Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 100, 101, 102, 103, 104, 107, 108, 110, 112, 113

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 100, 101, 102, 103, 104, 107, 108, 110, 112, 113- Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran IPA, IPS dan B. Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 100-113 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Subtema 3
Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 100, 101

Ayo Mengamati
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 100

Amatilah gambar di atas  jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Apa komentar atau pendapatmu melihat gambar-gambar di atas?
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
Alternatif Jawaban :
Gambar A memperlihatkan masyarakat yang sedang bekerja bakti membangun atau memperbaiki saluran air
Pendapat saya : Saya sangat setuju, dengan kerja bakti pekerjaan akan terasa ringan karena beban terbagi, selain itu proses lebih cepat selesai

Gambar B memperlihatkan seseorang sedang menebang pohon
Pendapat saya : Tindakan ini bukan bagian dari pelestarian alam bahkan cenderung merugikan alam apalagi jika dilakukan secara ilegal

Gambar C memperlihatkan seseorang yang sedang berburu burung dengan menggunakan senapan
Pendapat saya :Tindakan yang kurang baik karena dapat mengurangi populasi burung

Gambar D memperlihatkan seorang bapak dan anaknya sedang menanam pohon
Pendapat saya : Saya sangat setuju dengan tindakan ini, orangtua melibatkan anaknya langsung dalam melestarikan alam dengan menanam pohon

Menurutmu, gambar manakah yang menunjukkan usaha pelestarian lingkungan alam ?
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
Alternatif Jawaban :
Menurut saya, gambar yang menunjukan usaha pelestarian ligkungan adalah gambar A dan gambar D

Menurutmu, gambar mana sajakah yang menujukkan perilaku merusak lingkungan alam?
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................

Alternatif Jawaban :
Menurut saya, gambar yang menunjukan perilaku merusak lingkungan alam adalah gambar B dan gambar C

Jelaskan perilaku dan kegiatan manusia yang bisa berdampak positif maupun negatif terhadap lingkungan!
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................

Alternatif Jawaban :
Perilaku kegiatan manusia yang berdampak positif terhadap lingkungan
1. Melakukan reboisasi
2. Membuang sampah pada tempatnya
3. Melakukan tebang pilih
4. Melakukan daur ulang
5. Tidak berburu hewan secara liar, apalagi hewan yang dilindungi karena hewan akan punah

Perilaku kegiatan manusia yang berdampak negatif terhadap lingkungan
1. Tidak melakukan reboisasi
2. Membuang sampah sembarangan
3. Melakukan penebangan liar
4. Tidak mau ikut kerja bakti secara rutin
5. Memburu hewan secara liar

Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 102

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 102

Bangsa kita memiliki kekayaan dalam bentuk keragaman sumber daya. Kesemuanya itu harus dilestarikan agar kehidupan masyarakat Indonesia tetap bisa berjalan baik dan seimbang serta selaras dengan lingkungan. Lalu, bagaimanakah caranya?
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................

Alternatif Jawaban: 
Cara melestarikan Sumber Daya Alam :
- Kita harus melindungi sumber daya alam yang ada, jika orang lain ingin merusaknya ,kita harus mencegah , karena itu mengancam kehidupan makhluk hidup di bumi
- Jika kita mengambil sumber daya alam ,kita harus menggantinya (jika SDA Hayati) seperti kita menebang pohon, maka kita harus menanam pohon lagi
- Kita harus bijak dalam mengambil sumber daya alam , terutama sumber daya alam non hayati , seperti solar atau bahan bakar mesin diesel ,kita tidak boleh menggunakan nya terus-menerus ,kita bisa menggunakan sumber daya alam lain yang dapat diperbaharui , yaitu biosolar dari biji pohon jarak.

Sudahkah kamu melakukannya?
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................

Alternatif Jawaban : 
Saya sudah melakukan pelestarian sumber daya alam

Beni tahu betapa pentingnya lingkungan alam dan sumber daya alam bagi kehidupan manusia. Sekarang dia jadi mengerti dan sadar bagaimana harus berperilaku terhadap lingkungan agar  dapat memanfaatkan sumber daya alam.

Ayo Membaca
Pemanfaatan Alam oleh Manusia
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 102 K13

Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan  lingkungan. Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, baik abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup), secara berlebihan tanpa memikirkan akibatnya. Sekali manusia melakukannya dengan  sembarangan, kerusakan lingkungan yang terjadi akan menyebabkan kerusakan lingkungan berikutnya.

Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan. Batu bara, adalah salah satunya. Selain itu, berbagai jenis bahan logam mulia bernilai tinggi pun ditambang. Emas dan perak merupakan salah satu bahan tambang logam mulia yang paling banyak dicari karena nilainya tinggi. Bahan tambang lain yang diambil dari bagian dalam lapisan bumi adalah nikel, timah, dan bauksit.

Tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia. Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan juga dimanfaatkan oleh manusia. Ada dua jenis hewan yaitu hewan peliharaan dan hewan liar yang hidup bebas di hutan. Manusia membudidayakan beberapa jenis hewan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti ayam, sapi, beberapa jenis ikan, dan lainnya. Hewan-hewan yang tidak dibudidayakan, dan hidup bebas di hutan seringkali diburu manusia. Ada yang diburu untuk diambil kulitnya, bulunya, atau bagian tubuh lainnya seperti cula badak dan gading gajah. Perburuan manusia yang tidak terkendali menyebabkan menurunnya populasi hewan tersebut secara drastis. Apabila hal tersebut dibiarkan, hewan tersebut akan mengalami kepunahan.

Demikian halnya dengan beberapa jenis tumbuhan. Beberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan. Beberapa tumbuhan mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi, misalnya pohon jati dan pohon  cendana. Tekstur kayu yang bagus dan kokoh pada kayu pohon jati sangat disukai para pembuat mebel. Kayu cendana mempunyai aroma yang khas dan diburu banyak orang untuk pembuatan minyak wangi, hiasan, kipas tangan, dan pigura.
Sumber: IPA Kelas 5. 2010

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 103

Ayo Berlatih
Buatlah pertanyaan dari bacaan di atas menggunakan beberapa kata tanya. Tuliskan pertanyaanmu pada Kartu Tanya berikut!

Alternatif Jawaban :
Kartu tanya hal 103

Kartu tanya hal 103 K13

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 104

Ayo Mencoba
Menentukan kalimat utama dari setiap paragraf
Bacalah kembali bacaan tersebut. Bersama teman sebangkumu carilah kalimat utama dan ide pokok dari setiap paragraf di depan.
Tuliskan kalimat utama dan ide pokok paragraf tersebut dalam tabel berikut.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 104

Alternatif Jawaban :
Paragraf 1
Ide pokok : Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan
Kalimat Utama : Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya

Paragraf 2
Ide pokok: Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik, yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan
Kalimat Utama : Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik

Paragraf 3
Ide Pokok :  Tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia, Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan pun dimanfaatkan oleh manusia
Kalimat Utama : Lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia

Paragraf 4
Ide Pokok : Beberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan
Kalimat Utama : Beberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat dan peralatan rumah tangga

Dalam melakukan kegiatannya, manusia memanfaatkan berbagai bagian dari lingkungan sekitar untuk memenuhi kebutuhannya, termasuk hewan dan tumbuhan. Namun sungguh disayangkan, banyak dari kita yang melakukan tindakan-tindakan tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam. Mereka justru merusaknya.

Ayo Membaca
Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem
1. Penebangan dan pembakaran hutan
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 105

Manusia melakukan penebangan dan pembakaran hutan secara liar demimembuka lahan pertanian, permukiman, serta mengambil kayu dari hutan sebagai bahan dalam membuat perlengkapan rumah tangga. Kegiatan tersebut tentu saja membuat hutan menjadi gundul. Hal  semacam ini memengaruhi daur hidup tumbuhan dan hewan. Beberapa populasi tumbuhan  berkurang bahkan punah, beberapa hewan yang masih hidup kehilangan tempat tinggal.

2. Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida secara berlebihan
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 105 K13

Salah satu contoh penggunaan bahan kimia adalah penggunaan detergen sebagai bahan  pembersih. Bahan ini menghasilkan busa yang dapat mencemari lingkungan. Busa detergen
akan menutupi permukaan perairan sehingga sinar matahari tidak dapat menembus perairan. Proses fotosintesis tumbuhan air menjadi terganggu. Hal itu memengaruhi daur hidup tumbuhan
dan hewan air. Akibatnya tumbuhan kekurangan makanan dan akhirnya mati. Contoh lainnya adalah penggunaan pestisida yang berlebihan untuk memberantas hama tanaman yang dapat  membunuh hewan lain yang lebih menguntungkan.

3. Eksploitasi sumber daya laut
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 K13 Halaman 105

Eksploitasi sumber daya laut ini umumnya berupa kegiatan pengeboran minyak di laut.  Kegiatan
ini dapat menyebabkan pencemaran apabila terjadi kebocoran sehingga menyebabkan minyak mencemari laut. Sinar matahari yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis tanaman air akan terhalang oleh minyak yang menutupi permukaan sehingga jumlah oksigen berkurang dan  hewan laut kesulitan bernapas. Hal ini akan mengganggu ekosistem laut dan daur hidup hewan serta tumbuhan laut.

4. Perpindahan penduduk
Perpindahan penduduk mengakibatkan daerah yang didatangi menjadi sangat padat akibat jumlah pemukiman yang terbatas. Hal ini akan memicu terbentuknya pemukiman kumuh yang memengaruhi kualitas kesehatan manusia dan menyebabkan pencemaran lingkungan semakin meningkat sehingga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem

5. Penggunaan kendaraan bermotor
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 106

Dalam  menjalankan kendaraan bermotor dibutuhkan bahan bakar, baik bensin maupun solar. Namun, pembakaran baha bakar tersebut menyebabkan polusi udara. Pembakaran tersebut  menghasilkan gas karbon dioksida sehingga bumi menjadi semakin panas. Akibatnya, banyak makhluk hidup yang sulit beradaptasi. Beberapa diantara mereka akan mati sehingga akan mengganggu keseimbangan ekosistem.

6. Perburuan liar
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 106 K13

Sebagian manusia gemar melakukan perburuanliar  terhadap  hewan  dan  tumbuhan  dengan
tujuan tertentu. Perburuan tersebut dapat mengakibatkan kelangkaan hewan dan tumbuhan. Jika tidak dihentikan, perburuan liar dapat mengakibatkan kepunahan. Akibatnya, keseimbangan ekosistem dan daur hidup hewan menjadi terganggu.

7. Perusakan terumbu karang
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 K13 Halaman 106

Terumbu karang merupakan rumah bagi hewan-hewan laut. Warnanya yang indah membuat  sebagian kalangan mengambilnya untuk dijadikan hiasan. Pengambilan ini tentu mengancam  keberadaan terumbu karang. Apalagi terumbu karang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat terbentuk kembali. Akibatnya, ikan-ikan kehilangan tempat tinggal. Ekosistem laut dan daur hidup hewan laut pun menjadi terganggu. Jika dibiarkan, lambat laun ikan-ikan akan punah.

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 107

Ayo Berlatih
Kamu telah membaca bacaan  “Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia  terhadap Keseimbangan Ekosistem”. Temukan  informasi-informasi penting pada bacaan tersebut. Selanjutnya, lakukan latihan berikut

Lengkapi peta pikiran berikut
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 107


Alternatif Jawaban :
Kegiatan yang dilakukan manusia bisa berdampak pada lingkungan. Apa maksudnya?
Kegiatan manusia yang berakibat pada kerusakan lingkungan

Apa saja kegiatan manusia yang bisa merusak ekosistem lingkungan?
1. Praktik penangkapan ikan yang merusak lingkungan
2. Perburuan binatang liar
3. Penebangan liar dan pembakaran hutan
4. Membuang sampah sembarangan
5. Membuang limbah pabrik ke sungai

Apa arti penting lingkungan bagi manusia ?
Lingkungan memiliki arti penting bagi kehidupan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung, lingkungan yang berupa alam sekitar merupakan tempat manusia hidup, tumbuh dan berkembang. Sementara secara tidak langsung, lingkungan mengandung potensi alam dan sumber daya yang bisa dikelola untuk kepentingan masa depan. Potensi dari lingkungan atau alam ini cukup besar untuk mendukung perekonomian dan kemakmuran manusia.

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 108

Ayo Berlatih
Sekarang ini banyak perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar kita yang justru merusak lingkungan alam. Apa saja perilaku dan kegiatan yang merusak lingkungan tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/ Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.
Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 108

Alternatif Jawaban :
LAPORAN HASIL WAWANCARA
Nama  :  Isi sesuai dengan nama siswa
Pertanyaan yang diajukan: Apa saja perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu yang dapat merusak lingkungan?
Hasil Wawancara:

Narasumber : Ayah
Jawaban : Menebang pohon secara liar

Narasumber : Kakak
Jawaban : Penangkapan ikan dengan bahan peledak atau racun

Narasumber : Paman
Jawaban : Membuang limbah dan sampah ke sungai

Narasumber : Andi
Jawaban : Melakukan perburuan liar

Narasumber : Riska
Jawaban : Perusakan terumbu karang

Kesimpulan : Kita harus menjaga kelestarian lingkungan

Ayo Membaca
Mengingat betapa besar ketergantungan kehidupan kita terhadap keberadaan sumber energi, maka sudah sepantasnyalah kita dapat berhemat. Kesadaran untuk berhemat energi harus dimulai dari diri sendiri dan sejak dini. Pelaksanaannya dimulai  dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan seharihari.

Setelah kesadaran dalam diri tumbuh dan perilaku kita sudah mencerminkan berhemat energi, mulailah kita mengajak orang lain untuk berhemat energi. Hal tersebut dapat dimulai dengan mengajak anggota keluarga, teman-teman, hingga kepada masyarakat luas. Salah satu caranya dengan membuat poster hemat energi.
Amatilah poster hemat energi berikut.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 109

Ayo Mencoba
Salah satu cara untuk melakukan penghematan energi adalah memanfaatkan kembali barang-barang bekas. Ayo kita manfaatkan bersama barang-barang bekas.
Sekarang kamu akan berkreasi dengan barang-barang bekas. Hal itu digunakan untuk memanfaatkan barang bekas atau yang sudah tidak terpakai sehingga mempunyai  nilai  jual  lebih  tinggi. Kamu dapat membuat pigura foto dari kardus, lampion dari botol plastik bekas, bunga dari sedotan, atau hiasan dari kain perca! Banyak sekali idenya, bukan?
Poster dari bahan bekas
1. Buatlah poster hemat energi dari bahan bekas.
2. Tulislah slogan hemat energi pada kertas kardus bekas.
3. Buatlah yang menarik.
Bingkai Poster dari bahan bekas

Cobalah membuat bingkai foto dengan mengikuti langkah–langkah berikut!
Prosedur dalam pembuatan bingkai foto sebagai berikut.

Bahan:
Kardus bekas
Peralatan:
1. Gunting
2. Penggaris
3. Pensil
4. Lem
5. Plastik mika
6. Kertas kado bekas atau kertas lain sesuai selera

Cara membuat:
1. Buatlah pola bingkai foto sesuai ukuran foto yang diinginkan.
2. Gunting kardus sesuai pola yang telah dibuat.
3. Lapisi kardus dengan kertas kado. Gunakan lem untuk menempelkannya.
4. Pasang plastik mika sesuai ukuran pola bingkai foto.
5. Gabungkan  kedua  lembar  kardus  bagian  depan  dan  bagian  belakang dengan lem.
6. Pasangkan penyangga foto di bagian belakang bingkai.
Setelah selesai, pajang hasil karyamu di kelas. Kemudian, tuliskan refleksi kegiatan yang telah kamu lakukan hari ini.


Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 110

Ayo Berlatih
Lengkapilah tabel tentang aturan hemat energi di rumah. Berikan tanda (√ ) apabila kamu melakukannya.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 111

Alternatif Jawaban :
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 111 K13

Ayo Membaca
Bijaklah Bermotor
Sepeda motor merupakan alat transportasi yang banyak digunakan oleh manusia di seluruh
penjuru dunia. Motor memiliki harga yang murah dan praktis digunakan dibandingkan dengan alat atau moda transportasi lainnya. Dengan sepeda motor, orang mudah berpergian. Selain mudah bepergian, waktu tempuh pun juga akan semakin cepat. Dengan sepeda motor, orang pun juga akan mudah melakukan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain. Namun, di sisi lain, sepeda motor juga memiliki pengaruh terhadap lingkungan. Sepeda motor digerakkan dengan mesin yang berbahan bakar minyak, yakni berupa bensin. Bensin merupakan bahan bakar hasil pengolahan minyak bumi melalui proses pengeboran dan pemurnian. Semakin jauh jarak yang ditempuh sepeda motor, semakin banyak pula bensin yang digunakan.

Coba bayangkan, jika setiap orang di dunia ini memakai sepeda motor setiap harinya dan menempuh jarak jauh, berapakah bensin yang digunakan?

Berapa banyak cadangan minyak bumi yang terkuras? Tentunya sangat banyak kebutuhan bensinnya.
Penggunaan bahan bakar minyak seperti sepeda motor yang tidak terkendali juga menyebabkan  polusi udara dan bisa memicu pemanasan global. Jika sudah demikian, kehidupan manusia pun akan terpengaruh, seperti udara tidak lagi sehat dan bersih, iklim tidak menentu, dan meningkatnya suhu bumi.

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 112

Jawablah pertanyaan berikut:
Jelaskan hubungan sepeda motor dengan lingkungan!

Alternatif Jawaban :
Sangat merugikan lingkungan sekitar dikarenakan gas pembuangan pada sepeda motor banyak mengandung karbon monoksida, karbon dioksida, timbal, kabut karbon. Kandungan dari gas buang sisa pembakaran tersebut dapat menyebabkan polusi udara yang akan sangat berbahaya apabila sampai terhirup.

Bacalah bacaan di atas dengan saksama! Buatlah beberapa pertanyaan dengan menggunakan kata tanya yang sesuai, lalu tuliskanlah pada Kartu Tanya di bawah ini!

Alternatif Jawaban :
Kartu tanya

Kartu Tanya Halaman 112
kartu tanya halaman 112 K13

Bekerjalah di dalam kelompok piketmu! Diskusikanlah kartu-kartu tanya milik anggota kelompokmu, lalu cobalah untuk mencari jawaban. Tandailah beberapa kartu tanya yang memuat pertanyaan yang tidak dapat kamu jawab di dalam kelompokmu. Pertanyaan itu akan didiskusikan di dalam kelas bersama teman-temanmu lainnya! Catatlah hasil diskusi kelompok dan diskusi kelas di dalam buku catatanmu.

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 113

Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Alternatif Jawaban :
1. Yang saya pelajari pada pembelajaran hari ini adalah:
- Membaca bacaan “ Pemanfaatan Alam oleh Manusia ”
- Membuat kartu tanya
- Menentukan kalimat utama dan ide pokok
- Membaca bacaan “Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem ”
- Melengkapi peta pikiran tentang manusia dan lingkungan
- Membuat laporan hasil wawancara
- Mengamati poster hemat energi
- Melengkapi tabel tentang aturan hemat energi di rumah
- Membaca bacaan “ Bijaklah Bermotor ”

2. Manfaat yang saya dapat dari pembelajaran hari ini adalah lebih peduli dan memperhatikan lingkungan sekitar

3. Keterampilan dalam berkomunikasi ketika mewawancarai narasumber dan keterampilan dalam menjaga lingkungan

4. Mengulas kembali pembelajaran hari ini  dan lebih semangat dalam mengikuti kegiatan belajar

Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama  orang  tua  atau  anggota  keluargamu  lain,  amatilah  bendabenda elektronik di rumahmu. Catatlah dan urutkan benda-benda yang paling banyak menggunakan energi listrik (wattnya paling besar hingga kecil) dan alat-alat .
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan mintalah tanda tangan orang tua atau anggota keluargamu yang lain yang telah berkolaborasi denganmu!

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 100, 101, 102, 103, 104, 107, 108, 110, 112, 113- Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 100, 101, 102, 103, 104, 107, 108, 110, 112, 113"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel