Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 14, 18, 19

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 14, 18, 19- Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produk Pangan Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran PJOK, B.Indonesia dan PKN.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 12-20 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

 Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 12

 Ayo Mengamati

Dayu, Siti, dan Lani membaca buku tentang pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk
melihat cara pengolahan ikan bandeng.
Esok harinya, Dayu, Siti, dan Lani mengunjungi tempat pengolahan ikan bandeng. Mereka berkunjung ke rumah Pak Sarip. Pak Sarip memiliki kolam ikan bandeng. Pak Sarip juga mengolah ikan bandeng agar lebih awet. Pak Sarip membuat ikan bandeng presto. Dayu dan teman-teman ingin melihat proses pengolahannya.

Ayo Membaca

Bacalah teks tentang “Bandeng Presto” berikut.

Bandeng Presto

Bandeng presto adalah ikan bandeng yang dimasak dengan menggunakan panci presto.
Panci presto menghasilkan uap air bertekanan tinggi. Hal itu yang akan membuat daging ikan menjadi lunak. Tidak hanya dagingnya, duri ikan pun akan melunak.

Bandeng presto ini dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Ikan yang sudah diberi bumbu kemudian dibungkus daun pisang. Setelah itu, ikan dimasukkan ke dalam panci presto yang dapat dikunci rapat. Lalu, ikan akan matang secara merata.

Setelah matang, bandeng presto dapat dikemas. Cara mengemas bandeng presto akan menentukan daya tahan ikan. Jika dibungkus plastik biasa, ikan akan bertahan selama 5 hari.
Namun, jika dibungkus dengan menggunakan plastik tahan udara, ikan akan bertahan hingga 3 bulan. (Dari berbagai sumber)

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 14

Ayo Berlatih
Kumpulan kalimat yang diberi warna berbeda disebut paragraf.

Ada berapa buah paragraf pada teks “Bandeng Presto”?

Alternatif Jawaban:
3 paragraf

Ayo Berlatih
Lengkapi informasi yang diperoleh dari teks bacaan “Bandeng Presto”!

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 14

Alternatif Jawaban :
Teks bandeng presto menceritakan cara pembuatan dan pengemasan bandeng poresto

Ayo Mencoba

Selain kolam ikan, Pak Sarip juga memiliki kolam renang. Pak Sarip mengajak Siti, Dayu, dan Lani menuju ke kolam renang. Pak Sarip mempersilakan mereka bermain di kolam renang.
Di kolam renang, banyak anak sedang bermain air. Ada yang duduk-duduk di tepi kolam. Ada yang belajar meluncur. Ada pula yang telah mahir berenang. Seorang penjaga mengamati di tepi kolam.

Lani telah mahir berenang. Dayu ingin belajar berenang pada Lani. Mereka berdua turun ke kolam dangkal. Siti mengamati dari pinggir kolam. Gerak pertama yang harus dikuasai saat berenang adalah mengambang. Mengambang merupakan gerak dasar dalam kegiatan berenang.

Gerak Dasar Mengambang

Saat berenang, perhatikan keselamatan diri dan orang lain. Gunakan alat bantu, seperti pelampung, untuk menjaga keselamatan diri saat belajar mengambang dalam air. Pelampung adalah alat bantu untuk menjaga tubuh tetap mengambang saat berenang.

Amati berbagai alat pelampung berikut:

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 16
 
Cobalah untuk mengambang di kolam dengan kedalaman sebatas dada. Tangan memegang papan luncur atau ban. Posisi tubuh berada di atas permukaan air. Kaki bergerak sambil mengayuh. Lakukan berulang-ulang.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 16 K13

Ayo Mengamati

Lani, Dayu, dan Siti memiliki kemampuan yang berbeda dalam berenang. Lani telah
mahir berenang. Dayu ingin belajar berenang. Siti lebih senang bermain di pinggir kolam. Di lingkungan sekitar, kita dapat menemukan beragam kemampuan. Beragam artinya bermacam-macam.

Lani, Dayu, dan Siti juga memiliki cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Misalnya
Siti menikmati buah-buahan ketika minum susu rasa stroberi. Dayu menikmati bolu pisang. Lani
lebih suka makan buah apel. Semua suka buahbuahan. Namun, mereka menikmati buah dengan
cara yang berbeda-beda. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda.

Ayo Mencoba
Dengarkan cerita gurumu tentang beragam kebiasaan.
Dapatkah kamu menyebutkan perbedaan kebiasaan Dayu, Siti, dan Lani dari cerita tersebut?

Kebiasaan yang berbeda merupakan bagian dari keberagaman.

Dayu, Siti, dan Lani sedang menikmati makanannya. Kemudian, Beni, Udin, dan Edo datang membawa ragam makanan.Amati makanan yang dibawa oleh Udin dan teman- teman.

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 18

Bolu pisang dan susu rasa stroberi merupakan makanan hasil pengolahan teknologi pangan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 18

Tulislah daftar makanan hasil teknologi pangan berdasarkan gambar di atas!

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 18 K13 

 Alternatif Jawaban :

1.    Sosis
2.    Kornet
3.    Susu bubuk

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 19

Makanan apa yang paling kamu sukai?
Allternatif Jawaban :
Jawaban bisa disesuaikan dengan makanan kesukaan sendiri

Sekarang, tanyakanlah makanan kesukaan teman atau gurumu.Wawancarai 3 orang teman dan 2 orang guru untuk mengetahui makanan kesukaan mereka.

Ayo Berdiskusi

Setelah melakukan wawancara pada teman dan gurumu, tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini!

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 19

 Alternatif Jawaban :
1.    Ibu Sinta menyukai makanan roti bakar
2.    Indra menyukai makanan ayam goreng
3.    Heri menyukai makanan sosis goreng
4.    Lani menyukai makanan tempe bacem
5.    Rudi menyukai makanan tahu krispi

Amati hasil wawancara pada tabel di atas!
Apakah mereka menyukai jenis makanan yang sama?
Apakah semua menyukai makanan hasil teknologi pangan?
Diskusikan bersama temanmu, kemudian lingkari
jawaban yang paling tepat di bawah ini!
Jenis makanan yang disukai oleh orang-orang di lingkungan sekitarku ternyata sama / berbeda Ini berarti, Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda / sama.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 20

Kegiatan Bersama OrangTua

Siswa mengidentifikasi makanan yang disukai oleh setiap anggota keluarga serta menentukan apakah kesukaannya sama atau beragam.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 14, 18, 19- Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produk Pangan Pembelajaran 2 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 14, 18, 19"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel