Latihan Soal Ulangan Harian Kelas 4 Tema 7 Subtema 1
Latihan Soal Ulangan Harian Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku yang terdiri dari Mata Pelajaran B. Indonesia, IPS, SBDP, PKN, dan IPA
Buku yang digunakan sebagai sumber belajar siswa dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Latihan Soal Ulangan Harian Kelas 4 Tema 7 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru ini dapat anda jadikan untuk bahan referensi membekali peserta didik untuk mengetahui sampai dimana peserta didik memahami materi yang telah disampaikan. Berikut contoh soal ulangan harian kelas 4 tema 7 subtema 1.
Bacaan ini untuk menjawab soal nomor 1–4.
Suku Batak di Sumatra Barat
Bahasa yang digunakan orang Batak adalah bahasa Batak dan sebagian orang menggunakan bahasa Melayu. Penutur bahasa Batak di setiap daerah memiliki logat yang berbeda-beda. Orang Karo menggunakan logat Karo, orang Pakpak menggunakan logat Pakpak, dan orang Simalungun menggunakan logat Simalungun.
Tari Tor-Tor dan Serampang Dua Belas adalah kesenian suku Batak. Adapun alat musik tradisionalnya berupa gong dan saga-saga. Kain ulos merupakan hasil kerajinan tenun suku Batak. Kain ini sering digunakan dalam berbagai upacara adat, seperti upacara perkawinan, kematian, maupun menyambut tamu.
1. Orang Batak menggunakan bahasa daerah yaitu ....
Alternatif Jawaban: bahasa Melayu
2. Jenis tarian dari Batak yaitu ....
Alternatif Jawaban : tari Tor-Tor
3. Alat musik tradional suku Batak berupa .... dan ....
Alternatif Jawaban : gong dan sagasaga
4. Kain ulos sering digunakan suku Batak dalam berbagai upacara adat, salah satunya adalah upacara adat ....
Alternatif Jawaban : upacara adat perkawinan, kematian, atau menyambut tamu
B. SOAL URAIAN
Bacaan ini untuk menjawab soal nomor 1–3.
Kain Tenun Ikat Flores
Kain tenun ikat dari Flores dibuat dengan cara tradisional. Proses pembuatannya bermula dari pengolahan biji kapas yang dipintal menjadi benang. Benang kemudian ditenun menjadi kain. Kain tersebut kemudian diberi pewarna alami yang berasal dari berbagai jenis tanaman.
Setiap daerah di Flores memiliki corak dan motif kain tenun yang berbeda. Kain tenun Ende berwarna dominan cokelat dan merah, dengan ciri khas menggunakan satu jenis motif di tengah kain. Kain tenun Sikka berwarna gelap, seperti hitam, cokelat, dan biru. Kain ini menggunakan motif okukirei dan mawarani. Kain tenun Lio bermotif tiga emas. Motif ini diyakini dapat
membuat pemiliknya kaya raya.
1. Apa gagasan pokok paragaraf pertama dari bacaan di atas?
Alternatif Jawaban : Kain tenun dari Flores dibuat dengan cara tradisional
2. Sebutkan 3 kosakata sulit dari bacaan di atas! Jelaskan artinya masingmasing!
Alternatif Jawaban :
a. Tradisional: sikap dan cara berpikir serta bertindak yang selalu berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan yang ada secara turun-temurun.
b. Corak: berjenis-jenis warna pada warna dasar (tentang kain, bendera, dan sebagainya)
c. Motif: pola, corak.
3. Jelaskan informasi baru yang dapat diperoleh dari bacaan di atas!
Alternatif Jawaban : Jawaban siswa bisa berbeda-beda
1. Kalimat “BhinNeka Tunggal Ika” berasal dari bahasa ....
Alternatif Jawaban : “BhinNeka Tunggal Ika” berasal dari bahasa Sanskerta
2.
Karapan sapi seperti pada gambar di atas merupakan kesenian tradisional yang berasal dari daerah ....
Alternatif Jawaban : Madura
3. Jika tidak ada rasa persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara dapat berakibat .... Alternatif Jawaban : perpecahan
4. Berbicara dengan teman yang berbeda suku bangsa sebaiknya menggunakan bahasa ....
Alternatif Jawaban : Indonesia
5. Bahasa yang disepakati sebagai bahasa resmi kenegaraan disebut ....
Alternatif Jawaban : Bahasa Negara
B. SOAL URAIAN
1. Bagaimana cara menghargai keragaman suku yang ada di Indonesia?
Alternatif Jawaban : Saling menghormati dan bertoleransi
2. Mengapa kita harus menghargai budaya dari daerah lain?
Alternatif Jawaban : Untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
3. Apa manfaat menghormati keragaman budaya di suatu daerah?
Alternatif Jawaban : Budaya daerah menjadi terjaga kelestariannya
4. Bagaimana cara melestarikan bahasa daerah?
Alternatif Jawaban : mengajak generasi muda untuk mau menggunakan bahasa daerah,
misalnya dalam percakapan sehari-hari, nyanyian, puisi, dan cerita
5. Sebutkan agama/kepercayaan yang ada di Indonesia beserta tempat ibadahnya masing-masing!
Alternatif Jawaban: Islam-masjid, Kristen-gereja, Katolik-gereja, Hindu-pura, Buddhavihara, Konghucu-kelenteng
1. Suku bangsa yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah ....
Alternatif Jawaban: Jawa
3. Suku bangsa Bugis berada di Provinsi ....
Alternatif Jawaban: Sulawesi Selatan
3. Bahasa Ampanang, Aoheng, dan Bahau merupakan bahasa dari daerah ....
Alternatif Jawaban: Kalimantan
4. Nama suku bangsa yang ada di DKI Jakarta adalah ....
Alternatif Jawaban: Betawi
5. Tarian daerah pada masa sekarang dilestarikan dengan cara dipentaskan untuk acara ....
Alternatif Jawaban: peringatan hari kemerdekaan atau acara kenegaraan
6. Anak Kambing Saya, Bolelebo, Potong Bebek Angsa merupakan lagu dari daerah ....
Alternatif Jawaban: Nusa Tenggara Timur
B. SOAL URAIAN
1. Sebutkan tiga nama suku bangsa di Provinsi Maluku Utara!
Alternatif Jawaban : tiga di antara: Seram, Banda, Buru, Furur, Aru, Bacan, Gane, Kadai, Kau,
Loloda
2. Sebutkan tiga tempat di Indonesia yang menghasilkan gerabah!
Alternatif Jawaban : tiga di antara: Kasongan di Yogyakarta, Banyumulek di Nusa Tenggara
Barat, Pulau Ouw di Maluku, dan kampung Abrar di Papua
3. Sebutkan nama bahasa daerah Maluku !
Alternatif Jawaban :
a. Letak strategis wilayah Indonesia.
b. Kondisi negara kepulauan.
c. Perbedaan kondisi alam.
d. Keadaan transportasi dan komunikasi..
d. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan.
1. Tanda yang menyatakan cepat lambatnya lagu dinyanyikan adalah tanda .....
Alternatif Jawaban : tempo
2. Lagu berjudul “Gugur Bunga” dinyanyikan dengan tempo largo, yang artinya bertempo .... Alternatif Jawaban : pelan
3. Lagu yang isi syairnya menggambarkan tingkah laku masyarakat setempat dikelompokkan dalam jenis lagu ....
Alternatif Jawaban : daerah
4. Lagu berjudul “Yamko Rambe Yamko”bertanda tempo ....
Alternatif Jawaban : cepat/allegro
B. SOAL URAIAN
1. Apa yang dimaksud dengan tanda tempo?
Alternatif Jawaban : tanda untuk menyatakan cepat lambatnya suatu lagu dinyanyikan
2. Sebutkan tiga tanda tempo beserta artinya masing-masing!
Alternatif Jawaban : largo: pelan, moderato: sedang, dan allegro: cepat
1.
Perhatikan gambar di atas! Anak tersebut menarik mobil mainan menggunakan gaya ....
Alternatif Jawaban : otot
2. Pada permukaan luar ban mobil terdapat alur berguna untuk .... gaya gesek.
Alternatif Jawaban : menambah
3.
Alat pada gambar di atas menggunakan gaya ....
Alternatif Jawaban : gaya magnet
4. Penggaris plastik yang digosok-gosokkan pada rambut dapat menarik potongan-potongan kertas kecil karena memiliki gaya ....
Alternatif Jawaban : listrik
5. Kecepatan gerak sepeda menjadi berkurang saat direm karena pengaruh gaya ....
Alternatif Jawaban : gesekan
B. SOAL URAIAN
1. Apa yang dimaksud dengan gaya?
Alternatif Jawaban: Gaya adalah tarikan atau dorongan yang bekerja pada benda
2. Sebutkan tiga macam gaya!
Alternatif Jawaban: tiga di antara: gaya otot, gaya magnet, gaya listrik, gaya gesek, gaya
Gravitasi
3. Jelaskan manfaat gaya magnet bagi kehidupan!
Alternatif Jawaban: untuk membuat kompas penunjuk arah, sebagai bahan pembuatan
elektromagnet, memudahkan mencari jarum dan benda-benda kecil dari besi, bahan pembuat hiasan
4. Apa manfaat gaya gravitasi bagi manusia?
Alternatif Jawaban: benda-benda dapat melekat di permukaan bumi dan tidak melayanglayang
5. Sebutkan tiga macam gerak benda yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi!
Alternatif Jawaban: buah jatuh dari pohonnya, uang logam dilempar ke atas akan jatuh kembali ke bumi, air terjun jatuh ke sungai
6. Mengapa permukaan ban sepeda yang halus berbahaya jika tetap digunakan untuk bersepeda?
Alternatif Jawaban: ban sepeda yang halus gaya geseknya kecil sehingga laju sepeda tidak dapat segera berhenti saat direm
Demikianlah artikel tentang Latihan Soal Ulangan Harian Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
Buku yang digunakan sebagai sumber belajar siswa dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Latihan Soal Ulangan Harian Kelas 4 Tema 7 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru ini dapat anda jadikan untuk bahan referensi membekali peserta didik untuk mengetahui sampai dimana peserta didik memahami materi yang telah disampaikan. Berikut contoh soal ulangan harian kelas 4 tema 7 subtema 1.
BAHASA INDONESIA
A. SOAL ISIANBacaan ini untuk menjawab soal nomor 1–4.
Suku Batak di Sumatra Barat
Bahasa yang digunakan orang Batak adalah bahasa Batak dan sebagian orang menggunakan bahasa Melayu. Penutur bahasa Batak di setiap daerah memiliki logat yang berbeda-beda. Orang Karo menggunakan logat Karo, orang Pakpak menggunakan logat Pakpak, dan orang Simalungun menggunakan logat Simalungun.
Tari Tor-Tor dan Serampang Dua Belas adalah kesenian suku Batak. Adapun alat musik tradisionalnya berupa gong dan saga-saga. Kain ulos merupakan hasil kerajinan tenun suku Batak. Kain ini sering digunakan dalam berbagai upacara adat, seperti upacara perkawinan, kematian, maupun menyambut tamu.
1. Orang Batak menggunakan bahasa daerah yaitu ....
Alternatif Jawaban: bahasa Melayu
2. Jenis tarian dari Batak yaitu ....
Alternatif Jawaban : tari Tor-Tor
3. Alat musik tradional suku Batak berupa .... dan ....
Alternatif Jawaban : gong dan sagasaga
4. Kain ulos sering digunakan suku Batak dalam berbagai upacara adat, salah satunya adalah upacara adat ....
Alternatif Jawaban : upacara adat perkawinan, kematian, atau menyambut tamu
B. SOAL URAIAN
Bacaan ini untuk menjawab soal nomor 1–3.
Kain Tenun Ikat Flores
Kain tenun ikat dari Flores dibuat dengan cara tradisional. Proses pembuatannya bermula dari pengolahan biji kapas yang dipintal menjadi benang. Benang kemudian ditenun menjadi kain. Kain tersebut kemudian diberi pewarna alami yang berasal dari berbagai jenis tanaman.
Setiap daerah di Flores memiliki corak dan motif kain tenun yang berbeda. Kain tenun Ende berwarna dominan cokelat dan merah, dengan ciri khas menggunakan satu jenis motif di tengah kain. Kain tenun Sikka berwarna gelap, seperti hitam, cokelat, dan biru. Kain ini menggunakan motif okukirei dan mawarani. Kain tenun Lio bermotif tiga emas. Motif ini diyakini dapat
membuat pemiliknya kaya raya.
1. Apa gagasan pokok paragaraf pertama dari bacaan di atas?
Alternatif Jawaban : Kain tenun dari Flores dibuat dengan cara tradisional
2. Sebutkan 3 kosakata sulit dari bacaan di atas! Jelaskan artinya masingmasing!
Alternatif Jawaban :
a. Tradisional: sikap dan cara berpikir serta bertindak yang selalu berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan yang ada secara turun-temurun.
b. Corak: berjenis-jenis warna pada warna dasar (tentang kain, bendera, dan sebagainya)
c. Motif: pola, corak.
3. Jelaskan informasi baru yang dapat diperoleh dari bacaan di atas!
Alternatif Jawaban : Jawaban siswa bisa berbeda-beda
PPKn
A. SOAL ISIAN1. Kalimat “BhinNeka Tunggal Ika” berasal dari bahasa ....
Alternatif Jawaban : “BhinNeka Tunggal Ika” berasal dari bahasa Sanskerta
2.
Karapan sapi seperti pada gambar di atas merupakan kesenian tradisional yang berasal dari daerah ....
Alternatif Jawaban : Madura
3. Jika tidak ada rasa persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara dapat berakibat .... Alternatif Jawaban : perpecahan
4. Berbicara dengan teman yang berbeda suku bangsa sebaiknya menggunakan bahasa ....
Alternatif Jawaban : Indonesia
5. Bahasa yang disepakati sebagai bahasa resmi kenegaraan disebut ....
Alternatif Jawaban : Bahasa Negara
B. SOAL URAIAN
1. Bagaimana cara menghargai keragaman suku yang ada di Indonesia?
Alternatif Jawaban : Saling menghormati dan bertoleransi
2. Mengapa kita harus menghargai budaya dari daerah lain?
Alternatif Jawaban : Untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
3. Apa manfaat menghormati keragaman budaya di suatu daerah?
Alternatif Jawaban : Budaya daerah menjadi terjaga kelestariannya
4. Bagaimana cara melestarikan bahasa daerah?
Alternatif Jawaban : mengajak generasi muda untuk mau menggunakan bahasa daerah,
misalnya dalam percakapan sehari-hari, nyanyian, puisi, dan cerita
5. Sebutkan agama/kepercayaan yang ada di Indonesia beserta tempat ibadahnya masing-masing!
Alternatif Jawaban: Islam-masjid, Kristen-gereja, Katolik-gereja, Hindu-pura, Buddhavihara, Konghucu-kelenteng
IPS
A. SOAL ISIAN1. Suku bangsa yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah ....
Alternatif Jawaban: Jawa
3. Suku bangsa Bugis berada di Provinsi ....
Alternatif Jawaban: Sulawesi Selatan
3. Bahasa Ampanang, Aoheng, dan Bahau merupakan bahasa dari daerah ....
Alternatif Jawaban: Kalimantan
4. Nama suku bangsa yang ada di DKI Jakarta adalah ....
Alternatif Jawaban: Betawi
5. Tarian daerah pada masa sekarang dilestarikan dengan cara dipentaskan untuk acara ....
Alternatif Jawaban: peringatan hari kemerdekaan atau acara kenegaraan
6. Anak Kambing Saya, Bolelebo, Potong Bebek Angsa merupakan lagu dari daerah ....
Alternatif Jawaban: Nusa Tenggara Timur
B. SOAL URAIAN
1. Sebutkan tiga nama suku bangsa di Provinsi Maluku Utara!
Alternatif Jawaban : tiga di antara: Seram, Banda, Buru, Furur, Aru, Bacan, Gane, Kadai, Kau,
Loloda
2. Sebutkan tiga tempat di Indonesia yang menghasilkan gerabah!
Alternatif Jawaban : tiga di antara: Kasongan di Yogyakarta, Banyumulek di Nusa Tenggara
Barat, Pulau Ouw di Maluku, dan kampung Abrar di Papua
3. Sebutkan nama bahasa daerah Maluku !
Alternatif Jawaban :
a. Letak strategis wilayah Indonesia.
b. Kondisi negara kepulauan.
c. Perbedaan kondisi alam.
d. Keadaan transportasi dan komunikasi..
d. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan.
SBdP
A. SOAL ISIAN1. Tanda yang menyatakan cepat lambatnya lagu dinyanyikan adalah tanda .....
Alternatif Jawaban : tempo
2. Lagu berjudul “Gugur Bunga” dinyanyikan dengan tempo largo, yang artinya bertempo .... Alternatif Jawaban : pelan
3. Lagu yang isi syairnya menggambarkan tingkah laku masyarakat setempat dikelompokkan dalam jenis lagu ....
Alternatif Jawaban : daerah
4. Lagu berjudul “Yamko Rambe Yamko”bertanda tempo ....
Alternatif Jawaban : cepat/allegro
B. SOAL URAIAN
1. Apa yang dimaksud dengan tanda tempo?
Alternatif Jawaban : tanda untuk menyatakan cepat lambatnya suatu lagu dinyanyikan
2. Sebutkan tiga tanda tempo beserta artinya masing-masing!
Alternatif Jawaban : largo: pelan, moderato: sedang, dan allegro: cepat
IPA
A. SOAL ISIAN1.
Perhatikan gambar di atas! Anak tersebut menarik mobil mainan menggunakan gaya ....
Alternatif Jawaban : otot
2. Pada permukaan luar ban mobil terdapat alur berguna untuk .... gaya gesek.
Alternatif Jawaban : menambah
3.
Alat pada gambar di atas menggunakan gaya ....
Alternatif Jawaban : gaya magnet
4. Penggaris plastik yang digosok-gosokkan pada rambut dapat menarik potongan-potongan kertas kecil karena memiliki gaya ....
Alternatif Jawaban : listrik
5. Kecepatan gerak sepeda menjadi berkurang saat direm karena pengaruh gaya ....
Alternatif Jawaban : gesekan
B. SOAL URAIAN
1. Apa yang dimaksud dengan gaya?
Alternatif Jawaban: Gaya adalah tarikan atau dorongan yang bekerja pada benda
2. Sebutkan tiga macam gaya!
Alternatif Jawaban: tiga di antara: gaya otot, gaya magnet, gaya listrik, gaya gesek, gaya
Gravitasi
3. Jelaskan manfaat gaya magnet bagi kehidupan!
Alternatif Jawaban: untuk membuat kompas penunjuk arah, sebagai bahan pembuatan
elektromagnet, memudahkan mencari jarum dan benda-benda kecil dari besi, bahan pembuat hiasan
4. Apa manfaat gaya gravitasi bagi manusia?
Alternatif Jawaban: benda-benda dapat melekat di permukaan bumi dan tidak melayanglayang
5. Sebutkan tiga macam gerak benda yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi!
Alternatif Jawaban: buah jatuh dari pohonnya, uang logam dilempar ke atas akan jatuh kembali ke bumi, air terjun jatuh ke sungai
6. Mengapa permukaan ban sepeda yang halus berbahaya jika tetap digunakan untuk bersepeda?
Alternatif Jawaban: ban sepeda yang halus gaya geseknya kecil sehingga laju sepeda tidak dapat segera berhenti saat direm
Demikianlah artikel tentang Latihan Soal Ulangan Harian Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
0 Response to "Latihan Soal Ulangan Harian Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 "
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.