Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, PKN dan IPS.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 23-33 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Beni berjalan beriringan dengan Made. Made ter tarik dengan sebuah gulungan koran anak yang dibawa Beni. “Apa yang kamu bawa, Ben? tanya Made. Aku ingin menunjukkan sebuah artikel di koran ini kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil tersenyum.
“Artikel tentang apakah itu, Ben? Aku jadi penasaran!” kata Made tidak sabar. “Ini tentang seorang pemuda yang berani, kawan! Walaupun masih muda, ia telah menjadi peternak dan pengusaha yang hebat!” kata Beni bangga. “Wah! Hebat! Bolehkah aku membacanya sekarang?” pinta Made tidak sabar.
“Hanya untuk kawanku, kau boleh membacanya sekarang sebelum aku memberikannya kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil mengulurkan gulungan koran anak tersebut kepada Beni.
Apakah kamu juga ingin tahu isi artikel yang dibawa Beni?
Yuk, kita baca bersama!
Ayo Membaca
Bacalah artikel berikut dengan saksama!
Alternatif Jawaban :
1. Pengusaha muda
2. Membangun sebuah peternakan
3. Kendalanya adalah modal dan lahan
4. Mimpi triyono adalah bisa memenuhi pasokan daging sapi di jakarta yang saat ini masi impor dari luar negeri
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar-gambar berikut!
Pernahkah kamu melihat kegiatan tersebut?
Hewan-hewan tersebut dipelihara oleh manusia dan dimanfaatkan manusia sesuai dengan tujuannya. Para peternak berusaha agar hasil peternakannya memiliki kualitas yang baik.
Keahlian apa saja yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan
hewan ternak yang berkualitas?
Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!
Alternatif Jawaban :
Keahlian apa saja yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan
hewan ternak yang berkualitas adalah:
1. Keahlian merawat hewan ternak
2. Memperhatikan kualitas pakan ternak
3. Keahlian dalam membersihkan kandang ternak
Selain beternak, kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lingkungan alam yang mendukung tumbuhnya aneka jenis tanaman pertanian. Kondisi tersebut menghasilkan produk pertanian dengan kualitas baik.
Perhatikan gambar-gambar hasil pertanian masyarakat Indonesia berikut ini!
Tumbuhan dapat tumbuh subur jika dirawat dengan baik. Selain perawatan, tumbuhan juga memerlukan lingkungan yang sesuai. Menurutmu, di lingkungan seperti apakah pohon apel dan mangga dapat tumbuh dengan subur ?
Di lingkungan seperti apakah sayuran brokoli, wortel, dan kol dapat tumbuh dengan subur?
Peta konsep adalah gambar yang menghubungkan satu ide utama dengan ide-de pendukung. Peta konsep dapat digunakan untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan menggunakan bagan atau diagram.
Buatlah peta konsep tentang lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh subur.
Alternatif Jawaban :
Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menyebabkan perbedaan potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk.
Sumber daya alam ada berbagai macam. Ada sumber daya alam yang dapat
diperbarui, tetapi ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali dalam waktu yang tidak lama. Tumbuhan dan hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Kita dapat menghasilkan kembali tumbuhan dan hewan untuk dimanfaatkan. Tumbuhan dapat dihasilkan melalui usaha pertanian. Hewan dapat dihasilkan melalui usaha peternakan.
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2. Diskusikan mengenai hal-hal berikut.
a. Di antara lingkungan-lingkungan berikut, termasuk lingkungan apakah daerah tempat tinggalmu?
1) Pegunungan
2) Dataran rendah
3) Pantai
4) Lainnya (tuliskan menurut pengamatanmu)
b. Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu!
c. Tuliskan mata pencaharian (pekerjaan) penduduk di daerahmu!
3. Buatlah laporan hasil diskusimu. Tuliskan laporanmu dalam bentuk tabel seperti berikut!
Alternatif Jawaban :
Alternatif Jawaban No 3
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Pegunungan
Potensi Sumber Daya : Tanaman dataran tinggi seperti kopi, teh,karet
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Perkebunan, Pertanian, Peternakan
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Dataran rendah
Potensi Sumber Daya : Tanaman dataran rendah seperti padi, jagung, kedelai, tembakau, rotan, perikanan dan peternakan
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Pertanian, Buruh dan Guru
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Pantai
Potensi Sumber Daya : Pasir pantai, ikan, rumput laut, garam laut
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Nelayan, petambak ikan, petani garam
Alternatif Jawaban No 4
a. sumber daya alam yang ada di daerah saya sesuai dengan lingkungannya
b. pencaharian penduduk disekitar saya sesuai dengan lingkungannya
Jenis mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitar tempat tinggalmu ada berbagai macam. Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan sesuai dengan lingkunganmu? Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan berguna bagi masyarakat di sekitarmu? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, lakukan kegiatan di bawah ini!
1. Kegiatan dilakukan secara berpasangan dengan teman sebelahmu!
2. Bertanyalah kepada temanmu mengenai hal-hal berikut.
a. Apa cita-citamu?
b. Apa manfaat cita-citamu bagi kehidupan di sekitarmu?
3. Laporkan hasil jawabanmu pada diskusi kelas. Tuliskan hasil diskusi dengan mengisi tabel seperti berikut.
Kamu sudah mengetahui beragam cita-cita teman sekelasmu! Dapatkah kamu membuat kesimpulan tentang cita-cita mereka yang beragam tersebut?
Alternatif Jawaban :
No 3
Nama Siswa : Ari
Cita-Cita : Guru
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Mendidik murid dengan ilmu yang berguna
Nama Siswa : Yudi
Cita-Cita : Arsitek
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Menggambar dan Mendesain rumah
Nama Siswa : Adi
Cita-Cita : Polisi
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Melindungi dan mengayomi masyarakat
Nama Siswa : Nana
Cita-Cita : Dokter
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Mengobati orang sakit
Kesimpulanku : Cita-Cita teman-temanku sangat beragam, Ada yang ingin jadi Guru, Arsitek, Polisi dan Dokter. Untuk mewujudkan cita-cita kita yang harus kita lakukan adalah belajar dan berlatih dengan tekun dan disiplin serta diiringi Do'a agar cita-cita kita tercapai.
Ayo Membaca
Keragaman sumber daya alam, lingkungan, pekerjaan dan cita-cita memperkaya masyarakat Indonesia. Kini kamu tahu bahwa keragaman itu membuat hidupmu semakin berwarna. Keindahan keragaman dituangkan dalam puisi berikut ini. Ayo, simaklah puisi berikut!
Alternatif Jawaban :
1. Hidupku penuh warna
2. Hidup penulis penuh dengan keaneka ragaman
3. Mengenai keaneka ragaman dan mengingatkan kita untuk bersyukur
4. Jumlah bait dalam puisi tersebut adalah 4 bait
5. Jumlah baris disetiap baitnya adalah 4 baris
6. Rima adalah persamaan bunyi pada akhir baris atau lirik
Rima bait pertama : a-a-b-b
Rima bait kedua : a-a-a-a
Rima bait ketiga : a-a-a-a
Rima bait keempat : a-b-a-b
Ayo Renungkan
1. Apakah manfaat keragaman bagimu?
2. Sikap apakah yang perlu dikembangkan untuk menghadapi keragaman?
3. Hal baru apa saja yang kamu temukan pada pembelajaran hari ini?
Kerja Sama dengan Orang Tua
• Siswa membacakan puisi yang telah dibuat di sekolah di depan orang tuanya.
• Siswa berdiskusi dengan orang tua tentang cara-cara yang ditempuh untuk mencapai cita-cita.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 3. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 23-33 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Beni berjalan beriringan dengan Made. Made ter tarik dengan sebuah gulungan koran anak yang dibawa Beni. “Apa yang kamu bawa, Ben? tanya Made. Aku ingin menunjukkan sebuah artikel di koran ini kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil tersenyum.
“Artikel tentang apakah itu, Ben? Aku jadi penasaran!” kata Made tidak sabar. “Ini tentang seorang pemuda yang berani, kawan! Walaupun masih muda, ia telah menjadi peternak dan pengusaha yang hebat!” kata Beni bangga. “Wah! Hebat! Bolehkah aku membacanya sekarang?” pinta Made tidak sabar.
“Hanya untuk kawanku, kau boleh membacanya sekarang sebelum aku memberikannya kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil mengulurkan gulungan koran anak tersebut kepada Beni.
Apakah kamu juga ingin tahu isi artikel yang dibawa Beni?
Yuk, kita baca bersama!
Ayo Membaca
Bacalah artikel berikut dengan saksama!
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 6 Halaman 25
Alternatif Jawaban :
1. Pengusaha muda
2. Membangun sebuah peternakan
3. Kendalanya adalah modal dan lahan
4. Mimpi triyono adalah bisa memenuhi pasokan daging sapi di jakarta yang saat ini masi impor dari luar negeri
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar-gambar berikut!
Pernahkah kamu melihat kegiatan tersebut?
Hewan-hewan tersebut dipelihara oleh manusia dan dimanfaatkan manusia sesuai dengan tujuannya. Para peternak berusaha agar hasil peternakannya memiliki kualitas yang baik.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 26
Ayo BerlatihKeahlian apa saja yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan
hewan ternak yang berkualitas?
Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!
Alternatif Jawaban :
Keahlian apa saja yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan
hewan ternak yang berkualitas adalah:
1. Keahlian merawat hewan ternak
2. Memperhatikan kualitas pakan ternak
3. Keahlian dalam membersihkan kandang ternak
Selain beternak, kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lingkungan alam yang mendukung tumbuhnya aneka jenis tanaman pertanian. Kondisi tersebut menghasilkan produk pertanian dengan kualitas baik.
Perhatikan gambar-gambar hasil pertanian masyarakat Indonesia berikut ini!
Tumbuhan dapat tumbuh subur jika dirawat dengan baik. Selain perawatan, tumbuhan juga memerlukan lingkungan yang sesuai. Menurutmu, di lingkungan seperti apakah pohon apel dan mangga dapat tumbuh dengan subur ?
Di lingkungan seperti apakah sayuran brokoli, wortel, dan kol dapat tumbuh dengan subur?
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 28
Ayo BerlatihPeta konsep adalah gambar yang menghubungkan satu ide utama dengan ide-de pendukung. Peta konsep dapat digunakan untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan menggunakan bagan atau diagram.
Buatlah peta konsep tentang lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh subur.
Alternatif Jawaban :
Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menyebabkan perbedaan potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk.
Sumber daya alam ada berbagai macam. Ada sumber daya alam yang dapat
diperbarui, tetapi ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali dalam waktu yang tidak lama. Tumbuhan dan hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Kita dapat menghasilkan kembali tumbuhan dan hewan untuk dimanfaatkan. Tumbuhan dapat dihasilkan melalui usaha pertanian. Hewan dapat dihasilkan melalui usaha peternakan.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 29
Ayo Berdiskusi1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2. Diskusikan mengenai hal-hal berikut.
a. Di antara lingkungan-lingkungan berikut, termasuk lingkungan apakah daerah tempat tinggalmu?
1) Pegunungan
2) Dataran rendah
3) Pantai
4) Lainnya (tuliskan menurut pengamatanmu)
b. Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu!
c. Tuliskan mata pencaharian (pekerjaan) penduduk di daerahmu!
3. Buatlah laporan hasil diskusimu. Tuliskan laporanmu dalam bentuk tabel seperti berikut!
Alternatif Jawaban :
Alternatif Jawaban No 3
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Pegunungan
Potensi Sumber Daya : Tanaman dataran tinggi seperti kopi, teh,karet
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Perkebunan, Pertanian, Peternakan
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Dataran rendah
Potensi Sumber Daya : Tanaman dataran rendah seperti padi, jagung, kedelai, tembakau, rotan, perikanan dan peternakan
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Pertanian, Buruh dan Guru
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Pantai
Potensi Sumber Daya : Pasir pantai, ikan, rumput laut, garam laut
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Nelayan, petambak ikan, petani garam
Alternatif Jawaban No 4
a. sumber daya alam yang ada di daerah saya sesuai dengan lingkungannya
b. pencaharian penduduk disekitar saya sesuai dengan lingkungannya
Jenis mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitar tempat tinggalmu ada berbagai macam. Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan sesuai dengan lingkunganmu? Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan berguna bagi masyarakat di sekitarmu? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, lakukan kegiatan di bawah ini!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 30
Ayo Berlatih1. Kegiatan dilakukan secara berpasangan dengan teman sebelahmu!
2. Bertanyalah kepada temanmu mengenai hal-hal berikut.
a. Apa cita-citamu?
b. Apa manfaat cita-citamu bagi kehidupan di sekitarmu?
3. Laporkan hasil jawabanmu pada diskusi kelas. Tuliskan hasil diskusi dengan mengisi tabel seperti berikut.
Kamu sudah mengetahui beragam cita-cita teman sekelasmu! Dapatkah kamu membuat kesimpulan tentang cita-cita mereka yang beragam tersebut?
Alternatif Jawaban :
No 3
Nama Siswa : Ari
Cita-Cita : Guru
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Mendidik murid dengan ilmu yang berguna
Nama Siswa : Yudi
Cita-Cita : Arsitek
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Menggambar dan Mendesain rumah
Nama Siswa : Adi
Cita-Cita : Polisi
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Melindungi dan mengayomi masyarakat
Nama Siswa : Nana
Cita-Cita : Dokter
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Mengobati orang sakit
Kesimpulanku : Cita-Cita teman-temanku sangat beragam, Ada yang ingin jadi Guru, Arsitek, Polisi dan Dokter. Untuk mewujudkan cita-cita kita yang harus kita lakukan adalah belajar dan berlatih dengan tekun dan disiplin serta diiringi Do'a agar cita-cita kita tercapai.
Ayo Membaca
Keragaman sumber daya alam, lingkungan, pekerjaan dan cita-cita memperkaya masyarakat Indonesia. Kini kamu tahu bahwa keragaman itu membuat hidupmu semakin berwarna. Keindahan keragaman dituangkan dalam puisi berikut ini. Ayo, simaklah puisi berikut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 31, 32
Alternatif Jawaban :
1. Hidupku penuh warna
2. Hidup penulis penuh dengan keaneka ragaman
3. Mengenai keaneka ragaman dan mengingatkan kita untuk bersyukur
4. Jumlah bait dalam puisi tersebut adalah 4 bait
5. Jumlah baris disetiap baitnya adalah 4 baris
6. Rima adalah persamaan bunyi pada akhir baris atau lirik
Rima bait pertama : a-a-b-b
Rima bait kedua : a-a-a-a
Rima bait ketiga : a-a-a-a
Rima bait keempat : a-b-a-b
Ayo Renungkan
1. Apakah manfaat keragaman bagimu?
2. Sikap apakah yang perlu dikembangkan untuk menghadapi keragaman?
3. Hal baru apa saja yang kamu temukan pada pembelajaran hari ini?
Kerja Sama dengan Orang Tua
• Siswa membacakan puisi yang telah dibuat di sekolah di depan orang tuanya.
• Siswa berdiskusi dengan orang tua tentang cara-cara yang ditempuh untuk mencapai cita-cita.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 3. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.