Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Halaman 133, 135, 137, 139, 140
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Halaman 133, 135, 137, 139, 140 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran IPA, B.Indonesia dan SBDP.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 133-140 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar benda-benda berikut
Apakah yang dimaksud benda tiga dimensi? Tuliskan pendapatmu mengenai pengertian benda tiga dimensi pada kolom berikut.
Alternatif Jawaban :
- Benda tiga dimensi adalah benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi.
- Wujud bidang bukan hanya bidang datar saja melainkan semua bidang.
- Menempati ruang
Ayo Membaca
Gambar adalah karya seni rupa dua dimensi. Karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Objek gambar adalah benda-benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume. Unsur volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi misalnya benda hias dan benda yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas bunga, meja, kursi, lemari, dan lampu hias.
Berdasarkan pengertian karya seni tiga dimensi di atas, dapat kamu pahami adanya ciri-ciri tiga dimensi sebagai berikut.
1. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
3. Memiliki volume.
Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut.
1. Benda Kubistis
Benda kubistis adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan kulkas.
2. Benda Silindris
Benda silindris adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai silinder (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.
3. Benda Bebas
Ciri-ciri benda tiga dimensi adalah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas Benda Bebas adalah benda-benda yang bentuknya tidak beraturan.
Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, supaya kamu lebih memahami karya benda tiga dimensi.
1. Bagaimana ciri-ciri benda berbentuk tiga dimensi.
2. Apa saja jenis-jenis benda karya tiga dimensi?
3. Apa saja contoh lain benda tiga dimensi yang dapat ditemukan dalam lingkungan kehidupan sehari-hari?
4. Bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi?
Alternatif Jawaban :
1. Benda-benda seperti meja, kursi, vas bunga, dan perabot rumah tangga lainnya termasuk benda tiga dimensi karena benda pada gambar memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume dan ruang.
2. Berikut unsur-unsur karya tiga dimensi.
a. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
b. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
c. Menempati ruang.
3. Contoh lain karya seni tiga dimensi yang dapat ditemukan dalam lingkungan kehidupan sehari-hari yaitu patung, tugu, dan monumen.
4. Ada beberapa teknik dasar dalam menggambar benda tiga dimensi yaitu teknik arsir, teknik sapuan basah (aquarel), teknik dussel (gosok), teknik siluet (blok) dan teknik pointilis.
Ayo Berlatih
Kamu telah memahami jenis-jenis benda yang bisa kamu tuangkan dalam gambar tiga dimensi. Sekarang perhatikan gambar benda tiga dimensi berikut.
Kelompokkan gambar-gambar yang ada berdasarkan jenisnya. Tuliskan dalam buku tugasmu ada berapa jenis benda dalam kelompok benda kubistis, kelompok benda silindris, dan kelompok benda bebas? Presentasikan di depan kelas secara bergantian.
Jenis benda tiga dimensi banyak bentuknya. Kamu bisa menemukan bendabenda tiga dimensi di lingkungan tempat tinggalmu. Adakah perajin atau penjual gerabah di tempat tinggalmu? Lakukan kegiatan berikut.
Ayo Mengamati
Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Lakukan kunjungan secara kelompok ke tempat perajin atau penjual gerabah di lingkungan tempat tinggalmu. Amati gerabah yang dijual atau dibuat perajin. Tuliskan nama gerabah yang termasuk jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tuliskan sesuai tiga kelompok jenis benda tiga dimensi!
Teko merupakan benda tiga dimensi. Saat kita melihat teko, mengingatkan kita pada cerita “Aladin dan Lampu Ajaib”. Cerita Aladin dan Lampu Ajaib merupakan contoh cerita fiksi. Tahukah kamu cerita “Aladin dan Lampu Ajaib” ?
Coba, cari tahu mengenai cerita “Aladin dan Lampu Ajaib”.
1. Coba cari tahu mengenai cerita fiksi Aladin dan Lampu Ajaib dengan cara bertanya kepada orang tua, kakak, guru, atau siapapun yang kamu anggap tahu. Kamu juga bisa mencari tahu melalui berbagai media. Jika kamu akan membuka internet, mintalah pendampingan dari orang tuamu atau orang dewasa.
2. Tuliskan kembali dengan singkat cerita Aladin dan Lampu Ajaib. Tuliskan juga tokoh-tokoh dan sifatnya. Tuliskan dalam kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
Cerita singkat Aladin dan Lampu Ajaib
Suatu hari, ia menemukan lampu ajaib di sebuah gua. Lampu tersebut ternyata merupakan tempat tinggal sesosok jin. Jin tersebut mengatakan kepada Aladin bahwa ia bisa mengabulkan tiga permohonan dari pemiliknya. Aladin pun menggunakan jin tersebut untuk mengabulkan permohonannya agar menjadi seorang pangeran untuk merebut hati seorang putri.
Meski awalnya sempat berkonflik dengan sang jin, namun akhirnya Aladin berteman baik dengannya bahkan menggunakan keinginan terakhirnya untuk membebaskan sang jin tersebut.
Tokoh-tokoh dan sifatnya
Aladin memiliki sifat rendah hati(baik)
Yasmin memiliki sifat baik hati,suka menolong,dan berbudi pekerti yg baik
Jin Biru memiliki sifat baik
Kasim memiliki sifat pendendam,jahat,dan suka menganiaya
Benda tiga dimensi berupa teko dapat dibuat dengan cara dibentuk dari tanah liat. Karena pengaruh gaya saat membentuk, tanah liat yang tadinya tidak berbentuk menjadi bentuk teko. Masih ingatkah kamu dengan pembelajaran 1 yang membahas tentang hubungan gaya dan gerak? Dapatkah kamu menemukan hubungan gaya dan gerak pada peristiwa di lingkungan
tempat tinggal? Amatilah gambar peristiwa berikut.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar peristiwa anak bermain ketapel, paman menimba dengan ember, dan perajin membuat gerabah berikut.
1. Anak bermain ketapel
Bermain ketapel dilakukan dengan menarik karet dan melepaskan karetnya.
Berhati-hatilah saat bermain ketapel. Jangan diarahkan kepada teman.
2. Paman menimba dengan ember
Paman menimba dengan menarik tali timba. Perhatikan gambar berikut.
3. Perajin membuat gerabah
Gerabah dibuat dari tanah liat. Tanah dibentuk oleh perajin menjadi berbagai bentuk. Perhatikan gambar berikut.
Bagaimana hubungan gerak dan gaya kaitannya dengan peristiwa tersebut?
Coba, tuliskan dalam kotak-kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
1. Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa bermain ketapel adalah gaya saat anak menarik ketapel dan melepaskannya memengaruhi batu yang semula diam menjadi bergerak setelah dilontarkan dengan menggunakan ketapel.
2. Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa menimba adalah gaya yang dikerjakan paman saat menarik tali timba mengakibatkan ember yang semula diam menjadi bergerak naik.
3. Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa membuat gerabah adalah gaya yang dilakukan pengrajin saat membentuk tanah liat mengubah bentuk tanah liat menjadi gerabah.
Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah kamu merasa senang dengan kegiatan yang kamu lakukan hari ini? Apakah kamu kesulitan dalam mengikuti kegiatan dalam pembelajaran hari ini? Coba renungkan! Tuliskan hasil renunganmu dalam kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
Yang sudah saya pelajari pada hari ini adalah mengenal benda 3 dimensi, menentukan sifat pada tokoh cerita Aladin dan lampu Ajaib, menentukan hubungan gaya dan gerak.
Saya merasa senang dalam mengikuti pembelajaran pada hari ini
Saya tidak merasa kesulitan dalam mengikuti kegiatan dalam pembelajaran hari ini
Kerja Sama dengan Orang Tua
Coba amati peristiwa yang berhubungan dengan gaya dan gerak di lingkungan tempat tinggalmu bersama orang tua atau kakakmu. Tuliskah peristiwa yang kamu amati. Tuliskan juga hubungan gaya dan gerak pada peristiwa itu. Tuliskan pada kolom berikut.
Nama :
Daerah Tempat Tinggal :
Alternatif Jawaban :
Nama : Rian
Daerah Tempat Tinggal : Permai indah
1. Peristiwa yang diamati: Mendorong mobil yang mogok
Hubungan Gaya dan Gerak pada Peristiwa : Benda diam menjadi bergerak, karena benda yang semua diam bila digerakkan akan bergerak
2. Peristiwa yang diamati : Mengerem sepeda
Hubungan Gaya dan Gerak pada Peristiwa : Benda bergerak menjadi diam, karena benda yang sewaktu bergerak dan tiba – tiba dihentikan sehingga benda tersebut menjadi diam
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Halaman 133, 135, 137, 139, 140 Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 133-140 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar benda-benda berikut
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 133
Benda-benda pada gambar di atas merupakan gambar benda tiga dimensi.Apakah yang dimaksud benda tiga dimensi? Tuliskan pendapatmu mengenai pengertian benda tiga dimensi pada kolom berikut.
Alternatif Jawaban :
- Benda tiga dimensi adalah benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi.
- Wujud bidang bukan hanya bidang datar saja melainkan semua bidang.
- Menempati ruang
Ayo Membaca
Gambar adalah karya seni rupa dua dimensi. Karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Objek gambar adalah benda-benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume. Unsur volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi misalnya benda hias dan benda yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas bunga, meja, kursi, lemari, dan lampu hias.
Berdasarkan pengertian karya seni tiga dimensi di atas, dapat kamu pahami adanya ciri-ciri tiga dimensi sebagai berikut.
1. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
3. Memiliki volume.
Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut.
1. Benda Kubistis
Benda kubistis adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan kulkas.
2. Benda Silindris
Benda silindris adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai silinder (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.
3. Benda Bebas
Ciri-ciri benda tiga dimensi adalah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas Benda Bebas adalah benda-benda yang bentuknya tidak beraturan.
Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 135
Ayo BerlatihJawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, supaya kamu lebih memahami karya benda tiga dimensi.
1. Bagaimana ciri-ciri benda berbentuk tiga dimensi.
2. Apa saja jenis-jenis benda karya tiga dimensi?
3. Apa saja contoh lain benda tiga dimensi yang dapat ditemukan dalam lingkungan kehidupan sehari-hari?
4. Bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi?
Alternatif Jawaban :
1. Benda-benda seperti meja, kursi, vas bunga, dan perabot rumah tangga lainnya termasuk benda tiga dimensi karena benda pada gambar memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume dan ruang.
2. Berikut unsur-unsur karya tiga dimensi.
a. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
b. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
c. Menempati ruang.
3. Contoh lain karya seni tiga dimensi yang dapat ditemukan dalam lingkungan kehidupan sehari-hari yaitu patung, tugu, dan monumen.
4. Ada beberapa teknik dasar dalam menggambar benda tiga dimensi yaitu teknik arsir, teknik sapuan basah (aquarel), teknik dussel (gosok), teknik siluet (blok) dan teknik pointilis.
Ayo Berlatih
Kamu telah memahami jenis-jenis benda yang bisa kamu tuangkan dalam gambar tiga dimensi. Sekarang perhatikan gambar benda tiga dimensi berikut.
Kelompokkan gambar-gambar yang ada berdasarkan jenisnya. Tuliskan dalam buku tugasmu ada berapa jenis benda dalam kelompok benda kubistis, kelompok benda silindris, dan kelompok benda bebas? Presentasikan di depan kelas secara bergantian.
Jenis benda tiga dimensi banyak bentuknya. Kamu bisa menemukan bendabenda tiga dimensi di lingkungan tempat tinggalmu. Adakah perajin atau penjual gerabah di tempat tinggalmu? Lakukan kegiatan berikut.
Ayo Mengamati
Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Lakukan kunjungan secara kelompok ke tempat perajin atau penjual gerabah di lingkungan tempat tinggalmu. Amati gerabah yang dijual atau dibuat perajin. Tuliskan nama gerabah yang termasuk jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tuliskan sesuai tiga kelompok jenis benda tiga dimensi!
Teko merupakan benda tiga dimensi. Saat kita melihat teko, mengingatkan kita pada cerita “Aladin dan Lampu Ajaib”. Cerita Aladin dan Lampu Ajaib merupakan contoh cerita fiksi. Tahukah kamu cerita “Aladin dan Lampu Ajaib” ?
Coba, cari tahu mengenai cerita “Aladin dan Lampu Ajaib”.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 137
Ayo Berdiskusi1. Coba cari tahu mengenai cerita fiksi Aladin dan Lampu Ajaib dengan cara bertanya kepada orang tua, kakak, guru, atau siapapun yang kamu anggap tahu. Kamu juga bisa mencari tahu melalui berbagai media. Jika kamu akan membuka internet, mintalah pendampingan dari orang tuamu atau orang dewasa.
2. Tuliskan kembali dengan singkat cerita Aladin dan Lampu Ajaib. Tuliskan juga tokoh-tokoh dan sifatnya. Tuliskan dalam kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
Cerita singkat Aladin dan Lampu Ajaib
Suatu hari, ia menemukan lampu ajaib di sebuah gua. Lampu tersebut ternyata merupakan tempat tinggal sesosok jin. Jin tersebut mengatakan kepada Aladin bahwa ia bisa mengabulkan tiga permohonan dari pemiliknya. Aladin pun menggunakan jin tersebut untuk mengabulkan permohonannya agar menjadi seorang pangeran untuk merebut hati seorang putri.
Meski awalnya sempat berkonflik dengan sang jin, namun akhirnya Aladin berteman baik dengannya bahkan menggunakan keinginan terakhirnya untuk membebaskan sang jin tersebut.
Tokoh-tokoh dan sifatnya
Aladin memiliki sifat rendah hati(baik)
Yasmin memiliki sifat baik hati,suka menolong,dan berbudi pekerti yg baik
Jin Biru memiliki sifat baik
Kasim memiliki sifat pendendam,jahat,dan suka menganiaya
Benda tiga dimensi berupa teko dapat dibuat dengan cara dibentuk dari tanah liat. Karena pengaruh gaya saat membentuk, tanah liat yang tadinya tidak berbentuk menjadi bentuk teko. Masih ingatkah kamu dengan pembelajaran 1 yang membahas tentang hubungan gaya dan gerak? Dapatkah kamu menemukan hubungan gaya dan gerak pada peristiwa di lingkungan
tempat tinggal? Amatilah gambar peristiwa berikut.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar peristiwa anak bermain ketapel, paman menimba dengan ember, dan perajin membuat gerabah berikut.
1. Anak bermain ketapel
Bermain ketapel dilakukan dengan menarik karet dan melepaskan karetnya.
Berhati-hatilah saat bermain ketapel. Jangan diarahkan kepada teman.
2. Paman menimba dengan ember
Paman menimba dengan menarik tali timba. Perhatikan gambar berikut.
3. Perajin membuat gerabah
Gerabah dibuat dari tanah liat. Tanah dibentuk oleh perajin menjadi berbagai bentuk. Perhatikan gambar berikut.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 139
Bagaimana hubungan gerak dan gaya kaitannya dengan peristiwa tersebut?Coba, tuliskan dalam kotak-kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
1. Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa bermain ketapel adalah gaya saat anak menarik ketapel dan melepaskannya memengaruhi batu yang semula diam menjadi bergerak setelah dilontarkan dengan menggunakan ketapel.
2. Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa menimba adalah gaya yang dikerjakan paman saat menarik tali timba mengakibatkan ember yang semula diam menjadi bergerak naik.
3. Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa membuat gerabah adalah gaya yang dilakukan pengrajin saat membentuk tanah liat mengubah bentuk tanah liat menjadi gerabah.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 140
Ayo RenungkanApa yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah kamu merasa senang dengan kegiatan yang kamu lakukan hari ini? Apakah kamu kesulitan dalam mengikuti kegiatan dalam pembelajaran hari ini? Coba renungkan! Tuliskan hasil renunganmu dalam kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
Yang sudah saya pelajari pada hari ini adalah mengenal benda 3 dimensi, menentukan sifat pada tokoh cerita Aladin dan lampu Ajaib, menentukan hubungan gaya dan gerak.
Saya merasa senang dalam mengikuti pembelajaran pada hari ini
Saya tidak merasa kesulitan dalam mengikuti kegiatan dalam pembelajaran hari ini
Kerja Sama dengan Orang Tua
Coba amati peristiwa yang berhubungan dengan gaya dan gerak di lingkungan tempat tinggalmu bersama orang tua atau kakakmu. Tuliskah peristiwa yang kamu amati. Tuliskan juga hubungan gaya dan gerak pada peristiwa itu. Tuliskan pada kolom berikut.
Nama :
Daerah Tempat Tinggal :
Alternatif Jawaban :
Nama : Rian
Daerah Tempat Tinggal : Permai indah
1. Peristiwa yang diamati: Mendorong mobil yang mogok
Hubungan Gaya dan Gerak pada Peristiwa : Benda diam menjadi bergerak, karena benda yang semua diam bila digerakkan akan bergerak
2. Peristiwa yang diamati : Mengerem sepeda
Hubungan Gaya dan Gerak pada Peristiwa : Benda bergerak menjadi diam, karena benda yang sewaktu bergerak dan tiba – tiba dihentikan sehingga benda tersebut menjadi diam
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Halaman 133, 135, 137, 139, 140 Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Halaman 133, 135, 137, 139, 140"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.