Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 93, 94, 95, 98, 99

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 93, 94, 95, 98, 99- Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pelajaran PKN dan B. Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 91-99 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Pembelajaran 6

Ayo Membaca
Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan. Kita tidak boleh memanfaatkan secara sembarangan. Jika sumber daya alam yang kita miliki habis atau rusak, kita terancam bencana. Lingkungan yang rusak dapat mengancam kehidupan masyarakat. Misalnya jika laut tercemar, maka ikan juga akan tercemar, dan orang yang memakannya juga akan sakit.

Menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban kita, baik sebagai individu maupun masyarakat. Betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Sudah sepatutnya dalam bentuk kerja sama antaranggota masyarakat maupun dengan pemerintah diwujudkan.

Bentuk-bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.
1. Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 91
Anggota  masyarakat  merupakan unsur yang menikmati sumber daya alam sekaligus unsur yang merasakan langsung dampak jika terjadi kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, setiap anggota masyarakat berkewajiban bahu-membahu dan bekerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan.
Berikut upaya-upaya yang dapat dilakukan secara berkerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam di dalamnya
a. Melaksanakan kerja bakti kebersihan secara rutin.
b. Saling mengingatkan jika ada yang merusak lingkungan.
c. Melakukan kegiatan reboisasi di lingkungan sekitar tempat tinggal.
d. Mengelola sampah dengan baik.

2. Kerja sama warga masyarakat dengan pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan
Kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah dapat dilaksanakan dengan penetapan dan  pelaksanaan peraturan dan program-program lingkungan hidup.
a. Memberikan sanksi sepadan kepada perusak lingkungan.
b. Memberikan hadiah dan penghargaan kepada pribadi ataupun kota yang menjaga kelestarian lingkungan seperti adipura dan kalpataru.
c. Membentuk LMDH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan untuk mengontrol secara swadaya kelestarian hutan.
d. Menyediakan tempat pembuangan sampah.

Jika masyarakat dan pemerintah telah melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan, maka manfaat dari lingkungan pun bisa kita dapatkan. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.
1. Hidup aman terhindar dari bencana alam.
2. Hasil alam yang melimpah.
3. Hidup nyaman karena lingkungan asri dan udara bersih.
4. Kebutuhan tercukupi dengan baik karena telah disediakan alam.
5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam.
6. Sumber daya alam yang terjaga dengan baik menjadi modal pembangunan.

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 93

Ayo Mengamati
Amati perilaku dan kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu berkaitan dengan  usaha-usahanya dalam menjaga kelestarian lingkungan alam beserta manfaat yang bisa dirasakan.
Tuliskan pada tabel berikut.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 93

Alternatif Jawaban :
Usaha-Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam
1. Melaksanakan kerja bakti kebersihan secara rutin, manfaatnya hidup nyaman karena lingkungan asri dan udara bersih
2. Mengelola sampah dengan baik, manfaatnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam
3. Membuang sampah pada tempatnya, manfaatnya agar lingkungan menjadi bersih
4. Menjaga kelestarian alam, manfaatnya agar kita terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat
5. Menanam kembali hutan yg gundul, manfaatnya mencegah terjadinya erosi/tanah longsor
6. Pengelolaan daerah aliran sungai, manfaatnya mencegah terjadinya pencemaran air
7. Melakukan tebang pilih, manfaatnya supaya tidak merusak lingkungan
8. Tidak membuang sampah ke sungai, manfaatnya agar sungai bersih dan bebas banjir

Salah satu contoh kewajiban kita terhadap lingkungan sebagai masyarakat adalah melaksanakan kerja bakti. Kerja bakti membersihkan lingkungan banyak jenisnya seperti membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal, melakukan reboisasi, dan membersihkan saluran air dan sungai.

Ayo Membaca
Kerja Bakti di Hari Minggu, Bentuk Pelaksanaan Kewajiban Masyarakat Terhadap Lingkungan
Kegiatan kerja bakti di hari Minggu telah menjadi budaya di sebagian besar masyarakat Indonesia. Kerja bakti ini dilakukan secara sadar oleh masyarakat dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyangkut lingkungan.

Banyak kegiatan dalam kerja bakti seperti membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal dengan menyapu, mencabut rumput liar, menebang dahan pohon yang mengganggu, membersihkan got dan saluran air, serta membersihkan sampah. Masyarakat sadar, dengan kerja bakti akan membuat lingkungan tempat tinggal menjadi bersih dan asri. Hal ini akan berdampak pada kehidupan masyarakat. Masyarakat dapat hidup dengan nyaman, aman, dan sehat.

Kerja bakti merupakan contoh kegiatan manusia yang selaras dengan lingkungan. Masyarakat  melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan dengan menjaga kelestariannya, maka akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakatnya itu sendiri. Masyarakat akan terhindar dari bencana alam.

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 94

Berikan contoh bentuk-bentuk kerja bakti sebagai pelaksanaan kewajiban terhadap lingkungan
a. Di lingkungan rumah
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
b. Di lingkungan sekolah
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
c. Di lingkungan masyarakat
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

Alternatif Jawaban :
Kerja bakti di lingkungan rumah :
Berbagi tugas membersihkan rumah seperti kamar, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Berbagi tugas membersihkan halaman rumah dan mengerjakannya bersama-sama

Kerja bakti dilingkungan sekolah :
Melaksanakan piket kelas bersama-sama, gotong royong membersihkan perpustakaan dan musholah sekolah dan bersama-sama bekerja bakti menghias sekolah jelang perayaan kemerdekaan Indonesia

Kerja bakti dilingkungan masyarakat :
Gotong rotong membangun jembatan desa, kerja bakti setiap hari minggu membersihkan lingkungan sekitar, warga bekerja sama dengan Babinsa membersihkan sungai dari sampah.

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 95

Ayo Berlatih
Amatilah perilaku orang-orang di sekitarmu! Sebut dan identifikasikan perilaku-perilaku yang menujukkan pelaksanaan kewajiban dalam menjaga kelestarian lingkungan! Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/ Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 95
Alternatif Jawaban :
LAPORAN HASIL WAWANCARA
Nama : di isi sesuai nama siswa
Pertanyaan yang diajukan: Kegiatan-kegiatan apa yang sudah anda lakukan dalam menjaga kelestarian lingkungan?

Hasil Wawancara:
Narasumber : Kakek
Jawaban : Ikut kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar

Narasumber : Kakak
Jawaban : Tidak membuang sampah sembarangan dan menanam tanaman

Narasumber : Ibu
Jawaban : Tidak membuang sampah kesungai dan melakukan daur ulang barang-barang bekas

Narasumber : Ayah
Jawaban : Membersihkan selokan

Narasumber : Paman
Jawaban : Tidak membakar sampah

Kesimpulan :
Kegiatan yang dilakukan narasumber adalah kegiatan untuk menjaga kelestarian lingkungan

Ayo Mencoba
Ada banyak usaha yang dapat kita lakukan untuk menjaga lingkungan. Salah satunya dengan mendaur ulang barang-barang bekas. Dengan mendaur ulang barang-barang bekas lingkungan kita menjadi bersih dan dapat menghasilkan barang yang berguna

Membuat Kereta Mainan Bertenaga Angin
Jika kamu meminum minuman dalam kemasan, jangan dibuang bungkus kemasannya. Masih dapat kita jadikan sebagai mainan.
Bahan-Bahan
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 96

1. Satu kemasan bekas minuman kemasan
2. Satu sedotan bekas minuman kemasan
3. Empat tutup botol bekas minuman
4. Satu batang lidi
5. Lem
Langkah-Langkah
1. Potong sedotan menjadi dua dan rekatkan ke kotak minuman. Sedotan ini berfungsi sebagai tempat as atau poros roda.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 96 K13

2. Lubangi keempat tutup botol ditengah-tengah. Potong lidi sukuran lebar kotak dan ditambah 5 cm. Masukann lidi ke tutup botol.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 K13 Halaman 96

3. Masukan roda ke dalam sedotan dan badan kereta pun sudah terbentuk
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 97

4. Tambahkan aksesoris seperti cerobong asap dan ruang masinis
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 97 K13

5. Cara memainkannya dengan meniup bagian belakang kereta. Karena kereta ini sangat ringan maka dengan tiupan kereta pun akan bergerak kedepan
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 K13 Halaman 97


Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 97, 98

1. Apa sumber energi kereta kertas?
2. Bagaimana kereta kertas bisa bergerak?
3. Tuliskan laporan dari hasil percobaan yang telah kamu lakukan!

Alternatif Jawaban :
1. Sumber energi angin
2. Kereta kertas ini bisa bergerak karena adanya dorongan angin, kereta kertas begitu ringan sehingga jika kita tiup bagian belakangnya maka kereta akan bergerak maju.
3. Laporan hasil percobaan :
Judul: membuat mainan bertenaga angin
Tujuan: membuktikan sumber tenaga alternatif (angin) sebagai penggerak mainan
Keterangan: dengan membuat massa mainan yg ringan dan penerima energi (layar dsb) yang mencukupi untuk menangkap angin sehingga membuat mainan bergerak mengikuti arah tiupan angin

Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Alternatif Jawaban :
1. Yang saya pelajari pada pembelajaran hari ini adalah:
- Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan,
- Membaca bacaan “Kerja Bakti di Hari Minggu, Bentuk Pelaksanaan Kewajiban  Masyarakat Terhadap Lingkungan ”
- Mengamati bentuk-bentuk kerja bakti di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
- Membuat laporan hasil wawancara tentang kegiatan yang sudah di lakukan dalam menjaga kelestarian lingkungan
- Mencoba membuat kereta mainan bertenaga angin
2. Manfaat yang dapat saya ambil melalui pembelajaran hari ini adalah menjadi lebih berusaha untuk menjaga kelestarian lingkungan
3. Keterampilan dalam komunikasi ketika mewawancarai narasumber dan keterampilan membuat kereta mainan bertenaga angin
4. Lebih semangat belajar dan menerapkan perilaku yang menujukkan pelaksanaan kewajiban dalam menjaga kelestarian lingkungan

Kerja Sama dengan Orang Tua
Identifikasikan kegiatan-kegiatan kerja bakti di lingkungan rumah yang sering kamu lakukan bersama dengan keluargamu.sebutkan dan tuliskan

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 93, 94, 95, 98, 99- Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia Pembelajaran 6 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 93, 94, 95, 98, 99"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel