Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 129 dan 131

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 129 dan 131 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, PKN dan IPS.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 127-135 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 127 K13

Ayo Membaca
Simaklah bacaan berikut ini tentang usaha keras seseorang yang bercita-cita besar.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 127

Sang Arsitek
Pada tahun 1955, presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, mengadakan sayembara membuat desain maket Masjid Istiqlal. Sebanyak 22 dari 30 arsitek lolos pada seleksi awal. Presiden Soekarno pun mengumumkan bahwa pemenangnya adalah seorang bernama Frederich Silaban. Siapakah dia?
Frederich Silaban, lahir di Bonandolok, Sumatra Utara, 16 Desember 1912. Ia adalah seorang lulusan Koningin Wilhelmina School, sebuah sekolah teknik di Jakarta. Meskipun bukan lulusan sekolah arsitektur, ia dapat memenangi sayembara tersebut. Dan semenjak itulah karya-karyanya banyak dikenal di seluruh Indonesia.

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar dan termegah di Indonesia yang dibangun pada tahun 1961, dan pertama kali dibuka untuk digunakan pada tahun 1978. Dengan demikian, diperlukan waktu 17 tahun untuk membuatnya! Dengan usaha yang gigih dan pantang menyerah, Frederich berhasil menyelesaikan. Karyanya diakui sebagai karya asli anak bangsa Indonesia. Ia bahkan berhasil menyandingkan pembangunan masjid ini dengan Gereja Katedral di Jakarta. Gereja Katedral adalah gedung tempat umat katolik beribadah. Konsep persatuan dan kesatuan yang dibuat oleh Presiden Soekarno dapat diwujudkan dengan baik
melalui kedua bangunan tersebut.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 128

Hingga kini, kedua gedung yang menjadi simbol toleransi dan persatuan itu tetap kukuh berdiri, meski arsiteknya telah tiada. Tak hanya berkarya membuat Masjid Istiqlal, beberapa gedung bersejarah telah dirancangnya. Sepanjang hayatnya ia telah ikut merancang 700 bangunan di seluruh Indonesia. Bangunan tersebut antara lain Gedung Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta/1962), Monumen Pembebasan Irian Barat (Jakarta/1963), Monumen Nasional atau Tugu Monas (Jakarta/1960), Gerbang Taman Makam Pahlawan Kalibata (Jakarta/1953), dan Tugu Khatulistiwa (Pontianak/1938).
Sumber:
http://megapolitan.kompas.com;
http://nasional.kompas.com;
https://id.wikipedia.org/wiki/Frederich_Silaban


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 129

Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan di atas.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 129

Altrnatif Jawaban :
Halangan yang di hadapi :
1. Harus bersaing dengan 30 arsitek pada seleksi awal sayembara membuat desain maket Masjid Istiqlal
2. Bukan lulusan arsitek
3. Memerlukan waktu 17th untuk menyelesaikan karyanya

Cita-cita Frederich Silaban adalah menjadi arsitek
Sikapyang dimiliki Frederich Silaban adalah tekun, bekerja keras, gigih dan pantang menyerah

Usaha yang dilakukan Frederich Silaban adalah berusaha memenangkan sayembara pembangunan Masjid Istiqlal meski bukan lulusan sekolaharsitek, merancang dan membangun 700 bangunan di sekuruh Indonesia.

Prestasi yang telah diraih Frederich Silaban:
1. Memenangkan sayembara membuat desain maket Masjid Istiqlal yang diadakan oleh Presiden Soekarno pada tahun19552.
2. Merancang pembangunan Masjid Istiqlal pada tahun 1978
3. Merancang Gedung Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta pada tahun 1962
4. Merancang Monumen Pembebasan Irian Barat di Jakarta pada tahun 1963
5. Merancang Monumen Naasional / Tugu Monas di jakarta pada tahun 1960
6. Merancang Gerbang Taman Makam Pahlawan Kalibata di Jakarta pada tahun 1953
7. Merancang Tugu Khatulistiwa di Pontianak pada tahun 1938

Kesimpulan saya adalah Frederich Silaban berusaha meraih cita-citanya sebagai arsitek meski bukan lulusan sekolah arsitektur. Beliau menyelesaikan karya-karya besarnya dengan gigih dan pantang menyerah

Ayo Mengamati
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 130

Perhatikanlah gambar tempat ibadah umat beragama di Indonesia di atas dengan saksama. Dapatkah kamu menjelaskan gambar-gambar di atas?
Apakah tempat-tempat ibadah itu ada di daerahmu?

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 131

Ayo Berlatih
Masyarakat Indonesia terdiri atas pemeluk agama yang berbeda-beda. Umat beragama dari tiap-tiap agama memerlukan tempat beribadah untuk memenuhi kebutuhan rohani mereka. Setiap tempat ibadah memiliki bentuk dan pengaturan yang khas.

Amatilah daerah sekitarmu. Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.
1.  Kamu akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok akan mencari informasi tentang dua tempat ibadah keagamaan.
2.  Carilah informasi tentang rumah ibadah dari dua agama yang berbeda di Indonesia. Tentukan satu tempat ibadah yang paling terkenal di Indonesia. Catatlah informasi tentang nama, tahun berdiri, dan sejarah singkat tentang tempat ibadah tesebut.

Alternatif Jawaban :
Masjid Istiqlal di Jakarta, Masjid adalah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Masjid Istiqlal mulai dibangun pada tanggal 24 Agustus 1961 dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 22 februari 1978 oleh Presiden Soeharto ditandai dengan prasasti yang dipasang di area pintu As-Salam. Masjid Istiqlal ialah masjid terbesar di Asia Tenggara, sebagai rasa syukur atas kemerdekaan yang diperoleh republik Indonesia Masjid Istiqlal dapat kita artikan Merdeka.Ide awal pembangunan masjid ini ialah dari bapak KH.Wahid Hasyim (menteri agama tahun 1953) dan bapak Anwar Cokroaminoto. Tahun 1953 dibentuklah panitia pembangunan masjid Istiqlal yang diketuai bapak Anwar Cokroaminoto, beliau menyampaikan rencana pembangunan masjid pada Ir.Soekarno dan ternyata disambut hangat dan akan mendapat bantuan sepenuhnya dari presiden. Ir.Soekarno sejak tahun 1954 oleh panitia diangkat menjadi kepala bagian teknik pembangunan Masjid Istiqlal dan beliau juga menjadi ketua dewan juri untuk menilai sayembara maket Iatiqlal. Pada tahun 1955 diadakan sayembara membuat gambar dan maket pembangunan Masjid Istiqlal. Sayembara tersebut di ikuti oleh 30 peserta dan hanya ada 27 orang peserta yang menyerahkan gambar dan hanya 22 orang yang memenuhi persyaratan lomba.Setelah di diskusikan oleh dewan juri yang menjadi pemenang ialah 5 orang dan dari 5 orang tersebut terpilihlah Arsitek Frederich Silaban.
Sumber :https://wisatasejarah.wordpress.com

Gereja Katedral Jakarta, Afiliasi agama Katolik Roma. Di resmikan pada tahun 1901dan dibangun dengan arsitektur Neo-gotik dari Eropa, yakni arsitektur yang sangat lazim digunakan untuk membangun gedung gereja beberapa abad yang lalu, gereja yang sekarang ini dirancang dan dimulai oleh Pastor Antonius Dijkmans dan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Pro-vikaris, Carolus Wenneker. Pekerjaan ini kemudian dilanjutkan oleh Cuypers-Hulswit ketika Djikmans tidak bisa melanjutkannya, dan kemudian diresmikan dan diberkati pada 21 April 1901 oleh Mgr. Edmundus Sybradus Luypen, S.J., Vikaris Apostolik Jakarta.
Sumber :https://id.m.wikipedia.org

3.  Carilah gambar tentang rumah ibadah tersebut. Cari tahu makna setiap bagian bangunan ibadah tersebut.
Alternatif Jawaban :
Jawaban Tematik 6 Kelas 4 K13

Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama Masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Bangunan utama dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96.66 meter menjulang di sudut selatarn selaras masjid.masjid ini mampu menampung lebih dari 200.000 jamaah.

Jawaban Tematik 6 Kelas 4

Gereja ini memiliki gaya arsitektur neo gothik. Denah dengan bangunan berbentuk salib dengan panjang 60 meter dan lebar 20 meter, pada kedua belah terdapat balkon selebar 5 meter dengan ketinggian 7 meter. Konstruksi bangunan ini terdiri dari batu bata tebal yang diberi plester dan berpola seperti susunan batu alam, dinding batu bata ini menunjang kuda-kuda kayu jati yang terbentang selebar bangunan. Gereja ini memiliki 3 menara yaitu Menara Benteng Daud, Menara Gading Dan Menara Angelus Dei.menara ini dibuat dari besi, bagian bawah di datangkan dari nederland dan bagian atas dibuat dibengkel Willhelmina, Batavia.

4.  Dengan menggunakan sebuah kertas karton ukuran A3, tempelkan gambar rumah ibadah tersebut dan berilah keterangan di bawahnya.
5.  Tuliskanlah juga fungsi dan kegunaan tempat ibadah tersebut selain untuk beribadah umatnya.
Alternatif Jawaban :
Selain digunakan sebagai aktifitas ibadah umat Islam, Masjid Istiqlal juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia, aktivitas sosial dan kegiatan umum.

Selain digunakan sebagai aktifitas beribadah gereja katedral juga menyimpan kenangan sejarah yang terdokumentasi dengan baik. Di gereja ini berdiri sebuah musium yang terletak di balkon Gerja Katedral. Dahulu balkon itu digunakan untuk koor gereja

6.  Aturlah sedemikian rupa pada kertas tersebut sehingga memudahkan bagi temanmu untuk memahaminya. (Gunakan contoh di bawah ini).
7.  Jelaskan kesimpulanmu tentang kedua rumah ibadah tersebut.
Alternatif Jawaban :
Masjid Istiqlal Jakarta dibangun pada tanggal 24 Agustus 1961 dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 22 februari 1978 oleh Presiden Soeharto, arsitek masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban, masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di asia Tenggara masjid ini memiliki gaya arsitek modern. Selain digunakan sebagai aktifitas ibadah umat Islam, Masjid Istiqlal juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia, aktivitas sosial dan kegiatan umum.

Gereja Katedral Jakarta, Afiliasi agama Katolik Roma. Gereja Katedral diberkati pada 21 April 1901 oleh Mgr. Edmundus Sybradus Luypen, S.J., Vikaris Apostolik Jakarta. Arsitek Gereja ini adalah Antonius Dijkmans, gereja ini memiliki gaya arsitektur neo gothik. Selain digunakan sebagai aktifitas beribadah gereja katedral juga menyimpan kenangan sejarah yang terdokumentasi dengan baik. Di gereja ini berdiri sebuah musium yang terletak di balkon Gerja Katedral.

8.  Presentasikan hasil karyamu di depan kelas.
9.  Catatlah informasi penting yang kamu dapatkan dari kelompok lain.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 131

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 132

Ayo Mengamati
Perhatikanlah peta persebaran sumber daya alam hayati yang terdiri di Indonesia berikut.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 132 K13

Peta di atas disebut peta tematik, yaitu peta yang berisi informasi khusus. Peta persebaran sumber daya alam berupa tumbuhan di atas menunjukkan daerah-daerah yang memiliki sumber daya tumbuhan untuk kebutuhan hidup masyarakat Indonesia. Sumber daya alam tumbuhan di antaranya adalah tanaman pangan, tanaman industri, dan hutan.

