Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Halaman 51, 53, 55, 56
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Halaman 51, 53, 55, 56 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragamana Budaya Negeriku Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran B. Indonesia dan IPA.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 49-56 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Membaca
Bacalah dalam hati teks berikut!
urang Kanekes. Dalam bahasa Sunda, urang berarti orang.
Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping. Kelompok tangtu dikenal sebagai Kanekes Dalam atau Baduy Dalam. Sebaliknya, kelompok panamping dikenal sebagai Kanekes Luar atau Baduy Luar.
Kelompok Kanekes Dalam atau Baduy Dalam tinggal di tiga desa, yaitu Cikertawana, Cikeusik, dan Cibeo. Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. Mereka tidak menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan alas kaki, tidak menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat yang ditenun dan dijahit sendiri. Mereka menganut kepercayaan tradisional “sunda wiwitan” dan dipimpin oleh seorang Pu’un. Pu’unjuga berkedudukan sebagai pemimpin masyarakat Kanekes.
Kelompok panamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam. Masyarakat Kanekes Luar atau Baduy Luar telah mengenal teknologi dan alat elektronik. Mereka juga mengenakan pakaian modern. Namun, masyarakat Baduy Luar masih bisa dikenali dari ciri khas mereka, yaitu mengenakan ikat kepala berwarna hitam.
Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Urang Kanekes, Si Suku Baduy”.
1. Adakah kesamaan cara hidup suku bangsa Baduy dengan suku bangsamu?
Jika ada, dalam hal apa? Jika berbeda, apa perbedaannya?
Alternatif Jawaban :
Perbedaan cara hidup suku bangsa baduy dan suku bangsaku adalah suku bangsa baduy memegang tradisi nenekmoyang yang cenderung tertutup adapun kesamaan terletak pada suku baduy luar yang telah mengenal teknologi dan penegtahuan yang sama dengan suku bangsa pada umumnya.
2. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.
Alternatif Jawaban :
1. Tradisi artinya kebiasaan turun menurun yang masih di jalankan oleh masyarakat
2. Alat Elektronik artinya alat yang bekerja menggunakan listrik
3. Alat Transportasi artinya alat atau kendaraan untuk pengangkutan
4. Alas kaki artinya penutuptelapak kaki
5. Teknologi artinya keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
3. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “UrangKanekes, Si Suku Baduy”.
Alternatif Jawaban :
Paragraf 1: Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bagian barat
Paragraf 2 : Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping
Paragraf 3 : Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi
Paragraf 4 : Kelompok panamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam
Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan?
Budaya setiap suku bangsa mungkin memiliki beberapa persamaan dan mungkin pula memiliki perbedaan. Jika kita amati lagi dari teks “UrangKanekes, Si Suku Baduy”, ada sedikit perbedaan budaya suku Baduy Luar dan suku Baduy Dalam. Masyarakat suku Baduy Luar sudah biasa menggunakan alat elektronik.
Sebaliknya, masyarakat suku Baduy Dalam tidak boleh menggunakan alat elektronik. Dalam kehidupan sehari-hari, kita telah biasa dan bahkan mungkin tergantung pada alat-alat elektronik.
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan ini di dalam kelas.
1. Tutuplah pintu dan jendela ruang kelas serta gorden jika ada.
2. Nyalakan lampu di kelas dengan menekan saklar. Bagaimana kondisi ruang kelas?
3. Padamkan lampu dengan menekan saklar. Bagaimana keadaan di dalam ruang kelas?
4. Catatlah hasil pengamatan kalian.
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan kegiatan tersebut, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelasmu.
1. Apa yang menyebabkan lampu menyala?
Alternatif Jawaban : Karena adanya aliran listrik yang di nyalakan melalui sambungan kabel menuju lampu
2. Apa yang menyebabkan lampu tidak menyala?
Alternatif Jawaban : Karena aliran listrik yang terputus / tidak tersambung melalui kabel menuju lampu.
Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik. Arus listrik yang mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif . Saat arus listrik mengalir melewati lampu, lampu akan menyala.
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu.
1. Siapkan penggaris plastik.
2. Potonglah kertas kecil-kecil, lalu letakkan pada permukaan meja.
3. Dekatkan penggaris plastik pada potonganpotongan kertas.
4. Apa yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
5. Gosok-gosokkan penggaris pada rambut kering, lalu dekatkan penggaris pada potongan-potongan kertas.
6. Apa yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
7. Ulangi kegiatan di atas beberapa kali.
Setiap benda netral mempunyai dua muatan, yaitu muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron) dalam jumlah yang sama. Saat penggaris plastik digosok-gosokkan pada rambut kering, elektron dari rambut berpindah ke penggaris. Akibatnya, penggaris plastik kelebihan elektron dan menjadi bermuatan negatif.
Ketika penggaris plastik bermuatan negatif didekatkan pada potonganpotongan kertas, muatan negatif pada kertas menjauhi penggaris. Sisi kertas yang dekat penggaris menjadi bermuatan positif, sehingga potongan-potongan kertas akan tertarik oleh penggaris plastik. Tarik-menarik antara muatan pada penggaris plastik dan potongan kertas ini merupakan salah satu bentuk gaya listrik.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut!
Akibatnya, potongan-potongan kertas akan terlepas dari penggaris plastik. Jika ada listrik statis, ada pula listrik dinamis. Pada listrik dinamis terjadi aliran muatan listrik. Listrik dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.
Tugas
1. Kamu telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang kamu dapat dari teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.
Alternatif Jawaban :
Listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir dan perpindahan arusnya terbatas
Listrik dinamis adalah muatan listrik yang mengalir
2. Carilah contoh lain yang menunjukkan gejala listrik statis.
Alternatif Jawaban :
Terjadinya petir, cahay kilat yang tampak ketika terjadi petir merupakan loncatan muatan dari awan kepermukaan bumi. Hal ini terjadi karena awan banyak mengandung muatan listrik.
Pada Pembelajaran 2, bacakan hasil tugasmu di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.
Ayo Renungkan
- Apa yang kamu pelajari pada hari ini?
Alternatif Jawaban :
Yang saya pelajari pada hari ini adalah listrik statis dan dinamis
- Mengapa budaya satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa lain?
Alternatif Jawaban :
Karena budaya bangsa berbeda-beda sesuai dengan adat istiadat, kepercayaan agama dan lingkungan yang berbeda yang menyebabkan perbedaan satu suku dengan lainnya.
- Apa yang dimaksud dengan gaya listrik?
Alternatif Jawaban :
Gaya listrik adalah gaya yang dialami oleh objek bermuatan yang berada dalam medan listrik.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Tanyakan kepada ayah dan ibumu, budaya khas dari suku bangsa mereka masing-masing.
Suku bangsa ayahku:
Budaya khas suku bangsa :
Bahasa daerah asal ayahku:
Lagu dari daerah asal ayahku :
Suku bangsa ibuku:
Budaya khas suku bangsa :
Bahasa daerah asal ibuku:
Lagu dari daerah asal ibuku:
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Halaman 51, 53, 55, 56 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragamana Budaya Negeriku Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 49-56 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Membaca
Bacalah dalam hati teks berikut!
Urang Kanekes, Si Suku Baduy
Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bagian barat. Provinsi Banten memiliki kekayaan alam dengan pemandangan indah, termasuk pegunungan dan pantai. Di pegunungan Kendeng dengan ketinggian 600 m dari permukaan air laut, tinggal masyarakat adat yang biasa kita sebut suku Baduy. Namun, masyarakat suku Baduy lebih senang menyebut diri merekaurang Kanekes. Dalam bahasa Sunda, urang berarti orang.
Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping. Kelompok tangtu dikenal sebagai Kanekes Dalam atau Baduy Dalam. Sebaliknya, kelompok panamping dikenal sebagai Kanekes Luar atau Baduy Luar.
Kelompok Kanekes Dalam atau Baduy Dalam tinggal di tiga desa, yaitu Cikertawana, Cikeusik, dan Cibeo. Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. Mereka tidak menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan alas kaki, tidak menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat yang ditenun dan dijahit sendiri. Mereka menganut kepercayaan tradisional “sunda wiwitan” dan dipimpin oleh seorang Pu’un. Pu’unjuga berkedudukan sebagai pemimpin masyarakat Kanekes.
Kelompok panamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam. Masyarakat Kanekes Luar atau Baduy Luar telah mengenal teknologi dan alat elektronik. Mereka juga mengenakan pakaian modern. Namun, masyarakat Baduy Luar masih bisa dikenali dari ciri khas mereka, yaitu mengenakan ikat kepala berwarna hitam.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 51
Ayo BerdiskusiBentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Urang Kanekes, Si Suku Baduy”.
1. Adakah kesamaan cara hidup suku bangsa Baduy dengan suku bangsamu?
Jika ada, dalam hal apa? Jika berbeda, apa perbedaannya?
Alternatif Jawaban :
Perbedaan cara hidup suku bangsa baduy dan suku bangsaku adalah suku bangsa baduy memegang tradisi nenekmoyang yang cenderung tertutup adapun kesamaan terletak pada suku baduy luar yang telah mengenal teknologi dan penegtahuan yang sama dengan suku bangsa pada umumnya.
2. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.
Alternatif Jawaban :
1. Tradisi artinya kebiasaan turun menurun yang masih di jalankan oleh masyarakat
2. Alat Elektronik artinya alat yang bekerja menggunakan listrik
3. Alat Transportasi artinya alat atau kendaraan untuk pengangkutan
4. Alas kaki artinya penutuptelapak kaki
5. Teknologi artinya keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
3. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “UrangKanekes, Si Suku Baduy”.
Alternatif Jawaban :
Paragraf 1: Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bagian barat
Paragraf 2 : Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping
Paragraf 3 : Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi
Paragraf 4 : Kelompok panamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam
Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan?
Budaya setiap suku bangsa mungkin memiliki beberapa persamaan dan mungkin pula memiliki perbedaan. Jika kita amati lagi dari teks “UrangKanekes, Si Suku Baduy”, ada sedikit perbedaan budaya suku Baduy Luar dan suku Baduy Dalam. Masyarakat suku Baduy Luar sudah biasa menggunakan alat elektronik.
Sebaliknya, masyarakat suku Baduy Dalam tidak boleh menggunakan alat elektronik. Dalam kehidupan sehari-hari, kita telah biasa dan bahkan mungkin tergantung pada alat-alat elektronik.
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan ini di dalam kelas.
1. Tutuplah pintu dan jendela ruang kelas serta gorden jika ada.
2. Nyalakan lampu di kelas dengan menekan saklar. Bagaimana kondisi ruang kelas?
3. Padamkan lampu dengan menekan saklar. Bagaimana keadaan di dalam ruang kelas?
4. Catatlah hasil pengamatan kalian.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 53
Ayo BerdiskusiBerdasarkan kegiatan tersebut, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelasmu.
1. Apa yang menyebabkan lampu menyala?
Alternatif Jawaban : Karena adanya aliran listrik yang di nyalakan melalui sambungan kabel menuju lampu
2. Apa yang menyebabkan lampu tidak menyala?
Alternatif Jawaban : Karena aliran listrik yang terputus / tidak tersambung melalui kabel menuju lampu.
Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik. Arus listrik yang mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif . Saat arus listrik mengalir melewati lampu, lampu akan menyala.
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu.
1. Siapkan penggaris plastik.
2. Potonglah kertas kecil-kecil, lalu letakkan pada permukaan meja.
3. Dekatkan penggaris plastik pada potonganpotongan kertas.
4. Apa yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
5. Gosok-gosokkan penggaris pada rambut kering, lalu dekatkan penggaris pada potongan-potongan kertas.
6. Apa yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
7. Ulangi kegiatan di atas beberapa kali.
Setiap benda netral mempunyai dua muatan, yaitu muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron) dalam jumlah yang sama. Saat penggaris plastik digosok-gosokkan pada rambut kering, elektron dari rambut berpindah ke penggaris. Akibatnya, penggaris plastik kelebihan elektron dan menjadi bermuatan negatif.
Ketika penggaris plastik bermuatan negatif didekatkan pada potonganpotongan kertas, muatan negatif pada kertas menjauhi penggaris. Sisi kertas yang dekat penggaris menjadi bermuatan positif, sehingga potongan-potongan kertas akan tertarik oleh penggaris plastik. Tarik-menarik antara muatan pada penggaris plastik dan potongan kertas ini merupakan salah satu bentuk gaya listrik.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut!
Listrik Statis dan Listrik Dinamis
Muatan listrik yang terkandung pada penggaris plastik setelah digosok pada rambut kering tidak mengalir, sehingga disebut listrik diam atau listrik statis. Gaya listrik statis pada penggaris plastik itu hanya berlangsung sementara. Selama potongan kertas menempel pada penggaris plastik, terjadi perpindahan muatan listrik. Setelah muatan listrik pada potongan kertas dan penggaris plastik sama, kedua benda itu akan saling menolak atau melepaskan diri.Akibatnya, potongan-potongan kertas akan terlepas dari penggaris plastik. Jika ada listrik statis, ada pula listrik dinamis. Pada listrik dinamis terjadi aliran muatan listrik. Listrik dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 55, 56
Tugas1. Kamu telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang kamu dapat dari teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.
Alternatif Jawaban :
Listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir dan perpindahan arusnya terbatas
Listrik dinamis adalah muatan listrik yang mengalir
2. Carilah contoh lain yang menunjukkan gejala listrik statis.
Alternatif Jawaban :
Terjadinya petir, cahay kilat yang tampak ketika terjadi petir merupakan loncatan muatan dari awan kepermukaan bumi. Hal ini terjadi karena awan banyak mengandung muatan listrik.
Pada Pembelajaran 2, bacakan hasil tugasmu di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.
Ayo Renungkan
- Apa yang kamu pelajari pada hari ini?
Alternatif Jawaban :
Yang saya pelajari pada hari ini adalah listrik statis dan dinamis
- Mengapa budaya satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa lain?
Alternatif Jawaban :
Karena budaya bangsa berbeda-beda sesuai dengan adat istiadat, kepercayaan agama dan lingkungan yang berbeda yang menyebabkan perbedaan satu suku dengan lainnya.
- Apa yang dimaksud dengan gaya listrik?
Alternatif Jawaban :
Gaya listrik adalah gaya yang dialami oleh objek bermuatan yang berada dalam medan listrik.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Tanyakan kepada ayah dan ibumu, budaya khas dari suku bangsa mereka masing-masing.
Suku bangsa ayahku:
Budaya khas suku bangsa :
Bahasa daerah asal ayahku:
Lagu dari daerah asal ayahku :
Suku bangsa ibuku:
Budaya khas suku bangsa :
Bahasa daerah asal ibuku:
Lagu dari daerah asal ibuku:
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Halaman 51, 53, 55, 56 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragamana Budaya Negeriku Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Halaman 51, 53, 55, 56"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.