Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, PKN dan IPS.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 23-33 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 23

Beni berjalan beriringan dengan Made. Made ter tarik dengan sebuah gulungan koran anak yang dibawa Beni. “Apa yang kamu bawa, Ben?  tanya Made. Aku ingin menunjukkan sebuah artikel di koran ini kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil tersenyum.
“Artikel tentang apakah itu, Ben? Aku jadi penasaran!” kata Made tidak sabar. “Ini tentang seorang pemuda yang berani, kawan! Walaupun masih muda, ia telah menjadi peternak dan pengusaha yang hebat!” kata Beni bangga. “Wah!  Hebat!  Bolehkah aku membacanya sekarang?”  pinta Made tidak sabar.
“Hanya untuk kawanku, kau boleh membacanya sekarang sebelum aku memberikannya kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil mengulurkan gulungan koran anak tersebut kepada Beni.
Apakah kamu juga ingin tahu isi artikel yang dibawa Beni?
Yuk, kita baca bersama!
Ayo Membaca
Bacalah artikel berikut dengan saksama!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 24

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 6 Halaman 25

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 25

Alternatif Jawaban :
1. Pengusaha muda
2. Membangun sebuah peternakan
3. Kendalanya adalah modal dan lahan
4. Mimpi triyono adalah bisa memenuhi pasokan daging sapi di jakarta yang saat ini masi impor             dari luar negeri

Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar-gambar berikut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 26

Pernahkah kamu melihat kegiatan tersebut?
Hewan-hewan tersebut dipelihara oleh manusia dan dimanfaatkan manusia sesuai dengan tujuannya. Para peternak berusaha agar hasil peternakannya memiliki kualitas yang baik.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 26

Ayo Berlatih
Keahlian apa saja yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan
hewan ternak yang berkualitas?
Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 27

Alternatif Jawaban :
Keahlian apa saja yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan
hewan ternak yang berkualitas adalah:
1. Keahlian merawat hewan ternak
2. Memperhatikan kualitas pakan ternak
3. Keahlian dalam membersihkan kandang ternak

Selain beternak, kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lingkungan alam yang mendukung tumbuhnya aneka jenis tanaman pertanian. Kondisi tersebut menghasilkan produk pertanian dengan kualitas baik.
Perhatikan gambar-gambar hasil pertanian masyarakat Indonesia berikut ini!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 27 K13

Tumbuhan dapat tumbuh subur jika dirawat dengan baik. Selain perawatan, tumbuhan juga memerlukan lingkungan yang sesuai. Menurutmu, di lingkungan seperti apakah pohon apel dan mangga dapat tumbuh dengan subur ?
Di lingkungan seperti apakah sayuran brokoli, wortel, dan kol dapat tumbuh dengan subur?

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 28

Ayo Berlatih
Peta konsep adalah gambar yang menghubungkan satu ide utama dengan ide-de pendukung. Peta konsep dapat digunakan untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan menggunakan bagan atau diagram.
Buatlah peta konsep tentang lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh subur.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 28

Alternatif Jawaban :
Jawaban Tematik

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menyebabkan perbedaan potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk.
Sumber daya alam ada berbagai macam. Ada sumber daya alam yang dapat
diperbarui, tetapi ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali dalam waktu yang tidak lama. Tumbuhan dan hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Kita dapat menghasilkan kembali tumbuhan dan hewan untuk dimanfaatkan. Tumbuhan dapat dihasilkan melalui usaha pertanian. Hewan dapat dihasilkan melalui usaha peternakan.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 29

Ayo Berdiskusi
1.  Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2.  Diskusikan mengenai hal-hal berikut.
a.  Di antara lingkungan-lingkungan berikut, termasuk lingkungan apakah daerah tempat tinggalmu?
1)  Pegunungan
2)  Dataran rendah
3) Pantai
4) Lainnya (tuliskan menurut pengamatanmu)
b. Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu!
c.  Tuliskan mata pencaharian (pekerjaan) penduduk di daerahmu!
3. Buatlah laporan hasil diskusimu. Tuliskan laporanmu dalam bentuk tabel seperti berikut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 29


Alternatif Jawaban : 
Alternatif Jawaban No 3 
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Pegunungan
Potensi Sumber Daya : Tanaman dataran tinggi seperti kopi, teh,karet
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Perkebunan, Pertanian, Peternakan

Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Dataran rendah
Potensi Sumber Daya : Tanaman dataran rendah seperti padi, jagung, kedelai, tembakau, rotan,                                                 perikanan dan peternakan
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Pertanian, Buruh dan Guru

Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Pantai
Potensi Sumber Daya : Pasir pantai, ikan, rumput laut, garam laut
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Nelayan, petambak ikan, petani garam

Alternatif Jawaban No 4
a. sumber daya alam yang ada di daerah saya sesuai dengan lingkungannya
b. pencaharian penduduk disekitar saya sesuai dengan lingkungannya

Jenis mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitar tempat tinggalmu ada berbagai macam. Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan sesuai dengan lingkunganmu? Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan berguna bagi masyarakat di sekitarmu? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, lakukan kegiatan di bawah ini!

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 30

Ayo Berlatih
1.  Kegiatan dilakukan secara berpasangan dengan teman sebelahmu!
2.  Bertanyalah kepada temanmu mengenai hal-hal berikut.
     a.  Apa cita-citamu?
     b.  Apa manfaat cita-citamu bagi kehidupan di sekitarmu?
3.  Laporkan hasil jawabanmu pada diskusi kelas. Tuliskan hasil diskusi dengan mengisi tabel seperti      berikut.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 30

Kamu sudah mengetahui beragam cita-cita teman sekelasmu! Dapatkah kamu membuat kesimpulan tentang cita-cita mereka yang beragam tersebut?
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 30 K13

Alternatif Jawaban :
No 3 
Nama Siswa : Ari
Cita-Cita : Guru
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Mendidik murid dengan ilmu yang berguna

Nama Siswa : Yudi
Cita-Cita : Arsitek
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Menggambar dan Mendesain rumah

Nama Siswa : Adi
Cita-Cita : Polisi
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Melindungi dan mengayomi masyarakat

Nama Siswa : Nana
Cita-Cita : Dokter
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Mengobati orang sakit

Kesimpulanku : Cita-Cita teman-temanku sangat beragam, Ada yang ingin jadi Guru, Arsitek, Polisi dan Dokter. Untuk mewujudkan cita-cita kita yang harus kita lakukan adalah belajar dan berlatih dengan tekun dan disiplin serta diiringi Do'a agar cita-cita kita tercapai.

Ayo Membaca 
Keragaman sumber daya alam, lingkungan, pekerjaan dan cita-cita memperkaya masyarakat Indonesia. Kini kamu tahu bahwa keragaman itu membuat hidupmu semakin berwarna. Keindahan keragaman dituangkan dalam puisi berikut ini. Ayo, simaklah puisi berikut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 31

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 31, 32

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 32

Alternatif Jawaban : 
1. Hidupku penuh warna
2. Hidup penulis penuh dengan keaneka ragaman
3. Mengenai keaneka ragaman dan mengingatkan kita untuk bersyukur
4. Jumlah bait dalam puisi tersebut adalah 4 bait
5. Jumlah baris disetiap baitnya adalah 4 baris
6. Rima adalah persamaan bunyi pada akhir baris atau lirik
Rima bait pertama : a-a-b-b
Rima bait kedua    : a-a-a-a
Rima bait ketiga    : a-a-a-a
Rima bait keempat : a-b-a-b

Ayo Renungkan
1.  Apakah manfaat keragaman bagimu?
2.  Sikap apakah yang perlu dikembangkan untuk menghadapi keragaman?
3.  Hal baru apa saja yang kamu temukan pada pembelajaran hari ini?

Kerja Sama dengan Orang Tua
• Siswa membacakan puisi yang telah dibuat di sekolah di depan orang tuanya.
• Siswa berdiskusi dengan orang tua tentang cara-cara yang ditempuh untuk mencapai cita-cita.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 3. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel