Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 138, 139, 141, 142, 143, 144

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 138, 139, 141, 142, 143, 144  - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat berusaha meraih Cita-Cita Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, PKN dan IPS.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 136-144 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 136

Ayo Membaca
Mimpi Seorang Laskar Pelangi
Andrea Hirata adalah seorang penulis novel Indonesia. Novelnya yang terkenal berjudul “ Laskar Pelangi ” . Karyanya tiba-tiba menjadi pembicaraan di mana-mana, terlebih di dunia sastra. Karya Andrea Hirata dianggap sangat mewakili kehidupan anak-anak di Indonesia, apalagi novel ini diangkat dari kisah nyata sang penulis.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 137

Sewaktu kecil Andrea menimba ilmu di sebuah sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan. Bahkan, bangunan itu hampir roboh. Kondisi sekolah yang bernama SD Muhamadiyah tersebut memang cukup memprihatinkan. Sebagai anak dari pegawai rendahan PN (Perusahaan Negara) Timah di Belitong, ia terpaksa bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai kandang hewan ternak. Kendati harus menimba ilmu di bangunan yang tak nyaman, Andrea tetap memiliki motivasi yang besar untuk belajar.

Di sekolah itu pula, ia bertemu dengan sahabat-sahabatnya yang dijuluki dengan sebutan Laskar Pelangi. Di SD Muhammadiyah, Andrea bertemu dengan seorang guru bernama NA (Nyi Ayu) Muslimah. Kegigihan Bu Muslimah untuk mengajar siswa yang hanya berjumlah tak lebih dari 11 orang itu ternyata sangat berarti bagi kehidupannya. Berkat Bu Muslimah, Andrea mendapatkan dorongan yang membuatnya mampu menempuh jarak 30 km dari rumah ke sekolah untuk menimba ilmu. Bu Muslimah juga yang memacunya untuk mengejar cita-citanya bersekolah di negeri seberang, Perancis. Sebuah mimpi dan cita-cita yang sangat mustahil kala itu.
Sumber : http://www.biografiku.com dengan perubahan


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 138

Ayo Menulis
Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 138

Alternatif Jawaban :
Halangan Yang Dihadap Andrea Hirata adalah Ia anak seorang pegawai rendahan PN(Perusahaan Negara) sehingga ia harus sekolah yang bentuknya lebih mirip kandang hewan dan jarak rumah ke sekolah sangat jauh yaitu 30km.

Cita-Cita Andrea Hirata adalah bersekolah di negeri sebrang perancis.

Sikap yang dimiliki Andrea Hirata adalah Pantang menyerah, gigih, rajin belajar.

Usaha yang dilakukan Andrea Hirata adalah tetap sekolah walaupun jarak dari rumah kesekolah sangat jauh dan bangunan sekolah hampir roboh

Kesimpulan saya terhadap usaha Andrea Hirata untuk meraih cita-citanya adalah Andrea Hirata tetap berusaha meraih cita-citanya untuk sekolah di Perancis walaupun sekolahnya sangat jauh dan miripkandang ternak dia tetap semangat belajar.

Andrea Hirata telah membuktikan kekuatan mimpinya. Ia pun memiliki beberapa orang di sekelilingnya yang sangat mendukung usahanya untuk mencapai mimpinya. Meskipun ia miskin, bahkan tinggal di daerah yang terpencil, mimpinya telah membawanya kepada prestasi yang luar biasa.

Bacalah puisi di bawah ini dalam hati dengan saksama. Pahamilah arti dan maknanya.

Laskar Pelangi
Karya: Nidji

Mimpi adalah kunci
Untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah tanpa lelah
Sampai engkau meraihnya

Laskar pelangi takkan terikat waktu
Bebaskan mimpimu di angkasa
Warnai bintang di jiwa

Menarilah dan terus tertawa
Walau dunia tak seindah surga
Bersyukurlah pada yang kuasa
Cinta kita di dunia, selamanya

Cinta kepada hidup
Memberikan senyuman abadi
Walau hidup kadang tak adil
Tapi cinta lengkapi kita

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 139

Setelah membaca puisi di atas, lakukan langkah-langkah berikut ini!
1.  Tuliskan makna puisi di atas dalam buku catatanmu.
Alternatif Jawaban :
Makna puisi di atas adalah kita harus punya mimpi untuk membangun masa depan yang cerah walaupun kita memiliki keterbatasan, kita tidak boleh menyerah pada keadaan kita saat ini karena tidak akan menetapkan kehidupan kita di masa depan dan kita harus selalu bersyukur. Kita harus terus berusaha, berjuang dan berdoa untuk menggapai impian kita.

2.  Tandai kalimat-kalimat dalam baris puisi di atas dengan meletakkan tanda jeda dan tekanan yang telah kamu pelajari sebelumnya.
Alternatif Jawaban :
Mimpi / adalah / kunci //
Untuk / kita / menaklukkan /dunia//
Berlarilah / tanpa / lelah //
Sampai / engkau / meraihnya //

Laskar / pelangi / takkan / terikat / waktu //
Bebaskan /mimpimu / di angkasa //
Warnai / bintang / di jiwa //

Menarilah / dan / terus tertawa //
Walau / dunia / tak / seindah / surga //
Bersyukurlah / pada / yang / kuasa //
Cinta / kita / di dunia, selamanya //

Cinta / kepada / hidup //
Memberikan / senyuman / abadi //
Walau / hidup / kadang / tak / adil //
Tapi / cinta / lengkapi / kita ///
Keterangan :
/ = berhenti sejenak untuk mengambil napas, biasanya karena ada koma atau di tengah baris
// = berhenti agak lama, biasanya ada koma do akhir baris atau ganti baris
/// = berhenti lama sekali, biasanya pada akhir baris terakhir  atau akhir dari puisi.

3.  Baca kembali beberapa kali hingga kamu mantap dengan intonasi dan pemenggalannya.
4.  Hafalkan puisi tersebut termasuk kapan kamu berhenti dan memberikan tekanan sesuai tanda yang telah kamu buat.
5.  Bacakan puisi tersebut dengan percaya diri di depan kelas.

Ayo Mengamati
Andrea Hirata merupakan salah satu contoh pemuda masa kini yang gigih memperjuangkan mimpi dan cita-citanya. Kemiskinan keluarganya tidak menghalanginya mengejar mimpinya hingga ke negeri orang. Ayah Andrea adalah pegawai di PN Timah, Belitung, memang tidak dapat menyediakan banyak dana untuk sekolah Andrea.

Belitung dahulu merupakan daerah penghasil timah andalan Indonesia.
Timah adalah salah satu hasil sumber daya alam tambang.
Perhatikan peta daerah persebaran sumber daya bahan tambang berikut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 140

Berdasarkan peta sumber daya alam bahan tambang di atas, terdapat berbagai barang tambang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Barang-barang tambang yang terdapat di wilayah Indonesia antara lain minyak bumi, batu bara, tembaga, besi, timah, kapur, yodium, asbes, marmer, dan belerang.


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 141

Ayo Berlatih
Barang tambang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan industri. Ada banyak manfaat dari bahan tambang. Carilah informasi tentang manfaat sumber daya alam tambang dengan melengkapi tabel berikut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 141

Alternatif Jawaban :
Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 141

Alternatif Jawaban :
1. Minyak bumi, Emas, Mangan, Belerang, Fosfat, Gas alam dan Tembaga

2. Biji besi, Alumunium, Aspal, Intan, Perak, Batu bara, Platina, Batu kapur, Bauksit, Nikel, Pasir besi, pasir kuarsa, dll

3. -  Minyak bumi banyak digunakan untuk bahan bakar kendaraan
    - Emas banyak digunakan untuk membuat perhiasan
    - Mangan dapat digunakan untuk bahan dasar industri korek api, dan bahan dasar industri baterai
    - Belerang dapat digunakan sebagai anti septik, Sebagai obat gatal-gatal, sebagai campuran dalam        pembuatan pupuk, cat, dan pengawet kayu

Ayo Mengamati
Jika kamu perhatikan sekali lagi peta persebaran sumber daya alam yang ada di Indonesia, apakah kesimpulanmu? Setiap daerah di Indonesia menghasilkan sumber daya alam yang berbeda-beda. Akan tetapi, sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, semua sumber daya alam itu dikelola negara untuk kemakmuran rakyatnya. Keragaman sumber daya alam di berbagai daerah tersebut akan memperkuat rasa saling membutuhkan antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Tidak hanya keragaman sumber daya alam, keragaman kegiatan keagamaan di Indonesia juga menjadikan Indonesia sebagai negeri yang unik. sebagai negeri yang unik. Keragaman itu justru meningkatkan kerukunan antarumat beragama.

Perhatikan beberapa kegiatan keagamaan yang ada di Indonesia! Kamu dapat dengan mudah mengetahuinya dari kalender nasional yang menandai kegiatan hari raya keagamaan sebagai hari libur nasional. Tahukah kamu tentang perayaan-perayaan keagamaan keenam agama besar di Indonesia?
Bagaimana para umat beragama merayakannya?


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 142, 143

Ayo Berlatih
Lengkapilah tabel berikut ini dengan menggunakan berbagai sumber informasi.
Jelaskan tujuan perayaan keagamaan dan bagaimana masyarakat di daerahmu merayakannya. Lakukan kegiatan ini secara berpasangan. Gunakan kalender tahun ini untuk mengetahui hari raya keagamaan.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 142
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 143

Alternatif Jawaban :
Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 142, 143

Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan kelompok yang lain. Diskusikan beberapa perbedaan yang ditemui. Carilah informasi yang tepat untuk memperbaikinya. Pilihlah satu perayaan keagamaan yang paling kamu ketahui yang dilakukan masyarakat di daerah kamu tinggal. Tuliskan penjelasanmu dalam sebuah paragraf, dan tuliskan di bawah ini!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 143 K13

Alternatif Jawaban :
Nama perayaan : Maulid Nabi Muhammad SAW

Tujuan Perayaan : Sebagai bentuk tasyakur kita kepada Allah SWT atas dilahirkannya Nabi Muhammad SAW, Memuji kepada Nabi Muhammad SAW, Meneguhkan kembali kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW dan meneladani perilaku dan perbuatan mulia Nabi Muhammad SAW.
Sejarah singkat tentang perayaan: Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW yang di Indonesia perayaannya jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Perayaan Maulid Nabi SAW merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Cara masyarakat merayakan: Masyarakat muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti membaca shalawat nabi, Pembacaan syair berzanji dan pengajian.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 144

Ayo Renungkan
Adakah kesamaan kisah antara kamu dan kisah Andrea Hirata dalam mencapai cita-citanya?
Alternatif Jawaban : Kesamaan kisah saya dan Andrea Hirata adalah berjuang untuk tetap sekolah walaupun keadaan ekonomi terbatas

Nilai-nilai apa yang diperlukan pada saat merayakan kegiatan keagamaanmu?
Alternatif Jawaban : Nilai moral dan Nilai kebersamaan

Sikap apakah yang perlu dikembangkan pada saat ada perayaan keagamaan dari umat beragama yang berbeda denganmu?
Alternatif Jawaban : Sikap saling menghormati dan menghargai

Keterampilan apa sajakah yang kamu kembangkan pada hari ini?
Alternatif Jawaban : Keterampilan membaca puisi

Kerja Sama dengan Orang Tua
Ceritakan pengalaman melakukan kegiatan keagamaan yang kamu lakukan bersama keluargamu.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 138, 139, 141, 142, 143, 144  - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 4. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 138, 139, 141, 142, 143, 144 "

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel