --------------------------------- a
Langkah-langkah kujalani ---------------------------- i
Semua cobaan kulewati ------------------------------- i
Untuk mendapatkan apa yang kuinginkan --------- a
Semua akan kuperjuangkan -------------------------- a
Apakah kesimpulanmu setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi di atas?
Jawaema 6 Kelas 4 Halaman 17
Alternatif jawaban :
Kesimpulan setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi cita-citaku adalah terdapat keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris
Coba bandingkan dengan bait puisi berikut!
Ayo Membaca
Alternatif Jawaban :
Ayo Mencoba
Carilah sebuah puisi anak dari berbagai sumber informasi. Kamu dapat mencarinya di majalah anak atau koran anak. Guntinglah dan tempelkan pada bukumu. Jangan lupa menuliskan nama penulisnya dan sumber informasi yang kamu gunakan. Salinlah puisi tersebut, lalu tentukan vokal terakhir dari setiap baris puisi tersebut! Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan teman sekelompokmu yang terdiri atas empat orang. Bandingkan hasil temuanmu. Apakah Kesimpulanmu?
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah ini!
Kepompong merupakan bagian dari pertumbuhan dan perkembangan kupukupu. Di dalam kepompong itu ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa disebut siklus hidup atau daur hidup.
Kita sudah mengetahui daur hidup hewan peliharaan, seperti ayam, kelinci, dan kucing. Kupu-kupu memiliki daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan meta- morfosis.
Berikut ini metamorfosis kupu-kupu.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 21
Ayo Berdiskusi1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2. Perhatikanlah daur hidup kupu-kupu dan belalang di depan.
3. Diskusikanlah perbedaan daur hidup kupu-kupu dengan daur hidup belalang tersebut.
4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu!
Alternatif Jawaban :
Perbedaan daur hidup kupu-kupu dan belalang sebagai berikut
Perbedaan daur hidup kupu-kupu, daur hidup pada kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya sedangkan daur hidup pada belalang tidak semua tahapannya mengalami perubahan .
Daur hidup kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya. Sementara itu, tidak semua tahapan dalam daur hidup belalang mengalami perubahan. Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna. Sebaliknya belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Baliknya.
Dapatkah kamu menemukan contoh hewan lain yang mengalami metamorfosis
sempurna dan tidak sempurna?
Alternatif Jawaban :
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna:
1.Nyamuk
2.Katak
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna:
1.Jangkrik
2.Ayam
3.Kecoa
Ayo Renungkan
1. Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
2. Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
3. Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
Kerja Sama dengan Orang Tua
• Siswa dibantu orang tua mencari gambar-gambar dari majalah bekas atau koran bekas untuk membuat daur hidup hewan.
• Gambar-gambar tersebut digunting dan ditempel pada selembar kertas sehingga membentuk daur hidup hewan. Pada di setiap gambar tahapan daur hidup hewan diberi keterangan singkat.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 14, 16, 17, 21 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 2. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 14, 16, 17, 21"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.