Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 133, 134, 135, 136, 137, 138
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 133, 134, 135, 136, 137, 138 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pelajaran PKN dan B. Indonesia.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 132-138 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Pembelajaran 4
Ayo Membaca
Aktivitas manusia sering memicu lahirnya bencana alam. Misalnya terjadinya banjir, kebakaran hutan, atau krisis air bersih. Mengapa perilaku manusia dapat memicu terjadinya bencana alam?
Perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap alam justru akan merugikan manusia
itu sendiri. Misalnya, hanya demi mengejar keuntungan melalui jual beli kayu, manusia menebangi hutan secara membabi buta. Hal tersebut akan memicu terjadinya tanah longsor, kekeringan, dan banjir. Pohon yang menjadi pelindung tanah, peyerap air, dan penyuplai udara bersih sudah tidak ada lagi.
Perbuatan yang demikian merupakan perbuatan yang tidak mencerminkan pemenuhan kewajiban sebagai warga negara. Perbuatan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang, namun berdampak pada banyak orang dan berdampak pula pada keberlangsungan hidup manusia dan alam. Mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan oleh perilaku masyarakat terhadap lingkungan, maka masyarakat harus secara sadar mengembangkan perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan lingkungan alam. Bahkan, masyarakat pun harus mau bersatu padu dan bahu membahu menjaga kelestarian lingkungan alam. Misalnya, dengan bekerja bakti secara rutin membersihkan lingkungan, bergotong royong membangun sarana dan prasarana kebersihan. Selain kelestarian alam tetap terjaga, dengan kegiatan tersebut menujukkan adanya sikap persatuan dan kesatuan masyarakat.
Tahukah kamu sikap persatuan dan kesatuan yang lainnya? Tuliskan sikap persatuan dan kesatuan yang pernah kamu lakukan saat di sekolah, di rumah, dan di masyarakat.
Sikap persatuan dan kesatuan di rumah:
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Alternatif Jawaban :
1. Bekerja sama dan saling tolong menolong, contohnya membantu pekerjaan ibu di dapur, membimbing adik mengerjakan pekerjaan rumah.
2. Mendahulukan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi, contohnya dengan bekerja bakti membersihkan rumah.
3. Mengedepankan musyawarah dalam mengambil keputusan atau dalam menyelesaikan masalah, contohnya menentukan destinasi liburan keluarga dengan mendengar pendapat semua anggota keluarga.
Sikap persatuan dan kesatuan di sekolah:
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Alternatif Jawaban :
1. Menghargai dan menghormati pendirian teman lainnya di sekolah, baik agama, pendapat, ide dan sebagainya.
2. Tidak diskriminatif dengan pilih-pilih teman. Berteman dengan siapapun di sekolah dengan tidak mempermasalahkan latar belakangnya.
3. Mendahulukan kepentingan bersama dari kepentingan diri pribadi, contohnya dengan disiplin memenuhi kewajiban piket.
Sikap persatuan dan kesatuan di masyarakat:
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Alternatif Jawaban :
1. Bersikap toleran dan tidak diskriminatif atau membedakan perlakuan berdasarkan latar belakang seseorang.
2. Pengambilan keputusan diambil berdasarkan pada musyawarah mufakat dengan mendengar pendapat semua warga.
3. Menggalakkan budaya gotong royong, kerja bakti, tolong menolong di antara warga masyarakat.
Amatilah gambar berikut. Selanjutnya, tuliskan pendapatmu mengenai gambar.
Apakah perilaku atau sikap orang-orang pada gambar mencerminkan persatuan dan kesatuan?
Tuliskan pada kolom di sampingnya.
Alternatif Jawaban :
Gambar 1
Mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan, karena menunjukan kepedulian dengan menjenguk teman yang sedang sakit
Gambar 2
Tidak mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan, karena berkelahi degan teman menunjukan perpecahan
Gambar 3
Mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan, karena mereka bekerja sama dalam membersihkan halaman sekolah.
Gambar 4
Mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan, gambar tersebut menunjukan orang sedang bergotong royong untuk membangun dan mencapai tujuan bersama
Gambar 5
Tidak mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan, gambar tersebut menunjukan orang yang sedang menebang pohon secara liar.
Ayo Membaca
Warga di wilayah Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, Kota Administrasi Jakarta Utara, bersama aparat pemerintah kelurahan melakukan kerja bakti bersama. Kegiatan itu dilakukan untuk mencegah banjir. Kegiatan kerja bakti yang dilakukan antara lain membersihkan selokan di depan tiaptiap rumah warga serta membersihkan sampah yang ada di lingkungan.
Lurah Rawa Badak Utara, Suranta, menjelaskan bahwa kegiatan kerja bakti atau gotong royong itu dilakukan rutin di Kelurahan Rawa Badak Utara. Dalam kegiatan itu, warga juga melakukan penghijauan agar jalan lingkungan menjadi asri, hijau, dan indah. Manfaat lain dari kerja bakti adalah terjalinnya kerja sama dan kebersamaan di antara warga.
Sumber: www.utara.jakarta.go.id
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang dapat dilakukan dalam kerja bakti untuk usaha pelestarian lingkungan?
2. Apa manfaat kerja bakti dalam menjaga sikap persatuan dan kesatuanwarga?
3. Mengapa kerja bakti perlu dilakukan?
Alternatif Jawaban :
1. Membersihkan selokan, membersihkan sampah dan melakukan penghijauan
2. Terjalinnya kerjasama dan kebersamaan diantara warga
3. Utuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan
Kerja bakti merupakan kegiatan positif masyarakat yang banyak manfaatnya.
Selain memupuk jiwa persatuan dan kesatuan, kerja sama, juga dapat berguna dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan umum. Selain itu, kerja bakti yang dilkakukan dalam rangka bersih-bersih lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, dan nyaman.
Kerja bakti apa saja yang sering dilakukan oleh warga masyarakat di sekitar tempat tinggalmu? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.
Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
Pertanyaan yang diajukan: Kerja bakti apa saja yang sering dilakukan oleh warga masyarakat di sekitar tempat tinggalmu? Apa saja manfaatnya?
Narasumber : Kakek
Hasil Wawancara:
1. Membersihkan lingkungan, manfaatnya lingkungan menjadi bersih dan indah
2. Membersihkan got, manfaatnya saluran menjadi bersih dan tidak mampet
3. Melakukan reboisasi, manfaatnya menjaga udara agar tetap bersih dan melestarikan tanah agar tetap subur
4. Membersihkan sungai, manfaatnya memperlancar air sungai, menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menimbulkan banjir
5. Membuat jalan masuk ke sawah, manfaatnya pekerjaan menjadi mudah
Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini
Alternatif Jawaban :
1. Belajar tentang sikap persatuan dan kesatuan
2. Dengan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat dapat hidup harmonis, aman, tentram dan sejahtera
3. Keterampilan mencari informasi tentang kerja bakti yang sering dilakukan d daerah sekitar
4. Lebih giat belajar dan menerapkan sikap persatuan dan kesatuan
Kerja Sama dengan Orang Tua
Buatlah daftar periksa atau check listtentang perilaku sehari-harimu yang menunjukkan kepedulianmu terhadap kelestarian sumber daya alam hayati dan nonhayati.
Biarkan orang tuamu yang memberikan penilaian dalam bentuk centang terhadap sikapmu.
Contoh:
Alternatif Jawaban :
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 133, 134, 135, 136, 137, 138 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Pembelajaran 4 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 132-138 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Pembelajaran 4
Ayo Membaca
Aktivitas manusia sering memicu lahirnya bencana alam. Misalnya terjadinya banjir, kebakaran hutan, atau krisis air bersih. Mengapa perilaku manusia dapat memicu terjadinya bencana alam?
Perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap alam justru akan merugikan manusia
itu sendiri. Misalnya, hanya demi mengejar keuntungan melalui jual beli kayu, manusia menebangi hutan secara membabi buta. Hal tersebut akan memicu terjadinya tanah longsor, kekeringan, dan banjir. Pohon yang menjadi pelindung tanah, peyerap air, dan penyuplai udara bersih sudah tidak ada lagi.
Perbuatan yang demikian merupakan perbuatan yang tidak mencerminkan pemenuhan kewajiban sebagai warga negara. Perbuatan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang, namun berdampak pada banyak orang dan berdampak pula pada keberlangsungan hidup manusia dan alam. Mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan oleh perilaku masyarakat terhadap lingkungan, maka masyarakat harus secara sadar mengembangkan perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan lingkungan alam. Bahkan, masyarakat pun harus mau bersatu padu dan bahu membahu menjaga kelestarian lingkungan alam. Misalnya, dengan bekerja bakti secara rutin membersihkan lingkungan, bergotong royong membangun sarana dan prasarana kebersihan. Selain kelestarian alam tetap terjaga, dengan kegiatan tersebut menujukkan adanya sikap persatuan dan kesatuan masyarakat.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 133
Ayo BerlatihTahukah kamu sikap persatuan dan kesatuan yang lainnya? Tuliskan sikap persatuan dan kesatuan yang pernah kamu lakukan saat di sekolah, di rumah, dan di masyarakat.
Sikap persatuan dan kesatuan di rumah:
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Alternatif Jawaban :
1. Bekerja sama dan saling tolong menolong, contohnya membantu pekerjaan ibu di dapur, membimbing adik mengerjakan pekerjaan rumah.
2. Mendahulukan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi, contohnya dengan bekerja bakti membersihkan rumah.
3. Mengedepankan musyawarah dalam mengambil keputusan atau dalam menyelesaikan masalah, contohnya menentukan destinasi liburan keluarga dengan mendengar pendapat semua anggota keluarga.
Sikap persatuan dan kesatuan di sekolah:
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Alternatif Jawaban :
1. Menghargai dan menghormati pendirian teman lainnya di sekolah, baik agama, pendapat, ide dan sebagainya.
2. Tidak diskriminatif dengan pilih-pilih teman. Berteman dengan siapapun di sekolah dengan tidak mempermasalahkan latar belakangnya.
3. Mendahulukan kepentingan bersama dari kepentingan diri pribadi, contohnya dengan disiplin memenuhi kewajiban piket.
Sikap persatuan dan kesatuan di masyarakat:
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Alternatif Jawaban :
1. Bersikap toleran dan tidak diskriminatif atau membedakan perlakuan berdasarkan latar belakang seseorang.
2. Pengambilan keputusan diambil berdasarkan pada musyawarah mufakat dengan mendengar pendapat semua warga.
3. Menggalakkan budaya gotong royong, kerja bakti, tolong menolong di antara warga masyarakat.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 134, 135
Ayo BerlatihAmatilah gambar berikut. Selanjutnya, tuliskan pendapatmu mengenai gambar.
Apakah perilaku atau sikap orang-orang pada gambar mencerminkan persatuan dan kesatuan?
Tuliskan pada kolom di sampingnya.
Alternatif Jawaban :
Gambar 1
Mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan, karena menunjukan kepedulian dengan menjenguk teman yang sedang sakit
Gambar 2
Tidak mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan, karena berkelahi degan teman menunjukan perpecahan
Gambar 3
Mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan, karena mereka bekerja sama dalam membersihkan halaman sekolah.
Gambar 4
Mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan, gambar tersebut menunjukan orang sedang bergotong royong untuk membangun dan mencapai tujuan bersama
Gambar 5
Tidak mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan, gambar tersebut menunjukan orang yang sedang menebang pohon secara liar.
Ayo Membaca
Warga Kelurahan Rawa Badak Utara Rutin Kerja Bakti
Warga di wilayah Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, Kota Administrasi Jakarta Utara, bersama aparat pemerintah kelurahan melakukan kerja bakti bersama. Kegiatan itu dilakukan untuk mencegah banjir. Kegiatan kerja bakti yang dilakukan antara lain membersihkan selokan di depan tiaptiap rumah warga serta membersihkan sampah yang ada di lingkungan.
Lurah Rawa Badak Utara, Suranta, menjelaskan bahwa kegiatan kerja bakti atau gotong royong itu dilakukan rutin di Kelurahan Rawa Badak Utara. Dalam kegiatan itu, warga juga melakukan penghijauan agar jalan lingkungan menjadi asri, hijau, dan indah. Manfaat lain dari kerja bakti adalah terjalinnya kerja sama dan kebersamaan di antara warga.
Sumber: www.utara.jakarta.go.id
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 136
Ayo BerlatihBerdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang dapat dilakukan dalam kerja bakti untuk usaha pelestarian lingkungan?
2. Apa manfaat kerja bakti dalam menjaga sikap persatuan dan kesatuanwarga?
3. Mengapa kerja bakti perlu dilakukan?
Alternatif Jawaban :
1. Membersihkan selokan, membersihkan sampah dan melakukan penghijauan
2. Terjalinnya kerjasama dan kebersamaan diantara warga
3. Utuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 137, 138
Ayo BerlatihKerja bakti merupakan kegiatan positif masyarakat yang banyak manfaatnya.
Selain memupuk jiwa persatuan dan kesatuan, kerja sama, juga dapat berguna dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan umum. Selain itu, kerja bakti yang dilkakukan dalam rangka bersih-bersih lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, dan nyaman.
Kerja bakti apa saja yang sering dilakukan oleh warga masyarakat di sekitar tempat tinggalmu? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.
Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
LAPORAN HASIL WAWANCARA
Nama : di isi sesuai dengan nama siswaPertanyaan yang diajukan: Kerja bakti apa saja yang sering dilakukan oleh warga masyarakat di sekitar tempat tinggalmu? Apa saja manfaatnya?
Narasumber : Kakek
Hasil Wawancara:
1. Membersihkan lingkungan, manfaatnya lingkungan menjadi bersih dan indah
2. Membersihkan got, manfaatnya saluran menjadi bersih dan tidak mampet
3. Melakukan reboisasi, manfaatnya menjaga udara agar tetap bersih dan melestarikan tanah agar tetap subur
4. Membersihkan sungai, manfaatnya memperlancar air sungai, menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menimbulkan banjir
5. Membuat jalan masuk ke sawah, manfaatnya pekerjaan menjadi mudah
Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini
Alternatif Jawaban :
1. Belajar tentang sikap persatuan dan kesatuan
2. Dengan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat dapat hidup harmonis, aman, tentram dan sejahtera
3. Keterampilan mencari informasi tentang kerja bakti yang sering dilakukan d daerah sekitar
4. Lebih giat belajar dan menerapkan sikap persatuan dan kesatuan
Kerja Sama dengan Orang Tua
Buatlah daftar periksa atau check listtentang perilaku sehari-harimu yang menunjukkan kepedulianmu terhadap kelestarian sumber daya alam hayati dan nonhayati.
Biarkan orang tuamu yang memberikan penilaian dalam bentuk centang terhadap sikapmu.
Contoh:
Alternatif Jawaban :
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 133, 134, 135, 136, 137, 138 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Pembelajaran 4 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 133, 134, 135, 136, 137, 138"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.