Tanaman pangan terdiri atas tanaman padi, palawija, sayuran, dan buahbuahan. Sedangkan tanaman industri berupa tanaman tebu, karet, kopi, teh, kelapa sawit, tembakau, dan kopra. Tanaman hutan diperlukan untuk mencegah banjir, tanah longsor, menyimpan cadangan air, serta perlindungan hewan.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 133

Sumber daya alam berupa hewan terdiri atas hewan liar dan hewan ternak. Hewan liar tinggal di hutan dan taman-taman nasional untuk dilindungi dari kepunahan. Contoh hewan liar tersebut yaitu harimau, kera, orang utan, gajah, badak, banteng, dan anoa. Hewan ternak merupakan hewan yang dipelihara atau diternakkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh hewan ternak yaitu ayam, itik, sapi, udang, dan domba.

Ayo Mencoba
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!
1.  Bekerjalah bersama anggota kelompokmu yang terdiri atas tiga orang.
2.  Kamu dan kelompokmu akan membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahmu.
3.  Mintalah peta buta wilayah kabupaten di daerah tempat tinggalmu kepada gurumu.
4.  Carilah informasi dari berbagai sumber tentang daerah-daerah di wilayahmu yang menjadi penghasil sumber daya alam hewan atau tumbuhan.
5.  Tandailah daerah itu dengan memberikan gambar yang mewakili hewan atau tumbuhan tertentu.
6.  Lakukan hal yang sama untuk daerah penghasil sumber daya alam tumbuhan atau hewan lainnya.
7.  Jelaskan manfaat setiap sumber daya alam tumbuhan atau hewan yang kamu tahu terhadap masyarakat yang tinggal di wilayahmu.
8.  Buatlah kesimpulan tentang sumber daya tumbuhan atau hewan apa saja yang paling banyak dihasilkan di daerahmu.
9.  Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas.

Ayo Membaca
Mendeklamasikan puisi memerlukan persiapan yang baik. Selain menghafalkan baris demi baris, kamu juga harus memahami makna puisi tersebut. Setiap orang bisa memiliki pemahaman yang berbeda terhadap makna puisi. Salah satu cara untuk membedakan makna puisi adalah dengan memberikan penekanan pada saat mendeklamasikannya. Pemberian tekanan pada baris puisi biasanya menggunakan tanda V.

Perhatikanlah penggunaan tanda tersebut di bawah ini.
1. V menyimbolkan tekanan kata pendek sekali.
2. VV menyimbolkan tekanan kata agak pendek.
3. VVV menyimbolkan tekan kata agak panjang.

Lihatlah kembali puisi tentang “Penjaga Alamku” pada pembelajaran pertama. Berilah tanda V untuk memberikan tekanan-tekanan pada baris-baris kalimatnya. Kemudian, latih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti tanda jeda yang telah dibuat sebelumnya dan tanda untuk memberikan penekanan. Deklamasikan puisi tersebut di hadapan teman sebangkumu. Mintalah pendapatnya, kemudian lakukan perbaikan berdasarkan pendapatnya.

Ayo Renungkan
Ceritakanlah bagaimana kamu bekerja sama dengan temanmu untuk menyelesaikan tugasmu hari ini. Nilai dan sikap apakah yang kamu kembangkan untuk bekerja sama?
Apa saja yang kamu lakukan di tempat ibadahmu selain berdoa?
Apa yang kamu rasakan ketika kamu menjalankan kegiatan ibadahmu?

Kerja Sama dengan Orang Tua
Mintalah orang tuamu menceritakan tentang salah satu tempat ibadah yang pernah mereka kunjungi. Tanyakan mengapa orang tuamu pergi ke sana.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 129 dan 131 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 GiatBerusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 3 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 129 dan 131"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel