Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, IPS dan PKN.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 34-44 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 34

Perhatikan gambar di atas! Apa yang dapat kamu ceritakan dari gambar tersebut? Ya, kamu dapat memiliki lebih dari satu cita-cita. Cita-citamu pun tidak harus berupa profesi tertentu. Cita-cita seseorang merupakan impian yang ingin dicapai karena ia memiliki minat dan kesukaan. Minat dan kesukaanmu terhadap bidang tertentu dapat membantumu meraih cita-cita.
Siti ingin menjadi peneliti di bidang tumbuhan. Ia suka berkebun. Halaman rumahnya ditumbuhi berbagai tanaman. Siti juga suka membaca buku tentang tumbuhan. Bagaimana dengan kegiatanmu di rumah?

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 35

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 35

Alternatif Jawaban : 
1. Cita-citaku ingin jadi pelukis
2. Menggambar dan mewarnai
3. Membaca buku yang bergambar
4. Menggambar dengan rapih
5. Belajar dan berlatih

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 36

Ayo Berlatih
Cari tahulah mengenai kegiatan-kegiatan yang disukai dan kegiatan yang sulit dilakukan oleh temanmu! Lakukan tanya jawab dengan teman sebelahmu!
Sebelum melakukan tanya jawab, buatlah pertanyaan-pertanyaan untuk membantumu menemukan informasi yang diperlukan!
Contoh pertanyaan untuk mencari tahu tentang kegiatan yang disukai dan kegiatan yang sulit dilakukan oleh teman, sebagai berikut.
1.  Apakah kegiatan yang kamu sukai?
2.  Mengapa kamu menyukai kegiatan itu?
3.  Apakah kegiatan penting yang sulit kamu lakukan?
4.  Mengapa kegiatan itu sulit bagimu?
5.  Pekerjaan apakah yang kamu cita-citakan?
6.  ..........................................................................
7.  ..........................................................................
8.  ..........................................................................
Apakah kegiatanmu sama dengan kegiatan temanmu? Apa kesimpulanmu tentang cita-cita temanmu?
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 36

Alternatif Jawaban :
1. Apakah kegiatan yang kamu sukai?
Jawaban : Bermain bola

2. Mengapa kamu menyukai kegiatan itu?
Jawaban :Karena bisa membuat tubuh menjadi sehat dan bugar

3. Apakah kegiatan penting yang sulit kamu lakukan?
Jawaban : Mencetak gol

4. Mengapa kegiatan itu sulit bagimu?
Jawaban : Karna untuk mencetak gol membutuhkan tendangan akurat agar menghasilkan posisi bola yang terarah ke gawang lawan

5. Pekerjaan apakah yang kamu cita-citakan?
Jawaban : Pemain sepak bola
Apakah kegiatanmu sama dengan kegiatan temanmu? Apa kesimpulanmu tentang cita-cita temanmu?
Jawaban : Kegiatan saya dan teman saya berbeda saya suka menggambar dan mewarnai sedangkan teman saya suka bermain sepak bola.

Ayo Membaca 
Ada banyak kisah tentang orang-orang yang meraih mimpi besarnya  dengan menghadapi kegagalan terlebih dahulu.
Simaklah bacaan berikut ini dengan saksama!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 37

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 38, 39

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 38
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 39

Alternatif Jawaban :
1.Mimpi Michael Jordan adalah ingin menjadi pemain basket kelas dunia
Mimpi Thomas Alva Edison adalah menciptakan lampu pijar
2.Belajar dengan giat
3.Tantangan yang dihadapi Michael Jordan adalah gagal mencetak skor pada skor penentu
Tantangan yang dihadapi Thomas Alva Edison adalah bermasalah dengan  pendengarannya dan ekonomi rendah.
4. Mereka menghadapi kegagalan dengan cara selalu mencoba dan terus mencoba dari kegagalannya itu dia menuai hasilnya.

Bagaimana denganmu?
1. Tantangan apa saja yang akan kamu hadapi untuk meraih impianmu?
Jawaban : Belum bisa menggambar dengan rapih
2. Bagaimana kamu akan menghadapi tantangan tersebut?
Jawaban : Berlatih dan terus berlatih

Ayo Mengamati
Beni yang berbadan kecil sangatlah gesit dan tangkas. Dayu yang gemulai, pandai menari. Lihatlah Siti yang lincah, sungguh sigap gerakannya. Lani yang senang berolahraga pun sangat bugar. Kenampakan luar mereka sangatlah beragam. Namun semuanya memberikan manfaat!
Perhatikan gambar berikut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 40

Negara Indonesia yang terletak di titik persilangan antara berbagai bangsa menyebabkan beragamnya ras yang ada di Indonesia. Ras berkaitan dengan ciri-ciri fisik atau ciri tubuh. Setiap suku di Indonesia mempunyai ciri fisik yang berbeda. Masyarakat yang tinggal di Pulau Papua dan Pulau Aru merupakan satu kelompok ras yang berbeda dengan kelompok lainnya.  Kelompok masyarakat Sakai dari Riau, suku Kubu dari Sumatra Selatan, suku Tomuna dari Pulau Muna, masyarakat Enggano di Bengkulu dan masyarakat Mentawai
memiliki kemiripan satu dengan yang lain. Masyarakat Batak, Toraja, dan Dayak ada dalam kelompok ras tersendiri. Demikian juga dengan kelompok masyarakat Madura, Jawa, dan Bali memiliki ciri fisik yang hampir serupa.
Sumber : http://www.guruips.com

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 41

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sekelompokmu diskusikan beberapa pertanyaan berikut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 41

Alternatif Jawaban :
1. Keragaman orang-orang disekitar saya sangat beragam karena banyak pendatang yang menetap di kota saya.
Ada, ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakan seperti warna kulit dan perawakan

2. Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia adalah kita lebih mengenal dan menghargai keragaman yang ada di Indonesia

3. Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita adalah agar dapat bersosialisai dengan masyarakat di sekitar kita dan menjalin komunikasi lebih baik

4. Orang-orang disekitar saya sangat beragam karena banyak pendatang yang menetap dan mereka memiliki ciri-ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakan mereka seperti warna kulit dan perawakan, manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia adalah kita lebih mengenal dan menghargai keragaman yang ada dan Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita adalah agar dapat bersosialisai dengan masyarakat dan juga dapat menjalin komunikasi lebih baik

Ayo Membaca 
Perbedaan ciri fisik antarras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat Indonesia. Keragaman yang menguatkan satu dengan yang lain sebagai bangsa Indonesia yang berbesar hati hidup rukun dalam perbedaan.
Keunikan tersebut disampaikan pada sebuah puisi.
Baca dan simaklah puisi berikut!.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 42

Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan.

1. Bacalah kembali dengan saksama bait pertama puisi tersebut.
2. Secara bergantian, ceritakan apa yang kamu bayangkan saat kamu membacanya kepada    teman sebangkumu. Berdiskusilah.
3. Tuliskan hasil diskusimu pada bait pertama dalam sebuah paragraf.
4. Lakukanlah hal yang sama dengan bait-bait yang lain. Gunakan diagram di bawah untuk mencatatnya.
5. Bacalah kembali makna setiap bait di dalam puisi tersebut. Lalu ringkaslah menjadi satu paragraf yang lain untuk mewakili makna keseluruhan puisi tersebut.
6. Bacakan hasil diskusimu dengan teman sebangkumu di depan kelas.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 43, 44

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 43

Alternatif Jawaban :
Makna puisi bait pertama adalah beraneka ragam suku, kita semua adalah orang Indonesia
Makna puisi bait kedua adalah rasa syukur dan bangga lahir di Indonesia
Makna puisi bait ketiga adalah Indonesia kaya akan segalanya untuk seluruh rakyat Indonesia
Makna puisi bait keempat adalah ajakan untuk merawat, menyayangi dan menjaga Indonesia
Makna puisi secara keseluruhan adalah Indonesia memiliki beraneka ragaman suku dan bangsa. Indonesia yang memiliki banyak kekayaan bagi seluruh rakyat Indonesia Kita harus bersyukur dan bangga hidup di Indonesia. Oleh karena itu kita harus merawat, menyayangi dan menjaga Indonesia demi bangsa Indonesia.

Keragaman di Indonesia tidak melulu tentang budaya dan tradisinya. Adanya keragaman alam juga mengakibatkan beragamnya sumber daya alam yang ada. Salah satu sumber daya alam yang tidak terbarukan adalah sumber daya berupa pertambangan. Bahan yang ditambang adalah berbagai jenis mineral dan logam, seperti emas, timah, nikel, batu bara, dan bauksit.
Ayo Mengamati
Perhatikan di lingkungan tempat tinggalmu! Carilah informasi tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui di daerahmu! Kemudian, lakukan
1.  Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 siswa.
2.  Carilah informasi mengenai sumber daya alam yang terdapat di daerahmu.
3.  Tuliskan sumber daya alam yang dapat diperbarui di daerahmu.
4.  Tuliskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui di daerahmu.
5.  Dimanfaatkan untuk apakah sumber daya alam itu bagi penduduk di daerahmu?
6.  Buatlah laporan hasil diskusi kalian tersebut.

Alternatif Jawaban :
No 2
Sumber daya alam yang terdapat di daerah saya adalah pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan minyak bumi
No 3
Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan
No 4
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah minyak bumi
No 5
Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mememenuhi kebutuhan sandang (pakaian ), memenuhi kebutuhan pangan ( makanan ), memenuhi keputuhan papan (rumah ), dan pembangkit listrik

Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa dengan dibantu oleh orang tua membuat puisi tentang sumber daya alam yang terdapat di daerahnya. Siswa dibantu mengenai penentuan sumber daya alam yang akan dibuat puisi.
kegiatan berikut!

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 4. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel