Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 41, 42, 44, 45, 48, 49, 50

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 41, 42, 44, 45, 48, 49, 50- Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produk Pangan Pembelajaran 5 Terdiri dari Mata Pelajaran MTK, B.Indonesia dan PKN.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 39-50 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Pembelajaran 5

Ayo Membaca

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 39

Tidak jauh dari tempat tinggal Udin, terdapat sebuah peternakan sapi perah. Pemiliknya mengizinkan Udin dan teman-teman untuk berkunjung. Tentu saja, Udin dan teman-teman
merasa senang.

Di peternakan, Udin melihat banyak sapi perah. Ada yang sedang diperah susunya. Ada juga yang sedang memakan rumput.

Udin diberi teks bacaan tentang susu sapi dan cara pengolahannya. Udin dan teman-teman
membacanya bersama-sama. Banyak sekali hasil pengolahan susu sapi.

Bacalah teks berikut!


Pengolahan Susu Sapi

Susu merupakan hasil utama dari sapi perah. Susu sapi segar memiliki daya tahan sekitar 5 jam saja. Susu perlu diolah dengan baik supaya gizi dalam susu dapat dinikmati kapan saja.

Pengolahan susu sapi dapat dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk
menghasilkan jenis makanan baru. Teknologi pangan juga menjaga agar makanan tetap awet.

Susu sapi dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan baru. Contohnya adalah yoghurt, keju,
permen, mentega, hingga es krim. Hasil olahan susu sapi biasanya sangat disukai oleh anak-anak.

Dalam proses pengolahan susu, yang paling penting setelah hasilnya adalah cara mengemasnya. Pengemasan produk dapat menentukan daya tahan makanan tersebut. Daya tahan susu yang dikemas dengan plastik biasa akan berbeda dari susu yang dikemas dengan kardus kedap udara.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 41

Ayo Berdiskusi
Apakah manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi?
Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 orang.
Tuliskan pendapat setiap anggota kelompok!

Berdasarkan hasil diskusi, manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi adalah
Alternatif Jawaban :
1.    Menjaga makanan berbahan susu menjadi lebih awet
2.    Mengolah susu menjadi produk baru seperti yoghut, keju, es krim dan mentega
3.    Gizi dalam susu dapat dinikmati kapan saja
4.    Makanan berbahan lebih menarik bagi anak-anak

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 42

Ayo Berlatih
Amati kata-kata yang digarisbawahi pada teks “Pengolahan Susu Sapi”.
Carilah arti kata tersebut menggunakan kamus!
Kamu bisa minta bantuan pada orang tua atau gurumu.

Daya tahan artinya :
Teknologi artinya :
Pengemasan artinya :
Kedap udara artinya:

Alternatif Jawaban :
Daya tahan artinya kemampuan bertahan terhadap segala pengaruh dari luar yang dapat merugikan ( penyakit, serangan musuh, godaan, dan sebagainya )

Teknologi artinya metode ilmiah untukmencapai tujuan praktis , ilmu pengetahuan terapan

Pengemasan artinya proses, cara,perbuatan mengemas

Kedap udara artinya tidak mudah atau tidak dapat dimasuki atau ditembusoleh udara

Buat kalimat baru menggunakan kata-kata di atas!
Alternatif Jawaban :
Jawaban dapat disesuaikan dengan jawaban siswa

Ayo Mengamati
Simaklah cerita gurumu tentang keberagaman dalam kehidupan sehari-hari!
Hari semakin siang. Dayu mengajak Udin dan temanteman untuk beristirahat sejenak. Di halaman depan peternakan, terdapat toko yang menjual berbagai hasil olahan susu.

Beni mengajak teman-temannya minum susu. Lani dan Udin menolak ajakan Beni.
“Maaf, Beni. Aku tidak bisa minum susu. Aku alergi terhadap susu sapi. Aku sudah membawa
air minum dari rumah,” ujar Lani. “Kalau aku lebih memilih minum yoghurt, Beni,” kata Udin.
Setiap orang memiliki pilihan yang berbeda. Beni menghargai pilihan teman-temannya. Beni tidak marah walaupun ajakannya ditolak.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 44

Dapatkah kamu jelaskan pentingnya memahami keberagaman dalam kehidupan sehari-hari?

Alternatif Jawaban :
Memahami keberagaman ditunjukan untuk mengusahakan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tanpa kesadaran akan keberagaman yang kita miliki, bangsa Indonesia bisa saja terjerumus ke arah perpecahan.

Ayo Bermain Peran
Setiap individu memiliki kebiasaan dan kesukaan yang berbeda-beda.
Sifat dan ciri setiap individu juga amat beragam.
Beragam artinya bermacam-macam.

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 44

Buatlah kelompok yang terdiri atas 5 orang.
Diskusikan sebuah cerita tentang teman satu kelompok yang memiliki sifat bermacam-macam!

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 45

Bagaimana sikap yang harus kita ambil dalam menghadapi perbedaan? Tuliskan hasil diskusimu.

Alternatif Jawaban :
Dengan memahami keberagaman atau macam-macam sifat dan ciri-ciri setiap individu, sifat tenggang rasa dalam diri kita akan terasa. Tenggang rasa artinya kita dapat menghargai perasaan orang lain

Perankan cerita yang telah kamu buat bersama teman-teman sekelompokmu!

Ayo Mengamati
Volume Benda
Setelah bermain peran, Beni merasa haus. Dia ingin membeli susu. Beni melihat susu disimpan
dalam berbagai kemasan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 45

 Kemasan A diisi dengan susu yang terdapat dalam kemasan B

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 46

volume kemasan A adalah sama dengan 2 kemasan B.Kemudian, kemasan A diisi dengan air yang terdapat dalam kemasan C.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 46K13

Volume kemasan A sama dengan 4 kemasan C.Maka volume kemasan A, B, dan C berbeda.
Kemasan susu merupakan satuan volume tidak baku.

Ayo Mencoba
Buatlah kelompok bersama teman-temanmu!
Lakukan percobaan mengukur volume.
Ikuti langkah berikut:
1. Kumpulkan botol minum dari setiap anggota kelompok.
2. Siapkan alat ukur berupa gelas plastik berukuran sama.
3. Ukur volume dari air minum di setiap botol minum.
4. Tunjukkan volume air dari setiap botol dengan mewarnai batas air seperti pada gambar di
bawah ini.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 47

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 48

5. Botol minum milik         Dayu          memiliki volume paling banyak.
6. Botol minum milik         Edo            memiliki volume paling sedikit.

Coba ukur volume benda lainnya yang terdapat di sekitarmu. Jelaskan cara mengukur volume benda tersebut pada guru atau teman-temanmu!

Ayo Berlatih
Membandingkan Volume Benda
Amati gambar berikut!
Lingkari gambar yang memiliki volume lebih banyak!

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 48

 
Alternatif Jawaban :

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 48 K13

Mengurutkan Volume Benda Cair
Amati gambar berikut!

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 49

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 49, 50

Urutkan kotak susu di atas mulai dari kotak yang bervolume paling sedikit hingga kotak yang
bervolume paling banyak!

Alternatif Jawaban :

Urutan volume:3, 2, 1

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 50

 
Urutkan mulai dari gelas yang memiliki volume paling banyak hingga volume yang paling sedikit!

Alternatif Jawaban :

Urutan volume : 3, 5, 2, 4 dan 1

Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua mengajak siswa untuk mengamati berbagai ukuran yang tertera pada berbagai kemasan botol minuman yang sering ditemukan sehari-hari di toko atau warung.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 41, 42, 44, 45, 48, 49, 50- Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produk Pangan Pembelajaran 5 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 41, 42, 44, 45, 48, 49, 50"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel