Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 153, 154, 157
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 153, 154, 157- Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia dan SBDP.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 152-157 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Canho Pasirua, Kisah Pianis Cilik Indonesia untuk Ajang Internasional
Seorang bocah yang belum genap berumur tiga tahun menangis sambil mengguling-gulingkan badannya di tengah pasar karena permintaannya tidak dipenuhi ibunya. Sang anak sangat ingin memiliki harmonika mainan. Sang ibunda akhirnya memenuhi permintaan anaknya hanya agar dia segera berhenti menangis.
Harmonika mainan itu menjadi sahabat akrab anak balita tersebut di rumah setiap hari. Tidak hanya itu, anak tersebut akan sangat serius menyaksikan acara musik yang sedang ditayangkan di televisi.
Bahkan matanya tampak melotot dan berdiri sangat dekat dengan layar televisi bila melihat pemain piano atau keyboard sedang beraksi. Belakangan anak ini harus menempuh ke sebuah kota lain, yang berjarak 140 kilometer dari kota kelahirannya, agar bisa bermain piano. Hal itu karena di kotanya, tidak ada piano. Itulah sepenggal kisah Canho Pasirua, pianis cilik asal Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang akan mewakili Indonesia ke ajang kompetisi internasional di Amerika Serikat.
Canho sebentar lagi akan berlaga di Kejuaraan Dunia Seni Pertunjukan atau “World Championship Perfoming Arts (WCOPA) 2016” di Long Beach, California, AS, 7-19 Juli 2016. Pada Rabu (29/6/2016), bocah bernama lengkap Yohanes De Capestrano Jambru Pasirua itu menggebrak Jakarta. Cancho mempertontonkan kebolehannya dalam memainkan komposisi karya para pemusik klasik dunia di Musro, Hotel Borobudur, Jakarta.
Sumber : www.nasional.kompas.com
Alternatif Jawaban :
1. Bakat yang dimiliki Canho Pasirua adalah bermain piano
2. Usahanya Canho Pasirua untuk mencapai cita-citanya adalah harus menempuh ke sebuah kota lain, yang berjarak 140 kilometer dari kota kelahirannya, agar bisa bermain piano.
3. Prestasi yang telah diraih Canho Pasirua adalah lolos seleksi oleh World Championship Perfoming Arts (WCOPA) Indonesia.
4. Deskripsikan sosok Canho dengan menggunakan kata-kata sendiri
Canho Pasiruan adalah seorang anak yang suka dengan alat musik piano atau keybord, waktu kecil dia memiliki harmonika mainan yang di anggap sebagai sahabat akrabnya dan dia juga sangat suka menyaksikan acara musik di televisi bahkan matanya tampak melotot dan berdiri sangat dekat dengan layar televisi bila melihat pemain piano atau keyboard sedang beraksi, saat canho menjadi dewasa ia telah mengikuti lomba kompetisi Internasional di Amerika Serikat. Canho juga akan mengikuti perlombaan di kejuaraan dunia seni pertunjukan atau “World Championship Perfoming Arts (WCOPA) 2016”
Ayo Membaca
Pilihlah satu puisi yang dapat kamu ambil dari mana saja untuk dideklamasikan.
Ayo, lakukan langkah-langkah berikut!
1. Pastikan puisimu terdiri atas paling sedikit dua bait.
2. Pelajari puisi tersebut dengan saksama untuk memahami isi puisi. Tuliskan isi puisi tersebut dalam bentuk paragraf.
3. Tentukan ekspresi wajah yang akan mewakili isi puisi.
4. Pelajari rima dan irama puisi untuk menentukan jeda, dan tekanan. Gunakan tanda jeda dan tekanan pada beberapa kata untuk menguatkan makna.
5. Hafalkan puisi baris per baris.
6. Deklamasikan beberapa kali untuk memastikan pelafalan, jeda dan tekanannya tepat.
7. Pastikan ekspresi wajahmu tepat pada saat mendeklamasikan puisi.
8. Deklamasikan puisimu di depan kelas dengan percaya diri.
Ayo Berkreasi
Melakukan kegiatan seni memang menyenangkan. Kegiatan berkesenian membantu kita untuk mengekspresikan perasaan terhadap peristiwa di sekitar kita.Selain seni sastra, seni rupa merupakan salah satu seni yang membantu kita untuk menuangkan gagasan ke dalam bentuk dan bahan yang berbeda.
Sebelumnya kamu telah mempelajari seni rupa berupa montase dan kolase. Kini, kamu akan lebih banyak mengetahui tentang mozaik. Mozaik adalah pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong atau sudah dibentuk potongan. Potongan-potongan tersebut kemudian disusun dengan cara ditempelkan pada bidang datar menggunakan lem. Kepingan benda-benda itu, antara lain kepingan pecahan keramik, potongan kaca, potongan kertas, potongan daun, dan potongan kayu. Untuk membuat garis yang membatasi ruangan atau bidang digunakan tempelan-tempelan yang berbeda warna. Mozaik dibuat dari bahan-bahan yang sifatnya lembaran atau kepingan yang kemudian ditempel pada bidang datar sehingga membentuk sebuah gambar.
Langkah-langkah membuat mozaik
1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat mozaik.
a. Kertas origami, kertas koran/majalah bekas, dan biji-bijian
b. Lem
c. Pensil
d. Penghapus
e. Kertas gambar A4
f. Gunting/pelubang kertas
2. Buatlah sketsa atau gambar pola pada buku gambar sesuai dengan keinginan kita, misalnya seperti gambar di bawah ini.
3. Potonglah kertas tersebut menjadi potongan kecil-kecil.
4. Kemudian tempelkan satu persatu potongan kertas yang sudah disiapkan pada sketsa atau gambar pola yang telah dibuat. Untuk menempelkan potongan kertas tersebut, kamu dapat menggunakan alat bantu, seperti jarum atau benda runcing lainnya.
5. Tutupi pola secara menyeluruh dengan kertas warna-warni sesuai dengan keinginanmu.
Semangat apa yang kamu pelajari dari Canho?
Alternatif Jawaban : Semangat belajar yang besar
Sebutkan paling sedikit dua hal baru yang kamu dapatkan pada pembelajaran hari ini.
Alternatif Jawaban : Membuat mozaik dan menggambar sketsa atau pola
Keterampilan apa sajakah yang kamu kembangkan pada pembelajaran hari ini?
Alternatif Jawaban : Membuat mozaik
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tuamu, buatlah sebuah karya mozaik dengan memanfaatkan biji-bijian atau potongan-potongan barang bekas yang ada di rumah. Warnai bahan-bahan tersebut dengan pewarna, lalu keringkan. Buatlah pola gambar bersama dengan keluargamu, lalu susunlah biji-bijian tersebut bersama-sama.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 153, 154, 157- Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 6 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 152-157 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Canho Pasirua, Kisah Pianis Cilik Indonesia untuk Ajang Internasional
Seorang bocah yang belum genap berumur tiga tahun menangis sambil mengguling-gulingkan badannya di tengah pasar karena permintaannya tidak dipenuhi ibunya. Sang anak sangat ingin memiliki harmonika mainan. Sang ibunda akhirnya memenuhi permintaan anaknya hanya agar dia segera berhenti menangis.
Harmonika mainan itu menjadi sahabat akrab anak balita tersebut di rumah setiap hari. Tidak hanya itu, anak tersebut akan sangat serius menyaksikan acara musik yang sedang ditayangkan di televisi.
Bahkan matanya tampak melotot dan berdiri sangat dekat dengan layar televisi bila melihat pemain piano atau keyboard sedang beraksi. Belakangan anak ini harus menempuh ke sebuah kota lain, yang berjarak 140 kilometer dari kota kelahirannya, agar bisa bermain piano. Hal itu karena di kotanya, tidak ada piano. Itulah sepenggal kisah Canho Pasirua, pianis cilik asal Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang akan mewakili Indonesia ke ajang kompetisi internasional di Amerika Serikat.
Canho sebentar lagi akan berlaga di Kejuaraan Dunia Seni Pertunjukan atau “World Championship Perfoming Arts (WCOPA) 2016” di Long Beach, California, AS, 7-19 Juli 2016. Pada Rabu (29/6/2016), bocah bernama lengkap Yohanes De Capestrano Jambru Pasirua itu menggebrak Jakarta. Cancho mempertontonkan kebolehannya dalam memainkan komposisi karya para pemusik klasik dunia di Musro, Hotel Borobudur, Jakarta.
Sumber : www.nasional.kompas.com
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 153, 154
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
4. Deskripsikan sosok Canho dengan menggunakan kata-katamu sendiri !
Alternatif Jawaban :
1. Bakat yang dimiliki Canho Pasirua adalah bermain piano
2. Usahanya Canho Pasirua untuk mencapai cita-citanya adalah harus menempuh ke sebuah kota lain, yang berjarak 140 kilometer dari kota kelahirannya, agar bisa bermain piano.
3. Prestasi yang telah diraih Canho Pasirua adalah lolos seleksi oleh World Championship Perfoming Arts (WCOPA) Indonesia.
4. Deskripsikan sosok Canho dengan menggunakan kata-kata sendiri
Canho Pasiruan adalah seorang anak yang suka dengan alat musik piano atau keybord, waktu kecil dia memiliki harmonika mainan yang di anggap sebagai sahabat akrabnya dan dia juga sangat suka menyaksikan acara musik di televisi bahkan matanya tampak melotot dan berdiri sangat dekat dengan layar televisi bila melihat pemain piano atau keyboard sedang beraksi, saat canho menjadi dewasa ia telah mengikuti lomba kompetisi Internasional di Amerika Serikat. Canho juga akan mengikuti perlombaan di kejuaraan dunia seni pertunjukan atau “World Championship Perfoming Arts (WCOPA) 2016”
Ayo Membaca
Pilihlah satu puisi yang dapat kamu ambil dari mana saja untuk dideklamasikan.
Ayo, lakukan langkah-langkah berikut!
1. Pastikan puisimu terdiri atas paling sedikit dua bait.
2. Pelajari puisi tersebut dengan saksama untuk memahami isi puisi. Tuliskan isi puisi tersebut dalam bentuk paragraf.
3. Tentukan ekspresi wajah yang akan mewakili isi puisi.
4. Pelajari rima dan irama puisi untuk menentukan jeda, dan tekanan. Gunakan tanda jeda dan tekanan pada beberapa kata untuk menguatkan makna.
5. Hafalkan puisi baris per baris.
6. Deklamasikan beberapa kali untuk memastikan pelafalan, jeda dan tekanannya tepat.
7. Pastikan ekspresi wajahmu tepat pada saat mendeklamasikan puisi.
8. Deklamasikan puisimu di depan kelas dengan percaya diri.
Ayo Berkreasi
Melakukan kegiatan seni memang menyenangkan. Kegiatan berkesenian membantu kita untuk mengekspresikan perasaan terhadap peristiwa di sekitar kita.Selain seni sastra, seni rupa merupakan salah satu seni yang membantu kita untuk menuangkan gagasan ke dalam bentuk dan bahan yang berbeda.
Sebelumnya kamu telah mempelajari seni rupa berupa montase dan kolase. Kini, kamu akan lebih banyak mengetahui tentang mozaik. Mozaik adalah pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong atau sudah dibentuk potongan. Potongan-potongan tersebut kemudian disusun dengan cara ditempelkan pada bidang datar menggunakan lem. Kepingan benda-benda itu, antara lain kepingan pecahan keramik, potongan kaca, potongan kertas, potongan daun, dan potongan kayu. Untuk membuat garis yang membatasi ruangan atau bidang digunakan tempelan-tempelan yang berbeda warna. Mozaik dibuat dari bahan-bahan yang sifatnya lembaran atau kepingan yang kemudian ditempel pada bidang datar sehingga membentuk sebuah gambar.
Langkah-langkah membuat mozaik
1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat mozaik.
a. Kertas origami, kertas koran/majalah bekas, dan biji-bijian
b. Lem
c. Pensil
d. Penghapus
e. Kertas gambar A4
f. Gunting/pelubang kertas
2. Buatlah sketsa atau gambar pola pada buku gambar sesuai dengan keinginan kita, misalnya seperti gambar di bawah ini.
3. Potonglah kertas tersebut menjadi potongan kecil-kecil.
4. Kemudian tempelkan satu persatu potongan kertas yang sudah disiapkan pada sketsa atau gambar pola yang telah dibuat. Untuk menempelkan potongan kertas tersebut, kamu dapat menggunakan alat bantu, seperti jarum atau benda runcing lainnya.
5. Tutupi pola secara menyeluruh dengan kertas warna-warni sesuai dengan keinginanmu.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 157
Ayo RenungkanSemangat apa yang kamu pelajari dari Canho?
Alternatif Jawaban : Semangat belajar yang besar
Sebutkan paling sedikit dua hal baru yang kamu dapatkan pada pembelajaran hari ini.
Alternatif Jawaban : Membuat mozaik dan menggambar sketsa atau pola
Keterampilan apa sajakah yang kamu kembangkan pada pembelajaran hari ini?
Alternatif Jawaban : Membuat mozaik
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tuamu, buatlah sebuah karya mozaik dengan memanfaatkan biji-bijian atau potongan-potongan barang bekas yang ada di rumah. Warnai bahan-bahan tersebut dengan pewarna, lalu keringkan. Buatlah pola gambar bersama dengan keluargamu, lalu susunlah biji-bijian tersebut bersama-sama.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 153, 154, 157- Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 6 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 153, 154, 157"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.