Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 139, 140, 141, 142, 143, 144

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 139, 140, 141, 142, 143, 144 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Pembelajaran 5 Terdiri dari Mata Pelajaran IPA dan SBDP.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 139-144 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 139

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 139,140

Ayo Mengamati
Amatilah ilustrasi dua gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaanpertanyaan berikut.
1. Coba jelaskan perubahan lingkungan alam yang tampak pada gambargambar di atas!
2. Menurutmu, apa yang menjadi penyebab dan yang menjadi dampak perubahan alam pada gambar di atas?
3. Jelaskan dampak yang ditimbulkan dari perubahan tersebut!

Alternatif Jawaban :
1. Perubahan lingkungan alam yang terjadi pada gambar diatas yaitu berkurangnya lahan hijau yang berfungsi sebagai daerah resapan air. Peristiwa ini dapat menyebabkan tanah longsor dan banjir
2. Penyebab dari penebangan pohon ada beberapa hal yaitu untuk membuka lahan industri atau perumahan, penebangan pohon untuk memenuhi segala kebutuhan manusia seperti meja, kursi, lemari dan lainnya
3. Dampak yang ditimbulkan yaitu, berkurangnya jumlah oksigen di bumi, banjir, tanah longsor, meningkatnya pemanasan global

Ayo Berlatih
Carilah informasi dan data tentang contoh perubahan-perubahan alam yang disebabkan karena aktivitas manusia melalui tulisan pada buku, majalah, surat kabar, atau artikel di internet.
Tuliskan hasilnya pada tabel berikut!
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 140

Alternatif Jawaban :
Contoh perubahan : Tanah longsor
Bentuk-bentuk perubahan :
- Keadaan sebelumnya : Infrastuktur jalan umum tidak tertutup timbunan tanah ataupun pepohonan, rumah-rumah daerah sekitar tidak mengalami kerusakan , dan setruktur tanah pada lahan tersebut normal
- Keadaan sekarang : Infrastruktur jalan menjadi rusak, rumah-rumah warga menjadi rusak, banyak pepohonan yang tumbang sehingga menyebabkan struktur tanah menjadi rusak
- Faktor penyabab : Penebangan pohon secara liar tidak diikuti penanaman kembali, penggalian lahan untung wilayah pertambangan.
- Dampak positif : Mendapati bahan-bahan untuk membat mebel, lahan dapat diperluas untuk pembangunan infrastruktur yang rusak, menyediakan lapangan pekerjaan berupa penambang.
- Dampak Negatif : Dapat menyebabkan jatuhnya korban jiwa akibat timbunan tanah longsor, kehilangan rumah dan tempat tinggal, rusaknya infrastruktur jalan umum sehingga dapat menyebabkan kemacetan jalanan. Rusaknya struktur tanah, sehingga dapat menyebabkan terganggunya ekosistem diwilayah tersebut.

Contoh perubahan : Banjir
Bentuk-bentuk perubahan :
- Keadaan sebelumnya : Daerah atau rumah-rumah kering atau dalam kondisi normal.
- Keadaan sekarang : Daerah tersebut tergenang air yang menenggelamkan rumah-rumah warga sekitar.
- Faktor penyabab : Banjir ini ialah akibat luapan air sungai disekitar wilayah tersebut ketika musim hujan yang ekstream. Aliran air tersebut tidak mampu ditampung lagi oleh sungai ini disebabkan karena aliran sungai tersebut tersumbat oleh sampah atau limbah rumah tangga dari warga sekitar.
- Dampak positif : ketersediaan air menjadi melimpah.
- Dampak Negatif : Banyak warga yang harus kehilangan harta benda mereka yang hanyut terbawa derasnya air banjir yang menggenangi wilayah mereka, munculnya penyakit seperti demam berdarah, malaria, penyakit kulit kadas dan kurap.

Ayo Membaca
Sumber daya alam, baik yang bisa diperbarui maupun yang tidak, jika digunakan secara terus-menerus juga akan habis. Pemanfaatannya harus dilakukan secara hati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan.

Kita tidak boleh memanfaatkannya secara sembarangan. Jika sumber daya alam tersebut rusak atau bahkan habis, kita akan terancam bencana. Hal ini merupakan perwujudan dari pelaksanaan  hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan dan sumber daya alam.
Melestarikan lingkungan merupakan hal yang wajib dilakukan. Agar sumber daya alam tetap lestari kita harus melakukan usaha-usaha sebagai berikut.
1. Penghematan bahan bakar dan listrik.
2. Penggunaan energi alternatif, misalnya energi matahari, dan energi air.
3. Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul atau reboisasi.
4. Melakukan pembibitan jenis tanaman unggul.
5. Melakukan daur ulang bahan bekas.
6. Tidak membuang sampah atau limbah ke wilayah perairan, baik sungai, danau, maupun laut.
7. Tidak menebang hutan secara sembarangan. Kita harus melakukan tebang pilih. Artinya, kita hanya menebang pohon-pohon yang sudah berusia tua dan setelah menebang mau menanam dan menggantikan dengan pohon yang lebih muda.
8. Tidak menangkap ikan dengan menggunakan racun, listrik, dan bahan peledak.

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 141, 142

Ayo Berdiskusi
1. Diskusikan dengan temanmu, apa akibat jika kita menebang hutan sembarangan?
2. Kumpulkan informasi dari buku, koran, majalah atau artikel tentang usaha-usaha pelestarian sumber daya alam!
3. Buatlah uraian singkat tentang akibat buruk apabila tidak melakukan pelestarian sumber daya alam!

Alternatif Jawaban :
1. Menebang hutan sembarangan akan mengakibatkan banjir, hutan gundul, dan longsor
2. Usaha-usaha pelestarian sumber daya alam :
- Melakukan reboisasi pada lahan-lahan gundul.
- Mengolah air limbah menjadi air layak pakai serta menertibkan pembuangan limbah termasuk juga sampah-sampah
- Tidak menggunakan bom atau racun ikan karena bisa merusak habitat alamiah ikan,
- Menghemat penggunaan energi listrik dengan mematikan alat elektronik yang tidak dibutuhkan.
- Beralih pada penggunaan energi alternatif.
3. Akibat buruk apabila tidak melakukan pelestarian sumber daya alam adalah terjadinya bencana, kerusakan, dan pencemaran lingkungan, serta banyak makhluk hidup yg mati.

Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu bertemakan alam berikut ini.
Nyanyikan secara bersama-sama lagu yang berjudul “Memandang Alam ”.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 142

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 143, 144

Ayo Berlatih
Coba tuliskan maksud atau isi lagu berjudul “Memandang Alam” pada kolom berikut.
Maksud atau isi lagu “Memandang Alam” adalah:
......................................................................................................................
......................................................................................................................
......................................................................................................................
Alternatif Jawaban :
Makna yang terkandung di dalam lagu berjudul “ Memandang Alam ” adalah rasa bahagia dan kagum atas keindahan alam sekitar yang disaksikan dari atas bukit, di mana sungai berliku-liku, sawah hijau bagai permadani di kaki langit serta gunung yang yang menjulang berpayung awan.

Tuliskan perasaan dan imajinasimu saat menyanyikan lagu tersebut.
Perasaan dan imajinasi saat menyanyikan lagu “Memandang Alam” adalah:
......................................................................................................................
......................................................................................................................
......................................................................................................................
Alternatif Jawaban :
Perasaan dan imajinasi saat menyanyikan lagu memandang alam adalah Perasaannya senang & damai. Imajinasinya menggambarkan keindahan alam buatan sang pencipta.

Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Alternatif Jawaban :
1. Belajar tentang materi penyebab dan akibat dari perubahan lingkungan dan menyanyikan lagu “ Memandang Alam ”
2. Nilai yang dapat kita ambil dari pembelajaran hari ini adalah kita harus menjaga dan melestarikan lingkungan
3. Keterampilan dalam menjaga kebersihan lingkungan
4. Lebih giat dan semangat dalam belajar

Kerja Sama dengan Orang Tua
Nyanyikan lagu yang berjudul  “Memandang  Alam”  di depan orang tuamu. Selesai bernyanyi, mintalah pendapat dari mereka.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 139, 140, 141, 142, 143, 144 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Pembelajaran 5 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 139, 140, 141, 142, 143, 144"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel