Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 7, 8, 11

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 7, 8, 11- Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produk Pangan Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran MTK, B.Indonesia dan SBDP.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1-11 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Subtema 1

Perkembangan Teknologi Produk Pangan

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 1

 
Lihatlah tempat tinggalku!
Udaranya sejuk, tanahnya subur.
Dikelilingi sawah dan kebun.
Tempat hewan ternak bermain dan berkumpul.
Inilah tempat tinggalku.
Kaya hasil kebun dan sayur mayur.
Berlimpah susu, daging, dan telur.

Terampilnya warga tempat tinggalku.
Bekerja sama mengolah hasil alam.
Menggunakan teknologi yang telah maju.
Menghasilkan sumber pangan yang beragam.
Mari, kita pelajari macam-macam pengolahan pangan agar menjadi manfaat bagi sesama!

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 2
 

Pembelajaran 1

Ayo Bernyanyi

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 3

Beni, Edo, Siti, dan Dayu berkumpul di teras rumah.
Ibu Dayu menyediakan roti. Roti adalah makanan yang terbuat dari tepung.
Dayu dan teman-teman menikmati roti buatan Ibu Dayu.
Dayu teringat sebuah lagu tentang roti. Dayu menyanyikannya di depan teman-teman. Lagu
tersebut berjudul “Rotiku”.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 4


Pola Irama Suatu Lagu

Lagu “Rotiku” memiliki pola irama yang berbeda.
Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu. Pola irama muncul secara
berulang-ulang dan teratur dalam sebuah lagu.
Nyanyikanlah lagu “Rotiku”! Kamu akan mendengar pola irama yang berbeda pada setiap bait lagu.
Warna yang berbeda pada setiap lirik lagu, menunjukkan pola irama yang berbeda.

Ayo Bernyanyi
Cobalah minta temanmu menyanyikan lagu “Rotiku”!
Dengarkan pola irama pada lagu tersebut!
Apakah pola iramanya sama atau berbeda?

Ayo Membaca

Siti menunjukkan sebuah teks bacaan. Isinya tentang teknologi pangan. Tahukah kamu apa arti
teknologi pangan?
Ayo, kita baca teks bacaan yang ditunjukkan oleh Siti!

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 5


Teknologi Pangan

Alam Indonesia sungguh kaya. Kacang kedelai, jagung, dan kelapa adalah hasil pertanian. Telur, daging, dan susu adalah hasil peternakan. Semua itu adalah sumber pangan kita. Pangan artinya makanan. Alam Indonesia menyediakan sumber pangan kita.

Hasil panen dan ternak yang melimpah memberi makanan yang cukup bagi kita. Akan tetapi, hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama. Makanan itu dapat membusuk. Makanan busuk harus dibuang. Hasil panen harus diolah agar tidak cepat membusuk.

Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan adalah penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengolah pangan. Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru. Teknologi pangan menjaga agar makanan tidak cepat membusuk.

Hasil panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan baru. Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap. Susu sapi dapat diolah menjadi mentega, susu bubuk, dan keju. Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama. Teknologi pangan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 7

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks “Teknologi Pangan”!
1.    Apa arti dari pangan?
2.    Apakah hasil panen pertanian dan peternakan dapat bertahan lama?
3.    Bagaimana cara mengolah hasil panen?
4.    Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?
5.    Apa manfaat dari teknologi pangan?

Alternatif Jawaban :

1.    Pangan artinya makanan pokok
2.    Hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama
3.    Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan
4.    Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap
5.    Teknologi pangan sangat bermanfaat bagi kehidupan diantaranya ialah :
-    Membuat makanan lebih awetdan tahan lama
-    Membuat makanan bebas dari penyakit
-    Mengurangi sisabahan pangan yang terbuang atau membusuk  

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 8

Tuliskan 5 hal yang kamu ketahui setelah membaca teks “Teknologi Pangan”!

Alternatif Jawaban :

1. Kacang kedelai, jagung, dan kelapa adalah hasil pertanian. Telur, daging, dan susu adalah hasil peternakan.
2. Hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama.
3. Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan
4. Teknologi pangan menjaga agar makanan tidak cepat membusuk
5.  Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap. Susu sapi dapat diolah menjadi mentega, susu bubuk, dan keju.

Ayo Mengamati
Ibu Edo sedang membuat tahu. Edo mengajak teman-teman untuk melihatnya. Semua tertarik
dan ingin belajar membuat tahu.

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 8

Cara membuat tahu cukup mudah. Pertama, ibu menghaluskan dan merebus kedelai. Hasil rebusan disaring hingga tak ada ampas. Kemudian, hasil rebusan dimasak lagi hingga menjadi
susu kedelai. Setelah diberi cuka dan didinginkan, adonan tahu siap dicetak.

Luas Permukaan Suatu Bidang

Ibu Edo mengukur luas kain untuk menyaring tahu dengan menggunakan satuan tidak baku.

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 9

Kain menutup seluruh permukaan tahu.Setelah tertutup, kemudian diukur dengan menggunakan satuan luas maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 9 K13


Edo dan teman-teman menghitung banyak tahu yang menutupi seluruh permukaan kain A dan kain B.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 10

Banyak tahu yang menutupi permukaan kain A ada 8.
Permukaan kain B ditutupi oleh 16 tahu berbentuk persegi.
Berapakah luas dari kain A dan kain B?
Maka, luas kain A adalah 8 satuan persegi dan luas kain B adalah 16 satuan persegi.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 11

Amati gambar-gambar di bawah ini.
Hitunglah luas dari setiap gambar berikut.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 11
 
Alternatif Jawaban :

Luas bidang A adalah     7       satuan
Luas bidang B adalah     10     satuan
Luas bidang C adalah     6       satuan
Luas bidang D adalah     7       satuan
Luas yang paling kecil adalah bidang     C
Luas yang paling besar adalah bidang     B
Bidang        A      dan       D        pada gambar memiliki luas yang sama.

Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua bersama dengan siswa mencoba mengukur luas benda-benda yang ada di rumah, seperti meja makan dengan menggunakan alat ukur tidak baku. Contoh alat ukur tidak baku yang dapat digunakan adalah kertas atau buku.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 7, 8, 11-Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produk Pangan Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 7, 8, 11"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel